Youtube SEO 101 Mengoptimalkan Performa Video Kamu

Memasuki tahun 2019, semakin hari semakin banyak platform di internet yang bisa dijadikan lahan untuk mendapatkan uang. Tidak hanya media sosial saja, tapi platform yang bisa menumpahkan segala bentuk kreativitas juga tidak luput dari incaran para pencari uang lewat internet. Salah satunya dan tetap kuat hingga detik ini adalah YouTube. Sudah tahukah kamu tentang mengoptimalkan Youtube SEO yang baik?

Di dalam YouTube, kamu bisa membuat berbagai macam video yang kamu inginkan. Dari hanya menggunakan smartphone, kamera kecil hingga kamera profesional dengan berbagai perlengkapan yang menunjang untuk memberikan visual terbaik. Tidak ada yang bisa membatasi diri kamu dalam berkreasi di YouTube, bahkan ketika konten yang diunggah bersifat negatif. Semua punya pasarnya masing-masing.

Namun ketika berbicara mengenai monetisasi, tidak semua video bisa mendapatkan keuntungan dari YouTube. Secara kreativitas, kamu bisa bergerak bebas, tapi secara keuntungan, ada koridor yang perlu kamu ikuti agar video-video yang kamu buat bisa menghasilkan uang. Sekarang, bagaimana caranya mengoptimalkan performa video kamu? Berikut YouTube SEO 101 yang patut kamu ikuti agar mendapatkan hasil maksimal.

Monetisasi channel YouTube

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan dari YouTube adalah me-monetisasi channel YouTube kamu. Bagaimana caranya? Ketika kamu sudah masuk ke akun YouTube, kamu pilih account information yang terletak di kanan atas layar dan pilih creator studio. Setelah itu, pilih channel yang ada di menu sebelah kiri dan pilih status and features.

Dan di sanalah kamu akan menemukan pilihan enable monetisation. Dengan memilih fitur itu, maka kamu perlu setuju dengan perjanjian (aggreement) yang sudah dibuat YouTube dan selamat, kamu sudah berhasil me-monetisasi channel YouTube kamu.

Gunakan fitur AdSense

Sekarang giliran AdSense yang perlu kamu aktifkan setelah monetisasi. Kamu harus memilih mendapatkan associate and approved AdSense untuk channel YouTube kamu agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Selain uang, kamu juga akan mendapatkan fitur YouTube Analytic yang berguna untuk melihat hasil pendapatan kamu. Selain itu analisis dari video-video yang sudah kamu unggah juga akan tersedia di sana.

Buat video yang ramah untuk penonton

Hal ketiga yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan dari YouTube adalah membuat video yang ramah untuk penonton. Dari yang bisa ditonton semua umur, video yang orisinal dan mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh YouTube. Jangan lupa, selalu ikuti tren yang sedang naik daun sehingga kamu bisa membuat video tentang hal itu. Dengan melakukan hal ini, kamu akan mendapatkan banyak penonton. Selain itu, kualitas produksi video jangan lupa diperhatikan agar penonton nyaman itu menontonnya dan mereka mau subscribe channel kamu.

Pilih beberapa format video Ini

Hal keempat yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan dari YouTube adalah menggunakan beberapa format video yang sangat disukai banyak penonton YouTube. Format video yang sangat digemari seperti video dengan voice over, video yang menggunakan list (contohnya seperti ‘10 Lukisan Termahal’), video tutorial, video unboxing dan video dengan ilustrasi yang ciamik. Dengan menggunakan format video di atas, penonton akan lebih tertarik untuk melihat video-video kamu.

Pahami CPM dan RPM

Hal kelima dan yang harus kamu ketahui tentang perputaran uang di YouTube adalah CPM dan RPM. Mari dibedah satu per satu. CPM adalah akronim dari Cost per Mille yang menjabarkan bagaimana rumus untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Dengan menggunakan mata uang dolar, CPM memberikan kamu $1 per 1000 views dan akan berlaku sesuai kelipatan juga.

Untuk RPM sendiri, itu adalah Revenue per Thousand Impressions yang digunakan YouTube untuk mengambil potongan sebesar 45% dari total pendapatan iklan yang kamu dapatkan dari channel YouTube kamu. Untuk penjelasan lebih jelas, kamu bisa melihat artikel ini.

Itulah penjelasan rinci tentang bagaimana mendapatkan keuntungan dari video-video yang kamu unggah ke YouTube. Dengan memperhatikan lima YouTube SEO 101 di atas, kamu bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Semoga beruntung!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia