dewaweb-blog-segala-hal-tentang-moodle

Anda mungkin merupakan seorang pengguna internet yang senang belajar dan mengajar. Mungkin juga inilah mengapa Anda mencoba cari tahu definisi Moodle dan ingin tahu bagaimana cara kerjanya. Silakan baca panduan bagi pemula ini agar Anda bisa memahami dan memanfaatkan salah satu kecanggihan teknologi di bidang pendidikan yang satu ini!

Apa itu Moodle?

Moodle adalah sebuah platform untuk belajar (learning platform) yang didesain khusus bagi pendidik, admin dan murid-muridnya. Moodle sebenarnya merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Platform ini tergolong CMS namun khusus bagi kepentingan edukasi. CMS yang satu ini dirancang sedemikian rupa dengan sistem yang kuat, aman dan terintegrasi.  

Di internet memang ada banyak sekali CMS berjenis Learning Management System (LMS) selain platform ini. Apa saja? Ada juga Dokeos, Atutor, dan Opigno yang berbasis Drupal.

Untuk mengenal Drupal, silakan baca:

Panduan Drupal bagi Pemula

Untuk mengetahui lebih banyak LSM lainnya, silakan baca:

Berbagai Situs Belajar Online

Kembali lagi ke soal LMS, tapi mengapa Moodle ini lebih banyak dipakai oleh orang banyak atau organisasi pendidikan? Ada beberapa hal yang tentunya menjadi kelebihan Moodle. Mari simak ulasan berikut!

Kelebihan Moodle

LMS satu ini dirancang berdasarkan Social Constructionist Pedagogy (tepatnya, konstruksi sosial). Moodle telah mengklaim dirinya sebagai wadah yang berfokus membentuk komunitas kuat. Anggota-anggota komunitas inilah yang diharapkan bisa saling membantu sama-lain.

Platform ini juga bisa digunakan oleh siapapun juga karena sifatnya yang open-source. Anda bisa membangun sebuah sub-sistem berkonsep e-Learning atau juga biasa disebut dengan Distance Learning.

Selain itu, materi pembelajaran yang ingin Anda berikan atau dapatkan juga beragam sekali. Bahkan beberapa sumber/resource juga bisa Anda tempelkan ke materi yang Anda buat. Berikut adalah beberapa bentuk pengemasan materi yang bisa Anda kreasikan dengan platform ini:

  1. Tugas (Assigment)
  2. Pesan (Chat)
  3. Forum
  4. Kuis
  5. Survei

Tak sampai di situ, platform ini juga menyediakan kemudahan bagi penggunanya dalam mengganti-ganti tampilan (theme). Platform ini menyediakan beberapa variasi tema menarik yang bisa mempercantik modul Anda. Anda bahkan juga bisa modifikasi tema tersebut.

Sejarah Singkat

Tutorial Moodle bagi Pemula Lengkap dari Dewaweb

Moodle diciptakan oleh Martin Dougiamas. Pada saat itu, ia sedang mengenyam pendidikan pascasarjana di Curtin University of Technology di Australia. Pada tahun 2002, ia dinobatkan menjadi seorang Webmaster bagi universitasnya sekaligus diangkat menjadi administrator sistem bagi instalasi WebCT. Kemudian Martin mulai mengembangkan platform ini demi menyelesaikan beberapa masalah terkait WebCT.

Pada tahun 2002, Versi 1.0 dirilis oleh platform ini. Sejak itu, kemudian terus berkembang dengan pesat, dikelola oleh Martin dan didorong oleh komunitas pengguna (user) dan pengembang  (developer) yang proaktif dari seluruh dunia (Chavan, dan Pavri, 2004).

Perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan Moodlecloud.com

Jika Anda berkunjung ke platform edukasi online ini, mereka bakal memberi tahu Anda bahwa platform ini sebenarnya punya tiga variasi berbeda. Berikut adalah ketiganya!

Moodle.com adalah produk komersial dari Moodle HQ. Moodle.com menjadi tempat dimana Anda bisa mendapat detail terkait Moodle Partners di negara Anda dan layanan komersial apa saja yang bisa mereka tawarkan.

Moodle.org ini adalah sebuah website komunitas bagi MoodleProject. Anda bisa mendownload source code dan plugins lewat website ini. Di website ini jugalah Anda dapat menemukan forum support Moodle yang akan membantu Anda menemukan solusi bagi kendala Anda dalam penggunaan Moodle.

Moodlecloud.com merupakan portal gratis yang dibuat oleh Moodle HQ. Dengan portal ini, Anda bisa membuat portal belajar online Anda secara gratis. Jika Anda membuat sebuah portal dengan Moodlecloud, Anda bisa mendapat sebuah URL http://www.(namawebsite).moodlecloud.com/ Kemudian, materi pembelajaran Anda akan di host oleh server Moodle. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat organisasi dan institusi yang belum punya budget besar.

Catatan Tambahan:

Tetapi MoodleCloud sebenarnya punya batas dalam hal mengelola portal pembelajaran Anda. Misalnya: Anda tidak bisa menginstall plugin baru. Anda cuma bisa memanfaatkan plugin yang sudah terinstall sebelumnya.

Dewaweb cashback 30%

Dari sudut pandang seorang guru, itu sih sebenarnya bukan pilihan yang buruk karena tim Moodle HQ menjamin mereka bakal berhati-hati dalam mengelola server dan persyaratan teknis Anda. Tim juga akan menjaga agar website Anda tetap aman dan diperbarui ke versi platformnya yang terbaru. Tapi, jika memang Anda ingin memiliki lingkungan belajar sendiri, jangan gunakan MoodleCloud dan coba cari opsi hosting dengan partner-partner Moodle. Anda bisa juga memilih untuk memiliki in-house hosting jika memang Anda sudah ada infrastruktur dan tim IT yang mendukung.

Simpulan

Jadi, Platform ini adalah CMS yang tepat untuk memulai kursus online Anda dengan biaya yang fleksibel tergantung modal yang Anda punya. Melalui artikel ini, kami telah menunjukkan apa itu moodle, bagaimana cara kerja dan apa saja kelebihannya sebagai platform edukasi digital. Artikel ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah dan vps profesional yang sudah tersertifikasi internasional.

Oh ya, jangan lupa subscribe, tinggalkan tanggapan/komentar Anda dan baca juga berbagai artikel menarik dari kami yang lainnya. Kami kerap juga membahas tips terkini terkait pengembangan bisnis, karir dan website untuk mensukseskan Anda di era digital ini. Selamat berusaha ya, semoga berhasil! Trust Dewaweb – We helped you succeed online!