5 Cara Jualan di TikTok Shop yang Mudah, Dijamin FYP!

5 Cara Jualan di TikTok Shop yang Mudah, Dijamin FYP!

TikTok Shop menjadi salah satu platform yang sangat populer di hampir semua kalangan. Salah satu topik yang sering dibahas oleh netizen, yakni tentang bagaimana cara jualan di TikTok Shop.

Perlu diketahui, selain menjadi tempat berbagi video, TikTok juga bisa menjelma sebagai platform social commerce yang memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk menawarkan produk atau bisnis.

Walaupun terbilang masih baru, namun berjualan di TikTok Shop ternyata sangat menguntungkan. Bayangkan, per akhir tahun 2022 lalu, platform ini memiliki lebih dari 1,4 miliar pengguna di seluruh dunia.

Artinya, TikTop Shop memiliki target pasar yang sangat luas. Para pebisnis bahkan menyebut aplikasi ini sebagai lahan subur untuk meraih banyak keuntungan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang cara berjualan di TikTok, mulai dari pembuatan akun bisnis hingga tips membuat promosi yang menarik. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Cara Jualan di TikTok Shop

Bagi yang baru terjun ke dunia bisnis online dan ingin mengetahui cara jualan di TikTok Shop, kamu pasti dapat mempelajarinya dengan cepat karena TikTok merupakan platform yang beginner friendly.

Nah, kira-kira bagaimana cara jualan di TikTok Shop untuk pemula? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Ubah akun pribadi ke akun bisnis

Untuk langkah awal, kamu perlu mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Transisi akun ini akan memberikanmu akses ke berbagai fitur yang tidak tersedia pada akun pribadi, termasuk fitur statistik dan analisis yang memungkinkan kamu untuk memahami audiens lebih mudah.

Untuk mengubah akun pribadi ke akun bisnis, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pergi ke halaman Seller Centre TikTok melalui link https://seller-id.tiktok.com/

Langkah 2: Klik tombol Daftar dengan akun TikTok, lalu login menggunakan akun TikTok milikmu.

cara jualan di tiktok shop - daftar dengan akun tiktok

Jika belum pernah membuat akun TikTok, silakan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi Nomor Telepon/Email dan kata sandi di halaman yang sama, klik tombol Daftar lalu ikuti instruksi selanjutnya.

masukan email dan no telp

Langkah 3: Di halaman berikutnya, kamu akan diminta untuk memilih kategori bisnis. Klik Choose a category > pilih kategori > klik tombol Become a Business.

pilih kategori - cara jualan di tiktok shop

Baca Juga: Cara Mengaktifkan TikTok Shop dan Tips Penjualannya

2. Lengkapi data dan verifikasi akun

Setelah memiliki akun bisnis, cara jualan di TikTok Shop selanjutnya adalah melengkapi data dan verifikasi seller account. Lengkapi semua data yang diminta, seperti informasi kontak, nama toko, hingga verifikasi identitas untuk menunjukkan bahwa kamu adalah penjual yang sah.

unggah dokumen

Berikut panduan cara mengisinya:

  • Jenis usaha – Jika kamu merupakan penjual perseorangan, silakan pilih opsi “Bisnis perorangan”. Namun, jika kamu mendaftar sebagai perusahaan, maka pilihlah opsi “Korporasi”.
  • Nama toko – Tuliskan nama toko online yang ingin dibuat.
  • Jenis Identifikasi – Pilih jenis identitas yang ingin kamu unggah. Klik “Tambah File”, lalu unggah KTP atau Paspor dalam format JPG, PNG, JPEG, atau PDF.
  • Nomor telepon – Isi dengan nomor telepon.
  • Kode verifikasi – Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor teleponmu.

cara jualan di tiktok shop - disimpan

Jika semua sudah diisi, centang ketentuan iklan dan pembayaran TikTok, lalu klik tombol Simpan.

Baca Juga: 13 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Pemula

3. Tambahkan beberapa produk ke TikTok Shop

Setelah melengkapi data dan verifikasi akun penjual, sekarang saatnya untuk mempelajari cara menambahkan produk di TikTok Shop. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Login ke Seller Centre TikTok terlebih dahulu.

Langkah 2: Di halaman dashboard, klik menu Produk > Tambah Produk.

tambahkan produk

Langkah 3: Isi semua informasi produk yang diperlukan, mulai dari informasi dasar, media, detail produk, dan lainnya.

Berikut cara mengisinya:

  • Nama produk – Tuliskan nama produk yang dijual. Sebaiknya gunakan format nama rekomendasi dari TikTok, yakni “merek + konten + lingkup penggunaan + tipe + fitur/fungsi utama”.
  • Kategori – Sistem TikTok secara otomatis mengatur kategori berdasarkan nama produk. Namun, jika kategorinya salah atau kurang tepat, kamu bisa memilihnya secara manual.
  • Gambar produkUpload empat buah gambar yang terdiri dari gambar utama, fitur, nilai jual, dan cara pemakaian. Pastikan gambarnya berkualitas tinggi, rasio 1:1, dan formatnya JPG, JPEG, atau PNG.
  • Video – Ini sebenarnya opsional, namun jika ingin menambahkan video, pastikan rasionya antara 9:16 hingga 16:9, dengan size maksimal 100 MB.
  • Deskripsi produk – Tuliskan deskripsi produk.
  • Harga & Stok – Tulis harga dan jumlah stok yang tersedia. Jika produk memiliki varian seperti ukuran atau warna, silakan enable opsi “Aktifkan Varian”.
  • Berat produk – Isi dengan berat produk setelah dikemas.

Langkah 4: Jika informasi yang diminta sudah diisi, silakan klik tombol Kirim untuk ditinjau.

Baca Juga: 10 Cara Dapat Uang di TikTok untuk Kamu Si Pemula, Wajib Coba!

4. Buat konten yang menarik tentang produk yang dijual

Setelah proses peninjauan selesai dan produk sudah di-publish, sekarang saatnya untuk membuat konten. Kamu bisa membuat video pendek untuk memperkenalkan produk dengan cara yang kreatif dan menarik agar bisa masuk ke FYP (For Your Page). Berikut beberapa tips pembuatan konten TikTok:

  • Gunakan hashtag atau tagar yang relevan agar konten mudah ditemukan oleh calon pembeli.
  • Gunakan musik populer atau sedang viral untuk menambah daya tarik konten. Pastikan juga musik tersebut relevan dengan tema konten.
  • Buatlah konten original yang mampu menonjolkan kelebihan produk.
  • Usahakan setiap konten yang dibuat merupakan satu niche atau tema. Selain mempermudah produksi konten, hal ini juga bertujuan untuk menarik audiens yang memiliki ketertarikan terhadap jenis konten tersebut.
  • Buatlah caption sekreatif dan semenarik mungkin untuk memancing audiens melakukan interaksi, seperti memberikan like dan komentar.
  • Berkolaborasi dengan kreator TikTok lainnya agar pengikut mereka mengetahui produk atau akun bisnismu. Kolaborasi ini mencakup banyak cara, di antaranya seperti stitch, duet, challenge bersama, dan sebagainya.

Baca Juga: 10 Cara FYP di TikTok yang Paling Ampuh, Ini Bocorannya!

5. Berikan promo yang menarik

Terakhir, berikan promo menarik untuk memotivasi calon pembeli agar segera membeli produkmu. Ada banyak strategi yang bisa kamu terapkan, di antaranya seperti diskon produk, buy one get one, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ide promosi berikut:

  • Membuat challenge berhadiah.
  • Mengadakan giveaway.
  • Promo khusus live streaming.
  • Promo hari raya.
  • Kolaborasi dengan influencer TikTok (endorsement).

Baca Juga: Cara Membuat Strategi Promo Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Sudah Paham Cara Jualan di TikTok Shop?

Bagaimana, cara jualan di TikTok Shop tidak terlalu sulit, bukan? Cukup ubah akun pribadi menjadi akun bisnis, lengkapi data dan verifikasi akun penjual, lalu buatlah konten kreatif dan promosi yang mampu menarik minat pembeli. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pasti kamu bisa mulai berjualan di TikTok Shop. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk ikuti akun TikTok Dewaweb di sini supaya kamu tahu update terbaru dari Dewaweb, mulai dari promo, give away, dan masih banyak lagi yang lainnya.