dewaweb-blog-cara-ganti-password-gmail

Pasti Anda semua punya email kan? Para pakar keamanan internet selalu menyarankan semua pengguna email untuk mengubah password Anda secara regular. Ini perlu dilakukan untuk melindungi informasi dari hacker dan menjaga keamanan email Anda. Nah khusus untuk artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara mengganti password Gmail Anda.

Sebelum kita mulai, perlu diperhatikan bahwa semua produk Google seperti Google Drive, Google Docs, dan lain-lain, menggunakan informasi akun yang sama. Jadi kalau Anda mengganti password Gmail Anda, password untuk login ke semua produk Google Anda akan berubah. Apa saja produk Google? Selain yang disebutkan di atas, ada juga Google Maps, Google Photos, YouTube. Jadi Anda harus login ulang dengan password baru Anda ke produk-produk Google lainnya.

Jika Anda belum punya akun Gmail, kami juga memiliki artikel yang membahas tentang bagaimana cara mendaftar gmail .

Cara Ganti Password Gmail

Buka setting Gmail Anda. Untuk mengubah email Gmail Anda, Anda perlu mengakses settings di akun Gmail Anda. Caranya:

ganti-password-gmail-settings-inbox-google-dewaweb

  1. Buka Gmail
  2.      Pilih pilihan settings yang berupa icon di bagian kanan atas Gmail
  3. Kemudian pilih Settings dari menu.

Masuk ke bagian ‘Accounts and Import’. Setelah Anda masuk ke setting Gmail Anda,  Anda perlu mengakses tab yang ada di menu bagian atas.

ganti-password-gmail-email-account-change-password-google-dewaweb

  1. Pilih Accounts and Import dari bagian atas Gmail.
  2. Di bawah pilihan change account settings:, klik atau pilih change password.

Masukkan password Anda yang sekarang. Sebelum Anda mengubah password akun Google Anda, Anda harus memverifikasi bahwa Anda mengetahui password Anda sekarang.

ganti-password-gmail-verifikasi-akun-google-dewaweb

  1. Masukkan password Anda sekarang di textbox Enter your password yang disediakan
  2. Kemudian klik atau tap tombol NEXT

Masukkan password Gmail baru Anda. Sekarang, Anda sudah bisa mengganti password Gmail Anda. Pastikan Anda memilih password yang aman dan susah untuk di-hack. Kalau Anda bingung password seperti apa yang aman, yuk baca artikel kami tentang tips membuat password yang anti ancaman digital.

cara-mengganti-password-gmail-email-google-dewaweb

  1. Masukkan password baru Anda di textbox yang disediakan
  2. Masukkan password baru Anda sekali lagi di textbox kedua yang disediakan untuk memastikan bahwa Anda memasukkan password yang Anda inginkan dengan benar
  3. Klik atau tap change password

Langkah tambahan untuk mengamankan akun gmail Anda. Jika Anda pernah menjadi korban pencurian password atau takut akun Gmail Anda di-hack, Anda bisa mencoba tips-tips berikut ini:

  •      Coba sign out dari semua session Gmail Anda
  •      Verifikasi bahwa Anda mengenali semua layanan dan orang-orang yang mengakses akun Gmail Anda
  •      Aktifkan 2-step authentication gmail untuk melindungi akun Anda.

Simpulan

Di artikel kali ini kami sudah membahas bagaimana cara mengganti password gmail. Anda memang disarankan untuk mengganti password email Anda selama beberapa periode sekali, misalnya 6 bulan sekali. Ini perlu dilakukan untuk menjamin keamanan akun gmail Anda. Pasti Anda tidak mau akun email Anda di hack, bukan?

Berbicara soal keamanan, kami juga baru merilis ebook terbaru kami, Cyber Security Report 2018 . Ebook ini membahas secara lengkap tentang keamanan website, tips-tips keamanan web, dan kasus-kasus keamanan website terbesar selama setahun belakangan. Jangan lupa download ya!

Kalau Anda masih memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman, Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu!