10 Cara FYP di TikTok yang Paling Ampuh, Ini Bocorannya!

10 Cara FYP di TikTok yang Paling Ampuh, Ini Bocorannya!

Cara FYP di TikTok menjadi topik perbincangan menarik di kalangan para pengguna media sosial TikTok. Banyak dari mereka ingin videonya viral dan muncul pada FYP (for your page), sehingga views akan naik dan ditonton banyak orang.

Melalui FYP, video kamu akan dilihat banyak orang, mendapatkan engagement tinggi dan komentar yang banyak. Namun, banyak dari pengguna yang masih belum paham bagaimana cara masuk FYP di TikTok. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan membahas secara lengkap cara FYP di TikTok. Bagaimana caranya, yuk simak terus sampai akhir!

1. Mengikuti tren yang sedang viral

Cara pertama agar kamu masuk FYP yaitu dengan mengikuti tren yang sedang viral. Kamu bisa mengamati kira-kira ada video atau challenge apa yang sedang ramai diperbincangkan dan muncul di FYP.

Setelah menemukan, kamu bisa coba mengikuti tren tersebut namun jangan lupa untuk tetap disiplin dengan niche konten TikTok yang selama ini kamu buat. Beberapa tren TikTok yang viral hingga pertengahan tahun 2023 ini di antaranya:

  • Filter aged, yang menampilkan tampilan wajah pengguna ketika sudah tua nanti.
  • Filter bold glamour, yang memperlihatkan riasan wajah dengan struktur yang lebih jelas daripada filter wajah lainnya.
  • Filter barbie, merupakan filter yang mengubah pengguna menjadi seperti boneka Barbie. Filter ini sangat ramai ketika film Barbie rilis.

Baca Juga: 17 Ide Konten TikTok yang Patut Dicoba agar Masuk FYP [Terlengkap]

2. Tulis caption yang menarik perhatian

Penggunaan caption yang menarik merupakan salah satu strategi efektif untuk membantu video kamu masuk ke FYP TikTok. Kamu dapat menggunakan kalimat pendek yang tetap memikat perhatian penonton, sehingga mereka akan terpancing untuk menonton video kamu sampai selesai bahkan berinteraksi di komentar.

Beberapa contoh caption yang bisa kamu gunakan diantaranya seperti ini.

  • “Spill budget perjalanan travelingku ke tempat yang indah ini! 🌍✈️ #AdventureTime”
  • “Jangan lewatkan! Ini rahasia tersembunyi turun 10 kg dengan diet sehat!”

Dengan kalimat yang memancing penasaran penonton seperti di atas, hal ini dapat meningkatkan peluang agar video kamu diperhatikan dan ditonton hingga akhir. Jangan lupa untuk menggunakan caption dengan kata-kata yang lucu, supaya konten kamu bisa semakin viral.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

3. Upload video di jam ramai (prime time)

Mengunggah video pada jam ramai menjadi salah satu  cara yang efektif agar video kamu muncul pada FYP penonton. Setiap media sosial memiliki prime time-nya masing-masing, begitu juga dengan TikTok. Jadwal prime time TikTok sendiri sebenarnya berbeda setiap harinya, tapi kamu bisa menggunakan sebagai referensi sebelum mengupload video. Berikut informasinya:

jadwa prime time tiktok - cara fyp di tiktok

Baca Juga: Jadwal FYP TikTok 2023 untuk Upload Video

4. Gunakan sound yang sedang trending

Salah satu cara berikutnya adalah mencoba menggunakan lagu atau sound yang sedang populer. Ini akan membantu mengaktifkan algoritma TikTok untuk menampilkan video kamu kepada lebih banyak orang.

Kamu bisa mengecek di beranda untuk melihat sound mana yang sedang banyak digunakan atau disukai oleh audiens. Setelah itu, kamu bisa langsung buat konten menggunakan lagu tersebut. Beberapa sound yang viral di TikTok seperti.

  • Pink Champagne x Spin Back x Jingle Bell by ARNEL REMIX
  • Insta Lova by MARRACASH & GUÈ
  • Aesthetic by Tollan Kim
  • Semua Aku Dirayakan by Nadin Amizah
  • Cincin by Hindia

Serta masih banyak lagu atau sound lain yang dapat kamu temukan di TikTok.

Baca Juga: Panduan Lengkap Iklan TikTok Ads untuk Bisnismu

5. Jangan lupa menggunakan hashtag

Penggunaan hashtag adalah kunci agar video TikTok kamu masuk ke FYP. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan konten. Misalnya, jika kamu membuat video tentang resep makanan, gunakan hashtag seperti #ResepMakanan, #MasakSendiri, atau #Kuliner.

Hashtag membantu video kamu muncul dalam hasil pencarian dan menarik perhatian pengguna yang tertarik pada topik yang sama. Kemudian, penting untuk diingat hindari pengguna hashtag terlalu banyak dan tidak relevan dengan konten karena itu akan dianggap spam dan merugikan visibilitas video kamu.

Baca Juga: Apa Itu Hashtag? Cara Kerja, Contoh dan Manfaatnya untuk Promosi

6. Bangun engagement di dalam konten

Tingkat engagement yang tinggi pada sebuah konten memungkinkan video tersebut muncul pada halaman penonton. Engagement yang tinggi menunjukkan bahwa video kamu mampu membuat para penonton berinteraksi dan memberikan reaksi. 

Kamu bisa mulai membangun engagement dengan cara mendorong penonton agar meninggalkan komentar, mengajak mereka untuk turut ikut challenge yang kamu lakukan, atau ajukan pertanyaan untuk memancing mereka agar menjawab dan berinteraksi lebih jauh.

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

8. Kolaborasi dengan creator lainnya

Agar akun kamu lebih dikenal pengguna dan muncul di FYP, disarankan untuk berkolaborasi dengan kreator TikTok lainnya. Ini dapat mencakup pembuatan video duet atau berpartisipasi dalam challenge bersama.

Dengan begitu followers creator tersebut akan mengetahui akun kamu dan begitu juga sebaliknya. 

Baca Juga: Mau Jadi Content Creator? Ini Tugas, Skill, & Kunci Suksesnya

9. Buat konten yang berkualitas

Cara FYP TikTok di atas tidak akan bekerja secara maksimal jika konten kamu kurang berkualitas. Konten berkualitas tinggi juga menjadi cara yang efektif untuk masuk pada FYP dengan cepat.

Kamu bisa mulai dengan kualitas gambar dari konten yang akan diunggah, apakah gambar tersebut jernih dan tidak blur? Jangan lupakan gunakan filter dan teknik transisi yang tepat untuk membuat konten lebih menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Berkualitas dan Fakta tentang SEO

10. Usahakan membuat video berdurasi pendek

Sebagian besar pengguna TikTok lebih suka video yang memiliki durasi singkat, karena hal ini memungkinkan mereka untuk segera menggulir ke video berikutnya tanpa harus menunggu terlalu lama.

Ketika video terlalu panjang, khawatirnya pengguna TikTok akan merasa bosan dan lebih cepat menggulir ke video lain sebelum video kamu selesai. Akibatnya, tingkat engagement akan menurun.

Oleh karena itu, disarankan untuk membuat durasi video yang pendek yakni, 10-30 detik. Namun video tersebut tetap memberikan informasi yang lengkap tapi tetap padat.

Yuk, Terapkan Cara FYP di TikTok dari Dewaweb!

Itulah beberapa cara FYP di TikTok yang bisa kamu terapkan pada akun kamu. Untuk hasil yang maksimal dan video kamu muncul pada pencarian penonton, pastikan ikuti cara-cara di atas dengan benar.

Misalnya seperti mengikuti tren terkini, menggunakan caption yang menarik, upload video pada jam-jam tertentu, video yang berkualitas, hingga berinteraksi dengan para penonton. Apabila cara tersebut kamu lakukan secara konsisten, bukan tidak mungkin video kamu akan lebih cepat muncul di FYP dan ditonton jutaan orang.

Jangan lupa juga ikuti akun sosial media Dewaweb, terutama TikTok, untuk mendapatkan tips dan informasi berguna lainnya dalam memanfaatkan platform media sosial secara optimal!