dewaweb-blog-jangan-sampai-websitemu-diblokir-google-ssl-https

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah mencoba meningkatkan keamanan website di internet dengan enkripsi HTTPS. Sejak 2017, Google menandai website berawalan “HTTP” sebagai “not secure” atau tidak aman. Ini adalah salah satu usaha Google untuk merekomendasikan penggunaan HTTPS. Tapi tenang, kamu hanya perlu menginstal SSL untuk mengubah website-mu yang HTTP menjadi HTTPS.

Apa Itu HTTPS?

HTTPS adalah versi aman dari HyperText Transfer Protocol (HTTP), karena huruf ‘S’ pada HTTPS adalah singkatan dari ‘secure’. HTTPS memastikan bahwa komunikasi antara browser pengguna dan server website berjalan dengan aman. Biasanya, website yang sudah menjadi HTTPS ditandai dengan gembok berwarna hijau di address bar.

Mengapa Kamu Perlu HTTPS?

Awalnya, fungsi HTTPS hanya ditujukan bagi website e-commerce atau website sejenis yang menerima pembayaran online untuk memastikan bahwa data pembayaran yang rahasia dan sensitif dikirim dengan aman untuk mencegah data dicuri oleh hackers.

Namun, meningkatkan keamanan online telah menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir dan Google terus menekankan pentingnya fungsi HTTPS untuk website. Bahkan Google mengumumkan bahwa HTTPS akan menjadi faktor dalam algoritma ranking mereka. Ini membuat banyak website langsung beralih ke HTTPS.

Oleh karena itu, apapun jenis website yang kamu miliki, mengubah HTTP menjadi HTTPS sangat diperlukan untuk berbagai hal, mulai dari menaikkan ranking di hasil pencarian Google, mengamankan koneksi pengunjung ke website-mu hingga meningkatkan kredibilitas website.

Dewaweb cashback 30%

Baca juga: Manfaat SSL untuk SEO dan Keamanan Pengguna

Google Menyukai Website yang Aman

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sudah banyak website yang beralih ke HTTPS agar website mereka aman bagi semua orang. Sejak April 2020, Google mencatat setidaknya 95% website sudah beralih ke HTTPS. Tidak heran, sebab Google Chrome memang didesain agar pengaturan HTTPS bisa dilakukan dengan mudah.

Google juga menyediakan audit mixed content untuk membantu pengembang (developer) website melakukan migrasi ke HTTPS di versi Node CLI terbaru dari Lighthouse, sebuah tool otomatis untuk memperbaiki halaman website. Tools ini mampu menemukan halaman website yang sudah siap untuk di-upgrade ke HTTPS dengan mengubah sub-resource reference ke versi HTTPS.

Tampilan muka (interface) Chrome akan membantu pengguna mengerti bahwa website HTTP tidaklah aman. HTTPS juga sudah lebih mudah digunakan sehingga kamu bisa meningkatkan performa website dan fitur-fitur unggulan lain yang mungkin tidak terjamah HTTP. Bagi para developer, Google juga sudah menyediakan panduan set-up HTTPS.

Jika ingin mengerti lebih banyak tentang SSL untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS, kamu bisa menyimak video yang satu ini.

https://www.youtube.com/watch?v=MP_Nnsbjb6U

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL

Secure Socket Layer atau SSL adalah sertifikat digital untuk memastikan bahwa koneksi pada sebuah website telah terenkripsi sehingga tidak ada kebocoran dalam pertukaran informasi antara server dengan user. Sertifikat inilah yang bisa kamu gunakan untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS.

Saat hendak memasang sertifikat SSL, pastikan terlebih dulu bahwa kamu mempunyai kendali penuh atas website tersebut, sebab pemasangan sertifikat SSL akan lebih baik dilakukan dari cPanel. Setelah itu, simak cara memasang sertifikat SSL dari artikel Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula. Jika masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya ke Ninja Support Dewaweb 24/7 di website Dewaweb, ya!

Baca juga: Kenali Let’s Encrypt SSL untuk Menaikkan Peringkat Website

SSL Gratis dari Dewaweb

kenapa pakai ssl dan https

Jika kamu menggunakan layanan hosting dari Dewaweb, kamu tak perlu meragukan lagi keamanan koneksi di website-mu. Sebab, Dewaweb sudah melengkapi semua paket cloud hosting dengan sertifikat SSL Let’s Encrypt yang mempunyai grade minimal A hingga A+ yang bisa dicek dari website SSL Labs.

Baca juga: Tutorial Instalasi Let’s Encrypt SSL Gratis

Selain untuk hosting, fungsi SSL juga berlaku bagi layanan Virtual Private Server (VPS) di Dewaweb. Namun, jika kamu memerlukan pengamanan ekstra untuk website dengan traffic tinggi, kamu bisa membeli sertifikat SSL murah dan terpercaya dari Dewaweb.

Simpulan

Di artikel ini kamu sudah mengetahui fungsi HTTPS untuk website-mu hingga fungsi SSL dan informasi terkait SSL untuk penggunaan hosting di Dewaweb. Seperti yang telah dibahas di atas, HTTPS memiliki pengaruh besar tidak hanya untuk keamanan website tetapi juga untuk SEO website-mu. Jika ingin mengetahui lebih banyak terkait keamanan website, kamu bisa menyimak tayangan webinar Dewatalks yang satu ini:

Demikian artikel tentang alasan mengapa kamu harus menggunakan HTTPS/SSL untuk keamanan website-mu beserta fungsi HTTPS dan SSL. Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang SSL, tinggalkan di kolom komentar di bawah ya!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks