HTTPS: Arti, Manfaat, dan Bedanya dengan HTTP

HTTPS: Arti, Manfaat, dan Bedanya dengan HTTP

HTTPS adalah sebuah protokol yang menyatakan validitas keamanan website. HTTPS bisa juga dikatakan sebagai “HTTP versi aman”.

Hal ini karena HTTP dan HTTPS sebenarnya sama saja. Pembedanya adalah penambahan “S” yang berarti secure (aman).

HTTPS ini diamankan oleh SSL, sebuah lapisan protokol keamanan dengan metode enkripsi ujung ke ujung untuk melindungi transaksi informasi di sebuah website.

Pada artikel ini, Dewaweb sudah rangkumkan khusus untukmu yang ingin tahu seluk beluk seputar HTTPS. Yuk simak!

Baca Juga: Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula

Apa Itu HTTPS?

Seperti dijelaskan di awal, HTTPS adalah versi aman dari HyperText Transfer Protocol (HTTP).

Hal ini karena huruf ‘S’ pada HTTPS adalah singkatan dari secureyang berarti aman dan telah dilindungi oleh SSL.

HTTPS memastikan bahwa komunikasi antara browser pengguna dan server website berjalan dengan aman.

Biasanya, website yang sudah menjadi HTTPS ditandai dengan padlock (gambar gembok) berwarna hijau di address bar.

website dengan https

Awalnya, fungsi HTTPS hanya ditujukan bagi website e-commerce atau website sejenis yang menerima pembayaran online.

Hal ini untuk memastikan bahwa data pembayaran yang rahasia dan sensitif dikirim dengan aman untuk mencegah data dicuri oleh hackers.

Namun, keamanan website sekarang menjadi perhatian besar oleh Google. Tentu saja, Google hanya ingin website yang benar-benar aman untuk disuguhkan kepada pengunjung.

Bahkan, Google mengumumkan bahwa HTTPS akan menjadi faktor dalam algoritma ranking mereka. Ini membuat banyak website langsung beralih ke HTTPS.

Baca Juga: Tutorial Cara Redirect HTTP ke HTTPS untuk Website

Cara Kerja HTTPS

HTTPS menggunakan protokol enkripsi di web server untuk mengenkripsi (mengacak) segala jenis informasi. Protokol ini disebut Secure Sockets Layer (SSL certificate).

Adapun SSL ini bekerja menggunakan dua elemen; private key dan public key.

  • Public key: Kunci ini tersedia untuk menjamin keamanan seorang pengguna yang ingin bertukar segala jenis informasi (username, password, kartu kredit, dll) dengan web server. Kunci ini bertugas mengenkripsi (mengacak) informasi sehingga tidak terbaca komputer lain.
  • Private key: Kunci yang dikendalikan dan disimpan pemilik website, sifatnya privat. Ini akan bekerja di web server dan digunakan untuk mendekripsi (menyusun) informasi yang sebelumnya sudah dienkripsi (diacak) oleh public key.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Sertifikat SSL Website

Manfaat Menggunakan HTTPS

Berikut ini beberapa manfaat yang didapat jika website kamu menggunakan protokol HTTPS:

1. Sangat disukai Google (SEO)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sudah banyak website yang beralih ke HTTPS agar website mereka aman bagi semua orang.

Sejak April 2020, Google mencatat setidaknya 95 persen website sudah beralih ke HTTPS. Tidak heran, sebab Google memang didesain agar pengaturan HTTPS bisa dilakukan dengan mudah.

Google juga menyediakan audit mixed content untuk membantu pengembang (developer) website melakukan migrasi ke HTTPS di versi Node CLI terbaru dari Lighthouse, sebuah tool otomatis untuk memperbaiki halaman website.

Tools ini mampu menemukan halaman website yang sudah siap untuk di-upgrade ke HTTPS dengan mengubah sub-resource reference ke versi HTTPS.

Oleh karena Google sangat menyukai website HTTPS, maka otomatis juga memengaruhi performa SEO sebuah website. Semakin aman website kamu, Google akan semakin mudah memberimu peringkat tinggi.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi SSL untuk SEO dan Keamanan Website

Jika ingin mengerti lebih banyak tentang SSL untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS, kamu bisa menyimak video yang satu ini.

2. Lebih dipercaya pengguna

Jika Google sudah merekomendasikan website untuk disuguhkan kepada pengguna, tentu saja si pengguna juga akan jauh lebih percaya terhadap website tersebut.

Seperti yang sudah sempat dibahas di awal bahwa HTTPS adalah protokol yang menggunakan sertifikat SSL untuk mengenkripsi informasi sehingga meminimalisir adanya serangan siber.

Bayangkan saja jika kamu memiliki website tetapi tidak terproteksi, tentu saja pengunjung akan berpikir dua kali untuk mengunjungi websitemu.

Ditambah lagi, Google juga memberikan peringatan “Not Secure” kepada pengguna jika website kamu tidak terlindungi oleh SSL.

Baca Juga: Cara Mengatasi Your Connection is Not Secure di Browser

3. Menjamin keamanan website

Mungkin kamu sudah tahu akan manfaat yang satu ini. HTTPS adalah protokol yang membuat web servermu terjamin keamanannya dengan menggunakan sertifikat SSL.

Protokol ini menjaga pertukaran informasi yang terjadi antara pengunjung dan pemilik website agar tetap aman.

Misalnya, username, password, ataupun informasi kartu kredit pengguna tidak akan dapat dicuri saat pengguna sedang mengisi formulir.

Baca juga: Tutorial Instalasi Let’s Encrypt SSL Gratis

4. Menguntungkan pengguna dan pemilik website

Keamanan website yang baik tidak hanya menguntungkan pengguna tetapi juga si pemilik website.

Di satu sisi, pengunjung merasa aman saat harus menyerahkan data informasi pribadinya.

Sementara di sisi lain, si pemilik website juga merasa diuntungkan karena websitenya dipercaya baik oleh Google maupun pengunjung.

Selain itu, pemilik website juga tidak perlu khawatir aset dalam websitenya dibobol atau dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab. Semuanya karena sudah terlindungi oleh sertifikat SSL.

Baca juga: Kenali Let’s Encrypt SSL untuk Menaikkan Peringkat Website

5. Autentikasi website

Autentikasi adalah proses verifikasi keaslian seseorang atau mesin dalam proses komunikasi antara pengguna dengan website.

Tujuan autentikasi adalah membuktikan bahwa pengunjungmu memang benar mengirimkan data informasi pribadinya kepada pemilik website dan bukan hacker.

Karena pada dasarnya pengguna tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik layar website dan siapa orang yang mengelola datanya.

Sertifikat SSL yang berperan dalam mengaktifkan HTTPS dan akan mewakili proses verifikasi eksternal oleh web server kepada pihak ketiga terpercaya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan HTTPS di Custom Domain pada Blogger

Apa Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS?

Sebenarnya, perbedaan antara HTTP dan HTTPS sangat jelas; HTTPS adalah protokol yang aman sementara HTTP tidak.

HTTPS menggunakan tiga prosedur keamanan data yaitu autentikasi server, enkripsi data, dan integritas data. Ketiganya tidak bisa ditemukan pada HTTP.

  • Autentikasi server untuk memastikan pengguna bertukar informasi dengan pihak yang tepat dan menghindari serangan man-in-the-middle atau penyusup.
  • Enkripsi data untuk menjaga data dengan cara mengacak informasi yang sedang ditransfer agar terhindar dari pencurian dan penyadapan.
  • Integritas data dibutuhkan agar transfer bisa dilakukan. Hal ini terjadi karena data yang dikirim akan dibungkus oleh protokol sehingga tidak dapat diubah.

Perbedaan lainnya antara HTTP dan HTTPS adalah penggunaan port default.

Protokol HTTP menggunakan port 80 level TCP/IP sementara HTTPS menggunakan port 443.

Perbedaan selanjutnya adalah HTTP bekerja pada layer application sementara HTTPS bekerja di layer transport.

Dengan demikian, HTTP lebih cocok untuk website yang hanya sekadar akses informasi satu arah tanpa ada transaksi apapun seperti blog pribadi atau portfolio.

Baca Juga: Masalah SSL Error pada Website dan Cara Mengatasinya

Sudahkah Website Kamu Pakai HTTPS?

Itu dia segala informasi seputar HTTPS. Fungsi utama HTTPS adalah menjamin keamanan website dengan bantuan sertifikat SSL.

Sekarang, apakah website kamu sudah terproteksi dengan SSL? Jika belum, Dewaweb menyediakan SSL murah namun terbaik di Indonesia, lho!

https adalah http aman dengan ssl

Jika kamu menggunakan layanan hosting dari Dewaweb, kamu tidak perlu ragu lagi akan keamanan koneksi di website-mu.

Sebab, Dewaweb sudah melengkapi semua paket cloud hosting dengan sertifikat SSL Let’s Encrypt yang mempunyai grade minimal A hingga A+ yang bisa dicek dari website SSL Labs.

Selain untuk hosting, fungsi SSL juga berlaku bagi layanan Virtual Private Server (VPS) di Dewaweb.

Namun, jika kamu memerlukan pengamanan ekstra untuk website dengan traffic tinggi, kamu bisa membeli sertifikat SSL murah dan terpercaya dari Dewaweb.

Demikian artikel ini, semoga membantu! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses!