Perkembangan teknologi yang bergerak secara cepat dan tanpa batas membuat banyak sektor industri yang terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, khususnya para penggunanya. Salah satu perusahaan yang terus berinovasi tersebut adalah Adobe.

Pada tahun 2016, Adobe membuat software terbaru mereka bernama Adobe XD. Sebenarnya apa Adobe XD itu? Adobe XD adalah perangkat lunak yang bisa digunakan oleh para desainer aplikasi mobile. Ya, ketika aplikasi mobile menjadi bagian dalam hidup masyarakat yang tidak bisa disingkirkan, hal ini membuat banyak orang yang menggunakan aplikasi mobile setiap harinya agar aktivitas mereka bisa berjalan dengan lancar.

Untuk itulah Adobe XD dibuat agar bisa memudahkan desainer aplikasi mobile dalam pengembangan UX/UI. Sebagai perangkat lunak, pastinya ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Adobe XD. Apa saja itu? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Kelebihan Adobe XD

Adobe XD tentunya memiliki berbagai kelebihan yang sangatlah berguna untuk para desainer aplikasi mobile karena bisa memberikan kemudahan dan workflow yang lebih baik lagi. Berikut kelebihan yang bisa dirasakan:

  • Prototyping tools

Dengan tools ini, maka para desainer aplikasi mobile bisa membuat alur kerja yang lebih baik dan terperinci sekaligus teratur sehingga ketika ada proyek desain lainnya, tidak akan saling mengganggu dan tetap pada jalurnya sendiri.

  • Focused design tools

Dengan tools ini, maka para desainer aplikasi mobile membuat membuat kerangka kerja, mockup hingga screen layouts and production untuk desain yang lainnya.

  • Asset design from Photoshop, Sketch, Illustrator

Seperti yang sudah diketahui, Adobe memiliki beberapa perangkat lunak lainnya yang juga digunakan untuk desain seperti Photoshop, Sketch dan Illustrator. Untungnya, platform ini bisa memasukkan aset desain dari perangkat lunak tersebut ke dalam proyek kamu sehingga memudahkan pekerjaan.

  • Built-in sharing

Tools ini bisa membuat kamu merekam video selama proses pengerjaan desain sehingga bisa dicek oleh desainer lainnya lewat fitur Creative Cloud.

  • Fast perfomance

Tentu saja performa yang cepat ditawarkan, sehingga berapa banyak pengerjaan yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa lagging.

Kekurangan Adobe XD

Walau kelebihan Adobe XD sangat menggiurkan, tetap saja ada kekurangan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakannya seperti:

  • Difficult animating UI

Dengan membuat prototype maka kamu bisa menunjukkan apa yang akan ditampilkan dari aplikasi mobile tersebut, namun dengan Adobe SD, tidak ada tools animasi yang support dengan Adobe XD sehingga bisa menyulitkan.

  • No CSS export

CSS export bisa membuat desainer bekerja lebih simpel lagi dan membuat pengerjaan lebih cepat juga. Namun, di dalamnya belum ada fitur ini. Padahal di dalam platform Photoshop sendiri sudah ada menggunakan plugin Zeplin.

  • Copy/Paste feature

Tentu saja di dalam perangkat lunak buatan Adobe memiliki fitur copy paste untuk desain yang sudah dibuat. Ada modifikasi yang bisa dilakukan juga di sana sehingga lebih mudah. Namun Adobe XD malah membuat fitur copy paste yang tidak mumpuni sehingga menyulitkan kinerja desainer nantinya.

  • Prototype live preview

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa memberikan live preview protoype dari aplikasi mobil yang dibuat. Sayangnya, live preview prototype ini baru bisa bekerja di Mac, tidak dengan OS Windows. Hal ini cukup merugikan juga.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Open Source Software

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Adobe XD, kini saatnya kamu memilih software atau aplikasi desain mobile yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu sesuai dengan deadline yang telah diberikan.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia