Cara Membuat Website dengan Strikingly

Cara Membuat Website dengan Strikingly

Saat membangun situs web untuk bisnis Anda, Anda menginginkan sesuatu yang tidak memerlukan banyak waktu untuk mempelajari sistem. Sebagai pengusaha, fokus dan usaha Anda perlu mengembangkan bisnis Anda dan memenuhi permintaan pelanggan.

Jika Anda ingin menggunakan content management system seperti WordPress misalnya, Anda harus menghabiskan berjam-jam belajar kode sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana membangun sebuah situs web, Anda mungkin kehilangan kesempatan lain yang lebih membutuhkan perhatian Anda. Itulah salah satu alasan pembuat situs drag and drop telah menjadi populer di kalangan bisnis kecil.

Baca juga: Cara Membuat Website dari Nol Sampai Jadi

Apa itu web builder drag-and-drop?

Website builder drag and drop adalah tool yang memungkinkan siapa saja dengan komputer dan koneksi internet untuk membuat situs web.

Fitur drag-and-drop pada web builder membantu Anda untuk membuat website tanpa menulis kode atau mempelajari HTML atau CSS. Yang harus Anda lakukan adalah memilih layout (atau tema), dan mengatur elemen yang sudah ada pada layout Anda ke tempat yang Anda inginkan pada setiap halaman. Biasanya Anda bisa menambahkan elemen-elemen seperti:

  • Gambar
  • Video
  • Blok teks
  • Judul
  • Galeri
  • Formulir
  • Slideshows
  • Action Button (Tombol)

Anda juga dapat secara umum menempatkan komponen struktural, termasuk ruang (space), pemisah (divider), background, judul, footer dan menu khusus. Masing-masing elemen ini hanya diletakkan pada halaman yang Anda inginkan. Anda dapat membuat beberapa halaman, dan keseluruhan proses mungkin memakan waktu beberapa jam saja.

Sebagian besar tema akhir-akhir ini bahkan responsif, sehingga Anda dapat memastikan bahwa situs Anda terlihat sama bagusnya dengan perangkat mobile seperti pada desktop – semua tanpa harus tahu apa-apa tentang pengembangan web melalui coding.

Memang mungkin sudah banyak drag-and-drop web builder yang bisa Anda temukan. Nah, di kesempatan kali ini Dewaweb ingin memperkenalkan drag-and-drop web builder, Strikingly.

Baca Juga: Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, & Jenis Aplikasi Server

Apa itu Strikingly?

Strikingly adalah platform online yang memungkinkan orang-orang yang tidak memiliki keterampilan coding untuk membuat sebuah website yang bagus dan menarik.

Strikingly bertujuan untuk membantu Anda membuat website yang simple dengan desain yang minimalis. Oleh karena itu, mereka memiliki berbagai tools dan fitur yang mudah digunakan sekaligus user-friendly sehingga Anda bisa membuat website baru Anda dengan mudah, dimana saja, dan kapan saja.

Strikingly sudah ada selama beberapa tahun dan termasuk salah satu web-builder terpopuler di dunia. Sekarang, Anda bisa mendapatkan paket Strikingly lengkap dan cek nama domain Anda sendiri dari Dewaweb.

Kelebihan Strikingly

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Anda harus memakai Strikingly? Apa yang membedakan Strikingly dengan content management system?

Membuat website membutuhkan banyak pengetahuan teknologi dalam aspek-aspek seperti penyedia web hosting, bahasa pemrograman, dan pendaftar domain. Namun, semua itu telah berubah semua berkat web-builder. Dengan maraknya pembuat situs drag-and-drop, hampir semua orang dengan keterampilan komputer yang biasa saja pun sekarang dapat membuat situs web dalam waktu singkat.

Tapi dengan puluhan web-builder yang tersedia akhir-akhir ini, memilih yang pas mungkin tampak sulit. Jadi, jika Anda memerlukan tools untuk merancang website dengan satu halaman, maka Strikingly mungkin bisa jadi pilihan yang tepat!

Platform web-builder lainnya lebih fokus dalam merancang situs web yang memiliki beberapa halaman. Sementara Strikingly fokus dalam menciptakan situs web minimalis sederhana yang menampung konten hanya dalam satu halaman.

Strikingly mencapai pendekatan ini dengan menawarkan layout yang memanfaatkan vertical-scrolling. Meskipun pendekatan ini mungkin tampak membatasi, ada situasi di mana hal itu sangat dapat diterapkan. Misalnya, situs satu halaman sangat cocok untuk portofolio, kartu bisnis online, dan presentasi.

Menariknya, Anda bahkan bisa mendesain blog sederhana atau toko online dengan berbagai tools yang Strikingly tawarkan.

Mudah Digunakan

Seperti kebanyakan pembangun situs drag dan drop, Strikingly mudah digunakan. Dengan adanya editor grafis, Anda tidak perlu menulis satu baris kode. Yang harus Anda lakukan adalah drag dan drop elemen halaman pada bagian yang berbeda dan kemudian edit propertinya.

Setelah Anda memahami interfacenya, Anda bisa memiliki situs web satu halaman yang dirancang dengan baik dan berjalan hanya setelah beberapa jam. Jika Anda memiliki skill coding, Anda juga bisa mendapat akses ke file HTML dan CSS website Anda.

Desain theme yang bisa dikustomisasi

Strikingly menawarkan pilihan sekitar 10 template utama. Ini dipersempit dalam kategori seperti bisnis, pribadi, dan portofolio.

Membangun situs web dengan Strikingly melibatkan penambahan bagian atau section. Bagian atau section yang dimaksud disini adalah blok konten besar yang membagi halaman. Setiap tema yang Anda pilih memiliki kumpulan bagian individual dan elemen halaman yang diijinkan.

Oleh karena itu, disarankan untuk mencoba berbagai tema sebelum Anda mulai mengedit elemen halaman. Karena, jika Anda mengganti tema setelah itu, Anda perlu me-reset ulang keseluruhan situs web Anda. Setelah memilih template, Anda dapat mengubah warna latar belakang dan memilih dari berbagai macam font.

Berbeda dengan content management system (sistem manajemen konten) seperti WordPress, fungsionalitas blogging Strikingly tidak memungkinkan Anda mempublikasikan posting secara otomatis di waktu yang telah ditetapkan.

Di sisi positifnya, Anda bisa membuat draf postingan dan bahkan menyertakan tombol RSS di blog Anda untuk memberi pembaca Anda cara mudah untuk mendapat update dari website Anda.

Strikingly memungkinkan pengguna menambahkan jenis konten apa pun, dari kotak teks, gambar, dan video, hingga formulir kontak, social media feed, dan slideshows.

Jika Anda memutuskan untuk membuat blog, akan ada bagian yang mengarah ke postingan yang dipublikasikan di halaman terpisah. Postingan blog memiliki gaya unik mereka sendiri dan Anda bahkan dapat mengintegrasikannya dengan plugin Disqus untuk mengaktifkan komentar.

Untuk membuat toko online dengan Strikingly, Anda hanya perlu mengaktifkan bagian e-commerce. Bagian ini memungkinkan Anda menambahkan item produk, menetapkan opsi belanja, dan membuat kode kupon.

Namun, dengan store yang sederhana, Strikingly tidak menyediakan sistem pajak di toko Anda dan Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengkategorikan produk atau menjual barang digital.

Namun, Anda bisa menjual sampai dengan 300 produk di website Anda. Strikingly juga menawarkan pilihan kepada pelanggan untuk membayar pembelian dengan PayPal atau Stripe. Strikingly tidak akan mengenakan biaya transaksi apapun tapi perhatikan jika ada kemungkinan biaya transaksi dari kedua gateway pembayaran tersebut.

Strikingly juga tidak memiliki fungsi preview dalam mode desain. Namun, Anda dapat melihat tampilan template yang Anda pilih dengan lengkap sebelum Anda memulai mengedit tampilan situs Anda.

Editor tidak akan secara otomatis menyimpan perubahan, namun pada panel editor di sebelah kiri, ada pilihan Save dan Publish. Save akan menyimpan semua perubahan yang Anda lakukan dan Publish akan merilis website Anda.

Terlebih lagi, pembangun situs ini memungkinkan pengguna memilih favicon (atau ikon kecil yang muncul di samping judul situs web di tab browser) khusus untuk digunakan di website Anda sebagai bagian dari brand identity bisnis Anda.

Baca Juga: 10 CMS untuk Membuat Forum

SEO dan Mobile-Friendly

Situs Strikingly dapat dengan mudah dioptimalkan untuk mesin pencari. Anda dapat mengoptimalkan situs satu halaman dengan tag Meta dan kata kunci (keyword). Pada pilihan settings, ada tombol Analytics yang memungkinkan Anda melihat data pengunjung dan statistik lainnya dalam jangka watu 90 hari.

Statistik situs menunjukkan traffic dan negara asal, namun tidak mengelompokkan pengunjung berdasarkan perangkat yang digunakan untuk mengakses situs web Anda. Untungnya, Anda bisa menambahkan Google Analytics untuk memberikan data pengunjung yang lebih terperinci.

Salah satu keunggulan Strikingly adalah theme yang mereka sediakan. Semua theme mereka adalah theme yangresponsif. Ini berarti bahwa ketika Anda membuat situs web dengan Strikingly, Anda tidak perlu khawatir karena website ini akan terlihat bagus di perangkat apa pun termasuk smartphone dan tablet.

Tentunya, situs satu halaman seperti yang dihasilkan Strikingly sangat ideal untuk perangkat mobile. Dengan Strikingly, Anda dapat merancang situs yang mobile-friendly dan mudah untuk dinavigasi.

Fitur-Fitur/Section Strikingly

Berikut ini adalah fitur-fitur atau section yang dimiliki Strikingly:

  • E-commerce

Anda bisa membangun sebuah website e-commerce dengan menggunakan Strikingly. Untuk membangun situs e-commerce Anda, Anda bisa memilih untuk membuatnya dengan pilihan Simple Store yang ada di pilihan editor Anda. Dengan paket Strikingly dari Dewaweb, Anda bisa menjual sampai dengan 300 produk di website Anda.

Tidak hanya, simple store, Strikingly juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan aplikasi e-commerce di website Anda. Melalui Strikingly App Store yang ada di panel editor, Anda bisa mengintegrasikan ECWID ke dalam website Anda.

Untuk menggunakan Ecwid Anda tidak memerlukan program khusus. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi Ecwid dan mendaftarkan toko Anda. Kemudian Anda akan mendapatkan store ID.

Di Strikingly, setelah Anda memilih aplikasi Ecwid untuk ditampilkan di website Anda, Anda tinggal memasukkan store ID tersebut. Ta-da! E-commerce Anda sudah ada di website Anda dan siap digunakan!

  • Simple blog

Simple blog memungkinkan Anda untuk berfokus pada hal yang benar-benar penting: berbagi cerita, menampilkan ide Anda, dan menciptakan hubungan yang lebih kuat antara Anda dan audiens Anda. Anda bisa menambahkan fitur ini dari panel editor Anda. Anda tinggal klik Add Section pada panel editor dan pilih opsi Simple Blog.

Setiap halaman posting blog akan memiliki featured image serta layout yang mudah untuk diedit dan dibaca oleh pengunjung website Anda. Admin blog akan memilik interface sederhana yang memungkinkan Anda menyesuaikan bagaimana entri blog Anda akan muncul di bagian blog baru Anda. Simple Blog juga memiliki social sharing, kolom komentar, dan fungsi search engine optimization bagi para blogger berpengalaman.

  • Gallery

Jika Anda ingin memamerkan foto-foto atau berbagai video milik Anda di website Strikingly Anda, Anda bisa menggunakan fitur Gallery milik Strikingly.

Dengan fitur ini, Anda bisa langsung mengupload foto-foto dan video. Setelah itu Strikingly akan langsung menampilkan media yang berupa foto dan video tersebut dengan tata letak yang rapi dan menarik.

  • Contact

Contact form atau formulir kontak adalah salah satu fitur yang harus dimiliki setiap website bisnis. Dengan Strikingly, Anda tidak perlu pusing lagi karena Anda bisa dengan mudah menampilkan formulir kontak dengan memilih pilihan Contact Form pada panel editor. Strikingly juga memiliki pilihan Contact Us yang membantu Anda untuk menampilkan link ke social media Anda di halaman website Anda.

  • Slider – Banner Image & Text + Button

Anda tentunya sudah tahu bahwa slider bisa menjadi elemen desain yang menarik di sebuah website. Anda bisa menggunakan slider untuk menampilkan postingan atau landing page yang Anda rasa menarik bagi pengunjung website.

Dengan Strikingly, Anda bisa menambahkan fitur Slider pada halaman website Anda. Ada dua macam pilihan Slider yang tersedia pada Strikingly. Yang pertama adalah slider dalam bentuk banner image slider.

Untuk fitur ini, Anda hanya perlu mengupload image yang ingin Anda jadikan banner dan link yang ingin dituju. Anda juga bisa mengedit image untuk slider agar bisa menjadi lebih optimal.

Pilihan yang kedua adalah slider dalam bentuk text dan button . Meskipun disebut slider text and button, Anda tetap bisa memasukkan image, baik dalam bentuk icons maupun background, pada slidernya.

  • Make your own section

Mungkin Anda ingin menambahkan section tertentu pada website Anda tetapi Anda tidak bisa menemukan pilihannya pada panel editor. Nah, jika Anda menggunakan Strikingly, Anda tidak perlu khawatir. Web builder yang satu ini juga memberikan pilihan ‘Make Your Own Section’ atau buat section Anda sendiri.

Dengan pilihan ini, Anda dapat lebih leluasa mengatur dan mengkonfigurasi section yang ingin Anda tambahkan ke halaman website Anda.

Strikingly Make Your Own Section Dewaweb

Baca Juga: Manfaat dan Cara Backup Data Website

  • Process

Bagi Anda pemilik bisnis, Strikingly memudahkan Anda untuk memberitahu dan menjelaskan proses transaksi kepada pengunjung dan pelanggan website bisnis Anda. Anda tinggal mengedit kata-kata di atas dengan proses transaksi bisnis Anda.

Strikingly Process Dewaweb

  • Content

Anda juga dapat menampilkan daftar proyek Anda atau daftar team Anda di website Anda. Strikingly memberikan dua opsi untuk menampilkan konten Anda. Yang pertama, Anda bisa menampilkan konten Anda dalam bentuk column. Anda bisa bebas menambahkan berapa banyak item yang ingin Anda tampilkan.

Strikingly Content Column Dewaweb

Tidak hanya dalam bentuk column, Strikingly juga menyediakan fitur konten dalam bentuk row atau barisan.

Strikingly Content Row Baris Dewaweb

Sama dengan konten dalam bentuk column, Anda juga bisa menambahkan item ke konten Anda kapan saja.

Cara Menggunakan Strikingly

Sudah tertarik belum untuk menggunakan Strikingly? Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menggunakan Strikingly dan melihat sebagaimana mudahnya menggunakan web-builder yang satu ini, yuk tonton video berikut!

Baca Juga: Mengenal Git: Panduan Lengkap dan Fungsinya

Simpulan

Jika Anda mencari pembangun situs web satu halaman, Strikingly adalah salah satu platform terbaik yang tersedia. Tidak hanya mudah digunakan, Strikingly juga membantu Anda membuat situs yang dioptimalkan untuk seluler dan tablet, serta menawarkan pilihan untuk membuat blog atau toko online sederhana.

Bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman coding sedikitpun, Strikingly tentunya bisa mempermudah pekerjaan Anda dalam membangun bisnis Anda.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan coding, Anda juga tidak perlu khawatir karena Strikingly memberikan akses HTML dan CSS agar Anda bisa mengkustomisasi website Anda lebih jauh lagi.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang SEO dan analytics pada Strikingly karena web builder yang satu ini memberi Anda akses untuk melihat bagaimana traffic website Anda sehingga Anda bisa menganalisa apa yang bekerja dan tidak untuk website bisnis Anda.