WordPress.com vs WordPress.org: Apa Perbedaannya?

WordPress.com vs WordPress.org: Apa Perbedaannya?

Apakah Anda tahu bahwa WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform yang berbeda? Masih ada banyak orang yang menganggap bahwa kedua platform ini sebenarnya sama. Padahal tidak, loh!

Di artikel kali ini, kami akan membahas apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org dan mana yang cocok untuk keperluan Anda. Sebelum kita bahas perbedaannya, mari kita kenali dulu apa itu WordPress.com dan WordPress.org.

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com adalah sebuah jasa hosting yang dibuat oleh Matt Mullenweg. Karena dia juga yang membuat WordPress.org, banyak orang salah menganggap bahwa mereka adalah platform yang sama.

Di WordPress.com, Anda bisa memilih di antara 5 plan:

Free – gratis tapi terbatas

Personal – $36 per tahun

Premium – $99 per tahun

Business – $299 per tahun

VIP – mulai dari $5000 per bulan

Baca Juga: Lupa Password WordPress? Tenang, Ini Cara Mengatasinya

Kelebihan WordPress.com

Banyak orang yang baru memulai hobi bloggingnya memilih untuk menggunakan paket gratis WordPress.com. Dengan paket gratisnya, Anda mendapatkan space sebanyak 3GB. Kalau nantinya Anda membutuhkan banyak space, Anda bisa tinggal mengupgrade plan Anda sesuai kebutuhan. Anda juga tidak perlu khawatir soal update dan backup karena WordPress.com akan melakukan semuanya untuk Anda.

Kekurangan WordPress.com

Tetapi, WordPress.com juga memiliki berbagai batasan. Anda tidak bisa menginstall plugins atau themes Anda sendiri kecuali Anda memilih plan business. Padahal plugins dan themes adalah beberapa hal penting yang kemungkinan besar Anda perlukan dalam mengelola website. Plugin dan themes mempermudah pilihan kustomisasi Anda.

Selain itu, kalau Anda menggunakan plan gratis WordPress.com, pengunjung website Anda akan melihat ads dan Anda tidak akan mendapat uang apapun dari situ. Anda juga tidak bisa memasang ads menggunakan Google Ads atau software lain.

WordPress memiliki program advertising mereka sendiri yang disebut dengan nama WordAds. Program ini hanya bisa Anda gunakan kalau Anda menggunakan paket berbayar dari WordPress. Tidak hanya itu, Anda juga harus berbagi hasil dengan WordPress.

Pastikan juga bahwa website Anda tidak menyalahi aturan WordPress. Karena kalau mereka menganggap Anda melanggar aturan yang ada, mereka bisa menghapus website Anda kapan saja.

Bagi Anda yang ingin membuat website professional, Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan WordPress.com yang gratis. Ini karena URL Anda akan diikuti dengan akhiran wordpress.com. Selain itu, jika Anda berencana membuka e-commerce atau website yang membutuhkan membership, Anda tidak bisa membangun website jenis ini dengan menggunakan WordPress.com versi gratis.

Baca Juga: Cara Mengatasi Visual Editor WordPress Tidak Muncul

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org adalah sebuah platform website populer yang pasti sudah Anda kenal. Content Management System (CMS) yang satu ini bersifat open source dan 100% gratis untuk digunakan. Untuk memiliki website dengan WordPress.org, Anda harus beli domain dan juga cloud hosting cepat. Oleh karena inilah WordPress.org sering disebut juga self-hosted WordPress.

Kelebihan WordPress.org

Kalau Anda menggunakan WordPress.org, Anda memiliki kontrol penuh atas website Anda. Anda bebas mengelola dan mengatur tampilan website; mulai dari themes sampai plugins. Selain itu, data yang ada pada website Anda juga benar-benar menjadi milik Anda. WordPress tidak bisa menghapus website Anda begitu saja.

Bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari blog, Anda bisa memasang iklan sesuka Anda di website Anda tanpa harus membagi hasil dengan WordPress. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools seperti Google Analytics untuk membantu melihat perkembangan website Anda.

Kalau Anda ingin membuat website e-commerce, Anda bisa memanfaatkan WordPress untuk membuat toko online untuk menjual produk. Selain itu, Anda juga bebas memasang payment gateway yang Anda ingin gunakan. Anda tentunya juga pasti bisa membuat website yang bersifat membership dan membangun komunitas online melalui website Anda.

Kekurangan WordPress.org

Karena Anda harus memiliki kontrol penuh atas website ini, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk mengurus backups website. Tenang saja karena untuk melakukan ini, ada banyak plugin WordPress yang tersedia.

Seperti semua website, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk hosting. Ada banyak pilihan hosting Indonesia yang bisa Anda temukan di luar sana. Tetapi, biaya hosting juga akan meningkat sejalan dengan semakin berkembangnya website Anda.

Nah, Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga bisa menemukan hosting murah Indonesia seperti Dewaweb. Kami menyediakan paket-paket hosting dengan harga terjangkau untuk kebutuhan hosting Anda. Selain itu, untuk paket hosting tahunan, Anda bisa mendapatkan domain gratis loh!

Sebenarnya, untuk biaya membangun sebuah website dengan WordPress.org, semuanya tergantung dengan jenis website apa yang ingin Anda buat. Selain itu, ada juga beberapa faktor lain seperti misalnya apakah Anda menggunakan template gratis atau premium, plugin gratis atau premium, dan sebagainya.

Baca Juga: 15 Tips dan Trik .htaccess Untuk Website WordPress

WordPress.com vs WordPress.org: Mana Yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, banyak orang yang suka bertanya, mana yang lebih baik, WordPress.com atau WordPress.org? Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan Anda.

Kalau Anda ingin membuat website dan bukan untuk keperluan khusus, tidak ada salahnya untuk menggunakan WordPress.com.

Tetapi, jika Anda pebisnis atau blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog, kami sarankan Anda menggunakan WordPress.org. Dengan WordPress.org, Anda memiliki lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam mengembangkan website Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang blogger professional atau pemilik bisnis. Bahkan brand besar seperti Disney saja percaya dengan WordPress.org. Jadi sudah pasti bagus bukan?