Apa Itu WiFi? Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Apa Itu WiFi? Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Protokol jaringan nirkabel seperti WiFi adalah salah satu inovasi teknologi yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Dengan WiFi, kamu bisa menangkap sinyal internet dari jangkauan yang cukup luas dan tidak terbatas pada jaringan kabel.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang menyalahartikan WiFi sebagai internet. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. Agar lebih memahami apa itu WiFi dan bagaimana cara kerjanya, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Baca juga: Internet Download Manager: Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu WiFi?

WiFi adalah protokol jaringan nirkabel yang digunakan oleh perangkat komputer untuk terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel. Istilah WiFi sendiri digunakan untuk menyebutkan LAN (Local Area Network) jenis wireless (nirkabel) berdasarkan standar protokol jaringan 802.11 IEEE.

Bagi beberapa orang, istilah WiFi seringkali disamakan dengan internet. Padahal, WiFi adalah protokol perantara yang membawa koneksi internet dengan standar koneksi nirkabel. Sehingga, dengan WiFi kamu dapat menangkap sinyal internet tanpa harus menggunakan jaringan kabel.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian, Topologi, dan Jenisnya

Cara Kerja WiFi

Syarat utama agar membuat WiFi bekerja adalah dengan menyediakan perangkat yang dapat mengatur lalu lintas internet seperti router. Nantinya, router akan menerima jaringan internet dari jasa penyedia layanan internet di luar jaringan.

Selanjutnya, router akan mengirimkan jaringan tersebut ke perangkat terdekat yang dapat menerimanya. Seperti handphone, komputer, laptop, smart TV maupun perangkat lain yang dapat menerima koneksi internet melalui WiFi dari router tersebut.

Saat kamu berada di tempat yang memiliki jaringan WiFi, umumnya akan ada satu atau lebih router yang diletakkan di tempat tersebut. Selain router, perangkat seperti handphone maupun komputer juga dapat bekerja layaknya router, dengan mengaktifkan hotspot WiFi untuk dapat berbagi koneksi internet nirkabel.

Baca juga: Apa Itu Intranet? Ini Perbedaannya dengan Internet

Perangkat Untuk Membangun Jaringan WiFi

Selain router, ada beberapa perangkat keras (hardware) lainnya yang dibutuhkan untuk membangun jaringan WiFi seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

Wireless Network Adapter

Salah satu perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan WiFi adalah wireless adapter atau WiFi adapter. Perangkat yang satu ini berfungsi sebagai alat yang dipakai pada perangkat komputer agar dapat tersambung dengan jaringan WiFi yang ada di sekitarnya.

wireless network adapter untuk wifi
Gambar: startech.com

Wireless adapter biasanya berbentuk USB atau slot PCI. Sedangkan pada laptop maupun handphone, umumnya sudah dilengkapi dengan wireless adapter.

Wireless Router atau Wireless Access Point

Wireless router adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas jaringan yang dapat menerima dan mengirimkan sinyal internet melalui perantara WiFi. Wireless router sering juga disebut sebagai wireless access point.

wireless router wifi
Gambar: My-best.com

Antena Wireless

Antena wireless merupakan perangkat yang dapat mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik. Wireless router memanfaatkan antena jenis ini untuk memperluas area jangkauan.

antena wireless wifi
Gambar: tokopedia

Wireless Repeater

Perangkat lain yang digunakan untuk membangun jaringan WiFi adalah wireless repeater. Fungsinya untuk menguatkan sinyal yang mulai melemah ketika berada di jangkauan yang jauh dari pusat. Wireless repeater perlu dihubungkan pada wireless router agar dapat bekerja.

wireless repeater wifi
Gambar: Shopee

Baca juga: 4 Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mudah

Kelebihan dan Kekurangan WiFi

Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan WiFi yang dapat kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya:

Kelebihan WiFi

  • Kenyamanan

Dengan sifatnya yang nirkabel, pengguna WiFi bisa lebih nyaman mengakses internet dari semua lokasi yang terjangkau area WiFi. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi berada di satu tempat saja untuk dapat menggunakan internet.

  • Mobilitas

Berkat adanya jaringan nirkabel, kamu dapat mengakses internet dengan lebih fleksibel dari mana saja.

  • Produktivitas

Penggunaan WiFi dapat meningkatkan produktivitas, terlebih jika kamu membutuhkan jaringan internet untuk dapat bekerja. WiFi memungkin kamu untuk tetap terhubung dengan internet meskipun kamu berada di tempat yang berpindah-pindah.

  • Perluasan

Jaringan WiFi nirkabel hanya membutuhkan router maupun antena tambahan untuk memperluas jangkauannya. Berbeda dengan jaringan kabel yang memiliki struktur kabel kompleks untuk dapat memperluas jangkauan.

  • Penggunaan

Kelebihan lain WiFi adalah penggunaannya yang mudah. Hanya perlu menghubungkan perangkat komputer dengan WiFi untuk dapat menikmati akses internet. Sedangkan jaringan kabel memerlukan kabel tambahan jika ingin menambahkan pengguna.

  • Biaya

Biaya pemeliharaan yang dibutuhkan WiFi nirkabel akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan biaya perawatan jaringan kabel.

Kekurangan WiFi

  • Keamanan

WiFi memiliki protokol jaringan keamanan seperti WPA2-PSK. Namun, dengan berkembangnya kejahatan cyber saat ini, kamu mungkin memerlukan sistem keamanan tambahan. Terlebih, jika kamu menggunakan WiFi untuk mengakses informasi atau aktivitas pribadi di internet.

Baca juga: Mengenal Sistem Jaringan WPA2-PSK dalam Keamanan WiFi

  • Jangkauan

Protokol jaringan 802.11 IEEE pada WiFi umumnya memiliki jangkauan yang tidak terlalu luas. Untuk memperluasnya, kamu membutuhkan perangkat tambahan seperti antena wireless dan tentunya hal ini memerlukan biaya tambahan.

  • Keandalan

Sama halnya dengan transmisi frekuensi radio lainnya, sinyal pada jaringan WiFi terkadang mengalami berbagai macam gangguan. Termasuk, gangguan yang berada di luar kendali administrator jaringan.

  • Kecepatan

Kecepatan jaringan WiFi adalah 1 hingga 54 Mbps, berbeda dengan jaringan kabel yang dapat mencapai 100 Mbps hingga beberapa Gbps. Hal ini membuat WiFi lebih lambat jika dibandingkan dengan jaringan kabel.

Baca juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

Apa Kamu Pengguna Setia WiFi?

Dengan konsep nirkabel yang dibawanya, WiFi adalah salah satu solusi praktis pengguna internet dengan mobilitas tinggi. Sehingga penggunaan WiFi dapat meningkatkan produktivitas. Namun, jika membutuhkan jaringan internet yang lebih aman dan cepat, kamu dapat menggunakan jaringan internet kabel.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan WiFi, kamu dapat menyiasati kekurangannya dengan menambahkan antena wireless agar jangkauannya lebih luas. Atau menambahkan sistem keamanan agar membuat jaringanmu lebih aman dari serangan siber maupun ancaman bahaya lainnya.