Cara Mengganti Password WordPress

Keberadaan password sangatlah penting untuk sebuah website. Khususnya dari segi keamanan data di dalam sebuah website dan terlebih data tersebut adalah data yang bersifat pribadi dan penting. Jika dianalogikan secara sederhana, password ibarat sebuah kunci yang digunakan untuk masuk ke dalam sebuah ruangan. Bila kamu tidak memiliki kunci maupun akses, maka kamu pun tidak bisa masuk.

Namun, keberadaan password ini terkadang masih belum bisa dikatakan aman secara penuh. Sebab, bisa saja hacker dapat membobol kunci tersebut. Ketika website berhasil dibobol dan data-data penting dicuri, bayangkan berapa kerugian yang akan kamu tanggung. Penggunaan password yang sama untuk berbagai macam platform memang tidak dianjurkan. Hal ini untuk mengurangi risiko pembobolan akses. Jadi, usahakan gunakanlah satu password hanya untuk satu platform saja.

Pentingnya password WordPress

Meski kamu sudah membuat kombinasi password yang unik ternyata celah tersebut masih bisa ditembus. Oleh karena itu, mengapa kamu perlu untuk mengganti password website secara berkala. Disamping karena faktor keamanan, mengganti password WordPress juga untuk keperluan lainnya. Misalnya saja, kamu telah menyediakan akses untuk pengguna lainnya, maka sebaiknya ganti password tersebut untuk akses pribadi.

Kemudian, alasan lainnya kamu mengganti password adalah karena lupa. Ini tentu menjadi hal yang paling umum terjadi. Akan tetapi, jika kamu lupa password tersebut sebaiknya tidak perlu khawatir. Beberapa cara mengganti password WordPress memang telah banyak dicoba. Caranya pun tidaklah sulit bila kamu mau mempelajarinya dengan seksama.

Cara mengganti password

Secara garis besar, cara mengganti password di WordPress terbagi dalam dua metode. Baik itu melalui WordPress langsung, atau melalui phpMyAdmin. Jika kamu memilih langsung melalui WordPress maka kamu pun perlu memiliki akses email yang digunakan ketika membuat akun WordPress tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai cara-cara mengganti password WordPress ini bisa kamu simak di bawah ini.

  • Melalui halaman login

Hampir di setiap website bahkan semua website pun yang berbasis WordPress memiliki halaman login. Pada tampilan login, ada dua kolom yang wajib kamu isi, yakni alamat email maupun password. Ketika kamu lupa mengisikan password ini, cobalah untuk klik tulisan atau link Lost your password? Yang terdapat di bagian kanan bawah tampilan login WordPress ini. Kemudian, masukkan alamat email seperti biasa yang kamu gunakan dan pastikan terhubung dengan akunmu. Lanjutkan dengan opsi Get New Password.

Tunggu beberapa saat sampai WordPress mengirimkan email dan menginformasikan kamu untuk mereset password WordPress. Setelah kamu membuka email pemberitahuan itu, biasanya akan muncul link yang diberikan. Kamu bisa klik link tesebut dan buatlah password baru yang mudah diingat dan tidak diketahui orang lain. Agar lebih aman, sebaiknya kamu gunakan kombinasi berupa huruf besar dan kecil, tanda baca maupun angka. Setelah kamu merasa yakin dengan password yang dibuat, pilihlah Reset Password.

Setelah berhasil, cobalah login kembali dengan password baru tersebut sebagai uji coba apakah cara mengganti password WordPress ini efektif. Proses mengganti password langsung seperti ini akan berjalan begitu cepat dan kamu pun tidak memerlukan waktu yang lama. Sehingga tidak menghambat proses melakukan perbaikan lainnya pada websitemu.

  • Lewat dashboard

Cara mengganti password WordPress yang kedua adalah melalui dashboard. Menggunakan cara ini, kamu bisa mengubah password tanpa menyediakan akses email. Keuntungannya, cara ini bisa dipakai ketika kamu lupa username maupun password namun sesi login WordPress belum berakhir. Maka tidak heran jika sebagian menyebut cara seperti ini terkesan lebih cepat jika dibandingkan menggunakan login seperti di atas.

Adapun langkah-langkahnya yang harus kamu lakukan di antaranya adalah dengan membuka tab User > Your Profile. Nantinya di bagian inilah kamu bisa melihat informasi akun yang kamu kelola, baik itu mail, username, hingga foto profil yang kamu gunakan. Untuk bagian lain patut kamu lihat adalah pada Account Management. Sebab, pada bagian inilah kamu bisa mengubah password untuk WordPress. Termasuk bila kamu lupa password yang sebelumnya digunakan.

Lanjutkan dengan klik opsi Generate Password yang muncul. Keunggulannya di sini adalah WordPress akan membuatkan password sendiri secara aman untuk websitemu. Namun, apabila kamu merasa password tersebut kurang aman, atau tidak sesuai dengan keinginan baik itu kombinasi maupun segi keamanan maka bisa kamu ubah. Namun, WordPress akan memberikan notifikasi jika password kamu terlalu lemah. Maka untuk itu, kamu perlu mengkombinasikannya kembali dengan huruf, tanda baca, maupun angka lain sampai muncul tulisan password kuat pada kolom yang ada.

Setelah passsword tersebut dirasa cukup kuat dan aman, klik Update Profile yang terdapat di bawah halaman. Namun, cara ini tidak membuat akunmu logout secara otomatis. Dari sini kemudian muncul pesan Profile Update pada bagian atas layar. Maka dari itu, kamu perlu untuk melakukan logout secara manual dan cara ini sekaligus mengecek apakah password yang sudah diganti tersebut sudah berjalan efektif atau masih memerlukan perbaikan.

  • Melalui phpMyAdmin

Cara terakhir dalam mengganti password WordPress bisa kamu lakukan melalui phpMyAdmin. Langkahnya pun bisa dibilang cukup mudah dan sebagai langkah awal kamu perlu membukan control panel server dan klik website namadomainmu.com/cpanel. Kemudian lanjutkan dengan login untuk klik phpMyAdmin. Kamu bisa melanjutkannya dengan klik database blog lalu klik wp_user. Tandai user yang akan diganti passwordnya dan klik ubah.

Sebagai catatan, WordPress akan secara default menyembunyikan karakter password blog dalam sebuah deretan angka dan kamu pun tidak bisa mengubahnya tanpa menyesuaikan fungsinya.

Sebagai langkah selanjutnya, kamu perlu untuk mengubah fungsi pada bagian uses_pass menjadi fungsi MD5. Kemudian, kamu bisa melanjutkannya dengan mengetikkan kata sandi atau password baru pada bagian sebelah kanan (null value). Jangan lupa untuk mengombinasikan password dengan angka maupun huruf yang mudah diingat. Untuk langkah terakhir, kamu bisa klik tombol Go untuk menyimpan perubahan data password. Kamu pun bisa login ke dashboard blog seperti semula dan lakukanlah secara berulang untuk menguji coba.

Mana yang lebih baik?

Dari ketiga cara di atas, mungkin sebagian orang bertanya manakah cara mengganti password WordPress terbaik? Sebenarnya, ketiga cara tersebut sama saja. Namun, yang perlu diperhatikan adalah mengenai efisiensi waktunya. Bila kamu menginginkan cara yang cepat maka bisa menggunakan cara pertama. Akan tetapi bila menggunakan cara ketiga memang lebih aman namun membutuhkan sedikit banyak waktu.

Selain itu, guna menunjang kebutuhan website penting juga bagi kamu untuk menggunakan penyedia layanan hosting terbaik dan terpercaya. Dengan menggunakan layanan hosting terbaik dari Dewaweb maka akan membuat performa situs WordPress kamu akan menjadi lebih handal. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia