yahoo mail indonesia featured image

Apakah kamu sudah memiliki email dengan domain tertentu semacam Gmail, Yahoo Mail Indonesia atau Outlook? Jika sudah, kamu tentunya mengetahui bagaimana email atau surel (surat elektronik) dapat memberi kemudahan bagi kita dalam mengirimkan pesan tanpa dibatasi jarak dan waktu. Tak hanya mengirimkan pesan dalam bentuk teks, tapi kini kamu juga bisa mengirimkan data berupa gambar atau video.

Yahoo Mail adalah salah satu layanan email tertua yang bahkan sudah ada sebelum Gmail dari Google hadir. Layanan pengiriman pesan ini dirilis pada tahun 1994 sedangkan Gmail baru ada di tahun 1998. Ayo kenali sejarah singkat Yahoo hingga terciptanya Yahoo Mail, dan ketahui apa saja kelebihan Yahoo Mail!

Sejarah Terbentuknya Yahoo

Di awal penggunaan domain .com yang mulai meluas, hampir semua orang mengetahui Yahoo dan Yahoo Mail. Perusahaan Yahoo yang berasal dari California, Amerika Serikat, ini adalah rajanya mesin telusur pada tahun 2000-an, tak terkecuali banyaknya jumlah pengguna Yahoo Indonesia yang terus meningkat.

Berbagai website yang sempat masuk ke Yahoo berhasil mencapai traffic internet paling tinggi sepanjang tahun. Saat itu, valuasi Yahoo bisa mencapai angka USD 125 Miliar (dalam Rupiah bernilai lebih dari Rp1.8 Triliun). Namun sekarang, popularitas Yahoo Indonesia, termasuk Yahoo Mail memang mulai meredup sejak Google mengambil alih dengan menyediakan mesin pencari, layanan email, bahkan hingga YouTube.

Sepanjang sejarah Yahoo, ternyata ada banyak sekali momen penting. Berikut beberapa momentum sejarah Yahoo yang perlu kamu ketahui:

  • Tahun 1994: Dua orang mahasiswa asal Stanford University, Jerry Yang dan David Filo mempunyai ide untuk menyusun indeks, tepatnya alat kurator untuk ribuan website yang ada di internet. Akhirnya Jerry dan Filo berhasil membuat mesin telusur Yahoo. Kemudian mereka menyewa lusinan karyawan untuk memproses permintaan data indeks dari website-website yang ada.
  • Tahun 1996: Yahoo mulai go public dan dirilis untuk kalangan umum. Yahoo sempat mengajukan penawaran saham perdananya alias initial public offering (IPO) di Bursa NASDAQ. Saham yang awalnya dijual nilai/valuasinya sekitar USD 24,5 per lembarnya meroket terus sebesar 154% hingga akhirnya stabil juga di angka 33 Dollar Amerika. Ini termasuk momentum Yahoo yang berharga, karena hari pertama Yahoo terlibat di bursa saham, mereka berhasil mencuri perhatian banyak investor yang saat itu mempunyai antusiasme tinggi dengan segala hal terkait “internet”.
  • Tahun 2000: Ini adalah momen puncak Yahoo karena sahamnya tercatat tinggi, tepatnya pada tanggal 3 Januari. Saat itu, valuasi saham Yahoo bernilai hingga USD 475 per lembar. Sayangnya, momen ini hanya bertahan selama beberapa bulan akibat aksi terorisme di Amerika yang menyita perhatian dunia hingga peristiwa “pecahnya” gelembung domain .com sehingga harga saham Yahoo hanya USD 8,11 per lembar.
  • Tahun 2005: Yahoo mengakuisisi Flickr, yaitu penyedia foto dan video yang didirikan oleh Ludicorp setahun sebelumnya. Kemudian di Maret 2005, Yahoo ambil alih Flickr yang saat itu popularitasnya sedang naik. Flickr mengakuisisi Yahoo dengan nilai sekitar USD 40 Juta hingga 50 Juta.
  • Tahun 2007: Akibat pengelolaan keuangan yang buruk di bawah kepemimpinan Terry Semel, Jerry Yang mengambil alih kepemimpinan perusahaan dan Semel mengundurkan diri dua tahun setelahnya. Lima tahun kemudian, Jerry Yang juga mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi Yahoo serta memutus semua kontrak kerja dari perusahaan yang didirikannya sendiri tersebut pada 2012.
  • Tahun 2008: Yahoo menolak lamaran akuisisi dari raksasa software Microsoft yang saat itu ditawar USD 44,6 Miliar. Selain Microsoft, Yahoo juga sempat mempertimbangkan pilihan merger dengan perusahaan lainnya, termasuk dengan Google. Namun pada akhirnya, Yahoo tetap menjalankan perusahaan sendiri.
  • Tahun 2012: Setelah Carol Bartz tidak menjabat, Yahoo merekrut mantan Presiden PayPal, Scott Thompson. Tapi sayangnya, Thompson hanya menjabat sebentar karena dirinya ketahuan memalsukan gelar di résumé yang diajukan sebelumnya ke Yahoo. Usai empat bulan menjabat, akhirnya Thompson digantikan oleh mantan Vice President Google, Marissa Mayer.
  • Tahun 2016: Keuangan Yahoo kembali memburuk hingga melakukan PHK karyawan dalam jumlah besar. Di bulan Februari, setelah melaporkan kerugian sebesar USD 4,4 Miliar di kuartal terakhir, Yahoo mengumumkan pengurangan jumlah karyawan hingga 15% atau sekitar 1600 pegawai.
  • Tahun 2017: Verizon resmi membeli Yahoo setelah sesi penawaran yang sangat panjang dengan berbagai perusahaan dan konsorsium. Akhirnya, Yahoo berhasil dibeli seharga USD 4,83 Miliar (sekitar Rp71 Triliun). Kala itu Verizon mempunyai posisi kuat dan dihargai dalam membalikkan peruntungan bisnis internet Yahoo yang sudah terpuruk. Marissa pun akhirnya menyatakan ingin tetap menjabat sebagai CEO Yahoo di bawah Verizon.

Apa itu Yahoo Mail?

Cara Daftar Email Yahoo Indonesia - Dewaweb

Yahoo Mail adalah layanan email gratis dari Yahoo yang digunakan untuk mengirim pesan secara online alias daring (dalam jaringan).

Kelebihan Yahoo Mail

Yahoo Mail sebenarnya sudah muncul terlebih dulu yaitu pada tahun 1997, dibanding dengan Gmail yang baru ada sekitar 4 tahun setelahnya. Beberapa kelebihan Yahoo Mail adalah:

  • Kamu tak hanya bisa menggunakan Yahoo Mail untuk menerima dan mengirimkan email, tapi juga dapat mengetahui berita atau info terbaru tanpa harus keluar dari Yahoo Mail. Tidak seperti Google yang mengharuskan pengguna keluar dari Gmail untuk mendapat berita.
  • Yahoo Mail juga memungkinkanmu mengunduh sekaligus berbagai jenis file yang terlampir dan seluruhnya bisa langsung jadi file yang sudah terkompresi.
  • Saat mengirimkan email dari Yahoo Mail, kamu juga bisa melampirkan data (file) dengan ukuran hingga 25 MB.
  • Jika tiba-tiba komputermu mati saat sedang menulis email, maka secara otomatis email yang telah kamu tulis akan tersimpan di Draft dan bisa kamu akses kembali saat kamu membuka Yahoo Mail, baik dari komputer atau HP.

Wajib Memiliki Akun Yahoo Indonesia

Jika belum memiliki akun Yahoo Mail, mungkin kamu perlu mendaftarkan diri agar bisa menggunakan email Yahoo Indonesia. Berikut ini adalah panduan langkah praktis mendaftarkan akun Yahoo Mail:

Daftar Yahoo Mail Indonesia di Website

Langkah pertama, kunjungi website resmi Yahoo Indonesia atau isi langsung form sign up Yahoo Indonesia seperti pada gambar berikut!

Cara Daftar Yahoo Mail indonesia 2 - Dewaweb

Jika sudah masuk ke alamat website tersebut, kamu perlu mengisi data diri secara lengkap pada masing-masing kolom yang sudah disediakan. Pilih alamat Yahoo Mail sesuai keinginanmu. Sama seperti media sosial lain, jika alamat tersebut sudah digunakan oleh pengguna lain, Yahoo akan secara otomatis memberitahumu untuk menggantinya dengan alamat berbeda.

Tips sederhana memilih alamat untuk email Yahoo Indonesia:

Jika kamu masih kesulitan menemukan alamat email yang cocok, gabungkan nama depan dan nama belakangmu. Namun, jika ternyata alamat ini juga sudah digunakan oleh orang lain, kamu bisa menambahkan inisial atau angka di belakang namamu. Cara lainnya, sudahkah kamu mencoba membuat akronim dari namamu sendiri?

Tips penting membuat kata sandi:

Ketika membuat kata sandi, kamu harus benar-benar memperhatikan kata kuncimu agar tidak mengalami serangan dari hacker. Jangan buat sembarang password, terlebih untuk email yang akan kamu gunakan untuk hampir semua akun di internet, termasuk informasi perbankan. Baca tipsnya dari artikel “Tips Membuat Password Anti Ancaman Digital“.

Nah, setelah semua kolom data terisi, klik “Lanjutkan”, maka kamu akan dialihkan ke halaman kotak masuk email dengan akun Yahoo Mail yang telah berhasil dibuat. Saat ini, kamu sudah bisa menggunakan akun Yahoo, baik untuk berkirim email, membaca berita, atau memanfaatkan Yahoo Indonesia untuk keperluan lain yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Produk-produk Yahoo Indonesia Lainnya

  • Yahoo News

Yahoo sebenarnya juga termasuk situs direktori berita terbesar di internet. Bagaimana tidak, kamu bisa menemukan berbagai hasil kurasi berita, baik dari Indonesia maupun seluruh dunia dengan topik yang luas pula, mulai dari politik, olah raga, ekonomi hingga hiburan.

  • Flickr

Siapa yang tak kenal Flickr? Flickr sudah jauh lebih lama terkenal sebelum bermunculan situs penyedia stock image di internet. Layanan penyedia stok gambar satu ini tergolong yang terbesar di dunia, sejajar dengan ImageShack, Photobucket, dan Unsplash. Lantas, apa kelebihan Flickr? Kelebihannya adalah tampilan yang sederhana sehingga dapat digunakan dengan mudah.

  • Yahoo Answer

Mau tanya atau mau tahu jawaban soal berbagai hal? Gunakan Yahoo Answer! Yahoo Answer merupakan perpaduan antara mesin telusur semacam Google dengan forum tanya-jawab semacam Reddit, Quora, atau Kaskus. Sudah banyak sekali orang menggunakan Yahoo Answer, mungkin kamu juga bisa mencobanya.

Mendaftakan Akun Yahoo Mail Indonesia di Android

Yahoo memberikan kemudahan untukmu dengan menyediakan aplikasi yang bisa kamu unduh secara mobile.

Kamu juga bisa mendaftar Yahoo Mail di handphone Android. Berikut adalah 7 langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat akun Yahoo Indonesia di perangkat Android:

  1. Setelah diunduh di Play Store, buka aplikasi Yahoo Mail.
  2. Klik gambar/icon kotak surat pada layar perangkatmu.
  3. Pilih “Daftar untuk Account Baru”.
  4. Lengkapi form registrasi yang tersedia.
  5. Klik tombol “Lanjutkan”.
  6. Pilih “Kirimi Saya Kunci Akun Via SMS” dan kamu akan menerima SMS verifikasi dari Yahoo.
  7. Masukkan kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia lalu klik “Verifikasi”.

Jika ketujuh langkah tersebut di atas sudah dilakukan dengan benar, berarti kamu telah berhasil membuat akun Yahoo Indonesia melalui perangkat Android. Setelah itu, jika ingin melanjutkan ke penggunaan akun Yahoo Mail, klik “Mari Kita Mulai” dan kamu akan segera dialihkan ke dalam kotak masuk email.

Lupa Password Yahoo dan Ganti Password Yahoo

Jika kamu sudah memiliki akun Yahoo Indonesia, mungkin kamu telah merasakan beberapa keunggulan fitur Yahoo di atas. Lalu, bagaimana jika kamu lupa password Yahoo Mail atau ingin mengganti password Yahoo? Jangan khawatir, kamu dapat mengklik link pada artikel berikut, tentang cara ganti password Yahoo dan solusi lupa password Yahoo.

Fakta Menarik Yahoo

Sudah bukan rahasia lagi kalau Yahoo punya saingan raksasa yaitu Google. Kabar terakhir yang sangat menarik adalah Marisa Mayer dari Google akhirnya pindah ke Yahoo dan hingga artikel ini ditulis masih menjabat sebagai CEO Yahoo di Amerika. Namun selain itu, masih ada berbagai fakta menarik Yahoo lainnya. Simak apa saja hal-hal menarik soal Yahoo, berikut ini!

  • Yahoo dibuat sebelum Google, yaitu di tahun 1994. Penemunya adalah mahasiswa dari Stanford University, David Felo dan Jerry Yang, yang awalnya membuat Yahoo sebagai sebuah direktori di internet. Sebelum menjadi “Yahoo”, layanan ini dinamai “Jerry and Dave’s Guide to the World Wide Web”. Namun karena keperluan bisnis, akhirnya dinamai Yahoo, yaitu singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.
  • Rilisnya Yahoo ke publik di tahun 1996 merupakan perilisan terbesar untuk ukuran startup pada masanya.
  • Sebenarnya, saat itu Yahoo menjadi mesin telusur yang paling sering digunakan di internet sebelum Google akhirnya mengambil alih posisi Top Search Engine di tahun 1998.
  • Saat artikel ini ditulis, NetMarketShare mencatat mesin telusur Yahoo hanya memegang market share sebanyak 2,2% dari pasar global. Sementara itu, Google berada di nilai 70,09% dan Bing dari Microsoft mendapat 13,13%.
  • Apa kamu pernah mendengar tentang platform microblog “Tumblr” yang diblokir pemerintah Indonesia demi terwujudnya internet positif? Di tahun 2013, Tumblr telah diakuisisi oleh Yahoo dengan tujuan untuk meningkatkan target khalayak/audiens muda.

Apa fakta menarik lainnya? Jika kamu tertarik dengan kantor Yahoo atau kehidupan pekerja Yahoo, ada video viral dari orang yang bekerja di Yahoo bernama Joe Jitsukawa. Kamu bisa menonton langsung dari sini:

Bagaimana, apakah artikel ini membantu? Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya! Masih terkait dengan email, mungkin kamu juga tertarik untuk mengetahui apa saja layanan email gratis terbaik lainnya seperti Gmail, Outlook, Zoho, dan lain-lain. Oleh karena itu, simak juga artikel berikut tentang Daftar Email Gratis Terbaik.

Simpulan

Itu adalah panduan lengkap Yahoo Mail Indonesia, mulai dari sejarah Yahoo Mail Indonesia, pengertian Yahoo Mail, kelebihan, cara mengatasi lupa password Yahoo Mail hingga cara mendaftarkan Yahoo Indonesia, baik melalui website maupun perangkat Android.

Selain itu, jika kamu ingin menggunakan email dengan ekstensi menggunakan website-mu sendiri, kamu bisa mempelajari caranya dari artikel Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri. Tapi jangan lupa, saat hendak membuat website, pastikan kamu menggunakan layanan hosting yang dapat menjamin kecepatan dan keamanan website-mu agar bisa selalu diandalkan!

Konten informatif tentang Yahoo Mail Indonesia ini adalah bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah dan VPS murah terbaik di Indonesia yang telah tersertifikasi ISO 27001 dengan kualitas internasional. Dewaweb mempunyai misi untuk menjadi partner sukses online-mu. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah atau menghubungi Ninja Support 24/7 yang selalu siap siaga untukmu. Salam sukses online!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks