Cara Mengganti Password WordPress

Kata sandi atau password memang sangat penting untuk menjaga keamanan sebuah akun, terutama akun website. Terlebih, jika website-mu digunakan untuk berbisnis, karena apapun masalah yang terjadi pada website dapat berpengaruh pula terhadap kualitas dan kredibilitas brand di mata konsumen. Oleh karena itu, penting untuk mengubah password secara berkala agar website-mu bisa tetap aman. Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari cara mengganti password WordPress.

Mengapa WordPress? Content Management System (CMS) buatan AS ini sering digunakan oleh pemilik dan pengelola website, baik website sederhana hingga website milik brand ternama, seperti Rolling Stones, TechCrunch, Perusahaan Walt Disney, bahkan blog cPanel. Selain popularitas, CMS WordPress juga sering diandalkan dari segi kemudahan pemakaiannya, bahkan bagi para pemula.

Pentingnya Password WordPress

Usai mengetahui keunggulan WordPress, inilah saatnya kamu tahu bahwa kombinasi tulisan pada password yang unik ternyata masih bisa ditembus. Oleh karena itu, penting bagimu untuk mempertimbangkan hal berikut sebelum memutuskan untuk tidak mengganti password secara berkala:

  • Menjaga keamanan website

    Tentu saja, mengganti password WordPress secara berkala dapat meningkatkan keamanan akun. Anggap saja seorang hacker berhasil membobol password-mu hari ini dan melakukan perubahan kecil di website yang tidak kamu sadari, lalu memutuskan untuk membajaknya lagi minggu depan. Jika kamu mengganti password sebelum hacker tersebut login kembali untuk meretas, akan lebih besar kemungkinannya website-mu tetap aman, asal kamu sering memantau jika dirasa ada keanehan pada website.

  • Menjaga keamanan akun lain

    Jika kamu masih menggunakan satu password yang sama untuk banyak akun di internet, lebih baik ubah kebiasaan tersebut. Pasalnya, jika password salah satu akun berhasil dibobol oleh hacker, kemungkinan besar akun lain milikmu yang ada di internet juga dapat diretas, termasuk akun WordPress. Ibaratnya, hacker tersebut telah melakukan sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui.

  • Akunmu dibajak

    Seringkali hacker tak hanya mengambil datamu, namun sekaligus juga mengubah password sehingga kamu tidak dapat mengaksesnya lagi. Jika website-mu memang digunakan untuk berbisnis, tidakkah itu akan merugikan reputasi brand-mu?

  • Menyelamatkan akun dari perangkat lain

    Demi beberapa alasan, mungkin kamu pernah login di suatu perangkat lalu lupa logout. Mengganti password WordPress secara berkala juga dapat mengurangi kemungkinan akun WordPress diretas akibat keteledoran ini.

Cara Mengganti Password WordPress

Sederhananya, cara mengganti password di WordPress terbagi menjadi dua metode, yaitu melalui WordPress langsung atau melalui phpMyAdmin. Jika kamu ingin mengganti password langsung melalui WordPress maka kamu perlu memiliki akses email yang digunakan ketika membuat akun WordPress tersebut atau ikuti langkah berikut.

1. Melalui halaman login

Langkah ini dapat kamu lakukan ketika kamu lupa password WordPress-mu.

  • Klik pada pilihan “Lost your password?” seperti pada gambar.

cara mengganti password wordpress lost your password

  • Kemudian masukkan email yang kamu gunakan untuk membuat akun WordPress lalu klik “Get New Password”.

cara mengganti password wordpress get new password

  • Tunggu beberapa saat hingga kamu menerima email berisi tautan (link) untuk mengatur ulang password WordPress. Klik link tersebut hingga kamu diarahkan kembali ke halaman reset password WordPress.

cara mengganti password wordpress email link

  • Setelah itu, buat password baru yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf hingga simbol yang pastinya berbeda dari akun lain milikmu yang terdaftar di internet. Jika sudah yakin dengan password barumu, klik “Reset Password”.

cara mengganti password wordpress reset password

– Setelah berhasil, coba login kembali dengan password yang baru kamu buat. Proses penggantian password seperti ini tidak memakan banyak waktu dan kamu pun tidak perlu mengakses dashboard WordPress terlebih dulu sehingga kamu tak repot menghadapi lebih banyak langkah.

2. Lewat dashboard

Cara mengganti password WordPress yang kedua adalah melalui dashboard. Melalui cara ini, kamu bisa mengubah password tanpa memerlukan akses ke email. Keuntungannya, cara ini bisa dipakai ketika kamu lupa username dan password namun sesi login WordPress di browser-mu belum berakhir. Ikuti langkah berikut:

  • Pilih “User” dari menu bar di sebelah kiri

cara mengganti password wordpress user

  • Scroll hingga section Account Management lalu klik “Generate Password” dan buat password baru yang setidaknya terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, atau simbol jika perlu. Jangan lupa, sebaiknya bedakan password WordPress dengan password akun lain. Jika sudah selesai, klik “Update Profile” dan password-mu sudah otomatis diperbarui.

cara mengganti password wordpress generate pass

  • Langkah selanjutnya, kamu bisa mengecek lagi apakah password-mu sudah diperbarui dengan membuka incognito tab atau tab penyamaran lalu coba login ke akun WordPress.

3. Melalui phpMyAdmin

Cara mengganti password WordPress selanjutnya bisa dilakukan melalui phpMyAdmin di cPanel. Syaratnya, tentu kamu harus mempunyai akses ke cPanel, lalu ikuti langkah berikut:

  • Login ke cPanel dengan mengetik nama domainmu lalu akhiri dengan “:2083”, misalnya “cikenblekpaper.com:2083” atau “:2082” jika website-mu belum menggunakan SSL.
  • Di halaman dashboard cPanel, scroll hingga sampai ke section Databases lalu klik “phpMyAdmin” seperti pada gambar.

cara mengganti password wordpress databases

  • Di halaman phpMyAdmin, klik database blog lalu klik “wp_user”. Tandai user yang akan diganti passwordnya dan klik “Ubah” seperti pada gambar berikut.

cara mengganti password wordpress phpmyadmin

  • Selanjutnya, kamu perlu mengubah fungsi pada bagian “uses_pass” menjadi fungsi MD5 seperti pada gambar berikut. Kemudian lanjutkan dengan mengetik password baru pada bagian sebelah kanan (null value). Jangan lupa untuk mengombinasikan password dengan angka maupun huruf yang mudah diingat. Jika sudah selesai mengatur, klik tombol “Go” untuk menyimpan perubahan data password. Setelah itu, login ke dashboard blog seperti semula untuk mencoba password baru.

cara mengganti password wordpress md5

Mana yang lebih baik?

Setiap langkah cara mengganti password WordPress di atas mempunyai fungsinya masing-masing, tergantung keperluanmu. Jika tidak mau repot login ke akun WordPress, kamu bisa menggunakan cara pertama dan jika kamu ingin mengganti password tanpa harus logout terlebih dulu, gunakan cara kedua. Namun, jika kamu ingin mengganti password WordPress langsung dari cPanel, terapkan cara ketiga.

Tidak sulit kan memahami cara mengganti password WordPress? Tidak sulit pula untuk memilih layanan hosting yang paling cocok untuk website-mu. Selain keamanan, kecepatan website juga perlu kamu perhatikan agar website-mu selalu dapat diandalkan. Semoga artikel ini membantu, selamat mencoba!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks