Cara Setting SMTP Gmail

Simple mail transfer protocol atau SMTP adalah sebuah standard elektronik untuk pengiriman email. Saat Anda menerima email di inbox Anda, kemungkinan besar email tersebut dikirim dengan menggunakan server SMTP.

Di artikel kali ini kami ingin membahas bagimana Anda bisa menggunakan server SMTP Gmail untuk mengirim email melalui aplikasi web, dengan email dengan domain Anda sendiri, dan website WordPress Anda.

SMTP Gmail gratis dari Google

SMTP Gmail Email Dewaweb

Bagi bisnis atau perusahaan yang memiliki volume email cukup rendah, Anda bisa menggunakan server SMTP Gmail yang gratis dari Google. Google memiliki infrastruktur yang luas dan Anda tidak perlu ragu karena mereka akan selalu online.

Tetapi memang karena itu gratis, memang ada batas jumlah email yang bisa dikirim. Menurut Google, Anda bisa mengirim sampai dengan 100 email setiap 24 jam atau 3000 email sebulan melalui server SMTP mereka.

Tergantung dari jumlah email yang Anda kirim atau perusahaan Anda butuhkan, 3000 email sebulan bisa dibilang cukup. Jika Anda memang perlu mengirim email dalam jumlah yang lebih besar, Anda mungkin memerlukan server Anda sendiri. Tetapi untuk startup dan developer yang butuh layanan gratis dan dapat diandalkan, SMTP Gmail bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, jika Anda mengirim email menggunakan SMTP Gmail, Google akan menyimpan dan mengindex email-email yang dikirim melalui SMTP tersebut. Jika Anda menggunakan akun Gmail atau Google Apps untuk menerima email, Anda juga akan memiliki semua email Anda di satu tempat yang sama.

Tidak hanya itu, karena server SMTP Google tidak menggunakan Port 25, Anda akan mengurangi kemungkinan provider layanan internet mem-block email Anda atau menandainya sebagai email spam.

Baca juga: Tutorial Mail Merge Gmail: Email Blast Gratis

Cara Setting SMTP Gmail

Secara default, Gmail memiliki setting-an SMTPnya. Anda bisa menggunakan informasi SMTP server Gmail di beberapa tempat. Anda bisa menggunakannya di email client seperti Microsoft Outlook atau plugin di website WordPress seperti misalnya SendGrid.

Setting Default SMTP Gmail

Berikut adalah setting default SMTP Gmail:

Outgoing Mail (SMTP) Server: smtp.gmail.com

Use Authentication: Yes

User Secure Connection: Yes (ini bisa menjadi TLS atau SSL, tergantung dengan mail client yang Anda gunakan)

Username: akun Gmail Anda ([email protected])

Password: password akun Gmail Anda

Port (TLS): 587

Port (SSL): 465

Jadi, saat Anda login ke email client Anda, mereka mungkin akan meminta data-data di atas. Anda hanya perlu meng-copy paste data-data di atas dan masukkan ke tempat yang sudah disediakan.

Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail atau webmail Gmail, Anda tidak perlu mengatur SMTP-nya. Anda hanya akan diminta untuk mengatur SMTP jika Anda menggunakan email client seperti Outlook atau Mail di OS.

Memang terkadang, karena Gmail sangat popular, beberapa email client tidak akan meminta Anda untuk memasukkan setting-an SMTP, IMAP, atau POP3. Mereka sudah akan secara otomatis mengaktifkan email Anda di mail clientnya.

Untuk menerima dan mendownload email, mereka perlu melalui server POP3 atau IMAP. Anda bisa menyalakan itu melalui setting Gmail. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang ini, Anda bisa membaca artikel kami mengenai Konfigurasi IMAP dan POP3 untuk Email Hosting, Gmail, dan Yahoo Mail.

Baca Juga: Email Marketing: Panduan Lengkap

Bagaimana jika SMTP Gmail tidak bisa digunakan?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak bisa menggunakan SMTP Gmail. Sebagai bagian dari upaya Google untuk mengamankan Gmail, ada kemungkinan mereka akan mem-blok akses orang-orang yang ingin menggunakan SMTP Gmail. Untuk mengatasi ini, Anda perlu mengunjungi halaman Less Secure Apps.

Catatan: Jika Anda sudah mengaktifkan 2 factor authentication Anda tidak akan bisa mendapat akses ini.

Less Secure Apps sendiri digunakan Google untuk mendeteksi sign in Gmail dari aplikasi yang mereka anggap kurang aman. Anda bisa mematikan akses dari aplikasi-aplikasi ini. Tetapi kalau Anda tetap ingin menggunakan aplikasinya, Anda bisa menyalakan fitur Allow Less Secure Apps ini.

Kalau Anda menerima pesan error ketika Anda mencoba sign in ke aplikasi pihak ketiga atau layanan pihak ketiga, kemungkinan besar Anda terpengaruh fitur ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

  1. Nyalakan Two-Factor Authentication untuk akun Anda. Dengan menyalakan two-factor authentication, Anda tidak akan terpengaruh masalah ini lagi.
  2. Pilih “turn on” untuk fitur “allow less secure apps”. Dengan pilihan ini aplikasi akan bisa langsungs terhubung ke Gmail Anda.

Memang dari kedua pilihan di atas, pilihan ke dua bisa menjadi pilihan yang lebih mudah. Tetapi tentunya keamanan Anda juga akan menjadi lebih lemah. Jadi Anda perlu memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan aman.

Baca Juga: Webmail: Panduan Lengkap

Simpulan

Di artikel kali ini kami sudah membahas tentang SMTP Gmail. SMTP bekerja sebagai standard elektronik yang memastikan bahwa email Anda akan terkirim. Jika Anda menggunakan SMTP Gmail, Anda juga akan mempermudah proses pengiriman email. Anda tidak perlu terlalu banyak melakukan konfigurasi karena semua sudah diatur dan diurus oleh Google.

Kami juga sudah memberikan setting-an default Gmail bagi Anda yang ingin login akun Gmail Anda ke email client. Anda hanya tinggal mengikuti data-data tersebut dan masukkan ke kolom yang disediakan. Kebanyakan email client sebenarnya sudah akan secara otomatis mengatur settingan SMTP-nya jadi Anda tidak perlu susah-susah lagi mengaturnya.