9+ Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

9+ Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Belanja online adalah salah satu opsi yang cerdas untuk membatasi mobilitas di luar rumah. Menurut survei Badan Pusat Statistik, 9 dari 10 orang memilih untuk berbelanja online di tahun 2020.  Pertumbuhan sektor marketplace di Indonesia di tahun 2020 juga sangat pesat. Meningkatnya minat belanja online mengharuskan kamu untuk selalu waspada dengan cara mengetahui tips belanja online yang aman supaya terhindar dari penipuan.  Di artikel ini, Dewaweb akan membahas cara belanja online yang aman untuk kamu, yuk simak!

Statistik belanja online Indonesia
Gambar: bps.go.id

Tips Cara Belanja Online yang Aman

Salah satu pips aman belanja online yakni dimulai dengan mengambil langkah pencegahan penipuan. Berikut ini beberapa tips untuk cara belanja online yang aman dan sebaiknya kamu ikuti:

1. Riset Toko Online sebelum Belanja

Salah satu cara belanja online yang aman adalah dengan meriset dulu toko yang ingin kamu beli produknya.

Ketika kamu ingin berbelanja di toko online yang belum kamu kenal, bacalah ulasannya dan pastikan tidak ada konsumen yang melaporkan tindakan penipuan.

2. Ketika Ragu, Tinggalkan

Tips ini berlaku untuk toko online, email, dan segala macam kegiatan jual beli online lainnya.  Jika kamu merasa kurang yakin dengan sebuah tautan di email atau toko online, jangan bertransaksi di situ.

3. Berhati-hati dalam Berbagi Informasi

Perlindungan informasi adalah langkah kunci dari cara belanja online yang aman. Informasi personal dan keuangan kamu adalah data yang sangat berharga dan harus dilindungi.

Ketika berbelanja online, waspadai jenis informasi yang diminta. Pastikan informasi itu memang diperlukan untuk memroses transaksi.

4. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Kartu kredit Visa atau Mastercard merupakan pilihan metode yang sangat dianjurkan untuk berbelanja online. Kedua penerbit kartu kredit tersebut mewajibkan pengguna untuk memasukakn OTP (one-time password) yang dikirim ke handphone kamu sebelum transaksi diproses.

5. Amankan Perangkat dengan Antivirus

Pastikan semua perangkat yang terhubung dengan web, termasuk PC, telepon pintar, dan tablet, bebas dari malware. Kamu bisa pilih antivirus yang tepat untuk menangkal malware di perangkat.

Baca Juga: 10 Antivirus Terbaik Ampuh Atasi Malware di Laptop Windows & MacOS

6. Aktifkan Two-Factor Authentication

Lindungi semua akun kamu dengan mengaktifkan two-factor authentication (TFA). 2FA adalah sebuah metode atau fitur keamanan yang menggunakan verifikasi dua langkah baik di sebuah aplikasi, website, atau platform lainnya. TFA berguna sebagai lapisan tambahan keamanan selain password dan pin. 

7. Gunakan Sandi yang Kuat

Pastikan kata sandi kamu cukup kuat sehingga akun kamu aman dari ancaman peretas data. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi generator dan penyimpan kata sandi seperti LastPass, Dashlane, dan sebagainya untuk membantu menyimpan data-datamu.

Baca Juga: 8 Password Manager Terbaik untuk Penyimpanan Sandi Praktis & Aman

8. Hindari Penggunaan Sandi yang Sama

Apapun alasannya, jangan pernah gunakan sandi yang sama untuk akun-akun kamu. Hal ini sangat berbahaya jika dilakukan karena apabila satu akun kamu diretas, maka semua akunmu dapat terkena dampaknya.

9. Perhatikan Keamanan Perangkat Mobile agar Aman Berbelanja Online

Berikut ini beberapa tips keamanan perangkat mobile untuk belanja aman dari handphone atau tablet kamu:

Hindari membuka tautan dari pengirim tak dikenal

Tentunya kamu pernah melakukan registrasi akun dengan email, ‘kan?

Pasti saat ini kotak masuk email kamu tentunya sering dipenuhi oleh promosi dari berbagai pengirim. Jika kamu melihat email dari pengirim tidak dikenal, jangan pernah membuka tautan yang dikirim. Hal ini berguna untuk melindungi data kamu dari phishing.

belanja online aman dengan hindari spam
gambar: how to geek

Gunakan proteksi antivirus mobile

Dengan meningkatnya malware pada perangkat mobile, penggunaan proteksi antivirus menjadi keharusan.

Sebelum mulai berbelanja, lengkapi telepon pintar dan tablet kamu dengan aplikasi antivirus. Cari aplikasi yang dapat mendeteksi malware dan memblokir website berbahaya.

Baca juga: 10+ Cara Mengatasi Malware Paling Ampuh

Selalu gunakan browser terpercaya

Selalu gunakan browser terpercaya seperti Chrome, Firefox, dan Edge dalam beraktivitas online. Pastikan kamu selalu update ke terbaru juga, karena developer selalu menambahkan fitur-fitur keamanan tambahan di versi terbaru aplikasinya.

Gunakan aplikasi belanja terpercaya

Saat ini banyak sekali aplikasi toko online bertebaran, pastikan kamu memilih nama-nama yang sudah terpercaya dan terlindung dari kejahatan siber.

Hindari transaksi di Wi-Fi publik

Wi-Fi publik seringkali digunakan oleh banyak orang, dan saluran koneksinya sering terbuka untuk siapapun. Maka dari itu, hindarilah bertransaksi atau mengakses akun-akun finansial kamu saat berada di Wi-Fi publik.

Risiko Belanja Online

Memang berbelanja di marketplace adalah salah satu kegiatan yang sangat memudahkan kita dalam mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan. Tetapi, berbelanja online mempunyai beberapa risiko, seperti:

  • Penipuan pada toko online yang tidak terpercaya.
  • Pencurian data saat pembayaran menggunakan koneksi WiFi publik.
  • Maraknya toko online, website, dan email penawaran produk palsu.
  • Menerima barang yang tidak sesuai dengan deskripsi pada iklan.

Selalu Perhatikan Keamanan saat Belanja Online!

Demikian tips belanja online yang aman agar kamu terhindar dari penipuan. Menggunakan internet untuk berbelanja tentunya sangat menghemat waktu dan tenaga. Kamu juga dapat dengan bebas memilih barang-barang yang ingin kamu beli. Saat ini, sudah terdapat banyak marketplace yang menawarkan jaminan keamanan data keuangan, Meski begitu, bukan berarti kamu dapat mengabaikan keamanan data dan perangkat kamu selama berbelanja online.

Dalam segala aktivitas jual-beli online, pasti ada faktor risiko yang perlu diperhatikan agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber yang saat ini sedang marak. Belanja online memang sangat memudahkan kita dalam membeli segala sesuatu, terlebih di saat kita mempunyai kesibukan sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan.

Meskipun demikian, kita harus tetap waspada dalam membagikan informasi keuangan dan pribadi kita selama berbelanja online. Pastikan toko online yang kamu kunjungi sudah mempunyai sertifikat SSL yang menjadi salah satu nilai ukur keamanan sebuah website.