ganti password gmail featured image

Cara Mudah Ganti Password di Gmail

Para pakar keamanan internet selalu menyarankan pengguna email untuk mengubah password secara berkala agar data mereka tidak dicuri. Bagaimana tidak, data RiskBasedSecurity per kuartal pertama 2020 mengekspos 8,4 miliar pencurian data yang terjadi di internet. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara ganti password Gmail dari artikel berikut agar emailmu aman.

Tak hanya email, proses ganti password Gmail ini akan memengaruhi layanan Google lainnya juga, seperti Google Drive, Google Docs, Google Maps, Google Form, Google Photos, YouTube, dan sebagainya. Jika belum mempunyai email, kamu bisa mempelajari cara membuatnya di artikel Cara Membuat Email di HP yang Mudah nan Tricky.

Tutorial Mengganti Password Gmail dan Google Suite

Video berikut menampilkan cara ganti password Gmail dan Google Suite. Namun, jika kamu ingin memahami cara ganti password lebih lengkap melalui tulisan, lanjutkan bacaan berikut.

Cara Ganti Password Gmail

Cara ganti password di Gmail tidaklah sulit. Namun yang terpenting, pastikan terlebih dulu kamu mempunyai akses untuk masuk ke kotak masuk atau inbox Gmailmu, lalu login ke akun email dan ikuti langkah berikut:

1. Buka pengaturan Gmail-mu

Setelah berhasil mengakses kotak masuk emailmu, klik ikon [âš™] di sebelah kanan atas seperti pada gambar berikut, lalu klik “Settings” atau “Pengaturan”.

ganti-password-gmail-settings-inbox-google-dewaweb

2. Akses “Accounts and Import”.

Usai mengklik “Settings”, pilih “Accounts and Import” lalu klik “Change password” seperti yang ditandai kotak merah pada gambar berikut.

ganti-password-gmail-email-account-change-password-google-dewaweb

3. Verifikasi password lama.

Tulis kembali password lamamu untuk mengonfirmasi Google bahwa kamu mempunyai wewenang untuk melakukan ganti password email ke yang baru. Jika sudah selesai, klik “Next”.

ganti-password-gmail-verifikasi-akun-google-dewaweb

4. Masukkan password Gmail baru.

Ketika membuat password baru, jangan lupa untuk memerhatikan kekuatan password-mu agar tak mudah diretas hacker. Biasanya, password yang cukup aman terdiri dari satu huruf kapital, beberapa huruf non kapital, dan angka atau simbol. Jika sudah selesai menentukan dan mengonfirmasi ganti password email, klik “Change password”.

Baca juga: Lupa Password Gmail? Ini Cara Mengatasinya!

cara-mengganti-password-gmail-email-google-dewaweb

Tips untuk Mengamankan Akun Gmail

Meski akun email Google bisa sangat sulit diakses jika kamu tidak mengingat password atau mempunyai akses sinkronisasi ke perangkat lain, namun kamu harus tetap dapat memastikan keamanannya. Ikuti tips berikut untuk tetap mengamankan akun Gmail-mu:

  • Sign out dari semua sesi Gmail secara berkala bila perlu.
  • Pastikan kamu mengenali dan memercayai siapa saja yang mempunyai akses atas akun Gmail-mu.
  • Jika sudah aman, aktifkan two-step authentication Gmail untuk melindungi akunmu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Google Authenticator melalui App Store atau Google Play Store untuk menyimpan kode autentikasi dari akun Gmail-mu.

Baca Juga: Tips Membuat Password Anti Ancaman Digital

Simpulan

Mengingat kejahatan siber semakin banyak terjadi, maka tak heran jika ganti password Gmail harus kamu lakukan secara berkala, misalnya setiap enam bulan sekali. Selain itu, kamu juga perlu memastikan ada perangkat lain yang terhubung dengan akun Gmail-mu, misalnya HP.

Selain email, jika kamu mempunyai website, website-mu pun harus tahan dari virus dan ancaman peretasan lain yang mengintai. Kamu bisa mempelajari cara mengamankannya dari artikel 5 Tips untuk Meningkatkan Keamanan Website Kamu. Tak hanya itu, kamu juga wajib menggunakan hosting yang aman dan cepat agar website-mu bisa diandalkan oleh para pengunjung. Selamat mencoba, salam sukses online!