3 Cara Melihat Insight Instagram dari Akun, Feed, hingga Story

3 Cara Melihat Insight Instagram dari Akun, Feed, hingga Story

Sebagai pebisnis yang menggunakan Instagram sebagai tempat berjualan, kamu wajib banget tahu cara melihat insight Instagram agar bisa kamu bisa mengontrol dan menganalisis performa akun bisnis kamu.

Namun, apa itu insight Instagram? Insight Instagram adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk membantu para pebisnis. Insight Instagram menampilkan informasi tentang performa strategi marketing yang bisnis kamu jalani.

Dengan adanya fitur insight Instagram, pebisnis akan lebih mudah untuk membandingkan konten, mengukur kampanye, dan melihat performa setiap konten. Dalam artikel ini, Dewaweb akan membahas secara lengkap cara melihat insight di Instagram.

Cara Melihat Insight Instagram

Fitur insight Instagram hanya tersedia untuk akun Instagram bisnis. Jadi, kamu perlu mengubah dari akun personal menjadi akun bisnis. Di dalam fitur insight Instagram kamu bisa melihat engagement, account reached, demografi pengikut, total pengikut baru, dan masih banyak lagi. Berikut cara untuk melihat insight Instagram.

Baca juga: Cara Cek Engagement Rate Instagram, Cocok untuk Influencer

1. Insight Akun di Instagram

cara melihat insight instagram dari akun

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Buka akun profil Instagram.
  3. Klik menu garis tiga di kanan atas.
  4. Pilih “insight”.
  5. Kemudian akan muncul data performa akun bisnis. Mulai dari accounts reached, accounts engaged, dan total followers. Selain itu, kamu juga bisa melihat konten yang kamu bagikan di feeds, stories, reels, dan ads.
  6. Jika kamu klik salah satu menu data maka akan muncul data secara keseluruhan.
  7. Kamu juga bisa menyesuaikan jangka waktu yang diinginkan di kanan atas.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Instagram Bisnis & Tips Berjualan di IG

2. Insight Instagram Story

instagram story

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Buka Instagram story yang dipost.
  3. Klik “Seen by” di kiri bawah.
  4. Pilih “insight”.
  5. Kemudian akan muncul data performa seperti accounts reached, account engaged, dan profile activity. Selain itu, kamu juga bisa melihat story interactions seperti shares, replies, like, dan link clicks.

Baca juga: Praktis! Ini Dia Cara Menambahkan Link di Story Instagram

3. Insight Instagram di Feed

cara melihat insight instagram dari feed

  1. Buka aplikasi Instagram. 
  2. Buka akun profil Instagram.
  3. Pilih konten yang mau dilihat insight-nya.
  4. Klik “View Insight
  5. Kemudian akan muncul jumlah likes, comment, share, dan saved. 
  6. Selain itu, kamu juga bisa melihat accounts reached, account engaged, dan profile activity dengan cara scroll ke bawah.

Baca juga: Jenis-Jenis Konten Instagram untuk Tingkatkan Engagement

Penutup

Nah, itu dia cara melihat insight di Instagram yang bisa membantu kamu dalam menganalisis akun bisnis. Pastikan, kamu selalu melihat insight Instagram secara rutin agar kamu bisa melihat performa akun secara real time.

Caranya gampang banget, kamu hanya perlu ke akun profil, lalu klik menu di pojok kanan atas, kemudian pilih “insight”, maka kamu bisa melihat semua data-data performa akun bisnis kamu.

Masih banyak fitur Instagram yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.Kamu bisa langsung cek blog Dewaweb karena Dewaweb sudah menyediakan artikel seputar Instagram mulai dari tutorial sampai tips dan trik.

Jangan lupa juga untuk pantau konten-konten terbaru Dewaweb di IG: @Dewaweb. Semoga bermanfaat!