rekomendasi aplikasi bisnis online

Rekomendasi 5 Aplikasi yang Kamu Butuhkan untuk Bisnis Online

Sejak pandemi menerjang, tak sedikit orang yang mulai beralih ke bisnis online. Adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga turut menyebabkan jumlah keberadaan bisnis online semakin meningkat dengan berbagai pilihan produk dan jasa yang ditawarkan. Setidaknya, ada 5 aplikasi penunjang yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online.

Meski ada pembatasan kegiatan, tapi masyarakat masih bisa mendapat kemudahan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kemudahan ini muncul dalam bentuk produk yang dijual secara online. Calon pelanggan hanya perlu duduk dan melakukan transaksi melalui smartphone, lalu menunggu pesanan diantarkan.

Di sisi lain, bisnis online menjadi sebuah tantangan tersendiri jika kamu adalah pebisnis yang berencana menyediakan produk untuk dijual di internet. Tapi tenang, mulai dari aplikasi marketplace hingga pengelolaan karyawan, aplikasi bisnis online berikut bisa membantumu mengoptimalkan pekerjaanmu. Jika efektivitas bisnis meningkat, maka keuntungan pun siap mengalir.

Aplikasi Marketplace

Aplikasi marketplace adalah aplikasi wajib untuk bisnis toko online. Sebab, aplikasi ini bisa berguna untuk menunjang kegiatan bisnis online kamu. Kemudahan pembuatan akun dan keamanan transaksi menjadikan aplikasi marketplace banyak mewarnai Indonesia saat ini.

Tapi, selain aplikasi marketplace, kamu juga bisa memanfaatkan website untuk membuat toko online kamu yang lebih profesional. Pelajari bagaimana cara membuat website toko online dari artikel “Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula“, ya!

Aplikasi Desain Grafis

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain grafis untuk berbagai macam bentuk visual demi mendukung bisnis online kamu. Mulai dari pembuatan logo, header media sosial, icon untuk website, bahkan mendesain poster. Salah satu aplikasi web yang bisa kamu gunakan adalah Canva yang bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan visualmu.

meme aplikasi penunjang bisnis online canva

Namun, jika kamu memerlukan aplikasi atau website untuk membuat logo, kamu dapat mengecek daftar website pembuat logo menarik di “10+ Website untuk Buat Desain Logo Online Terbaik“.

Aplikasi Manajemen Media Sosial

Pengelolaan media sosial memang memerlukan berbagai detail yang tak boleh terlewatkan. Salah satunya adalah ketika kamu harus mengelola penjadwalan media sosial. Selain untuk membuat pengingat untuk mengunggah konten, kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Hootsuite untuk memantau dan mengatur saluran media sosialmu dari satu aplikasi.

Selain Hootsuite, ada pula beberapa aplikasi atau website yang bisa kamu manfaatkan, seperti SEMrush, Zoho, Sprout Social, dan sebagainya. Setelah menggunakan aplikasi manajemen media sosial, kini kamu bisa lebih leluasa untuk berkreasi membuat konten media sosial yang lebih kreatif, ‘kan?

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Aplikasi Absensi dan Timesheet

Aplikasi pendukung bisnis online yang tak kalah penting adalah pencatatan kehadiran dan timesheet digital untuk mengelola sumber daya manusia di bisnismu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Hadirr yang dapat mencatat kehadiran karyawan, mengelola proyek dengan cara kolaborasi dan bagi tugas, serta memonitor waktu kerja karyawan.

Tak hanya dapat memberikanmu kemudahan saat mengelola karyawan, namun sistem absensi yang efektif juga dapat meningkatkan semangat pekerjamu. Alhasil, bisnis online kamu bisa berjalan lebih efisien.

Aplikasi Penggajian (Payroll

Selain untuk absensi dan timesheet, aplikasi yang berguna untuk mengelola gaji karyawan juga penting digunakan. Sebab, kegiatan administratif bisa menjadi kendala jika tak dikendalikan dengan baik. Salah satu aplikasi penggajian online yang bisa kamu gunakan untuk menunjang bisnismu adalah Gadjian.

Aplikasi ini menawarkan penghitungan dan pengiriman upah karyawan secara otomatis, aman, dan akurat. Selain itu, kamu juga bisa mengatur jadwal shift kerja karyawanmu hingga menganalisis kinerja mereka.

Baca Juga: 10 Aplikasi Email Client Gratis untuk Menambah Produktivitasmu

Simpulan

Demikian 5 aplikasi penunjang yang kamu butuhkan untuk mengelola bisnis online. Selain dapat membantu kinerja bisnismu, semoga rekomendasi aplikasi di atas dapat memajukan bisnis kamu hingga meraih sukses online, ya! Jika ingin belajar lebih banyak tentang bisnis dan digital marketing, kamu bisa mengunjungi blog Dewaweb.

Satu hal yang wajib kamu perhatikan, selalu pilih yang terbaik untuk menunjang bisnismu, termasuk ketika memilih hosting untuk membuat website toko online. Pastikan kamu menggunakan layanan cloud hosting terbaik dengan jaminan up time 100% sehingga website-mu aman, cepat, dan selalu bisa diandalkan. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses online!