Apa Itu Buffering, Penyebab, dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Itu Buffering, Penyebab, dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Sebagai pengguna internet, pasti kamu sudah pernah mendengar buffering. Buffering adalah hal yang sering ditemukan ketika menonton video secara streaming, biasanya ini disebabkan karena koneksi internet yang buruk.

Tapi meski sudah familiar, apakah kamu sudah benar-benar tahu apa itu buffering, penyebab hingga cara mengatasinya? Maka dari itu ikuti terus penjelasan Dewaweb kali ini hingga akhir ya!

Baca Juga: 10 Cara Mudah untuk Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Apa Itu Buffering?

Buffering adalah istilah yang sering disebutkan oleh pengguna internet saat menonton streaming video. Buffering dapat diartikan ketika kamu menonton video namun terjadi hambatan terhadap akses data ke file audio atau video tersebut.  Sehingga browser atau aplikasi mengalami kesulitan untuk menampilkan video secara realtime. 

Sederhananya buffering adalah terjadinya delay pada proses pemutaran file.  Tanda jika terjadi proses buffering yaitu adanya tanda lingkaran putih yang berputar secara terus menerus seperti gambar berikut.

contoh buffering

Buffering juga mirip dengan loading. Namun loading biasa ditemukan ketika kamu hendak memuat file di komputer. Biasanya kamu perlu menunggu beberapa saat sampai file terbuka.

Nah, hal ini mirip dengan buffering hanya saja bedanya jika buffering terjadi karena kecepatan internet yang lambat, maka penyebab loading adalah kecepatan perangkat atau hardware yang cukup lambat sehingga kamu membutuhkan waktu beberapa saat agar file benar-benar terbuka.

Buffering terjadi bukan tanpa sebab, di bawah ini terdapat beberapa penyebab buffering yang bisa terjadi ketika menonton video.

Baca Juga: Apa Itu Mbps? Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan MBps

Penyebab Buffering

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang menyebabkan buffering terjadi, apakah selalu dari koneksi internet, atau bisa dari yang lain? Nah penyebab buffering adalah sebagai berikut.

Banyaknya pengguna yang mengakses video

Penyebab pertama adalah banyaknya pengguna yang mengakses video tersebut. Hal ini terjadi karena masing-masing perangkat pengguna berlomba untuk bisa mengaksesnya, namun kapasitas penyedia video tidak mencukupi sehingga terjadilah buffering.

Contohnya ketika kamu menonton live streaming dan tiba-tiba terjadi buffering, hal itu terjadi karena banyak pengguna yang menonton bersamaan. 

Layanan ISP yang Kurang Tepat

Selain banyak yang mengakses video tersebut, layanan ISP juga seringkali menjadi penyebabnya. Pemilihan ISP provider yang kurang tepat dapat membuat kualitas streaming menurun. 

Karena ISP memiliki peranan penting dalam proses pemutaran video, jika ISP yang kamu gunakan buruk atau tidak ada sinyal maka buffering akan langsung terasa. Selain karena sinyal yang tidak kuat, biasanya ada beberapa ISP yang bermasalah dengan platform atau aplikasi yang sedang kamu gunakan. 

Maka dari itu ketika hendak melakukan streaming video, pastikan gunakan layanan ISP dengan sinyal yang kuat dan mendukung aplikasi streaming tersebut. Sehingga hasil streaming kamu bisa lebih lancar dan maksimal. 

Baca Juga: 11+ Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh agar Performa Kencang

Bagaimana Cara Mengatasi Buffering?

Setelah mengetahui apa saja penyebab buffering, selanjutnya kamu harus tahu bagaimana mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi. Nah di bawah ini cara mengatasi buffering adalah sebagai berikut.

Memilih kualitas video

cara mengatasi buffering - pilih kualitas video

Ketika video kamu buffering tapi ingin tetap melanjutkan nonton, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memilih atau menurunkan kualitas video lebih kecil dari yang sebelumnya.

Karena ketika internet kamu lambat tapi tetap memaksakan nonton dengan kualitas yang tinggi pasti akan terjadi buffering. Semakin kecil kualitas yang kamu pilih maka semakin kecil juga ukuran file video tersebut. Nah, apabila koneksi kamu sedang lambat, ukuran file yang kecil bisa lebih cepat diputar oleh aplikasi. 

Tetapi resikonya kamu harus menonton streaming dengan kualitas gambar yang kurang begitu bagus atau tidak sejernih jika menggunakan resolusi tinggi. 

Baca Juga: Cara Mengkompres File: Gambar, PDF, dan File Zip

Hentikan video atau audio untuk beberapa saat

Cara kedua yaitu menghentikan atau pause video untuk beberapa saat. Ketika melakukan ini, maka jaringan internet kamu akan memuat buffer tersebut untuk beberapa detik atau menit ke depan. 

Untuk melihat sudah sejauh mana buffer dimuat, kamu bisa lihat pada garis pemutar video setelah titik pause tersebut. Jika garis putih samar-samar tersebut sudah cukup panjang setidaknya beberapa menit ke depan, kamu bisa melanjutkan menontonnya.

Hentikan aktivitas internet lainnya

Aktivitas internet lain seperti membuka aplikasi atau mengunduh file pasti membutuhkan koneksi internet juga. Maka dari itu jika kamu ingin streaming lancar tanpa buffering, pastikan hentikan aktivitas internet lain.

Jangan lupa juga untuk membersihkan riwayat di handphone kamu agar tidak berjalan di belakang layar.

Menggunakan koneksi internet yang cepat

Selanjutnya cara mengatasi buffering adalah dengan menggunakan koneksi internet yang cepat, seperti yang sudah dijelaskan di atas semakin bagus koneksinya maka kemungkinan terjadinya buffering akan semakin kecil juga. Kamu bisa menggunakan WiFi atau data seluler pribadi asalkan koneksinya bagus.

Saat ini sudah banyak layanan ISP yang bisa menawarkan kecepatan tinggi, kamu bebas memilihnya sesuai kebutuhan.

Kurangi penggunaan plugin pada browser

kurangi plugin browser

Cara terakhir dalam mengatasi buffering adalah dengan tidak menggunakan plugin terlalu banyak pada browser. Seringkali aplikasi browser yang berat disebabkan oleh plugin yang terlalu banyak dan hal itu dapat memicu terjadinya buffering.

Sehingga ada baiknya kurangi penggunaan plugin dan pilih yang paling dibutuhkan saja, sisanya bisa kamu disable atau copot extensionnya.

Sudah Tahu Apa Itu Buffering?

Sekarang kamu sudah lebih tahu apa itu buffering, buffering adalah terjadinya hambatan pada proses pemutaran video atau audio secara streaming, sehingga pemutaran tidak berjalan dengan lancar secara realtime. 

Ada banyak penyebab buffering, seperti koneksi internet yang kurang bagus hingga banyaknya pengguna yang menggunakan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi terjadinya buffering. Selamat mencoba ya, semoga artikel ini membantu!