Apa Itu Intranet? Ini Perbedaannya dengan Internet

Apa Itu Intranet? Ini Perbedaannya dengan Internet

Dalam dunia yang serba digital, sebagian besar orang berkomunikasi jarak jauh menggunakan internet. Pertanyaanya, bagaimana jika kondisinya masih dalam satu ruangan gedung? Hal ini bisa diatasi dengan intranet. Intranet adalah sebuah konsep jaringan lokal (LAN) yang mengadopsi teknologi internet. 

Secara sederhana, intranet bisa diartikan sebagai internet pada suatu lingkungan yang masih dalam jangkauan LAN tersebut. Untuk mengetahui secara rinci apa itu intranet dan perbedaannya dengan internet, mari simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: Apa Itu Internet

Apa Itu Intranet?

Intranet adalah jaringan yang terdapat pada suatu lokasi (baik itu gedung perusahaan maupun pribadi) yang digunakan sebagai alat untuk berbagi informasi antar komputer secara lokal. Secara konsep, intranet memiliki hampir mirip dengan internet. Keduanya bisa digunakan untuk berbagi informasi. Hanya saja intranet berjalan pada area LAN, sehingga koneksinya terbatas pada seberapa luas LAN yang ada. 

Baca Juga: Jaringan Komputer: Pengertian, Topologi, dan Jenisnya

Dengan adanya intranet, perusahaan menjadi lebih mudah dalam berbagi informasi. Hal ini karena semua data dalam jaringan tersebut bisa diakses oleh pengguna lain yang masih dalam satu jaringan. Meskipun areanya terbatas, intranet juga sering digunakan untuk berbagi data secara aman.

Selain itu, intranet juga bisa dilengkapi dengan firewall dan password sehingga hanya bisa diakses oleh sekelompok orang tertentu. Contoh penerapan intranet adalah pada jaringan instansi pemerintahan, rumah sakit, dan perusahaan yang digunakan sebagai sarana koordinasi, maupun internal suatu organisasi.

Baca juga : Apa itu Cyber Security? Pengertian, Elemen, dan Manfaatnya

Perbedaan Intranet dan Internet

Ketika berbicara mengenai internet, hampir semua orang sudah menggunakannya. Tentu sudah menjadi hal yang familiar. Tetapi tidak dengan intranet. Meskipun keduanya terdengar hampir sama, tidak semua orang mengenal apa itu intranet, apalagi untuk membedakannya. 

Persamaan keduanya adalah sama-sama dapat digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Serta dapat digunakan untuk berbagi informasi. Meskipun pada keduanya memiliki perbedaan jangkauan area.

Selain itu, intranet dan internet memiliki cukup banyak perbedaan lainnya. Berikut ini tabel perbedaan antara keduanya.

IntranetInternet
DefinisiIntranet adalah jaringan dalam suatu cakupan area tertentu yang dirancang untuk sekelompok orang tertentu dan dimiliki oleh orang, perusahaan atau organisasi tertentu. Internet adalah jaringan beberapa komputer yang saling terhubung di seluruh dunia dengan menggunakan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).
PenggunaKeterbatasan cakupan area intranet, sehingga tidak dapat diakses oleh banyak orang. Hanya yang masih dalam jangkauan area intranet tersebut. Dari sisi pengguna jauh lebih sedikit dibanding dengan internet.Internet merupakan jaringan yang dapat diakses oleh siapapun dan dari manapun, sehingga internet dapat menampung pengguna yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan intranet.
AksesibilitasTidak semua orang dapat mengakses intranet. Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai akses untuk menggunakannya. Karena intranet adalah jaringan internal organisasi atau perusahaan.Setiap orang dapat mengakses dan menggunakan internet.
Tipe jaringanIntranet adalah jaringan yang bersifat pribadi. Hal ini dikarenakan intranet digunakan untuk kepentingan suatu organisasi atau perusahaan.Jenis jaringan yang bersifat publik. Artinya semua orang yang mempunyai akses ke perangkat yang terhubung dengan internet dapat menggunakannya.
KeamananKarena keterbatasan jangkauan area, potensi adanya kejahatan siber sangat kecil. Hal ini membuat intranet dianggap lebih aman dibandingkan internet.Internet memiliki keamanan yang kurang baik. Hal ini karena internet bersifat publik. Sebagian besar kejahatan siber dijalankan melalui jaringan internet. Pengguna yang menginginkan keamanan tambahan harus menambahkannya sendiri dengan menggunakan proxy misalnya.

Tujuan Pembuatan Intranet

Setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda dalam menggunakan jaringan intranet. Berikut beberapa tujuan pembuatan intranet :

Sebagai pusat repository

Keterbatasan jangkauan intranet membuat sisi keamanan pada intranet lebih baik dibanding internet. Hal ini kemudian menjadikan beberapa perusahaan menggunakan intranet sebagai pusat penyimpanan data-data penting pada perusahaan mereka. 

Baca Juga: Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

Sarana komunikasi perusahaan

Beberapa perusahaan menggunakan intranet sebagai sarana komunikasi antar pegawai.

Mempermudah akses komunikasi

Intranet mempermudah pegawai dalam mengakses informasi tentang kebijakan, manfaat, dan pembaruan perusahaan.

Manajemen proyek

Seperti halnya internet, dengan menggunakan intranet, perusahaan juga bisa melakukan manajemen proyek. Seperti membuat daftar tugas, daftar hadir, direktori karyawan, dan lain sebagainya. 

Kolaborasi

Dengan intranet, karyawan dapat saling berkomunikasi untuk keperluan kolaborasi pekerjaan.

Baca juga : Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Tahu

Cara Kerja Intranet

Cara kerja intranet sangat mirip dengan internet. Di Dalam intranet juga terdapat server. Meskipun servernya hanya bisa diakses melalui jaringan intranet (lokal). Server ini digunakan untuk mengelola berbagai kebutuhan perusahaan. Dengan menggunakan server lokal, file-file yang disimpan akan lebih mudah dicari oleh pengguna lain di jaringan intranet yang sama. 

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Node pada Jaringan Komputer

Di intranet, terdapat banyak jaringan lokal (LAN) yang saling terhubung. Web server yang ada pada intranet biasanya menggunakan koneksi TCP/IP, HTTP, dan protokol lainnya. Di dalam intranet, biasanya juga sudah ada komputer yang terhubung ke jaringan internet. Hal ini digunakan untuk melakukan koneksi intranet dari jarak jauh.

Jika ingin mengakses intranet dari luar jaringan, biasanya seseorang menggunakan VPN. Intranet sudah dilengkapi dengan firewall. Sehingga semua data yang keluar masuk harus melewati firewall terlebih dahulu. Firewall inilah yang mengamankan data perusahaan agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Baca juga : Pengertian dan Cara Kerja Firewall pada Jaringan Komputer

Penutup

Sekian artikel mengenai apa itu intranet dan perbedaannya dengan internet. Intranet adalah sebuah konsep jaringan lokal (LAN) yang mengadopsi teknologi internet. Antara internet dan intranet memiliki perbedaan, salah satu yang mendasarinya adalah cakupan area jaringannya.

Buat kamu yang membutuhkan server untuk membuat VPN, kamu bisa gunakan VPS linux di Dewaweb sebagai penyedia cloud server termurah dan terpercaya di Indonesia. Semoga artikel ini membantumu dan salam sukses online!