Mengenal Apa itu Aplikasi, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa itu Aplikasi, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Apa itu aplikasi? Aplikasi adalah sebuah software atau perangkat lunak yang beroperasi pada sebuah perangkat baik itu smartphone maupun komputer. Penggunaan aplikasi tentu sudah lekat dengan kita sehari-hari.

Di era digital seperti ini kita membutuhkan aplikasi untuk menunjang berbagai kegiatan seperti bekerja, berbelanja, belajar, atau yang lainnya.

Aplikasi dirancang agar dapat melakukan perintah sesuai kebutuhan pengguna. Meski istilah aplikasi sudah sering kamu dengar, namun kali ini kita akan mengupas lebih dalam apa itu aplikasi, fungsi, hingga jenis aplikasi yang ada saat ini. Simak terus sampai akhir ya!

Apa itu Aplikasi?

Aplikasi adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu pada perangkat komputer, smartphone, tablet, atau perangkat lainnya.  

Selain itu aplikasi dapat berjalan di berbagai platform, seperti Windows, macOS, Android, iOS, dan yang lainnya. Para programmer biasanya membuat menggunakan bahasa pemrograman dan berisi berbagai fitur yang dibutuhkan untuk tujuan tertentu.

Sejak iPhone diluncurkan pada tahun 2007 dan App Store menyusul pada tahun 2008, aplikasi menjadi jalur utama bagi pengguna untuk terlibat dalam revolusi penggunaan smartphone. Aplikasi dapat berfungsi dalam berbagai cara, termasuk mengolah data, mengelola tugas, memberikan hiburan, memfasilitasi komunikasi, dan banyak lagi.

Sebuah aplikasi dibangun untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna salah satunya dalam bidang pendidikan yang mampu mempertemukan siswa dan pengajar secara online.

Baca Juga: Mengenal Apa itu API & Manfaatnya guna Pengembangan Aplikasi

Fungsi Aplikasi

Setiap aplikasi yang diciptakan tentu memiliki tujuan dan  fungsi tersendiri. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi aplikasi dalam berbagai bidang kehidupan.

1. Pendidikan

Dalam konteks pendidikan, aplikasi dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang interaktif, seperti halnya aplikasi Microsoft PowerPoint. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses belajar-mengajar dapat menjadi lebih dinamis dan interaktif. Aplikasi MS PowerPoint memungkinkan para pengajar untuk menciptakan presentasi yang menarik dan beragam, sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup dan menarik perhatian para siswa.

Baca Juga: Mengenal Pengertian ICT dan Fungsinya dalam Dunia Pendidikan

2. Bisnis

Dalam bidang bisnis, aplikasi dapat memiliki banyak peran. Microsoft Excel adalah salah satu contoh fungsi aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung keuntungan bisnis dan mengelola keuangan. Aplikasi seperti ini lebih memudahkan perusahaan dalam menghitung secara cepat, sehingga tidak perlu cara manual lagi.

3. Kedokteran

Fungsi aplikasi berikutnya adalah dalam bidang kedokteran, salah satu penerapan aplikasi pada bidang ini yaitu kemudahan konsultasi jarak jauh antara pasien dengan dokter dengan menggunakan aplikasi telemedis. Dengan aplikasi tersebut, pasien tidak harus selalu datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter, hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan tenaga bagi pasien.

Baca Juga: Aplikasi Bermanfaat untuk Media Hiburan, Apa Saja Jenisnya?

4. Militer

Aplikasi tidak hanya bermanfaat dalam pendidikan, bisnis, atau kedokteran saja, tetapi juga memiliki peran krusial dalam militer. Contohnya adalah aplikasi yang digunakan untuk mengontrol pesawat. Penggunaan aplikasi semacam ini dapat memberikan beberapa keuntungan seperti efisiensi operasional, peningkatan presisi, hingga analisis data real-time.

5. Ilmu Pengetahuan

Aplikasi juga berperan dalam bidang ilmu pengetahuan, salah satunya yaitu adanya aplikasi yang mampu membantu menganalisis data besar dan kompleks sehingga mendapatkan wawasan ilmiah. Selain itu juga terdapat aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat mengakses jurnal, artikel, dan referensi ilmiah untuk keperluan penelitian.

Baca Juga: 20+ Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk HP Android dan iOS

Jenis-Jenis Aplikasi

Aplikasi dibagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penggunaannya. Diantaranya sebagai berikut.

1. Real Time Software

Real-time software adalah jenis aplikasi yang memiliki kegunaan penting dalam melakukan pengamatan, pengendalian, dan analisis langsung terhadap situasi di dunia nyata. Dengan menggunakan real-time software, kita dapat mengakses dan merespons peristiwa atau data secara instan tanpa ada jeda waktu yang berarti.

Di beberapa bidang, salah satunya dunia kesehatan, real-time software digunakan untuk memantau parameter vital pasien dan memberikan peringatan dini jika ada perubahan yang signifikan.

2. System software

Jenis aplikasi berikutnya yaitu system software yang memiliki peran penting dalam mengontrol dan mengelola proses operasional internal pada sistem komputer. Aplikasi ini berfokus pada tugas-tugas yang mendukung operasi dan fungsionalitas hardware dan software pada komputer.

Contoh system software dapat mencakup driver perangkat keras, yang berfungsi sebagai perantara antara perangkat keras dan sistem operasi. Driver ini memungkinkan sistem operasi mengenali dan berkomunikasi dengan perangkat keras, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan benar.

Baca Juga: Ingin Jadi Software Developer? Kuasai Skill Berikut Ini

3. Business software

Business software adalah jenis aplikasi yang dapat membantu membantu kebutuhan dan tugas-tugas bisnis seseorang atau perusahaan. Tujuan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan pengelolaan proses bisnis secara keseluruhan. Contohnya seperti aplikasi pengelola keuangan, aplikasi manajemen SDM, dan masih banyak lagi.

4. Personal computer software

Personal computer software adalah jenis aplikasi yang dirancang untuk digunakan oleh pengguna baik secara resmi maupun pribadi pada PC (personal computer). Aplikasi ini mencakup berbagai macam software yang dapat diinstal dan dijalankan yang  berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi individu pengguna. Contoh seperti aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Open Source Software

5. Web-based software

Web-based software adalah jenis aplikasi yang berfungsi sebagai antarmuka penghubung antara pengguna dengan internet. Aplikasi ini dirancang agar bisa diakses dan digunakan melalui web browser, tanpa perlu instalasi perangkat lunak tambahan. Dengan kata lain, aplikasi web ini berjalan di server jarak jauh dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan layanan dan data melalui internet.

6. Engineering and scientific software

Engineering and scientific software adalah jenis aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu manusia menyelesaikan berbagai masalah yang khusus, terutama dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan. Aplikasi ini didesain untuk mengatasi masalah yang bersifat khusus dan kompleks, yang seringkali tidak dapat dipecahkan dengan algoritma sederhana.

Salah satu contoh engineering and scientific software yaitu software CAD (Computer-Aided Design) yang digunakan insinyur dan desainer untuk merancang dan mengembangkan produk secara digital dan menghasilkan gambar serta model 3D.

Baca Juga: Apa itu Software Engineering?

Contoh Aplikasi

Aplikasi adalah program yang dibuat guna memudahkan pekerjaan manusia maupun aktivitasnya sehari-hari. Berikut ini terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan pengguna sehari-hari atau mungkin justru sudah banyak yang memakai.

1. WhatsApp

apa itu aplikasi - whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi chatting berbasis sosial media yang telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Lebih dari sekadar aplikasi, Whatsapp telah menggantikan fungsi SMS dan telepon yang dulunya banyak digunakan oleh orang. Dengan Whatsapp, pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang pulsa untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan kepada orang lain.

Baca Juga: 10 Plugin WhatsApp Chat WordPress untuk Website

2. YouTube

youtube

YouTube adalah salah satu aplikasi yang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video. Saat ini, YouTube telah menjadi platform untuk mencari penghasilan dengan menjadi seorang YouTuber.

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula, 5 Menit Jadi!

3. Instagram

apa itu aplikasi - instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi yang tidak kalah populer dari Whatsapp. Aplikasi ini diibaratkan sebagai kartu nama seseorang secara online. Saat ini, orang kebanyakan orang yang ingin berkenalan pasti menanyakan “apa Instagram kamu?”

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, stories, dan lainnya. Tidak hanya sebagai sosial media, kali ini Instagram juga dapat digunakan sebagai sumber penghasilan, misalnya dengan membuka layanan promosi bisnis, jasa iklan, menjadi influencer, dan sebagainya.

Baca Juga: Mau Buat Feed Instagram Aesthetic? Ikuti 5+ Cara Ini!

Sudah Paham Apa itu Aplikasi?

Sampai sini kamu sudah tahu apa itu aplikasi kan? Aplikasi adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu pada berbagai perangkat. Penggunaan aplikasi dapat diterapkan di berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, bisnis, dan masih banyak lagi. Selain itu aplikasi dapat berjalan di berbagai platform, seperti Windows, macOS, Android, iOS, dan yang lainnya. 

Dalam menghadirkan dan menjalankan aplikasi, hosting dan domain menjadi hal yang krusial untuk memastikan aplikasi berjalan dengan lancar dan dapat diakses oleh pengguna secara online. Dewaweb merupakan penyedia layanan hosting dan domain terkemuka di Indonesia, dengan berbagai pilihan paket hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi kamu. 

Dengan keandalan, keamanan, dan dukungan teknis 24/7, Dewaweb menjadi solusi terbaik bagi aplikasi kamu untuk beroperasi secara optimal dan memastikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Yuk, bergabung bersama ribuan pengguna lainnya!