Mungkin ada dari Anda yang pernah mendengar istilah webmail. Lalu apa sebenarnya webmail itu? Apakah berbeda dengan email? Nah di artikel kali ini kami akan membahas tentang webmail dan contohnya. Tidak hanya itu kami juga akan membahas apakah email dengan domain Anda sendiri bisa diakses dengan webmail? Yuk, lanjut baca artikelnya.

Apa itu Webmail?

Webmail adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan dan provider internet yang memungkinkan Anda untuk mengakses e-mail Anda melalui halaman Internet, bukan melalui klien e-mail seperti Microsoft Outlook. Webmail bisa menjadi solusi bagi Anda yang banyak menggunakan komputer tetapi sering jauh dari komputer mereka. Misalnya, pengguna rumahan yang memiliki akses ke webmail dapat membaca dan mengirim pesan e-mail dari rumah, kantor, atau di mana pun selama mereka memiliki akses internet.

Karena webmail di-host di web browser, webmail dapat diakses dengan mudah dari semua komputer, smartphone, tablet, dan semua device yang bisa terhubung dengan internet. Webmail bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang sering jalan-jalan dan perlu bisa mengakses email Anda dengan fleksibel darimana saja.

Webmail juga bisa dibilang unik dan memiliki fitur yang tidak dimiliki email clients . Ada beberapa webmail yang memiliki fitur instant messaging yang bisa langsung digunakan usernya. Ini memperbolehkan dua jenis platform komunikasi di satu aplikasi yang sama.

Contoh Webmail

Berikut ini adalah beberapa contoh webmail yang mungkin Anda juga sudah familiar:

Gmail. Pasti Anda kenal dengan Gmail bukan? Kebanyakan orang mengakses akun Gmail mereka langsung di webmail Google Mail. Apa saja keunggulan webmail Gmail? Webmail Gmail memiliki tempat penyimpanan yang besar. Jadi Anda bisa menerima file berukuran lumayan besar melalui Gmail. Jika attachmentnya terlalu besar, biasanya Gmail akan langsung menghubungkannya dengan Google Drive. Ini juga menjadi salah satu kelebihan webmail Gmail. Akun Google Anda akan secara otomatis terhubung ke produk Google lainnya seperti YouTube, blogger, Google Drive, Google Docs, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin berkomunikasi dengan lebih cepat, Gmail juga memiliki fitur GTalk di dalam webmailnya sehingga Anda bisa chatting langsung dengan kontak Anda.

Yahoo Mail. Sebagai salah satu provider email yang banyak digunakan, Yahoo Mail merupakan salah satu webmail paling popular di luar sana. Bagi Anda pengguna Yahoo Mail, webmail Yahoo Mail terintegrasi dengan fitur Yahoo Messenger. Dengan Yahoo Messenger Anda bisa chatting juga. TIdak hanya itu, Yahoo Mail juga memiliki user interface yang menarik dan mudah digunakan. Kalau Anda khawatir dengan tempat penyimpanan, Anda tidak perlu takut karena Yahoo Mail memiliki tempat penyimpanan yang besar. Kalau Anda tertarik menggunakan Yahoo Mail, Dewaweb sudah menyiapkan Panduan Lengkap Yahoo Mail juga loh!

Hotmail. Hotmail adalah salah satu layanan email yang cukup terkenal didukung dengan Microsoft. Layanan webmail yang satu ini dapat diakses dari berbagai device selama ada akses internet. Untuk saat ini, layanan Hotmail sudah tidak ada dan digantikan dengan Outlook.

Lalu, apakah webmail hanya bisa digunakan oleh akun email sesuai dengan provider emailnya? Tidak loh, Anda bisa menggunakan webmail untuk alamat email dengan domain Anda sendiri.

Dewaweb cashback 30%

Layanan Email Dengan Domain Sendiri

Seperit yang disebutkan di atas, tidak hanya dengan email yang disediakan oleh provider email seperti Yahoo dan Google, Anda juga bisa menggunakan webmail untuk email dengan domain Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa layanan email yang menawarkan Anda layanan email dengan domain Anda sendiri.

Zoho Mail

Webmail-Zoho-Mail-Dewaweb

(+) Anda bisa memiliki sampai 25 user untuk akun gratis zoho mail

(+) Anda mendapat fitur premium meskipun zoho mail gratis

(+) Mereka juga memberikan fitur dan tools office dan kolaborasi

Bagi Anda yang membutuhkan webmail untuk bisnis, Anda bisa menggunakan Zoho Workplace . Melalui produk ini, zoho mail menyediakan sebuah servis email yang berorientasi bisnis. Di dalamnya, Anda mendapatkan office online, manajemen dokumen, dan masih banyak tools kolaborasi dan tambahan-tambahan lainnya.

Untuk akun gratisnya, Zoho mendukung sampai dengan 25 user. Setiap user akan mendapat storage sebesar 5GB, dan bisa digunakan dengan domain Anda sendiri. Ini adalah fitur-fitur yang biasa akan Anda dapatkan di produk komersial dan berbayar. Tidak hanya itu, dengan fitur-fitur seperti office dan tools kolaborasinya, Anda tentu mendapatkan banyak hal meskipun gratis.

Zoho mail sendiri juga mudah digunakan dan memiliki fitur organisasi email seperti folder, tags, filter, smart searches, dan masih banyak lagi. Memang untuk plan yang gratis ini, Anda hanya akan mendapat akses web dan Anda juga tidak akan mendapat support untuk forward email. Jika Anda ingin akses lebih, Anda bisa menggunakan plan standard Zoho dengan harga $2. Dengan harga segitu, Anda sudah mendapatkan akses IMAP dan POP, email forwarding, active sync, beberapa domain hosting, domain aliases, space sebesar 30GB, dan attachment limit mencapai 30MB. Selain itu Anda juga bisa mengirim cloud file ke user non-zoho. Zoho juga menyediakan plan Pro dan Enterprise yang menawarkan fitur lebih.

G Suite

Webmail-G-Suite-Dewaweb

(+) Interface yang simple dan mudah dinavigasi

(+) G Suite memberi Anda banyak pilihan

Dirilis pertama kali pada tahun 2004, Anda pasti sudah familiar dengan Gmail. Gmail sendiri bisa dibilang sudah menjadi leader sebagai email provider gratis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Interface web Gmail yang simple dan mudah dinavigasi adalah salah satu alasan mengapa Gmail sangat popular. Email yang ada di inbox Anda juga disusun sedemikian rupa agar Anda bisa melihat email-email Anda dengan lebih mudah. Selain itu Anda juga bisa memfilter email Anda agar langsung masuk kategori seperti Primary, Social, dan Promotions sehingga Anda bisa fokus dengan email-email Anda. Google juga memastikan bahwa email Anda bersih dari spam. Selain itu Anda mendapatkan storage sebesar 15GB untuk inbox, drive, dan photos Anda.

Memang Gmail juga memiliki beberapa fitur lain yang mungkin tidak biasa. Daripada mengatur pesan ke dalam folder, misalnya, Anda harus menyaringnya menggunakan sistem pelabelan khusus. Ini berfungsi, dan memiliki beberapa keuntungan, tetapi tidak populer bagi semua pengguna. Namun, Gmail adalah layanan yang sangat baik secara keseluruhan, dan pilihan pertama yang baik jika Anda sedang mencari email provider.

Jika Anda ingin membuat email dengan domain Anda sendiri, Google memiliki versi bisnis dari Gmail yang disebut dengan nama G Suite. Dulunya, produk ini disebut dengan nama Google Apps.

G Suite memperbolehkan Anda menggunakan domain Anda sendiri untuk email Anda. Anda juga bisa mengimpor email dari Outlook, Exchange, dan masih banyak lagi. Selain itu dengan menggunakan G Suite, Anda juga akan mendapatkan 30GB storage dan Anda mendapat 99% guaranteed uptime dan support 24/7. Email G Suite Anda juga pastinya bisa diakses melalui webmail Gmail.

Dari G Suite, Anda juga mendapatkan aplikasi untuk bekerja dengan documents, spreadsheets, dan presentations. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fitur calendars, video dan voice conference untuk meeting online, dan tentunya support 24/7.

Untuk mendapatkan G Suite, Anda perlu membayar sebesar $5/bulan. Jika Anda masih ragu, Anda juga bisa mencoba trial 14 harinya untuk melihat apakah G Suite sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, Anda bisa membaca Panduan Lengkap G Suite dan Google Apps yang sudah kami siapkan.

Office 365: Microsoft Exchange

Webmail-Microsoft-Exchange-Dewaweb

(+) Memiliki fitur focused inbox

(+) Langsung terhubung dengan calendar

Microsoft pertama kali merilis Ofice 365 di bulan Juni 2011. Office 365 sendiri memiliki fitur yang mirip dengan G Suite. Anda bisa mendapatkan email dengan domain Anda sendiri. Tidak hanya itu, Anda juga mendapat akses online storage dan office suite yang disebut dengan nama Office Web Apps. Untuk menggunakannya Anda perlu membayar subscriptions per bulan, sama seperti G Suite.

Salah satu fitur Office 365 adalah Microsoft Exchange. Dengan Microsoft Exchange, Anda bisa menggunakan email dengan domain Anda sendiri. Exchange adalah salah satu platform email yang paling popular di luar sana. G Suite bahkan memiliki fungsi Google Sync – dimana pengguna Gmail bisa meletakkan account G Suite Anda sebagai account Exchange di device Anda. Hanya pengguna G Suite berbayar yang bisa menggunakan fitur ini.

Untuk Office 365 sendiri, untuk menggunakan Office 365 Small Business, Anda perlu membayar sebesar $6 per bulan. Untuk Office 365 for Small Business Premium, Anda perlu membayar sepesar $15 per bulan. Dengan subscription premium, Anda juga akan mendapatkan Microsoft Office untuk Windows atau Mac yang bisa Anda gunakan untuk 5 komputer.

Jika Anda ingin mencoba Exchange, Anda bisa membaca artikel kami tentang Mengenal Microsoft Exchange untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Protonmail

Layanan email yang fokus pada keamanan dan privacy

Webmail-ProtonMail-Dewaweb

(+) Fitur keamanan yang sangat ketat

(+) Semua email akan dienskripsi

(-) Akun gratis hanya mendapat space 500MB

Jika Anda membuat email dengan sebuah email provider, privacy memang bisa menjadi sebuah kompromi. Email provider seperti Yahoo Mail dan Gmail biasanya meminta nomor telepon Anda. Selain itu, mereka juga mengumpulkan data-data Anda agar mereka bisa menyajikan ads yang sesuai dengan ketertarikan Anda.

Jika ini menjadi sesuatu yang Anda pikirkan, ProtonMail bisa menjadi alternative provider email untuk Anda. ProtonMail adalah sebuah email provider yang berbasis di Switzerland. Provider email yang satu ini fokus pada privacy. Anda bisa membuat akun secara anonymous. Mereka tidak akan mendata alamat IP Anda dan semua email Anda akan dienskripsi. Apa maksudnya? ProtonMail dan siapapun tidak akan bisa melihat konten email Anda. Hanya Anda dan penerima email yang tahu apa isinya.

Kalau Anda mau menggunakan ProtonMail gratis, Anda akan mendapat beberapa batasan. Untuk account gratis ProtonMail, mereka hanya menyediakan space memori sebesar 500MB, Anda hanya bisa mengirim email sebanyak 150 email sehari, dan Anda juga tidak akan mendapat banyak tool organisasi seperti folder, label, atau smart filter. Selain itu karena enskripsinya khusus untuk ProtonMail, Anda juga tidak bisa menggunakan email ProtonMail Anda dengan email client yang lain.

Jika Anda membutuhkan lebih, Anda bisa menggunakan paket ProtonMail Plus. Anda perlu membayar $5/bulan dan Anda bisa membayar dalam mata uang Dollar Amerika, Euro ataupun Swiss Franc. Dengan jenis akun ini, Anda akan mendapatkan space memori sebesar 5GB, 1000 email per hari, email dengan domain Anda sendiri, dan juga fitur organisasi seperti folder, label, dan filter.

Bagi Anda yang ingin menggunakan ProtonMail untuk bisnis, mereka juga menyediakan akun bisnis dengan harga $8/bulan. Dengan akun bisnis ProtonMail, Anda akan mendapat storage lebih, beberapa alamat email dalam satu akun, dan domain baru tambahan. Mungkin harga ProtonMail bisa dibilang lebih tinggi dibanding akun bisnis provider email lainnya. Tetapi dengan ProtonMail Anda akan mendapatkan keamanan dan privacy lebih.

Simpulan

Pada artikel ini kami sudah membahas webmail dan layanan email dengan domain Anda sendiri. Webmail memang bisa menjadi solusi untuk membuka email Anda dengan lebih mudah, terutama jika Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang lumayan besar. Anda juga tidak perlu khawatir karena jika email Anda menggunakan domain Anda sendiri, Anda tetap bisa mengaksesnya di webmail. Kami akan terus membahas tentang topik ini jadi ditunggu ya artikel selanjutnya!