dewaweb-blog-amankan-jaringan-komputermu-dengan-proxy

Mengakses internet sekarang memang diikuti dengan berbagai bahaya yang melekat pada pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas. Lalu apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda menjelajah web? Anda mungkin menggunakan server proxy di kantor Anda, pada Virtual Private Network (VPN) atau bagi Anda yang lebih paham teknologi , Anda mungkin menggunakan server proxy atau sejenisnya.

Baca juga: Cara Mengamankan Website WordPress 

Di artikel kali ini kami akan membahas apa itu proxy, apa saja manfaat dan risiko menggunakan proxy, serta jenis-jenis proxy yang bisa Anda gunakan.

Apa itu proxy?

Proxy adalah sebuah komputer atau software yang bekerja sebagai perantara antara jaringan lokal, misalnya komputer Anda dengan jaringan lebih besar, seperti misalnya internet. Bisa dibilang proxy bekerja sebagai pemisah antara pengguna dengan website yang Anda browse. Proxy menyediakan berbagai fungsionalitas, keamanan, dan privacy tergantung dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda menggunakan proxy, traffic internet akan mengunjungi alamat website yang Anda masukkan ke address bar melalui server proxy tersebut. Permintaan Anda akan kembali melalui server proxy yang sama dan kemudian server proxy akan meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda.

Server proxy bekerja dengan mencegat koneksi antara pengirim dan penerima. Semua data yang masuk masuk melalui satu port dan diteruskan ke seluruh jaringan melalui port lain. Dengan memblokir akses langsung antara dua jaringan, server proxy membuatnya jauh lebih sulit bagi hacker untuk mendapatkan alamat internal dan detail jaringan pribadi.

Beberapa server proxy adalah sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Misalnya, proxy HTTP memotong akses web, dan proxy SMTP memotong email. Server proxy menggunakan skema pengalamatan jaringan untuk menyajikan satu alamat IP milik organisasi ke internet. Server memasukkan semua permintaan pengguna ke internet dan mengembalikan respons kepada pengguna yang sesuai. Selain membatasi akses dari luar, mekanisme ini dapat mencegah pengguna dari jangkauan sumber daya internet tertentu (mis., Situs web tertentu). Server proxy juga bisa menjadi salah satu komponen firewall.

Tidak hanya itu, proxy juga dapat meng-cache halaman web. Setiap kali pengguna internal meminta URL dari luar, salinan sementara disimpan secara lokal. Saat berikutnya pengguna internal meminta URL yang sama, proxy dapat melayani salinan lokal alih-alih mengambil dokumen asli di seluruh jaringan. Ini tentunya membantu meningkatkan performance.

Bagaimana cara kerja proxy?

Setiap komputer yang menggunakan internet memerlukan alamat IP atau IP address. IP address bisa disamakan dengan nama jalan komputer Anda. Jika kantor pos perlu mengirim sesuatu ke rumah Anda, mereka perlu tahu nama jalan di mana Anda tinggal. Konsep IP address juga sama. Internet perlu tahu IP Address Anda agar mereka mengirim data yang benar ke komputer yang benar.

Pada dasarnya, proxy adalah sebuah komputer dengan internet yang memiliki IP address mereka sendiri tetapi diketahui oleh komputer Anda. Ketika Anda mengirim sebuah permintaan website, permintaan Anda agar masuk ke server proxy dulu. Dari situ, server proxy akan membuat permintaan, mengambil response dari server website, dan mengantarkannya ke browser Anda.

Ketika server proxy meneruskan permintaan web Anda, proxy dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim dan masih mendapatkan informasi yang Anda harapkan untuk dilihat. Server proxy dapat mengubah alamat IP Anda, sehingga server web tidak tahu persis di mana Anda berada di dunia. Ini dapat mengenkripsi data Anda, sehingga data Anda tidak dapat dibaca saat transit. Dan terakhir, server proxy dapat memblokir akses ke halaman web tertentu, berdasarkan alamat IP.

Manfaat menggunakan proxy

Ada beberapa alasan mengapa banyak individual dan organisasi menggunakan proxy:

Untuk mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak. Salah satu alasan mengapa organisasi dan orang tua mengaktifkan server proxy untuk mengontrol dan memonitor bagaimana karyawan atau anak mereka menggunakan internet. Ada organisasi yang tidak menginginkan karyawannya untuk membuka website-website yang mengganggu produktivitas karyawan mereka. Dengan proxy, mereka bisa mengatur agar karyawannya tidak bisa mengakses website-website tertentu. Selain itu, mereka juga bisa memonitor dan me-log semua permintaan web, sehingga meskipun mereka tidak mem-block website-websitenya, mereka tahu berapa banyak waktu yang karyawannya habiskan di website-website ini.

Menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan. Organisasi juga bisa memiliki kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Proxy bisa melakukan cache. Jadi saat Anda meminta data dari website yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, mereka hanya perlu mengambil dari simpanan mereka. Jadi, kalau ada ribuan orang mengakses website yang sama dengan yang Anda akses, proxy hanya pelru mengirim satu permintaan ke website tersebut. Ini bisa menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan.

Privacy yang terjaga. Individual dan organisasi yang menggunakan proxy untuk browsing internet sebenarnya memiliki privacy yang lebih terjaga. Beberapa proxy akan mengubah alamat IP dan informasi pribadi lainnya. Ini berarti server destinasi tidak akan tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan. Ini tentunya membantu untuk menjaga privacy dan informasi pribadi Anda.

Keamanan yang lebih baik. Selain privacy, proxy juga dapat menjaga keamanan. Anda bisa melakukan konfigurasi pada server proxy Anda untuk mengenksripsi permintaan website Anda agar tidak ada yang membaca transaksi Anda. Anda juga dapat mencegah situs malware yang mengakses apapun. Selain itu, organisasi dapat menggabungkan server proxy mereka dengan Virtual Private Network (VPN), sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan. VPN adalah koneksi langsung ke jaringan perusahaan yang diberikan perusahaan kepada pengguna eksternal atau jarak jauh. Dengan menggunakan VPN, perusahaan dapat mengontrol dan memverifikasi bahwa pengguna mereka memiliki akses ke sumber daya (email, data internal) yang mereka butuhkan, sementara juga menyediakan koneksi aman bagi pengguna untuk melindungi data perusahaan.

Baca juga: Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows

Akses ke resources yang di block. Server proxy memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Masuk ke server proxy yang ada di negara lain dan Anda bisa membuka website-website yang di block. Server proxy membuatnya terlihat seperti Anda berada di California, tetapi Anda sebenarnya tinggal di Jakarta. Beberapa pemerintah di seluruh dunia memantau dan membatasi akses ke internet, dan server proxy menawarkan warga mereka akses ke internet tanpa sensor.

Risiko menggunakan proxy

Meskipun proxy menawarkan berbagai keuntungan, proxy juga memiliki beberapa risiko yang perlu Anda perhatikan.

Tidak semua layanan free proxy itu aman. Siapa yang tidak mau menggunakan layanan gratis? Tetapi untuk layanan proxy, tidak semua layanan proxy gratis itu aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak memiliki enkripsi atau backend hardware yang aman. Kinerjanya mungkin tidak akan sebagus layanan berbayar dan layanan proxy yang tidak dienskripsi mungkin saja memiliki isu keamanan. Jika Anda menemukan layanan proxy yang benar-benar gratis, ingat untuk tetapi hati-hati.

Log sejarah browsing (browsing history). Proxy yang Anda gunakan memiiki IP address original dan informasi request Anda. Coba cek apakah proxy Anda me-log dan menyimpan semua data Anda. Lalu kenali juga terms and conditionsnya. Apakah data Anda benar-benar aman. Jika Anda ingin menggunakan proxy untuk melindungi data Anda padahal layanan yang Anda lakukan menjual data Anda ke pihak ketiga tentunya Anda tidak mendapatkan privacy yang Anda inginkan.

Ada proxy yang tidak dienskripsi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada proxy yang tidak dienskripsi. Memang apa artinya kalau tidak dienskripsi? Kalau tidak dienskripsi, berarti Anda mengirim request Anda dalam bentuk plain text. Semua orang bisa melihat username, password, dan informasi akun Anda dengan mudah. Jadi pastikan bahwa layanan proxy yang Anda gunakan sudah dienskripsi.

Jenis-jenis proxy

Tidak semua proxy bekerja dengan cara yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu mengerti fungsionalitas seperti apa yang Anda dapatkan dari proxy yang Anda gunakan. Ini juga agar Anda tidak salah memilih proxy; pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Transparent proxy. Proxy jenis ini memberi tahu situs web bahwa itu adalah server proxy dan itu akan meneruskan alamat IP Anda, mengidentifikasi Anda ke server web. Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering menggunakan proxy transparan untuk pemfilteran konten: mereka mudah untuk menyiapkan sisi klien dan server.

Anonymous proxy. Anonymous proxy akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak akan meneruskan alamat IP Anda ke situs web – ini membantu mencegah pencurian identitas dan menjaga privasi penjelajahan Anda. Mereka juga dapat mencegah situs web dari melayani Anda menargetkan konten pemasaran berdasarkan lokasi Anda. Misalnya, jika CNN.com tahu Anda tinggal di Jakarta, mereka akan menampilkan berita yang menurut mereka relevan dengan Jakarta. Menjelajah secara anonymous akan mencegah situs web menggunakan beberapa teknik penargetan iklan, tetapi ini memang bukan jaminan 100%.

Baca juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan Wifi Publik

Distorting proxy. Sebuah distorting proxy menyampaikan alamat IP palsu untuk Anda saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Ini berfungsi mirip sebagai proxy anonim, tetapi dengan mengirimkan alamat IP palsu, Anda dapat tampak berasal dari lokasi berbeda untuk dapat mengakses konten yang di-block.

High anonymity proxy. High anonymity proxy secara berkala mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web, sehingga sangat sulit untuk melacak lalu lintas apa yang menjadi milik siapa. High anonymity proxy adalah cara paling pribadi dan aman untuk membaca internet.

Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas semua tentang proxy. Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan proxy untuk menjaga data-data pribadi Anda serta keamanan selama Anda browsing internet. Tetapi, Anda juga harus memastikan apakah layanan proxy yang Anda gunakan aman dan tidak menyalahgunakan data-data Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda juga boleh meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia