Pengertian Yahoo: Sejarah, Kelebihan, & Cara Buat Yahoo Mail

Pengertian Yahoo: Sejarah, Kelebihan, & Cara Buat Yahoo Mail

Sebelum Google eksis seperti sekarang, Yahoo adalah portal internet yang sudah ada lebih dulu dan banyak digunakan masyarakat.

Kendati kini masyarakat sudah banyak beralih ke Google tetapi Yahoo juga masih menjadi pilihan beberapa orang, terutama soal email.

Yuk cari tahu pengertian Yahoo, sejarah, keunggulan, hingga cara membuat email di Yahoo Mail di sini!

Apa Itu Yahoo?

Yahoo adalah portal layanan internet perpaduan antara mesin pencari (search engine) dengan direktori situs web di seluruh dunia yang diatur dalam hierarki kategori subjek.

Perusahaan Yahoo yang berasal dari California, Amerika Serikat, ini adalah rajanya mesin pencari pada tahun 2000-an, tepatnya sebelum Google lahir.

Berbagai website yang sempat masuk ke Yahoo berhasil mencapai traffic internet paling tinggi sepanjang tahun.

Saat itu, valuasi Yahoo bisa mencapai angka USD 125 Miliar (dalam Rupiah bernilai lebih dari Rp1.8 Triliun).

Namun kini, popularitas Yahoo Indonesia, termasuk Yahoo Mail memang mulai meredup sejak Google menjadi kompetitor dengan menyediakan mesin pencari hingga layanan email.

Baca Juga: 20 Mesin Pencari Selain Google yang Baik dan Aman

Sejarah Yahoo

Berikut lini massa perkembangan sejarah Yahoo yang perlu kamu ketahui:

  • Tahun 1994
    Dua orang mahasiswa asal Stanford University, Jerry Yang dan David Filo, mempunyai ide untuk menyusun indeks, tepatnya alat kurator untuk ribuan website yang ada di internet. Akhirnya Jerry dan Filo berhasil membuat mesin telusur Yahoo. Kemudian mereka menyewa beberapa karyawan untuk memproses permintaan data indeks dari website-website yang ada.
  • Tahun 1996
    Yahoo mulai go public dan dirilis untuk kalangan umum. Yahoo sempat mengajukan penawaran saham perdananya alias initial public offering (IPO) di Bursa NASDAQ. Saham yang awalnya dijual nilai/valuasinya sekitar USD 24,5 per lembarnya meroket terus sebesar 154% hingga akhirnya stabil juga di angka 33 Dollar Amerika. Ini termasuk momentum Yahoo yang berharga, karena hari pertama Yahoo terlibat di bursa saham, mereka berhasil mencuri perhatian banyak investor yang saat itu mempunyai antusiasme tinggi dengan segala hal terkait “internet”.
  • Tahun 2000
    Ini adalah momen puncak Yahoo karena sahamnya tercatat tinggi, tepatnya pada tanggal 3 Januari. Saat itu, valuasi saham Yahoo bernilai hingga USD 475 per lembar. Sayangnya, momen ini hanya bertahan selama beberapa bulan akibat aksi terorisme di Amerika yang menyita perhatian dunia hingga peristiwa “pecahnya” gelembung domain .com sehingga harga saham Yahoo hanya USD 8,11 per lembar.
  • Tahun 2005
    Yahoo mengakuisisi Flickr, yaitu penyedia foto dan video yang didirikan oleh Ludicorp setahun sebelumnya. Kemudian di Maret 2005, Yahoo ambil alih Flickr yang saat itu popularitasnya sedang naik. Flickr diakuisisi Yahoo dengan nilai sekitar USD 40 Juta hingga 50 Juta.
  • Tahun 2007
    Akibat pengelolaan keuangan yang buruk di bawah kepemimpinan Terry Semel, Jerry Yang mengambil alih kepemimpinan perusahaan dan Semel mengundurkan diri dua tahun setelahnya. Lima tahun kemudian, Jerry Yang juga mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi Yahoo serta memutus semua kontrak kerja dari perusahaan yang didirikannya sendiri tersebut pada 2012.
  • Tahun 2008
    Yahoo menolak lamaran akuisisi dari raksasa software Microsoft yang saat itu ditawar USD 44,6 Miliar. Selain Microsoft, Yahoo juga sempat mempertimbangkan pilihan merger dengan perusahaan lainnya, termasuk dengan Google. Namun pada akhirnya, Yahoo tetap menjalankan perusahaan sendiri.
  • Tahun 2012
    Setelah Carol Bartz tidak menjabat, Yahoo merekrut mantan Presiden PayPal, Scott Thompson. Tapi sayangnya, Thompson hanya menjabat sebentar karena dirinya ketahuan memalsukan gelar di résumé yang diajukan sebelumnya ke Yahoo. Usai empat bulan menjabat, akhirnya Thompson digantikan oleh mantan Vice President Google, Marissa Mayer.
  • Tahun 2016
    Keuangan Yahoo kembali memburuk hingga melakukan PHK karyawan dalam jumlah besar. Di bulan Februari, setelah melaporkan kerugian sebesar USD 4,4 Miliar di kuartal terakhir, Yahoo mengumumkan pengurangan jumlah karyawan hingga 15% atau sekitar 1600 pegawai.
  • Tahun 2017
    Verizon resmi membeli Yahoo setelah sesi penawaran yang sangat panjang dengan berbagai perusahaan dan konsorsium. Akhirnya, Yahoo berhasil dibeli seharga USD 4,83 Miliar (sekitar Rp71 Triliun). Kala itu Verizon mempunyai posisi kuat dan dihargai dalam membalikkan peruntungan bisnis internet Yahoo yang sudah terpuruk. Marissa pun akhirnya menyatakan ingin tetap menjabat sebagai CEO Yahoo di bawah Verizon.

Macam-Macam Produk Yahoo

Berikut adalah beberapa produk yang dimiliki Yahoo:

  • Yahoo Mail: Produk pertama dan utama Yahoo yaitu Yahoo Mail. Layanan email gratis ini berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan email.
  • Yahoo News: Yahoo sebenarnya juga termasuk situs direktori berita terbesar di internet. Kamu bisa menemukan berbagai hasil kurasi berita, baik dari Indonesia maupun seluruh dunia dengan topik yang luas pula, mulai dari politik, olah raga, ekonomi hingga hiburan.
  • Yahoo Search: Layanan ini sama seperti search engine lainnya, yaitu untuk browsing berbagai hal mulai dari website, artikel, gambar, dll.
  • Yahoo Answer: Yahoo Answer merupakan perpaduan antara search engine dengan forum tanya-jawab semacam Reddit, Quora, atau Kaskus.
  • Yahoo Shopping: Layaknya e-commerce, pengguna bisa berbelanja melalui Yahoo dengan menelusuri toko, merek, atau kategori seperti elektronik, barang olahraga, pakaian, dll.
  • Yahoo Downloads: Ekstensi ini bisa kamu pasang di browser-mu untuk konfigurasi agar bisa melihat lebih banyak kotak masuk atau menjadikan Yahoo sebagai mesin telusur default.
  • Group Yahoo: Pengguna dapat membuat grup dan dikirim ke orang lain hingga menjadi seperti forum.
  • Yahoo Fantasy Sports: Berisi berita olahraga, skor pertandingan, rumor, game fantasi, dan banyak lagi.
  • Yahoo Finance: Berisi Informasi pasar saham, berita keuangan, kutipan dan sebagainya.
  • My Yahoo: Pengguna dapat menyesuaikan Yahoo untuk menjadikannya halaman awal personalisasinya sendiri.
  • Flickr: Seperti dijelaskan pada bagian sejarah, situs penyedia stock image bernama Flickr ini sudah diakuisisi Yahoo pada tahun 2005 dan menjadi salah satu produk milik Yahoo. Layanan penyedia stok gambar satu ini tergolong yang terbesar di dunia, sejajar dengan ImageShack, Photobucket, dan Unsplash.

Kelebihan dan Kekurangan Yahoo Mail

Yahoo Mail sudah muncul lebih dulu yaitu pada tahun 1997, dibanding dengan Gmail yang baru ada sekitar empat tahun setelahnya.

Dengan usia yang sudah cukup berumur, Yahoo Mail tentu memiliki keunggulan dan kekurangan. Berikut di antaranya:

Keunggulan Yahoo Mail

  • Selain untuk menerima dan mengirimkan email, Yahoo Mail juga menyajikan berita atau info terkini tanpa harus keluar dari Yahoo Mail. Beda dengan Google yang mengharuskan pengguna keluar dari Gmail untuk mendapatkan berita.
  • Yahoo Mail juga memungkinkanmu mengunduh sekaligus berbagai jenis file yang terlampir dan seluruhnya bisa langsung jadi file yang sudah terkompresi.
  • Saat mengirimkan email dari Yahoo Mail, kamu juga bisa melampirkan data (file) dengan ukuran hingga 25 MB.
  • Yahoo menyediakan kuota penyimpanan email yang besar. Kamu bisa menyimpan email sampai 1 terabyte (1.000 gigabyte) dengan gratis.
  • Yahoo Mail memiliki fitur timeline (lini waktu) pada setiap email yang masuk. Misalnya email bulan Januari, Awal Maret, dan Minggu Lalu sehingga memudahkan pengguna untuk menelusuri email mereka.

Kekurangan Yahoo Mail

  • Pesan di Yahoo Mail tidak dibedakan berdasarkan kategori sementara Gmail akan memisahkan mana email utama (primary), email promosi (iklan), dan email sosial (media sosial).
  • Tampilan UI/UX cukup membosankan. Yahoo Mail memang terkesan kuno jika dibandingkan Gmail, hal ini karena Yahoo Mail kurang berinovasi dan memberi terobosan baru.
  • Banyak iklan. Ketika membuka Yahoo Mail melalui komputer atau laptop, biasanya di sebelah kanan akan terdapat iklan (ads). Hal ini membuat tampilannya menjadi tidak bersih.

Cara Daftar Yahoo Mail Indonesia

Berikut adalah beberapa cara membuat email di Yahoo Mail melalui beberapa perangkat:

Cara buat email Yahoo di browser HP

Cara Daftar Yahoo Mail indonesia 2 - Dewaweb

  • Selanjutnya isi data diri secara lengkap pada masing-masing kolom yang sudah disediakan.
  • Pilihlah alamat Yahoo Mail sesuai keinginanmu.
  • Sama seperti media sosial lain, jika alamat tersebut sudah digunakan oleh pengguna lain, Yahoo akan secara otomatis memberitahumu untuk menggantinya dengan alamat berbeda.

Cara buat email Yahoo di aplikasi HP

Yahoo juga memberikan kemudahan penggunanya dengan menyediakan aplikasi Yahoo Mail di HP.

Nah, di sana kamu bisa membuat email Yahoo. Berikut adalah cara membuat akun Yahoo Mail Indonesia di perangkat Android:

  1. Unduh aplikasi Yahoo Mail.
  2. Buka aplikasi Yahoo Mail dan klik gambar/icon kotak surat.
  3. Pilih “Daftar untuk Account Baru”.
  4. Lengkapi form registrasi yang tersedia.
  5. Klik tombol “Lanjutkan”.
  6. Pilih “Kirimi Saya Kunci Akun Via SMS” dan kamu akan menerima SMS verifikasi dari Yahoo.
  7. Masukkan kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia lalu klik “Verifikasi”.
  8. Selesai! Jika ingin melanjutkan ke penggunaan akun Yahoo Mail, klik “Mari Kita Mulai” dan kamu akan segera dialihkan ke dalam kotak masuk email.

Cara buat email Yahoo di komputer

Cara membuat Yahoo Mail di komputer ini sama saja seperti di browser HP. Berikut langkah detailnya:

  1. Kunjungi laman berikut login.yahoo.com/account/create.
  2. Isi data diri lalu klik “Lanjutkan”.
  3. Akan muncul laman verifikasi nomor HP. Masukkan nomor HP kamu lalu klik “Kirimi Saya Kode Verifikasi Via SMS”.
  4. Periksa SMS dari Yahoo kemudian masukkan kode verifikasi (kode biasanya 6 digit) yang kamu dapat pada kolom yang tersedia. Kemudian klik “Verifikasi”.
  5. Selesai. Yahoo Mail kamu sudah jadi.
  6. Terakhir, kamu bisa klik “Lanjutkan” untuk lanjut menggunakan email Yahoo kamu.

Tips membuat password yang aman

Ketika membuat kata sandi email, kamu harus benar-benar memperhatikan kata kuncimu agar tidak mengalami serangan dari hacker.

Hindari membuat password yang mudah ditebak, terlebih untuk email yang akan kamu gunakan untuk hampir semua akun di internet, termasuk informasi perbankan. Baca tipsnya dari artikel “10 Cara Membuat Password yang Kuat Agar Aman dari Hacker“.

Lupa password Yahoo dan ganti password Yahoo

Bagaimana jika lupa password Yahoo Mail atau ingin mengganti password Yahoo? Jangan khawatir, semuanya dapat diatasi dengan mudah!

Tertarik Pakai Yahoo? Yuk Buat Sekarang!

Yahoo adalah portal internet yang sudah ada lebih dulu dibandingkan Google. Adapun produk Yahoo seperti Yahoo Search, Yahoo Answer, Yahoo Mail, dan sebagainya.

Salah satu keunggulan Yahoo yaitu memiliki penyimpanan email berkapasitas hingga 1 terabyte yang gratis digunakan oleh penggunanya.

Jadi, apakah kamu tertarik menggunakan Yahoo? Jika ya, kamu bisa langsung membuat akun Yahoo pertamamu dengan mengikuti cara di atas!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.  Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb dan webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses online!