4 Plugin PDF WordPress Terbaik

Plugin PDF WordPress semakin dikenal seiring populernya ekstensi file PDF. Hingga saat ini WordPress memang tidak mendukung penyematan file PDF, jadi kamu harus menggunakan plugin PDF WordPress. Secara default, WordPress menampilkan file PDF sebagai link unduhan pada postingan. Hal itu berarti pengunjung harus meninggalkan halaman situs untuk membaca file tersebut.

Dengan menginstall plugin terkait, kamu bisa mempertahankan pengunjung untuk tetap ada di situs. Hanya saja, dari banyaknya pilihan yang tersedia, kamu pasti kebingungan dalam memilih plugin mana PDF yang harus diinstall. Bagi kamu yang pemula, ada banyak pilihan plugin gratis. Plugin gratis ini dapat kamu temukan di Direktori Plugin WordPress.org.

Melalui artikel ini, kami akan membahas 5 plugin PDF WordPress terbaik untuk menampilkan file PDF yang bisa kamu coba.

PDF Embedder

5 plugin pdf wordpress terbaik
[Foto: WordPress.org]
Plugin yang satu ini dikenal sebagai plugin yang menampilkan PDF WordPress dengan simpel. Selain itu, PDF Embedder merupakan plugin dengan cara yang paling terbersih dalam menampilkan PDF WordPress di website yang kamu miliki.

Dari kelebihan yang dimilikinya PDF Embedder telah diinstall oleh lebih dari 100.000 pengguna yang hingga saat ini masih aktif. Kamu hanya perlu melakukan klik satu kali untuk mengupload. Cara kerja dari plugin PDF Embedder ternyata juga sangat mudah dengan metode drag-and-drop.

Untuk melihat fleksibilitas dalam menampilkan dokumen plugin PDF Embedder menggunakan JavaScript.  Cara menampilkan PDF di WordPress menggunakan plugin ini adalah dengan masuk ke dashboard WordPress, dan pilih plugin. Kemudian cari PDF Embedder, lalu install dan aktifkan.

Meski merupakan plugin terbaik, PDF Embedder ada yang versi gratis. Meskipun gratis juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang kamu butuhkan misalnya tombol navigasi sederhana untuk membaca file PDF, selain itu juga terdapat tombol upload cepat (quick upload), dan tombol penyematan PDF.

PDF Embedder juga menyediakan versi yang berbayar (platinum). Fitur yang disediakan dalam versi berbayar adalah tombol download, fullscreen mode, mobile-friendly, hyperlink yang befungsi sepenuhnya, riwayat untuk total unduhan dan view dan juga teknologi lompat halaman.

Kelebihan plugin PDF Embedder

Adapun kelebihan dari plugin ini adalah:

  • Pembelian versi berbayar (platinum) hanya dilakukan sekali seumur hidup
  • Mengupload file PDF hanya dengan menggunakan satu tombol
  • Plugin PDF Embedder menggunakan teknologi JavaScipt , sehingga pergerakan tampilan PDF lebih halus
  • File PDF terpasang sesuai dengan dimensi layar tetapi dimensi layar bisa disesuaikan secara manual.

Kekurangan plugin PDF Embedder

Sementara itu, PDF Embedder juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Harga versi premium dijual dengan sangat mahal. Satu website bisa dijual dengan harga $20
  • Sedangkan untuk versi gratis tidak aman, karena orang lain bisa sewaktu-waktu menggunduh file PDF kamu
  • Tombol navigasinya sangat kecil sehingga sulit untuk dijangkau

Baca Juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

Google Doc Embedder

Plugin yang satu ini telah diintall lebih dari 80.000 pengguna. Google Doc Embedder ini mampu mendukung berbagai format file termasuk PDF. Plugin yang satu ini kompatibel dengan ordpree versi 3.5 dan diatasnya.

Setelah kamu menginstall plugin yang satu ini kamu bisa langsung menyematkan file PDF WordPress. Setelah kamu selesai mengunggah file kemudian kamu bisa mengaturnya agar bisa diakses publik.

Plugin ini ternyata juga bisa menerjemahkan dokumen untuk menarik perhatian dari banyak orang. Menggunakan plugin Google Doc Embedder memungkinkan kamu melihat beberapa tipe file yang popular meskipun tanpa menggunakan flash ataupun plugin browser. Plugin ini juga bisa digunakan untuk mendownload dokumen.

Keunggulan plugin Google Doc Embedder

Plugin ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Mendukung semua format dari dokumen
  • Bisa membuat website sepeti versi yang kamu inginkan dengan menggunakan shortcode
  • Kamu bisa menambahkan file PDF atau file lainnya saat menulis artikel. Ini bisa dilakukan karena terdapat tombol pintasan pada WordPress editor.

Kekurangan plugin Google Doc Embedder

Berikut kekurangan dari Google Doc Embedder:

  • Kamu tidak bisa memiliki kontrol penuh terhadap dokumen karena dokumen kamu berada di hosting Google
  • Tidak aman
  • Tidak bisa mengupload dengan menggunakan komputer local
  • Saat akan mengupload dokumen kamu harus mengcopy dokumen dan paste pada URLnya

WP Booklet

Plugin WP Booklet menawarkan desain majalah. Dengan menggunakan animasi dan halaman pop-up. Halaman yang dihasilkan sama seperti penampilan majalah aslinya, sehingga kamu merasakan seperti membaca majalah aslinya. Plugin WP Booklet mendukung gambar dan PDF. Bahkan kamu bisa mengupload gambar dan PDF dalam jumlah yang sangat banyak.

Keunggulan WP Booklet

WP Booklet memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:

  • Mensupport file PDF dan gambar/foto
  • Cocok untuk pemula
  • Gratis
  • Menyediakan thumbnails bantuan untuk membantu navigasi pengguna

Kekurangan WP Booklet

Di sisi lain, plugin ini memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Tombol upload PDF tidak muncul dalam beberapa pengguna
  • Dibandingkan dengan plugin lainnya, plugin ini bukanlah plugin yang terbaik
  • Membutuhkan akses file root pada hosting

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

Flowpaper

plugin pdf wordpress terbaik

Plugin PDF WordPress yang satu ini menawarkan tampilan yang sangat menarik dan cantik tanpa harus mengeluarkan uang terlalu dalam.

Namun yang disayangkan, kontrol backendnya jauh dari kata user friendly. Bahkan tombol pengaturannya sangat susah digunakan. Jika kamu masih pemula tidak disarankan menggunakan plugin ini. Tetapi kalau kamu memiliki skill yang baik dan ingin menampilkan halaman dengan menarik dan cantik kamu disarankan menggunakan plugin ini.

Baca Juga: 10 Template WordPress Untuk Website Portofolio

Setelah mengetahui 4 plugin PDF WordPress, pilihlah salah satu plugin yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu, entah itu plugin viewer sederhana atau animasi flipbook.

Tetaplah berbagi informasi kepada dunia, dan jangan biarkan halangan sekecil apa pun menghalangi kamu – selamat mencoba pluginnya.