Mengenal Apa Itu Proxy Sebagai Sistem Pengaman Ber-internet

Mengenal Apa Itu Proxy Sebagai Sistem Pengaman Ber-internet

Arti proxy adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang berguna untuk mengamankan koneksi pengguna saat mengakses internet.

Saat ini, kamu dapat mengakses internet secara bebas namun ada berbagai bahaya yang mengikuti seperti pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas.

Untuk itulah proxy digunakan sehingga keamananmu saat berinternet bisa terjamin. Di artikel ini kamu akan mengetahui semua hal seputar proxy server. Langsung simak, ya!

Apa Itu Proxy?

Proxy adalah sebuah sebuah sistem penghubung antara pengguna dan internet untuk menyembunyikan identitas asli pengguna.

Tujuannya adalah agar ketika kamu mengakses website, maka alamat IP yang dikirim ke website tersebut merupakan alamat IP dari proxy server, bukan alamat IP asli si pengguna. Dengan begitu, keamanan datamu akan lebih terjamin saat berinternet.

Untuk bisa bekerja, proxy membutuhkan sebuah server yang kemudian disebut dengan proxy server.

Apa yang dimaksud proxy server? Proxy server adalah sejenis layanan jaringan untuk menyediakan layanan proxy.

Proxy server bisa berupa alat tertentu atau komputer yang berfungsi untuk memproses permintaan menggunakan proxy.

Proxy server bekerja dengan cara menyambungkan atau justru menghalangi koneksi antara pengirim dan penerima data.

Jika server proxy memblokir akses langsung antara dua jaringan, maka hacker akan lebih sulit mendapatkan alamat internal dan detail jaringan pribadi.

Biasanya, proxy ini lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs namun sudah terblokir di wilayah tertentu.

Juga, ada banyak perusahaan dan bisnis yang menggunakan proxy untuk membuat jaringan bisnis yang tertutup sehingga tidak bisa diakses sembarang orang.

Beberapa server proxy bisa berupa sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Misalnya, proxy HTTP memotong akses web sedangkan proxy SMTP memotong akses terhadap email.

Tak hanya itu, server proxy juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu komponen firewall dan melakukan cache untuk halaman web.

Jadi, setiap kali pengguna mengakses URL, salinan sementara akan disimpan secara lokal sehingga proxy website dapat diakses lebih cepat saat dibuka kembali.

Baca juga: Cara Mengamankan Website WordPress 

Cara Kerja Proxy

Setelah mengetahui apa itu proxy dan proxy server, kamu juga perlu tahu bagaimana cara kerjanya.

Setiap komputer yang menggunakan internet memerlukan alamat IP. Ibarat alamat rumah, IP address bisa membantu proxy mengetahui ke manakah data akan dikirim.

Ketika kamu melakukan request atau permintaan berupa pencarian di mesin pencari atau mengakses sebuah website, server proxy akan mengirimkan permintaan ini ke server website, mengambil respon dari server website, dan mengantarkannya ke tampilan browser-mu.

Ketika server proxy meneruskan permintaanmu, proxy dapat mengubah alamat IP milikmu sehingga server website tidak mengetahui persis lokasimu mengakses data.

Alhasil, datamu bisa terenkripsi dan tidak dapat dibaca saat melakukan transit. Terakhir, server proxy dapat memblokir akses ke halaman website tertentu berdasarkan alamat IP, seperti akses ke website yang dilarang oleh pemerintah.

Baca juga: 13 Server Proxy Gratis Terbaik untuk Internet yang Aman

Fungsi dan Manfaat Proxy

Apa keuntungan menggunakan proxy? Tentu saja keamanan datamu akan terjamin. Namun, ada beberapa manfaat lain menggunakan proxy, di antaranya:

1. Mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak

Ada segelintir organisasi atau perusahaan yang melarang karyawannya untuk membuka beberapa website dengan tujuan tertentu. Selain itu, orang tua juga sering memanfaatkan proxy untuk memonitor aktivitas internet anak-anak mereka yang masih di bawah umur.

2. Menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Salah satu manfaat proxy yakni kemampuannya untuk menyimpan cache. Jadi, saat kamu hendak mengakses data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, proxy hanya perlu mengakses dari penyimpanan sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.

3. Menjaga privacy

Individu dan organisasi yang menggunakan proxy biasanya bisa lebih menjaga kerahasiaan data pribadi mereka. Sebab, salah satu manfaat proxy server adalah dapat mengubah alamat IP dan informasi pribadi lainnya sehingga server website tidak dapat mengakses data pengguna.

4. Keamanan yang lebih baik

Selain kerahasiaan data, kamu juga bisa memanfaatkan pengaturan proxy untuk meningkatkan keamanan, misalnya merahasiakan data transaksi atau mencegah akses ke situs malware.

Tak hanya itu, organisasi juga dapat menggabungkan server proxy mereka dengan Virtual Private Network (VPN) sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy kantor.

Baca juga: Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows

5. Akses ke resources yang diblokir

Server proxy memungkinkan pengguna untuk mengakses konten yang diblokir, misalnya akses ke website negara lain. Server proxy bisa membuatmu seakan-akan mengakses website dari belahan dunia lain, padahal sebenarnya kamu ada di Indonesia.

Beberapa pemerintah di seluruh dunia memantau dan membatasi akses ke internet dan server proxy menawarkan akses ke internet tanpa sensor kepada para penggunanya.

Baca Juga: Jaga Kestabilan Server dengan Load Balancing HAProxy Nginx di CentOS 7

Jenis-Jenis Proxy

server proxy vpn laptop

Agar tidak salah memilih server proxy, kamu harus tau apa saja jenis-jenis proxy berikut:

1. Transparent proxy

Jenis proxy yang satu ini akan memberi tahu situs web bahwa dirinya adalah server proxy dan mengirimkan IP address-mu sehingga permintaan aksesmu akan diproses.

Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering menggunakan proxy transparan untuk memfilter konten karena lebih mudah untuk menyiapkan data dari sisi klien dan server.

2. Anonymous proxy

Anonymous proxy akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak akan meneruskan alamat IP milikmu ke situs web. Hal ini dapat membantumu menjaga keamanan dan kerahasiaan datamu.

Misalnya, saat CNN.com tahu kamu berada di Jakarta, maka mereka akan menampilkan berita yang menurut mereka relevan dengan Jakarta. Namun hal ini bisa diminimalisir jika kamu menggunakan anonymous proxy.

Baca juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

3. Distorting proxy

Sebuah distorting proxy bisa memalsukan alamat IP saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy.

Ini berfungsi mirip seperti anonymous proxy, tetapi dengan mengirimkan alamat IP palsu, kamu bisa mengubah lokasi aksesmu berbeda dengan lokasi aslimu sehingga kamu dapat mengakses konten yang diblokir.

4. High anonymity proxy

High anonymity proxy secara berkala mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web sehingga sangat sulit untuk melacak lalu lintas apa yang dilakukan oleh siapa.

Jenis proxy ini adalah salah satu proxy paling anonim dan aman untuk mengakses hampir semua konten di internet.

Baca Juga: Ini dia 20 Proxy Gratis yang Dapat Kamu Coba

Risiko Menggunakan Proxy

Sesuatu yang mendatangkan manfaat tentunya memiliki konsekuensi, begitu juga dengan menggunakan proxy. Berikut beberapa risiko menggunakan proxy yang perlu kamu ketahui:

  • Tidak semua layanan proxy gratis itu aman
    Meski gratis, namun tidak semua layanan proxy aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak memiliki enkripsi atau backend hardware yang aman. Kinerjanya mungkin tidak akan sebagus layanan berbayar dan layanan proxy gratis tanpa enkripsi mungkin memiliki isu keamanan. Jika kamu menemukan layanan proxy yang benar-benar gratis, ingatlah untuk tetap berhati-hati.
  • Log sejarah pencarian (browsing history)
    Proxy yang kamu gunakan mungkin memiliki alamat IP asli dan informasi request-mu. Coba cek, apakah server proxy yang kamu gunakan menyimpan browsing history-mu dan jangan lupa untuk tetap mengecek kembali syarat dan ketentuan serta keamanan data, jangan sampai datamu nanti dijual ke pihak ketiga.
  • Ada proxy yang tidak terenkripsi
    Jika server proxy tidak terenkripsi, berarti kamu telah mengirim permintaan dalam bentuk plain text. Semua orang bisa mengakses username, password, lokasi, bahkan informasi akunmu dengan mudah. Jadi pastikan bahwa layanan proxy yang kamu gunakan sudah dienkripsi.

Baca Juga: Apa Perbedaan Proxy dan VPN? Mana yang Lebih Baik?

Simpulan

Sudah lebih paham tentang apa itu proxy, kan? Singkatnya, proxy adalah sebuah sistem yang menjaga keamananmu saat melakukan aktivitas di internet, misalnya saat mengakses website.

Adapun cara kerjanya adalah dengan mengubah alamat IP pengguna sehingga yang dikirim ke web server adalah alamat IP proxy, bukan alamat IP asli pengguna.

Biasanya, proxy lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs namun sudah terblokir di wilayah tertentu.

Kendati banyak manfaat, proxy juga memiliki risiko seperti kebocoran data jika proxy yang digunakan tidak terenkripsi.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses!