11 Aplikasi Edit Video di HP Android Terbaik, Mudah dan Gratis

11 Aplikasi Edit Video di HP Android Terbaik, Mudah dan Gratis

Sekarang ada banyak aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan di HP Android, bahkan beberapa di antaranya mampu memberikan hasil editan terbaik tanpa watermark. Kamu bisa lebih praktis mengedit dan memproduksi video hanya melalui smartphone saja tanpa harus menggunakan PC.

Bagi pengguna HP Android, ada beberapa aplikasi edit video terbaik yang bisa kamu coba. Cek daftarnya di bawah ini ya!

aplikasi edit video terbaik android
Gambar: Unsplash

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android dan iOS 

1. FilmoraGo

aplikasi edit video terbaik android - filmoragoSoftware edit video terbaik yang bisa kamu coba salah satunya adalah FilmoraGo. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan bagi pemula. Meski begitu, fiturnya cukup lengkap dengan hasil editan tanpa watermark. Dilengkapi dengan koleksi lebih dari 1000 musik pilihan, 5000 opsi filter dan sticker, serta fitur penambahan teks, audio, emoji, dan background.

Beberapa fitur yang dimilikinya ialah memotong dan menggabungkan video, split video, mengontrol kecepatan, menambahkan font teks dan animasi, serta penyesuaian kontras, saturasi, dan kecerahan. Selain itu, kamu bisa mengatur fade in/out audio, kecepatan dan volume pada video.

2. InShot

InShot

InShot adalah salah satu aplikasi yang bisa membantumu edit video dari Android dengan hasil terbaik. Editor video InShot bisa digunakan secara gratis dengan beragam fitur yang profesional. Selain video, kamu juga bisa mengedit foto di aplikasi ini.

InShot memiliki fitur video editing yang lengkap, di antaranya seperti memangkas dan memotong video, menggabungkan, mengatur kecepatan, mengkompres video dalam format HD, hingga mengkonversi foto ke dalam bentuk klip video. Kamu tak akan kehabisan ide untuk membuat video yang menarik dengan beragam pilihan efek transisi, filter, emoji, dan background musik yang dimilikinya.

Baca Juga: Video Marketing: Panduan Lengkap

3. Quik

aplikasi edit video terbaik android - quik

Aplikasi video editor terbaik di Android yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Quik. Aplikasi buatan action camera ternama dari GoPro ini awalnya memang dibuat untuk mengedit video dari kameranya. Kini, Quik bisa digunakan secara bebas dan tersedia di Google Playstore juga App Store.

Quik memiliki fitur unik yaitu QuikStories yang secara otomatis mengubah video-video footage yang kamu miliki menjadi sebuah video yang menawan hanya dengan sekali klik saja. Sama seperti software edit video lainnya, Quik memiliki fitur video editor yang tak kalah menarik. Kamu bisa menambahkan efek transisi video dengan pilihan tema yang beragam.

4. Adobe Premiere Rush

aplikasi edit video terbaik android - adobe premiere rush

Aplikasi buatan Adobe ini membuatmu lebih mudah melakukan video editing dari smartphone. Adobe Premiere Rush memungkinkanmu merekam, mengedit dan membagikan video secara online. Dilengkapi dengan fitur drag & drop yang memudahkanmu untuk mengedit video, menambahkan audio, grafis, foto, hingga overlay.

Kamu juga bisa melakukan kustomisasi animated title agar terlihat berbeda dengan yang lain. Aplikasi ini memiliki pilihan soundtrack, efek audio, hingga loops yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, kamu bisa langsung membagikan hasil video ke berbagai platform seperti Instagram, TikTok, Youtube dan lainnya dengan aspek rasio yang otomatis disesuaikan.

Baca Juga: 15 Software Edit Video Terbaik untuk PC

5. Viva Video

aplikasi edit video terbaik android - viva video

Viva Video adalah salah satu aplikasi untuk edit video terbaik yang populer digunakan pengguna Android. Tampilannya sederhana, namun fitur-fiturnya sudah cukup mumpuni untuk mengedit video yang praktis. Tersedia lebih dari 200 filter, efek video, dan beragam tools video editing yang bisa kamu temui pada umumnya.

Fitur-fitur yang dimilikinya di antaranya slideshow maker untuk menggabungkan beberapa foto menjadi klip, video editing tools yang dilengkapi dengan fitur video trim, cut, crop, merge, collage, dan video loop, serta berbagai video editing effects, untuk memberi efek dan animasi pada video.

6. PowerDirector

aplikasi edit video terbaik android - powerdirector

Selain opsi di atas, kamu juga bisa coba menggunakan software PowerDirector untuk mengedit video di Android. Aplikasi ini memudahkanmu mengedit video dengan kualitas 4K menggunakan berbagai fitur, seperti tools video editing, video effects, collage, maupun menambahkan background music, dan animasi.

Hebatnya, software edit video satu ini dilengkapi dengan fitur chroma key yang bisa mengedit video di layar green screen. Selain itu, ada fitur video stabilizer untuk mengurangi guncangan pada video, voice changer, dan overlay.

7. VN Video Editor Maker VlogNow

VN Video Maker

Kalau kamu mencari aplikasi untuk edit video di Android dengan hasil tanpa watermark, kamu bisa coba dengan software satu ini. Sesuai namanya, aplikasi ini cocok digunakan untuk mengedit video vlog. VN Video Editor bisa digunakan baik untuk pemula atau kalangan profesional.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengedit video dengan green screen. Fitur yang dimilikinya seperti efek video, music background, juga subtitle tools dapat melengkapi video kamu jadi lebih menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula, 5 Menit Jadi!

8. Magisto

magisto

Magisto adalah aplikasi video editor yang bisa kamu gunakan di smartphone Android atau iOS. Software ini memudahkan kamu mengedit video secara otomatis, dari gambar dan video yang diambil dari HP kamu.

Terdapat banyak fitur yang bisa membuat video kamu lebih menawan. Beberapa di antaranya ialah mengubah transisi video, memotong, juga menambahkan musik dan efek. Kamu juga bisa membagikan hasil editan videomu dengan mudah ke media sosial.

9. KineMaster

kinemaster

Aplikasi ini cukup populer digunakan untuk mengedit video di HP Android ataupun iOS. KineMaster bisa kamu gunakan secara gratis. Meski begitu, mereka juga menyediakan versi berbayarnya dengan fitur yang lebih beragam.

Selain berbagai fitur video editing yang umumnya bisa kamu temukan, software ini juga menawarkan fitur chroma key yang biasa digunakan para Youtuber gaming untuk mengedit video menggunakan layar hijau. Sayangnya jika kamu menggunakan versi gratis, terdapat watermark pada hasil editan video menggunakan KineMaster.

10. VideoShow

video show

Kalau masih kurang dengan opsi di atas, kamu bisa coba video editor dari VideoShow. VideoShow memberikan kemudahan untuk mengedit video dengan berbagai fitur editing tools di dalamnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan teks, efek, GIF, transisi, hingga live dubbing untuk videomu. Kamu bisa mengekspor video dengan kualitas 4K tanpa merusak kualitasnya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube di Mesin Pencari

11. Splice

splice

Aplikasi video editor dari Splice bisa membantumu mengedit video dengan praktis dari ponsel Android juga iOS. Tampilannya cukup mudah digunakan. Selain itu kamu bisa menggunakannya secara gratis, tanpa iklan yang mengganggu dan hasil editan tanpa watermark. Dengan memanfaatkan fitur editingnya, kamu bisa memotong, menggabungkan video, menambahkan teks, soundtrack, dan overlay pada video.

Itu dia beberapa aplikasi edit video terbaik yang bisa kamu coba di ponsel Android. Sebagian besar di antaranya juga bisa kamu gunakan pada perangkat iOS. Umumnya, semua software video editor di atas memiliki fitur yang hampir mirip. Hanya saja ada beberapa perbedaan pada cara penggunaannya untuk setiap aplikasi.

Semoga artikel ini bisa membantumu menemukan aplikasi yang cocok untuk mengedit video. Semoga bermanfaat!