10 Template WordPress Untuk Website Portofolio

Anda pasti tahu bahwa ada banyak tema WordPress yang bisa Anda pilih. Terkadang, memilih satu template WordPress bisa jadi hal yang membingungkan. Lalu bagaimana Anda bisa menentukan template mana yang cocok untuk Anda? Apakah template tersebut dapat membantu menampilkan portofolio Anda dengan baik? Untuk mempermudah Anda, Anda perlu menetapkan beberapa kriteria dalam memilih template yang tepat untuk website Anda sebelum Anda mulai memilih.

Untuk memulai, ada baiknya Anda coba melihat-lihat website-website portofolio yang ada di luar sana. Catat apa saja yang Anda suka dan tidak suka dari website-website yang Anda lihat. Dengan mencatatnya, Anda kemudian bisa tahu fitur apa yang Anda suka dan ingin Anda sertakan di website portofolio Anda.

Kebanyakan website portfolio memiliki karakteristik-karakteristik di bawah ini:

  • Simpel
  • Mudah di navigasi
  • Teratur
  • Fokus
  • Bersih
  • Tidak memiliki banyak elemen yang mengalihkan perhatian dari portfolionya
  • Konsisten
  • Minimalis

Poin-poin penting dalam memilih template untuk website portofolio

Kalau Anda sudah memiliki kriteria berdasarkan riset yang Anda lakukan, Anda sudah bisa memulai. Jika Anda masih belum yakin, berikut adalah beberapa poin tambahan yang kami harapkan dapat membantu Anda:

Jadikan portofolio Anda fokus utama

Tentunya tujuan Anda membuat sebuah website portofolio adalah untuk menunjukkan hasil kerja Anda, baik graphic, video, maupun tulisan. Oleh karena itu, saat membuat website portofolio Anda, Anda harus ingat bahwa portofolio Anda harus menjadi fokus utama website Anda.

Pilih template yang tidak akan mengalihkan perhatian dari hasil kerja Anda. Kemungkinan besar, Anda juga tidak memerlukan fitur-fitur yang kompleks. Website portfolio sebaiknya dibuat sebersih dan sesimpel mungkin agar hasil kerja Anda tetap menjadi fokus utama.

Apakah Anda ingin memiliki logo Anda sendiri?

Pastikan Anda memilih theme yang memperbolehkan Anda mengubah gambar default header dengan gambar Anda sendiri. Memang ini tidak harus, tetapi memiliki logo Anda sendiri dapat membantu memperkuat personal branding Anda. Saat memilih template WordPress, coba lihat di daftar fitur mereka apakah ada custom header atau custom logo.

Di mana Anda ingin meletakkan navigasi?

Perhatikan dimana Anda ingin meletakkan fitur navigasi di website Anda. Fitur navigasi paling penting di sebuah website adalah fitur Menu. Kebanyakan template memilih untuk meletakkan fitur menu di bagian atas sebuah website. Tetapi ada juga template yang meletakkan menu dengan tampilan vertical di bagian sidebar.

Apakah Anda ingin menambahkan fitur tertentu?

Apakah Anda membutuhkan fitur-fitur tertentu? Jika Anda memiliki akun social media seperti Facebook dan Twitter, ada baiknya Anda menghubungkan website Anda dengan akun social media Anda.

Apakah template yang Anda pilih mendukung pilihan untuk meletakkan social feed Anda dengan menarik? Lalu apakah Anda berencana untuk membangun mailing list? Jika iya, Anda akan memerlukan formulir untuk sign up. Pastikan bahwa template Anda menyediakan fitur tersebut.

Baca juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

Template Gratis WordPress Untuk Website Portofolio

Berikut ini adalah beberapa template gratis WordPress untuk website portofolio.

  1. Ignis

Template WordPress Portofolio Ignis DewawebTema WordPress Ignis memberikan desain yang teratur. Selain gratis, tema Ignis memiliki beberapa manfaat termasuk mendukung jenis posting kustom Portofolio Jetpack. Ini memungkinkan Anda untuk menampilkan item portofolio Anda dengan cara yang lebih profesional, sementara juga membuatnya lebih mudah untuk mengatur dan mengelolanya secara backend.

Temanya benar-benar responsif untuk dilihat di semua perangkat seperti tablet dan smartphone. Belum lagi, area opsi tema terlihat kuat dan siap untuk mengontrol apa pun dari warna ke font. Media header memungkinkan untuk video atau gambar, yang keduanya memiliki teks overlay untuk pengenalan yang berani.

Nikmati akses ke beberapa Google Font yang mengagumkan, dan gunakan alat terjemahan yang tersedia sehingga semua orang di seluruh dunia dapat memahami kata-kata di situs web Anda. Live customizer memungkinkan Anda untuk menyesuaikan item di situs Anda, sementara integrasi toko online memastikan bahwa Anda dapat menjual apa pun dari barang dagangan ke buku dan layanan melalui situs Anda.

Ada beberapa animasi disediakan melalui tema Ignis WordPress. Oleh karena itu, setiap kali seorang klien potensial menggulir portofolio Anda, mereka mungkin melihat perubahan cepat dalam warna atau efek zoom-in yang menarik perhatian mereka ke dalam bagian portofolio tertentu. Secara keseluruhan, Ignis memiliki nuansa minimalis, dengan banyak ruang putih dan ruang untuk konten Anda untuk bernapas.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Serangan di WordPress

  1. Integral

Tema WordPress Integral adalah salah satu template paling cocok untuk website portofolio. Header ini memiliki area gambar yang besar, dan Anda dapat memiliki teks dan tombol overlay yang berfungsi sebagai ajakan bertindak.

Sebagai tema satu halaman, Anda akan mendapatkan akses ke beberapa baris konten. Integral membantu menunjukkan proyek Anda dengan cara yang sederhana dan elegan, dan skema warna kaya dapat dialihkan antara opsi gelap dan terang. Selanjutnya, tema Integral menawarkan efek paralaks yang indah untuk menarik perhatian.

Layout blog yang ada secara default, dan latar belakang khusus juga bisa membantu branding Anda. Tema ini menyajikan beberapa pengaturan untuk warna, header, dan menu kustom, dan ini memungkinkan Anda mengintegrasikan dengan plugin eCommerce seperti WooCommerce.

Gambar yang ditampilkan tampak besar dan tebal, sementara template lebar penuh sangat berguna ketika Anda mencoba membersihkan kekacauan. Beberapa kolom bisa dimanfaatkan, dan sidebar kanan menyediakan ruang untuk menyisipkan widget Anda. Beberapa fitur lainnya termasuk sticky posts, dukungan bahasa, komentar berulir, dan terjemahan.

Baca juga: Lupa Password WordPress? Ini Beberapa Cara Resetnya

  1. Hatch

 Template WordPress Portofolio Hatch Dewaweb

Template Hatch yang bisa dibilang classy ini dikembangkan oleh AlienWP dan merupakan sistem gugur dalam hal gaya dan presentasi. Ini dapat digunakan untuk menampilkan fotografi Anda atau pekerjaan lain dan dioptimalkan untuk ukuran perangkat apa pun. Anda dapat menyesuaikannya melalui tema anak. Ini juga menggunakan fitur inti WordPress seperti media uploader dan galeri standar.

Fitur lain termasuk header dan latar belakang khusus, widget, pengaturan tema, lightbox, dan kemampuan untuk mencocokkan tema ke berbagai plugin bentuk kontak. Ini juga siap untuk diterjemahkan.

Baca juga: Cara Cloning Website WordPress dengan Mudah

  1. Mixfolio

Jika Anda menginginkan portofolio dinamis berdasarkan HTML5 dan CSS3, Anda harus memeriksa Mixfolio. Dengan tema ini, Anda dapat membuat berbagai jenis situs semua menggunakan layout yang sama. Anda juga bisa dengan mudah membuat gambar, galeri, video, atau posting blog biasa hanya dengan mengklik tombol.

Tema ini 100% responsif dan dapat disesuaikan dengan mudah untuk menambahkan header, logo, gambar latar belakang atau warna, favicon, menu, font, dan lainnya. Ini juga dilengkapi dengan widget khusus dan template halaman sehingga Anda dapat membuat jenis situs yang Anda inginkan tanpa susah-susah.

  1. Creative

Template WordPress Portfolio Creative Dewaweb

Template WordPress Creative ini adalah pilihan tepat untuk menampilkan portofolio. Tata letaknya sederhana amun efektif, menawarkan cara mudah untuk menampilkan karya terbaik Anda. Tata letaknya juga responsif, sehingga mudah dilihat di perangkat seluler.

Fitur lainnya termasuk slider responsif, menu custom, desain ramah SEO, dan kompatibilitas dengan semua browser saat ini. Ini juga dilengkapi dengan panel pilihan tema yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gambar latar belakang dan warna, font, dan banyak lagi. Tema gratis ini juga menyediakan customer support dan diperbarui secara berkala.

Baca juga: Cara Install WordPress dengan LAMP Stack

Template Premium WordPress Untuk Website Portofolio

Nah, sekarang kami akan membagikan beberapa template premium WordPress yang dikenal sebagai template terbaik dan terpopuler untuk website portofolio.

  1. Park

Template WordPress Portofolio Park Dewaweb

Park adalah sebuah template WordPress yang elegan dan memang didesain khusus untuk orang-orang kreatif. User ideal dari template ini adalah photographer, designer, illustrators, dan travelers. Template ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki lebih banyak gambar dibanding konten tulisan.

Dengan layout yang bersih dan minimalis, Park menyediakan lima opsi layout berbeda yang bisa Anda pilih. Gambar di atas hanya salah satunya. Selain Anda juga akan mendapatkan section untuk informasi kontak, portofolio, team, dan masih banyak lagi. Park juga memperbolehkan Anda untuk menggunakan animasi agar halaman website Anda menjadi lebih interaktif dan dinamis bagi pengunjung website.

Park memiliki interface yang user-friendly atau ramah pengguna dengan pilihan template yang fleksibel dan mudah digunakan. Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki keterampilan coding karena template WordPress yang satu ini menyediakan generator shortcode. Anda juga akan mendapatkan template yang responsive untuk perangkat mobile.

Park juga kompatibel dengan Contact Form 7 dan Google Fonts. Selain itu, Park juga menyediakan opsi multilingual agar Anda bisa menerjemahkan isi website Anda dengan mudah.

Dokumentasinya juga lengkap dan jelas. Developer Park juga menyediakan support jika Anda membutuhkan bantuan sehingga Anda hanya perlu memastikan konten website Anda menarik dan Park akan membantu Anda mengatur tampilan dan fungsionalitasnya.

Baca juga: Tema WordPress Premium Gratis

  1. Oak

 Template WordPress Portofolio OAK DewawebOAK adalah sebuah template WordPress yang dibuat khusus untuk portofolio dan kebutuhan kreatif. Template yang satu ini sudah retina-ready dan mobile-friendly. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan hasil kerja Anda dengan empat kolom yang flexible, masonry style. Jika Anda membutuhkan blog, OAK juga memiliki beberapa layout khusus untuk blog dan portofolio.

OAK juga memperbolehkan Anda untuk menggunakan berbagai plugin premium seperti Contact Form 7. OAK juga bisa membuat website multilingual dan gallery. Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, Anda bisa menggunakan newsletter atau email marketing. Nah, OAK juga bisa diintegrasikan dengan MailChimp.

Selain itu Anda juga perlu khawatir soal SEO karena template ini sudah dioptimasi untuk mesin pencari. OAK adalah template yang cepat, fleksibel, dan mudah dipersonalisasi. OAK juga tidak memerlukan keterampilan coding dan sudah dibuat agar kompatibel dengan semua browser dan responsive.

Secara layout, OAK memiliki 3 tipe navigasi dan 2 page builders. Jika Anda membutuhkan bantuan, OAK juga menyediakan custom support dan dokumentasi lengkapnya.

Baca juga: 7 Template Premium WordPress Terbaik dan Terpopuler 2020

  1. Kuverta

 Template WordPress portofolio Kuverta Dewaweb

Jika Anda lebih suka template yang minimalis, Kuverta adalah pilihan yang tepat. Kuverta dibuat dengan tujuan untuk menjadi template yang simple tetapi menarik di dunia bisnis kreatif.

Kuverta dilengkapi dengan drag and drop page builder sehingga Anda bisa membuat halaman website dengan tampilan menarik sesuai keinginan Anda. Selain itu, layout yang ada di Kuverta juga sudah responsive dan mobile-friendly. Jika Anda ingin menggunakan font-font tertentu, Kuverta sudah terhubung dengan Google Fonts dan Font Awesome.

Jika Anda ingin mengintegrasikan animasi, Anda bisa melakukannya dengan template yang satu ini. Kuverta memiliki fitur kustomisasi CSS3 yang memperbolehkan Anda untuk melakukan ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjual hasil karya Anda, Kuverta juga kompatibel dengan plugin WooCommerce. Selain itu template yang satu ini juga sudah menyiapkan tombol social media sharing. Kuverta juga kompatibel dengan Bootstrap dan Visual Composer. Template yang satu ini sangat cocok untuk photographer, illustrator, dan freelancer.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Tabel di WordPress

  1. Notio

 Template WordPress Portofolio Notio DewawebTemplate WordPress ini bisa dibilang sangat aestetika. Notio adalah salah satu template yang memang khusus dibuat untuk menonjolkan hasil karya Anda. Notio juga merupakan template yang mudah digunakan, bahkan bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan programming. Proses instalasinya juga tidak susah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Sama seperti Kuverta, Notio juga mendukung plugin WooCommerce sehingga Anda bisa menjual hasil karya Anda di website yang sama. Notio juga memiliki beberapa elemen drag and drop sehingga Anda bisa mengkustomisasi dan melakukan personalisasi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Notio juga sudah Retina-ready dan memiliki resolusi graphics yang tinggi. Notio juga sudah didesain agar menjadi template website yang responsive sehingga template ini bekerja baik untuk tablet, smartphones, dan computer.

Baca juga: Begini Cara Membuat Spoiler di WordPress

  1. Luisa

 Template WordPress Portofolio Luisa DewawebLuisa adalah sebuah template yang minimalis dan memiliki fungsionalitas tinggi. Luisa dapat membantu Anda untuk menampilkan, mempromosikan, dan menjual hasil karya Anda. Dengan desain yang simple dan bersih, Anda bisa menonjolkan hasil karya Anda dan menarik perhatian pengunjung website Anda. Luisa juga terlihat bagus di setiap perangkat.

Dengan WordPress Customizer memperbolehkan Anda mengatur tampilan website portofolio Anda. Luisa juga memungkinkan Anda untuk membuat efek parallax di header Anda dan bagian portofolio yang bisa membuat tampilan website Anda lebih menarik. Tidak hanya itu, Luisa juga menggunakan isotope dan grid masonry untuk menampilkan hasil karya Anda.

Luisa juga sudah dioptimasi untuk mesin pencari sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang SEO. Mereka juga menyediakan customer support untuk membantu pengguna template ini mengatur dan mendesain websitenya tanpa kesulitan.

Baca juga: 7 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Instal

Simpulan

Semoga ke-10 template WordPress ini bisa Anda pilih untuk membuat website portofolio Anda. Dapatkan Premium Theme WordPress: Elementor Pro, Lapakinstan dan Elegant Themes (Divi, Extra, dll) dengan membeli minimal hosting murah terbaik paket Warrior di Dewaweb. Jika Anda ingin membaca lebih banyak tentang desain website, Anda bisa membaca Panduan Membuat Desain Web dan 12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu ini. Semoga membantu!