Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0, Kamu Wajib Tau

Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0, Kamu Wajib Tau

Revolusi industri sudah dimulai sejak abad ke-18, ketika tenaga manusia mulai digantikan oleh mesin uap. Saat ini kita berada di era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kehadiran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), komputasi awan (cloud computing), dan kata kunci utamanya adalah “digitalisasi”.

Salah satu wadah yang sering digunakan oleh berbagai instansi, organisasi, atau individu untuk mendigitalisasi berbagai hal adalah website. Lantas, apa itu revolusi industri 4.0 hingga manfaat website di era revolusi industri ini?

Baca Juga: 4 Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Kehidupan Sekarang

Revolusi Industri 4.0

Mungkin kamu sering mendengar istilah “Revolusi Industri 4.0”. Tapi, apakah kamu sudah tau apa itu industri 4.0? Industri 4.0 adalah perkembangan teknologi industri yang sudah merambah ke dunia digital, bahkan pertukaran informasi hingga perdagangan kini bisa dilakukan secara digital melalui sambungan internet.

Sederhananya, “digitalisasi” menjadi kata kunci utama revolusi industri 4.0. Mulai dari digitalisasi produk dan jasa, digitalisasi jaringan, dan digitalisasi model bisnis hingga akses dengan pelanggan.

Di samping itu, sebagian besar aktivitas manusia seperti memesan makanan, membeli tiket, memesan kamar hotel, bahkan membeli obat sudah mulai dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi, termasuk dalam berbisnis.

Apalagi, setelah menghadapi pandemi COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia sejak awal Maret 2020, hampir semua sektor bisnis terkena dampaknya.

Terlebih, bisnis kecil yang hanya dilakukan secara konvensional sebagian besar juga mengalami kerugian yang tak sedikit. Alhasil, jerih payah membangun bisnis selama ini harus runtuh ditelan wabah.

Tapi tenang, justru inilah waktunya kamu meraih sukses dari rumah yang dimulai dari mengetahui manfaat website di era revolusi industri 4.0 agar dapat memaksimalkan teknologi yang ada untuk mengembangkan website-mu.

Baca Juga: CSS Framework untuk Membantu Proses Desain Website

gif manfaat website typing cat

Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Salah satu media yang dapat kamu andalkan untuk menyesuaikan diri dengan era industri 4.0 adalah website. Entah kamu seorang mahasiswa, marketer, pengurus organisasi, apalagi pemilik bisnis, website adalah hal penting buatmu. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan website.

  • Meningkatkan kredibilitas

    Kredibilitas tak hanya berlaku di dunia profesional saja. Namun kamu juga memerlukan kredibilitas untuk menjangkau lebih banyak target, sesuai tujuanmu. Misalnya, jika kamu adalah pemilik bisnis pemula, website berguna untuk meyakinkan calon pelangganmu untuk membeli produkmu.

    Di sisi lain, jika kamu adalah seorang mahasiswa, website bisa kamu gunakan untuk membangun citra diri di mata orang lain, termasuk perekrut tenaga kerja (recruiters).

  • Memperkenalkan brand sekaligus sarana publikasi resmi

    Salah satu tujuan utama membuat website adalah agar orang lain mendapatkan awareness mengenai keberadaanmu di internet. Terlebih lagi jika kamu mengandalkan website untuk berjualan, tentunya kamu ingin target pasarmu mengetahui keberadaan brand-mu, ‘kan?

    Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan website komunitas atau organisasi non profit untuk menyiarkan berita, informasi, atau kabar terkait fenomena atau isu yang ingin kamu suarakan.

    Jika kamu sedang menjalankan project non profit untuk membantu korban yang terkena dampak pandemi COVID-19, klik artikel berikut untuk mengklaim cloud hosting atau cloud server GRATIS dari Dewaweb!

  • Katalog penjualan produk/jasa dan transaksi 24 jam non stop

    Ya, manfaat ini penting bagi kamu yang menggunakan website untuk berjualan. Selain mempromosikan produk atau membangun brand image, kamu juga bisa memudahkan calon pembeli jika mereka bisa melakukan pembelian melalui website.

    Jangan lupa untuk memajang produkmu dan memanfaatkan website-mu sebagai katalog, ya. Tak hanya pengunjung, kamu juga diuntungkan dengan sistem penjualan yang dapat dilakukan selama 24 jam.

    Akan lebih baik lagi jika kamu dapat melakukan pengiriman jarak jauh karena kamu dapat menjangkau calon pembeli dengan cakupan yang lebih luas.

  • Sebagai portfolio hasil karya

    Tak hanya sebagai sarana promosi diri, website juga bisa kamu manfaatkan untuk menaruh hasil karya atau portfolio-mu. Buatlah desain website yang enak dilihat agar website-mu terasa seperti galeri online. Beberapa contoh website yang bisa menjadi sumber inspirasi misalnya seperti milik Robby Leonardi atau Emma Lewis.

  • Media berbagi asumsi atau pendapat

    Manfaat website yang satu ini cocok jika kamu suka menulis atau membagikan pendapatmu mengenai sesuatu. Tidak menutup kemungkinan, kamu bisa membuat zine online, blog pribadi, atau bahkan media online. Sebagai langkah awal, kamu bisa menentukan topik utama website dan bagi menjadi beberapa rubrik utama. Tertarik?

  • Forum belajar online

    Ini adalah salah satu manfaat website yang sekaligus bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan orang lain. Kamu bisa menyediakan kelas-kelas online untuk para pengunjung website-mu. Selain menjadi manfaat langsung bagi orang lain, kamu juga bisa mendapatkan uang dari website dengan mengaktifkan sistem keanggotaan (membership).

    Namun, pastikan materi yang kamu buat benar-benar bermanfaat dan nilainya sesuai dengan yang dibayarkan oleh peserta belajar, ya!

  • Memangkas pengeluaran dan mengurangi jejak karbon

    Mengingat saat ini hampir segala hal sudah terdigitalisasi, kamu pun tidak wajib mempunyai toko fisik ketika memulai sebuah bisnis. Jika memanfaatkan website, kamu bisa memangkas pengeluaran untuk sewa tempat, ongkos perjalanan, sampai biaya listrik bulanan. Semuanya bisa kamu lakukan dari rumah.

    Tak hanya itu, kamu juga bisa mengurangi jejak karbon yang ditinggalkan ketika kamu melakukan aktivitas di toko fisik. Lumayan ‘kan, pengeluaranmu bisa terpangkas sekaligus menjaga kesehatan bumi?

Baca Juga: Pentingnya User Experience

Tips Memaksimalkan Manfaat Website

Setelah mengetahui apa saja keuntungan atau manfaat website di era revolusi 4.0, inilah saatnya kamu mulai bergerak dengan memahami apa saja yang perlu kamu lakukan untuk memaksimalkan manfaat yang kamu peroleh dari website.

  • Pastikan memilih hosting yang terpercaya

    Ibarat rumah, web hosting adalah “tanah” yang kamu perlukan untuk membangun rumah (website). Jika hosting-mu tak dapat diandalkan, tentunya website-mu juga jadi bermasalah, ‘kan? Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu baca dari sini.

    Ciri-ciri layanan hosting yang dapat diandalkan yaitu bisa menjamin kecepatan, keamanan, dan layanan yang selalu siap sedia membantu kamu. Akan lebih baik lagi kalau layanan hosting-mu bisa menjadi partner meraih sukses online.

  • Lengkapi informasi di website

    Tak kenal maka tak sayang. Pengunjung website-mu tidak akan mendapatkan cukup awareness jika kamu tak menampilkan cukup informasi terkait produk atau informasi yang kamu tawarkan. Beberapa informasi penting yang wajib kamu tambahkan setidaknya dapat menjawab pertanyaan 5W+1H (what, who, when, where, why, dan how) terkait identitas website-mu.

  • Optimasi website

    Optimasi website dari segi kecepatan dan keamanan juga penting. Tak hanya dapat menaikkan peringkat website-mu di Google SERP, website yang teroptimasi juga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna internet yang mengunjungi website-mu. Salah satu hal terpenting adalah menyesuaikan tampilan website-mu dengan perangkat selain komputer, seperti tablet atau handphone.

  • Pelajari dasar-dasar digital marketing

    Jika tujuan website-mu adalah untuk promosi, baik mempromosikan diri sendiri atau bisnis, kamu perlu memahami dasar-dasar digital marketing. Ada beberapa tools yang sebaiknya kamu gunakan ketika mengelola website, yaitu Google Analytics, Google atau Facebook Ads jika ingin sekaligus mengiklankan website, tools SEO seperti SEMRush, Ubersuggest, atau tools lain yang bisa kamu lihat dari tayangan webinar Dewatalks berikut:

  • Buatlah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi target pembaca

    Selain dasar-dasar digital marketing, kamu juga perlu memahami teknik dasar penulisan konten. Mengingat konten adalah salah satu elemen yang dapat membantu website-mu menaikkan peringkat, kamu perlu mengetahui teknik penulisan konten, seperti jumlah kata yang digunakan, penentuan kata kunci utama (focus keyword), Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), logika penggunaan bahasa dan tanda baca, serta ketelitian terhadap saltik (salah ketik).

    Selain hal-hal teknis, kamu juga harus selalu ingat bahwa artikelmu dibuat agar dibaca oleh manusia, bukan hanya robot. Oleh karena itu, pastikan artikel yang kamu buat berisi informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pembacamu, ya.

Baca Juga: 5 Cara Penting Melindungi Website dari Serangan Hacker

Simpulan

Meski beberapa waktu lalu kita melihat beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi mau tak mau harus gulung tikar, namun kamu masih harus percaya bahwa badai pasti berlalu.

Bisnismu mungkin belum sebesar perusahaan yang harus gulung tikar, tapi kamu masih punya kesempatan untuk mendigitalisasi bisnismu dengan memaksimalkan manfaat website. Sudah siap mendigitalisasi bisnismu?

Sebagai langkah awal meraih kesuksesan, Dewaweb tertarik untuk menjadi partnermu meraih sukses online. Oleh karena itu, kami memberikan tawaran untukmu yang bisa kamu lihat dari sini. Pilih promo yang sesuai denganmu dan mari sukses online bersama Dewaweb. Salam sukses online!