WWW (Word Wide Web): Pengertian, Fungsi, dan Sejarahnya

WWW (Word Wide Web): Pengertian, Fungsi, dan Sejarahnya

WWW (World Wide Web) dan internet merupakan dua istilah yang sering dianggap sama oleh kebanyakan orang awam. Padahal dalam kenyataannya, WWW dan internet memiliki arti dan manfaat yang sangat berbeda.

Sederhananya, WWW adalah kumpulan situs yang terhubung ke komputer lokal melalui internet. Jadi, WWW hanya bisa bekerja apabila internet yang digunakan berhasil tersambung dengan semestinya. Artinya, internet adalah koneksi jaringan yang memungkinkan seseorang untuk bisa mengakses WWW.

Kamu ingin tahu lebih banyak tentang WWW, mulai dari pengertian, sejarah, cara kerja, hingga fungsi-fungsinya? Simak informasinya pada artikel yang sudah Dewaweb rangkum di bawah ini, ya!

Baca juga: Cara Buat Website dan Blog di Weebly, Gratis dan Mudah!

Apa Itu WWW?

WWW adalah ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam/ URI untuk mengenali sumber daya berguna. Dalam penerapannya, kepanjangan dari WWW adalah World Wide Web atau bisa disebut juga dengan website.

Supaya kamu lebih memahami tentang pengertian WWW, berikut definisi WWW yang disampaikan oleh para ahli, di antaranya:

  • Menurut McLeod, WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  • Menurut V. Djong, WWW adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protokol HTTP, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, sebagai contoh www.dewaweb.com
  • Menurut Akbar Kaelola, WWW adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.
  • Menurut Lisa Kuswayatno, WWW adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.
  • Menurut F. Budi Hardiman, WWW adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa WWW dan internet merupakan dua istilah yang berbeda dan tidak bisa disamakan. Meski demikian, kehadiran internet sangat dibutuhkan agar WWW bisa bekerja dengan maksimal.

Baca juga: 11 Website Video Template Animasi Gratis untuk Kontenmu

Sejarah Perkembangan WWW

WWW pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Untuk bisa mencapai titik seperti ini, WWW melewati cukup banyak proses dan perkembangan yang panjang. Hingga pada akhirnya, pada tahun 2009, Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang sejarah perkembangan WWW atau website.

Tahun 1989, Tim Berners Lee pertama kali mengungkapkan idenya membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi. 

Setelah itu di tahun 1990, Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Satu tahun berikut, tepatnya 1991, Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.

Tahun 1993, Marc Andersen dan timnya dari NCSA menciptakan web browser yang dinamakan Mosaic dan berbasis grafik untuk OS X-Windows. Pada 1994, Andersen bekerjasama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser.

Selang satu tahun berikutnya, perkembangan website semakin berkembang. Bahkan di beberapa tempat, terdapat 300.000 website yang sebelumnya hanya sekitar 50 website aja.

Lalu di tahun 2009, Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, dimana tujuannya adalah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Baca juga: Perbedaan Website Statis dan Website Dinamis Beserta Contohnya

Cara Kerja WWW

Cara kerja WWW tidak sesederhana yang dipikirkan, ada banyak hal yang harus dipelajari untuk bisa memahami dengan jelas bagaimana menggunakan website. Sebagai informasi, WWW bekerja sesuai dengan format dari client, kemudian server akan menyimpan dan mentransfernya ke halaman web.

cara kerja www

Pada umumnya, server WWW mengatur informasi yang diminta menjadi hypertext dengan gambar dan teks melalui Hypertext Markup Language (HTML), dan menggunakan tautan untuk pergi dari satu situs ke situs lainnya.

Sebagaimana yang diketahui, ketika kamu membuka browser dan mengetik URL, ada tiga teknologi utama yang terlibat di dalamnya untuk mentransfer informasi dari server ke klien. Teknologi-teknologi tersebut, ialah HTML, HTTP, dan browser web.

  • HTML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman suatu web.
  • HTTP adalah kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protocol yang memungkinkan WWW bekerja dengan lancar dan efektif.
  • Web browser adalah program website yang bertujuan untuk menampilkan suatu teks, data, gambar, video, hingga animasi, dan lainnya.

Baca juga: 9 Contoh Header Website Terbaik, Bikin Website Tampil Keren!

Fungsi WWW

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya WWW sangat bermanfaat bagi seseorang yang ingin mencari data dan informasi dengan akses yang mudah dan cepat. Namun fungsi WWW tidak hanya itu saja, ada berbagai macam fungsi lainnya yang perlu untuk diketahui. Berikut informasinya.

Search Engine

Search engine/mesin pencari adalah fitur gratis yang bertujuan untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan begitu, kamu bisa berselancar mencari informasi dengan mudah di WWW. Beberapa search engine yang populer dan mudah digunakan adalah Google, Bling, Yahoo!, hingga Search.

Web Hosting

Fungsi selanjutnya dari WWW yakni sebagai web hosting. Sebagai informasi, web hosting adalah layanan yang memungkinkan seseorang atau kelompok untuk dapat mengirim situs web ke internet. 

Web hosting ini hanya bisa diakses apabila domain website tersebut sudah terhubung dengan web hosting tempat menyimpan data base. Jika kamu belum memiliki domain, Dewaweb menyediakan layanan hosting dengan tingkat keamanan yang sudah bersertifikat. 

Web Mail Service

Web mail service merupakan layanan yang menawarkan akses mudah dan penyimpan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke internet dari lokasi biasanya. Berikut beberapa layanan web mail service yang populer, di antaranya Yahoo!, Mail, Gmail, Hotmail, dan lain sebagainya.

Portal

Portal adalah lokasi pribadi yang ada di internet dan bertugas untuk menitik akses ke informasi yang sudah tersedia d WWW. Adapun beberapa portal di WWW yang cukup populer, di antaranya Facebook, Twitter hingga Gmail.

Baca juga: Domain Gratis yang bisa Dipakai untuk Membuat Website

Kesimpulan

WWW adalah ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam/ URI untuk mengenali sumber daya berguna.

WWW sering disamakan dengan internet, padahal kedua istilah memiliki pengertian yang berbeda-beda. Pada tahun 2009, Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, dimana tujuannya adalah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia. Semenjak didirikannya, WWW telah menghasilkan berbagai macam fungsi, di antaranya search engine, web mail service, portal, hingga web hosting.