Mengenal Pengertian ICT dan Fugsinya dalam Dunia Pendidikan

Mengenal Pengertian ICT dan Fugsinya dalam Dunia Pendidikan

Ketika berbicara mengenai teknologi, mungkin kamu pernah mendengar istilah ICT baik pada bidang industri, pendidikan, maupun bisnis. ICT adalah teknologi yang berperan dalam pengembangan bidang tersebut.

ICT lebih sering disebut dengan teknologi informasi komunikasi atau TIK. Bagi kamu yang selama ini sering mendengar ICT tapi tidak tahu maknanya, di artikel Dewaweb ini kita akan membahas apa itu ICT, contoh ICT, dan fungsinya khususnya dalam bidang pendidikan! Langsung saja simak sampai akhir ya!

Apa Itu ICT?

ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technology atau biasa disebut dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). ICT adalah konsep besar yang terdiri dari beberapa bidang, di mana fokus pengembangannya terletak pada perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi.

Awalnya, ICT mulai muncul pada pertengahan abad ke-20 dengan teknologi yang ada pada saat itu. Namun, semakin ke sini konsep ICT diterapkan ada hampir semua bidang, salah satunya adalah dunia pendidikan. Dalam ICT terbagi menjadi 2 aspek penting, di antaranya:

  • Teknologi informasi, yaitu segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat, serta pengelolaan informasi yang tersedia.
  • Teknologi komunikasi, yaitu segala aspek yang mencakup penggunaan media untuk memproses dan mengirim data antar perangkat.

Jadi, secara umum ICT adalah segala hal yang berkaitan dengan pemrosesan pengiriman informasi antar perangkat, dan pengelolaannya.

Baca Juga: Pengertian ARP (Address Resolution Protocol) dan Cara Kerjanya

Fungsi ICT dalam Dunia Pendidikan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penerapan ICT terdapat dalam berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi ICT dalam dunia pendidikan yang perlu kamu ketahui hingga saat ini, di antaranya:

  • Alat bantu pembelajaran: dengan adanya ICT, proses pembelajaran menjadi lebih mudah mulai dari penggunaan e-learning, video pembelajaran, dan presentasi.
  • Sumber ilmu pengetahuan: ICT membuat ilmu pengetahuan dapat diakses dengan mudah dan cepat, saat ini sudah banyak media yang menjembatani informasi seperti jurnal, artikel, e-book, dan yang lainnya.
  • Standar kompetensi: karena teknologi yang semakin berkembang, maka para siswa juga dituntut untuk terbiasa akan itu. Karena itulah ICT dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah, yaitu TIK.
  • Fasilitas pendidikan: ICT juga berperan dalam fasilitas pendidikan, dalam hal ini ICT diharapkan dapat membantu fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan, terutama yang bernuansa teknologi seperti ruang multimedia, rekaman produksi video, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa fungsi ICT dalam dunia pendidikan yang harapannya dapat membantu proses pembelajaran.

Baca juga: Penjelasan Whitelist IP, Manfaat dan Cara Melakukan Whitelisting

Penerapan ICT dalam Pendidikan

penerapan ict adalah

Selain fungsinya, kita juga akan melihat seperti apa penerapan ICT dalam dunia pendidikan yang saat ini sudah mulai diterapkan, mulai dari buku elektronik hingga e-learning. Berikut Dewaweb sudah merangkum beberapa penerapan ICT adalah sebagai berikut:

1. Buku elektronik

Buku elektronik atau e-book adalah salah satu penerapan nyata dari ICT dalam dunia pendidikan. Saat ini penggunaan buku fisik sudah mulai berkurang dalam proses pembelajaran, meskipun masih ada namun sedikit pemakaiannya.

Para guru atau dosen mulai beralih pada penggunaan e-book, biasanya pengajar akan memberikan referensi e-book yang dapat dibaca atau digunakan sebagai acuan belajar. Akibatnya, para siswa hanya tinggal membacanya lewat perangkat masing-masing.

2. E-learning

Penerapan selanjutnya dari ICT adalah e-learning, yang merupakan sistem pembelajaran elektronik berbasis website yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

Dengan adanya e-learning memungkinkan lembaga pendidikan selalu menghadirkan pengajar dalam setiap pembelajarannya, selain itu jika dulu pengumpulan tugas masih diberikan ke pengajar secara manual, saat ini para siswa dapat mengumpulkannya pada e-learning. Begitu juga dengan para pengajar, mereka dapat melihat hasil tugas mereka sekaligus melakukan penilaian di sana.

Baca Juga: Apa itu E-Learning? Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Macam-Macam ICT

ICT merupakan sebuah konsep besar yang terbagi pada kluster-kluster kecil, di bawah ini terdapat macam-macam ICT dalam dunia pendidikan yang mungkin seringkali kamu temui juga.

  • Multimedia: contoh pertama adalah multimedia, yang termasuk dalam hasil teknologi multimedia di antaranya seperti foto, video, animasi, lagu, dan masih banyak yang lain. Sementara itu, teknologi multimedianya pada ICT adalah kamera, handycam, perekam suara, dan yang lain.
  • Jaringan: jaringan yang dimaksud di sini adalah jaringan komputer serta alat yang digunakan,  seperti internet, kabel LAN, Wi-Fi, dan berbagai alat lain yang menunjang sebuah jaringan pada gedung atau tempat tersebut.
  • Media CAI: contoh selanjutnya dari ICT adalah CAI, yang merupakan singkatan dari computer assisted instructional. Bentuk dari CAI biasanya berupa media pembelajaran yang menggunakan hasil teknologi multimedia. Media pembelajaran tersebut menggunakan tambahan teks, video, dan audio sehingga terbentuk media pembelajaran yang lebih interaktif.
  • Media sosial: media sosial adalah salah satu penerapan ICT dari aspek komunikasi, karena media sosial digunakan untuk berkomunikasi dengan  pengguna lain meski jaraknya jauh sekalipun. Beberapa contoh media sosial yang populer sekarang ini seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.
  • Perangkat lunak: selain terdapat teknologi yang berfokus pada jaringan serta hardware, ada juga teknologi yang mendukung kinerja jaringan yaitu software. Contoh software diantaranya seperti berbagai aplikasi yang kamu gunakan saat ini, browser, hingga software seperti HTML, PHP, Java, dan CSS.

Baca Juga: Augmented Reality (AR): Penjelasan dan Contoh Penerapannya

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa ICT adalah kepanjangan dari Information and Communication Technology. ICT adalah sebuah konsep besar dari teknologi yang diterapkan di berbagai sektor, salah satunya dalam dunia pendidikan.

Dalam dunia pendidikan, fungsi ICT ialah memberikan banyak manfaat diantaranya seperti sumber ilmu pengetahuan, sebagai alat bantu pembelajaran, dan masih banyak lagi. Bagaimana sampai sini kamu sudah lebih paham istilah ICT kan? Semoga artikel ini membantu kamu, ya. Salam sukses online!