5+ Keunggulan dari Penggunaan Data Science di Dunia Bisnis

Big data memiliki peran penting untuk mengelola bisnis. Sebab, demi mencapai pertumbuhan profit yang dituju oleh bisnis, ada berbagai pendekatan yang diperlukan.

Di sisi lain, data science bertujuan untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih tepat untuk mencapai tujuan. Pelajari apa saja keunggulan dari penggunaan data science di dunia bisnis dari artikel ini.

Data science adalah ilmu yang menggabungkan matematika, statistika, ilmu komputer (IT), ilmu bisnis hingga kemampuan analisis dan visualisasi data.

Tujuan utama dari data science adalah untuk menganalisis data dari himpunan kecil hingga populasi berskala besar demi mendapatkan pola data untuk memprediksi strategi atau langkah selanjutnya yang harus diambil.

Di artikel ini, kamu akan mengetahui apa saja keunggulan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan data science untuk mengelola bisnismu.

1. Hasil Analisis Data Lebih Efisien

Keunggulan data science dalam dunia bisnis adalah untuk memberikan efisiensi dalam sistem dan proses produksi. Agar dapat merealisasikannya, seorang data scientist dapat memanfaatkan beberapa tipe analisis hingga melihat tren data yang ada sehingga dapat menciptakan sebuah proses yang lebih efisien dan terstruktur.

data has a better idea by unsplash

Data science menghasilkan hasil analisis yang lebih efisien dan terstruktur sehingga strategi bisnis yang diambil dapat meningkatkan efisiensi terhadap kinerja perusahaan seperti efisiensi waktu, biaya, maupun sumber daya.

2. Dapat Meningkatkan Penjualan

Jika dapat membuat hasil analisis yang lebih efisien dan terstruktur, maka secara tak langsung bisnis pun dapat meningkatkan penjualan. Data yang ada kemudian dapat digunakan untuk membuat strategi terbaik untuk up-sell dan cross-sell, meningkatkan loyalitas konsumen hingga mengoptimalkan conversion rate dari setiap kanal promosi yang digunakan.

Kebijakan yang dibuat dengan akurasi yang tepat kemudian dapat berpengaruh pada keuntungan yang diperoleh suatu bisnis.

3. Menaikkan Tingkat Akurasi Pengelolaan Data

Di dunia bisnis, kita akan menemukan jumlah data yang tak terhingga yang dihasilkan setiap harinya. Jika kamu dapat memanfaatkan data dengan tepat, maka bisnis pun dapat menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan tren dan kebutuhan konsumen. Namun, pengolah data juga memerlukan kemampuan analisis dan solusi yang tepat untuk menemukan solusi pengelolaan data.

Sebab, hasil analisis yang akurat bisa berdampak pada kebijakan mengenai pemasaran serta promosi produk suatu perusahaan.  Jika dilakuan dengan tepat, maka bisnis kamu pun berpotensi mendapatkan keuntungan lebih.

Baca Juga: Mengenal Customer Retention: Strategi Mempertahankan Pelanggan

4. Lebih Mudah Memahami Pelanggan

Keunggulan atau manfaat lain data science di dunia bisnis adalah untuk membantu tim sales dan marketing untuk memahami pelanggan mereka secara rinci. Setelah data diolah oleh data scientist, akan muncul hasil berupa informasi penting yang bisa dipelajari untuk memahami pola pelanggan.

Setelah mengetahui siapa pelangganmu, bagaimana perilaku mereka, dan apa saja ketertarikan pelanggan, maka tim marketing pun bisa menyesuaikan strategi untuk melakukan pendekatan lebih baik sesuai tujuan marketing yang ingin dicapai.

Oleh karena itu, informasi ini bisa menjadi modal berharga agar dapat menciptakan pengalaman sebaik mungkin bagi pelanggan bisnismu.

meme keunggulan data science

5. Tercapainya Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah suatu perasaan atau penilaian emosional dari pelanggan terhadap penggunaan produk dan layanan karena harapan dan kebutuhan mereka terpenuhi.

Kotler dan Keller (2006) menyatakan bahwa kunci utama untuk mempertahankan konsumen adalah kepuasan konsumen.

Oleh karena itu, tak heran jika salah satu keunggulan yang akan kamu peroleh jika menggunakan data science untuk bisnis adalah agar tercapainya kepuasan pelanggan. Sebab, kamu akan mendapatkan informasi jelas mengenai perilaku dan ketertarikan mereka berdasarkan big data.

6. Mengurangi Risiko Penipuan

Penggunaan internet dan transaksi online yang tinggi membuat persebaran data sangat banyak setiap harinya. Penggunaan internet ini dapat mempermudah akses data dari berbagai sumber, namun sayangnya seringkali justru menjadi sumber kejahatan karena lemahnya perlindungan terhadap privasi pengguna.

Alhasil, di sinilah peran data scientist.

Ilmuwan data atau data scientist dilatih untuk mengidentifikasi anomali atau keanehan data dengan beberapa cara. Mereka membuat statistik, jaringan, jalur, dan metodologi big data.

Tujuan utamanya adalah untuk memprediksi kecurangan dan menggunakannya demi membuat peringatan yang dapat membantu memastikan tindakan cepat ketika data tersebut tidak bisa diakui.

Baca Juga: 16 Masalah Bisnis Online yang Sering Terjadi, Apa Saja?

7. Mengembangkan dan Menghasilkan Produk Relevan

meme keunggulan data science teletubbies

Keunggulan data science untuk bisnis juga termasuk untuk menghasilkan produk yang relevan. Ketika sebuah bisnis sudah mengetahui kapan dan di mana produk mereka akan ditempatkan, bisnis tersebut bisa lebih mudah memperkirakan produk, layanan, atau pendekatan apa yang cocok untuk audiens dan konsumen mereka.

Bagaimana tidak, hasil yang didapat setelah melewati proses pengolahan data bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti memahami tren pasar lebih awal atau yang akan datang. Misalnya, saat pandemi baru dimulai, tren penggunaan hand sanitizer  dan masker mulai meningkat. Alhasil produsen alat kesehatan dan obat-obatan pun mulai menganalisis jenis hand sanitizer yang disukai konsumen.

Baca Juga: 14 Strategi Promosi Terbaik untuk Mengembangkan Bisnis

Apa Lagi Keunggulan Data Science?

Data science memang menawarkan banyak keuntungan bagi sebuah bisnis. Nah, jadi tak ada salahnya jika kamu mulai belajar data science untuk mengembangkan bisnis online-mu.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari data science, DQLab punya solusinya! Kamu dapat mengikuti kelas-kelas data science mulai dari Rp139 ribu saja, loh

Tapi, jangan lupa untuk selalu memilih yang terbaik untuk bisnismu, termasuk ketika memilih layanan hosting dan domain. Pastikan kamu memilih cloud hosting terbaik dari Dewaweb agar nantinya website-mu tak hanya cepat, tapi juga aman dan selalu bisa diandalkan. Simak artikel bermanfaat lainnya dari blog Dewaweb, ya. Selamat mencoba, salam sukses online!