Panduan Cara Membuat Thumbnail Youtube, Mudah dan Menarik

Panduan Cara Membuat Thumbnail Youtube, Mudah dan Menarik

Memahami bagaimana cara membuat thumbnail YouTube merupakan hal yang perlu dikuasai oleh para content creator di YouTube. Sebab, ketika akan menonton video Youtube hal pertama yang dilihat adalah thumbnail Youtube. Maka itu, thumbnail menjadi salah satu faktor penentu apakah pengguna akan menonton video kamu atau tidak.

Lantas, bagaimana cara membuat thumbnail Youtube yang menarik perhatian? Jika sebelumnya buat thumbnail Youtube yang itu-itu saja dan terkesan monoton, sebaiknya simak artikel Dewaweb kali ini. Kamu akan mengerti cara buat thumbnail Youtube hingga fungsinya!

1. Tentukan tools yang ingin digunakan

cara membuat thumbnail youtube - pilih tool yang digunakan

Ada berbagai tools desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat atau edit thumbnail Youtube. Diantaranya seperti Canva, Adobe Photoshop, PicMaker, Visme, dan masih banyak lagi.

Tools tersebut dapat berupa aplikasi yang harus kamu instal maupun dalam bentuk situs online. Kamu dapat memilih tools mana yang sesuai kebutuhanmu setelah itu sedikit demi sedikit kamu diharapkan bisa menguasainya agar lebih mudah dalam mengedit thumbnail Youtube.

Untuk tutorial penggunaan tools-nya sudah banyak tersedia di internet, kamu hanya perlu browsing dan ikuti petunjuk penggunaannya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Canva untuk Buat Desain, Gratis & Gampang!

2. Gunakan foto yang dapat menarik perhatian

gunakan foto yang menarik perhatian

Cara membuat thumbnail Youtube berikutnya adalah menggunakan foto yang dapat menarik perhatian. Thumbnail akan terlihat dalam layar handphone atau laptop kamu maka dari itu kamu bisa memilih foto terbaik yang akan digunakan.

Usahakan foto tersebut ekspresif dan memberikan kesan semangat agar penonton tertarik untuk menonton hingga akhir. Kemudian kamu juga bisa mengambil gambar dari situs gambar gratis seperti Unsplash, Pixabay, dan lainnya.

Untuk lebar dan tinggi thumbnail Youtube yaitu memiliki resolusi gambar 1280×720 dan lebar minimum 640 pixel. Pastikan gunakan format JPG, PNG, GIF, atau BMP.

3. Tambahkan tulisan dan background menarik

cara membuat thumbnail youtube - tambahkan tulisan

Berikutnya adalah tambahkan tulisan dan background yang menarik. Untuk membuat tulisannya kamu bisa gunakan font yang tebal dan warnanya kontras dengan foto yang digunakan.

Seperti contoh gambar di atas yakni menggunakan background warna gelap, maka dari itu kamu bisa gunakan font warna putih agar judulnya terlihat jelas.

Pastikan judul tidak ditulis terlalu panjang, semakin pendek judul maka semakin baik karena tidak akan memakan tempat. Selain itu perpaduan warna antara foto, tulisan, dan background bisa kamu sesuaikan dengan warna brand atau produk agar lebih khas. Sehingga ketika orang melihat thumbnail kamu, mereka sudah bisa menebaknya.

Baca Juga: 11 Aplikasi Edit Video di HP Android Terbaik, Mudah dan Gratis

4. Hindari judul atau tulisan yang misleading

hindari judul yang misleading

Tidak sedikit para content creator memberikan judul yang clickbait dengan tujuan menarik orang agar mengklik videonya. Namun cara membuat thumbnail Youtube yang seperti itu saat ini sudah tidak disukai oleh penonton.

Karena penonton akan merasa dibohongi karena antara judul dan isi videonya tidak sesuai. Jika sudah demikian mereka bisa saja memandang buruk channel Youtube kamu.

Maka dari itu pilihlah tulisan atau judul dapat memberikan gambaran jelas tentang isi video kamu akan seperti apa. Contohnya seperti gambar di atas, tulislah kalimat pada thumbnail apa adanya saja tanpa melebih-lebihkan atau justru menguranginya.

5. Tambahkan objek atau stiker lain agar lebih menarik

cara membuat thumbnail youtube - tambahkan objek

Cara buat thumbnail Youtube yang terakhir yakni menambahkan objek atau stiker agar lebih menarik. Selain menggunakan foto yang menarik dan jernih, kamu juga bisa tambahkan efek stiker, efek ini akan membuat background foto terhapus kemudian digantikan dengan border atau garis berwarna putih sehingga foto kamu akan terlihat seperti stiker.

Selain stiker, kamu juga bisa tambahkan objek pendukung seperti gambar di atas. Sehingga thumbnail kamu tidak hanya berisi gambar dan tulisan saja tetapi ada pendukung lain yang dapat membantu menarik perhatian penonton.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

Fungsi dan Manfaat Thumbnail Youtube

Setelah mengetahui cara bikin thumbnail Youtube yang menarik, lantas apa sih fungsi dari thumbnail tersebut? Nah, di bawah ini terdapat beberapa manfaat thumbnail untuk video kamu.

  • Memikat daya tarik penonton untuk klik video kamu.
  • Membantu penonton memahami sekilas isi video.
  • Memudahkan pengguna dalam mencari video yang ingin dilihat.
  • Membantu meningkatkan viewers dan peringkat video apabila berhasil buat thumbnail Youtube yang menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula, 5 Menit Jadi!

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Thumbnail Youtube?

Itulah beberapa cara membuat thumbnail Youtube yang bisa kamu lakukan dalam beberapa langkah. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan diantaranya adalah, gunakan tools yang menurutmu paling mudah digunakan, kemudian buatlah thumbnail yang sesuai dengan isi pada video tersebut. Lalu hindari clickbait agar penonton tidak kecewa.

Apabila semua hal tersebut sudah terpenuhi, thumbnail yang berhasil menarik perhatian penonton akan bantu tingkatkan jumlah viewers, subscriber, hingga peringkat video. Jadi, tunggu apa lagi yuk segera buat. Selamat mencoba ya!