Apa itu Positive SSL yang Penting untuk Keamanan Website?

Apa itu Positive SSL yang Penting untuk Keamanan Website?

Keamanan digital menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan oleh setiap website, salah satunya bisa dimulai dengan mengimplementasikan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). Di antara banyaknya sertifikat SSL yang dimiliki, Positive SSL menjadi solusi terbaik dengan biaya terjangkau, namun tetap bisa diandalkan.

Positive SSL memberikan perlindungan yang diperlukan untuk transmisi data yang aman di seluruh internet. Tidak hanya itu, menurut laman SSL Dragon, tingkat keamanan yang dimiliki oleh Positive SSL sudah dipercaya lebih dari 99,9% oleh pengguna internet saat ini.

Supaya lebih jelas memahami pengertian dari Positive SSL, yuk, simak informasi tentang jenis SSL ini pada artikel di bawah ini.

Baca juga: Panduan Cara Install SSL di Server IIS

Apa itu Positive SSL?

Positive SSL adalah produk SSL yang bersifat single domain SSL yang ditawarkan oleh Sectigo. Sebagai informasi, single domain SSL merupakan tipe SSL yang hanya  dapat digunakan oleh 1 nama domain saja.

Jadi, jika kamu memiliki domain dengan nama ourbeautycatalogue.com, maka tipe SSL ini saja yang akan melindungi nama domain tersebut. Hal tersebut disebabkan karena adanya kode CSR (Certificate Signing Request) yang nantinya akan memberikan kamu sertifikat SSL yang memvalidasi identitas situs web dan menyediakan lapisan keamanan tambahan.

Baca juga: Wildcard SSL Amankan Domain dan Subdomain, Cocok Untukmu?

Keunggulan Positive SSL

Usai mengetahui pengertian lengkap dari Positive SSL, lantas apa saja keuntungan atau keunggulan positive SSL yang akan kamu rasakan ketika kamu menggunakannya? Berikut informasi lengkapnya.

  • Biaya yang terjangkau. Positive SSL menawarkan biaya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan produk SSL yang lainnya. Namun, tingkat keamanannya jauh lebih tinggi.
  • Enkripsi dengan level tinggi. Proses enkripsi pada Positive SSL sebesar 256-bit. Sebagai informasi, enkripsi 256-bit merupakan angka dengan level tertinggi dalam proses enkripsi.
  • Penerbitan sertifikat yang cepat. Pada Positive SSL, proses penerbitan sertifikatnya cukup cepat. Kendati demikian, lama atau cepatnya penerbitan sertifikat, tergantung dari proses verifikasi yang dilakukan oleh otoritas sertifikasi (CA).

Baca juga: Mengenal Apa itu Comodo SSL, Jenis, dan Kegunaannya

Cara Order Positive SSL di Dewaweb

Melihat bagaimana peran Positive SSL sangat penting dalam meningkatkan keamanan website. Maka itu, kamu tidak perlu ragu untuk membeli sertifikat Positive SSL. Nah, berikut ada cara mudah order Positive SSL di Dewaweb. Simak sampai habis, ya!

1. Masuk ke website Dewaweb

Langkah pertama order Positive SSL di Dewaweb yakni dengan masuk ke website Dewaweb, kemudian kamu dapat memilih menu ‘Services’, lalu klik ‘SSL Certificate‘.

cara order psositive ssl di Dewaweb

cara order positive ssl di dewaweb - buka website dewaweb

2. Pilih Positive SSL

Selanjutnya, kamu bisa memilih Positive SSL yang akan digunakan.

pilih positive ssl yang akan dibeli

3. Ketik nama domain

Usai memilih positive SSL yang ingin digunakan, isi nama domain yang akan dilindungi oleh sertifikat Positive SSL.

cara order positive ssl di dewaweb - ketik nama domain

4. Melakukan pemesanan

Kemudian, kamu tinggal melakukan pemesanan. 

melakukan pemesanan

5. Lakukan Verifikasi/Validasi Domain

Setelah pembayaran, kamu perlu melakukan verifikasi atau validasi domain terlebih dahulu. Di Dewaweb sendiri, ada beberapa cara dalam melakukan verifikasi, mulai dari email, DNS, hingga http. Supaya kamu memiliki gambaran tentang bagaimana melakukan verifikasi, berikut informasinya.

a. Email

  1. Usai melakukan pembayaran, kirimkan email yang digunakan untuk validasi domain kepada Ninja Support: admin@namadomain/postmaster@namadomain.
  2. Kemudian, cek di inbox email untuk mendapatkan emaill dari provider SSL.
  3. Setelahnya, click url yang diberikan dalam email tersebut dan lakukan validasi.
  4. Terakhir, sertifikat SSL akan dikirimkan.

b. HTTP

  1. Usai melakukan pembayaran, Ninja Support akan mengirimkan file authnya dalam bentuk txt.
  2. Kemudian, kamu bisa mengupload file tersebut di http://yourdomain/.well-known/pki-validation/fileauth.txt (apabila folder .well-known/pki-validation belum ada, dapat dicreate terlebih dahulu)
  3. Jika sudah diupload, silakan memberi info kepada Ninja Support dan tunggu proses validasinya selesai.

c. DNS

  1. Usai melakukan pembayaran, kamu bisa membuka manage DNS domain dan buat record txt baru.
  2. Pada destination TXT, paste kode unik yang diperoleh dari Ninja Support.
  3. Lalu, pada host/name biarkan kosong, atau gunakan simbol @ (tergantung pada persyaratan penyedia DNS)
  4. Save record.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis SSL (Secure Socket Layer)

Yuk, Order Positive SSL untuk Mengamankan Website Kamu!

Positive SSL adalah produk SSL yang bersifat single domain SSL yang ditawarkan oleh Sectigo. Adanya sertifikat jenis ini dapat membantu kamu meningkatkan keamanan website dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan SSL certificate dari Dewaweb, karena kualitasnya sudah terbukti dengan menjadi salah satu SSL terbaik dan terpercaya di Indonesia dengan sertifikat keamanan ISO 27001.

Yuk, tunggu apalagi? Mari amankan website kamu dengan menggunakan Positive SSL dari Dewaweb.