Perbedaan Cloud VPS dan Dedicated Server, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Cloud VPS dan Dedicated Server, Mana yang Lebih Baik?

Website adalah hal penting bagi eksistensi suatu perusahaan atau bisnis di internet. Selain sebagai identitas bisnis, website juga bisa berguna untuk meningkatkan kredibilitas, bahkan meningkatkan penjualan produk. Namun, kamu harus memilih salah satu dari dua tipe server, yakni dedicated server dan cloud VPS. Lantas, apa bedanya dan manakah yang lebih baik?

Perbedaan Cloud VPS dan Dedicated Server

Sebelum mengetahui perbandingan dedicated server vs cloud VPS, ada baiknya jika kamu mengetahui definisi keduanya terlebih dulu. Meski sama-sama memiliki fungsi sebagai server untuk menampung data bisnis atau perusahaan, termasuk website, namun dedicated server dan cloud VPS tidaklah sama.

Dedicated server adalah jenis server yang didedikasikan sepenuhnya untuk sebuah akun hosting milik sebuah perusahaan atau bisnis. Para pemilik dedicated server biasanya memiliki ruangan khusus untuk menyimpan mesin server dengan teknisi ahli untuk mengelola mesin server dan data yang tersimpan di dalamnya.

Di sisi lain, ada pula cloud VPS yang memiliki fungsi sama, yakni menyimpan data dalam kapasitas besar. Sesuai namanya, yaitu cloud VPS, server yang satu ini memanfaatkan teknologi internet dan penyimpanan virtual untuk menampung data. Penyedia layanan cloud VPS biasanya akan memberikanmu pilihan, apakah ingin mengelola sendiri atau dibantu oleh provider.

Baca Juga: 8 Jenis-Jenis Hosting & Perbedaannya Supaya Tak Salah Pilih

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

ilustrasi dedicated server by imgx from unsplash

Setelah mengetahui apa itu dedicated server, simak kelebihan dan kekurangan dedicated server berikut sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jenis server apa yang akan kamu gunakan.

Kelebihan dedicated server

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu nikmati jika menggunakan dedicated server, yaitu:

  • Mendapat kendali penuh atas data yang dimiliki.

  • Data yang disimpan lebih aman karena dikelola sendiri.

  • Tidak perlu bergantung pada penyedia server ketika mengalami masalah sehingga masalah dapat segera ditangani.

  • Mendapat alamat IP unik.

Kekurangan dedicated server

Di balik kelebihan yang ada, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan dedicated server berikut ini yang mungkin akan mengganggu kinerja kamu:

  • Memerlukan tenaga ahli untuk pengelolaan dan pengembangan sehingga kurang cocok bagi pemula yang tidak memahami cara menggunakan server.

  • Biaya sewa dan perawatan lebih mahal.

  • Pengelolaan dan perawatan server lebih rumit.

  • Data di server harus dipindahkan secara manual ke server lain ketika mengalami error. Jika tidak, website yang berada di server mungkin akan mengalami down bahkan data yang ada bisa saja hilang.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Dedicated Server, Manfaat, dan Cara Kerja

Kelebihan dan Kekurangan Cloud VPS

ilustrasi cara kerja cloud vps

Selain dedicated server, simak juga apa saja kelebihan dan kekurangan yang mungkin akan kamu dapatkan jika memutuskan untuk menggunakan cloud VPS.

Kelebihan cloud VPS

Menjadi layanan server yang saat ini mulai banyak digunakan berbagai jenis bisnis dan perusahaan, berikut ini adalah kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memilih cloud VPS:

  • Memiliki akses 100% atas server yang disewa, tidak berbagi dengan pengguna lain.

  • Lebih aman dibanding shared hosting dan kamu bisa mendapatkan alamat IP khusus.

  • Biaya lebih terjangkau dibanding dedicated server.

  • Bisa memilih tipe pengelolaan server; fully managed, self-managed, atau on-demand support. Jika ingin dibantu provider maka kamu tak lagi memerlukan tenaga ahli untuk mengelola mesin server.

  • Data tidak akan hilang karena sudah secara otomatis di-backup ke penyimpanan cloud dan dapat diakses dari mana saja selama ada internet.

  • Fleksibel, karena kamu dapat mengubah komputer, laptop, tablet, dan sebagainya menjadi ruang kerja (workspace) dengan program yang kamu instal sendiri.

Kekurangan cloud VPS

Meski mempunyai berbagai kelebihan yang menarik, namun ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh cloud VPS, misalnya:

  • Privasi tidak sepenuhnya menjadi rahasia bisnis atau perusahaan, karena jika mengalami error, kamu perlu memberikan informasi yang dibutuhkan agar penyedia VPS dapat membantu menyelesaikan masalahnya.

  • Tidak sekuat dan secanggih dedicated server.

  • Tidak memiliki kendali penuh atas mesin server karena semua mesin VPS terletak di data center dan dikelola oleh penyedia VPS.

  • Membutuhkan pengetahuan lebih teknis ketimbang hosting untuk mengatur server atau saat mengatasi masalah sederhana.

Baca Juga: Pengertian VPS, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Hosting Website

Lantas, Lebih Baik Dedicated Server atau Cloud VPS?

Setelah mengetahui definisi, perbedaan dedicated server vs cloud VPS, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis server, mungkin kamu akan bertanya-tanya, server mana yang lebih baik digunakan? Namun, itu semua kembali pada kebutuhan yang kamu miliki.

Jika kamu mengerti cara mengelola mesin server atau hendak merekrut orang yang memahami pengelolaan mesin server, kamu bisa memilih dedicated server. Tapi, jika kamu tak mau repot dengan pengelolaan server dan tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, kamu bisa mengandalkan cloud VPS.

Biasanya, dedicated server digunakan oleh website dengan traffic tinggi seperti portal berita atau website marketplace. Selain itu, dedicated server juga digunakan oleh organisasi skala besar seperti pemerintah, media massa, atau perusahaan yang memiliki database penting sehingga memerlukan perlindungan ekstra.

Di sisi lain, cloud VPS lebih sering digunakan oleh bisnis menengah dan website yang sudah sering mengalami limit resource karena traffic yang terlalu tinggi. Namun, saat ini VPS juga sudah sering digunakan oleh instansi pendidikan untuk menjalankan program e-learning menggunakan Learning Management System (LMS) seperti Moodle, Canvas, Sakai, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Memilih LMS dan 5 Rekomendasi LMS Open Source Terbaik

Cloud VPS memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibanding dedicated server atau shared hosting, karena pengguna memegang kendali penuh atas program dan kapasitas penyimpanan di server. Jika kamu berlangganan VPS di Dewaweb, kamu bahkan tak perlu pusing soal pengelolaan server secara teknis, karena kami menyediakan on-demand support dari Ninja Support yang tersedia 24 jam sehari.

Selain itu, jika kamu ingin menggunakan VPS untuk menjalankan e-learning dan CBT (Computer-Based Test), Dewaweb memiliki paket khusus. Kamu hanya perlu mengirimkan tiket untuk mendapatkan harga khusus, jangan lupa tuliskan berapa jumlah siswa yang akan login secara bersamaan.

Keuntungan lain dari menggunakan layanan di Dewaweb adalah aplikasi e-learning kamu akan di-hosting di data center terbaik di Indonesia (Equinix DCI) dengan kapasitas unlimited bandwidth dan konfigurasi cloud server yang sudah dioptimalkan untuk bisa menangani ribuan siswa yang login sekaligus.

Baca Juga: Apa Itu Hosting? Sebagai Tempat Mengelola Website

Simpulan

Demikian artikel tentang perbedaan dedicated server vs cloud VPS ini, apakah kamu sudah menentukan mana yang lebih baik? Tidak masalah jika belum, yang penting pastikan kamu selalu memilih yang terbaik ketika menentukan server, termasuk saat memilih provider cloud VPS terbaik, agar website-mu selalu cepat, aman, dan bisa diandalkan. Salam sukses online!