Cara Live Instagram Paling Mudah Buat Kamu Si Pemula

Cara Live Instagram Paling Mudah Buat Kamu Si Pemula

Seorang pelaku bisnis maupun content creator harus mengerti bagaimana cara live Instagram yang tepat agar bisa memberikan dampak yang maksimal baik dari segi engagement maupun penjualan.

Live Instagram menjadi salah satu fitur populer yang digunakan banyak user, bahkan sekitar 100 juta orang menonton live Instagram setiap harinya, hal tersebut tentu dapat menjadi peluang besar bagi kamu. 

Jika kamu sebelumnya belum pernah melakukan live sama sekali, tidak perlu khawatir karena Dewaweb akan memandu bagaimana live streaming IG yang tepat, jadi simak terus sampai akhir ya!

Cara Live Instagram

Fitur live pada Instagram menjadi salah satu alat penting bagi berbagai pengguna, seperti selebgram, influencer, dan bisnis, karena memberikan kesempatan berinteraksi secara langsung dengan pengikut mereka. Fitur ini biasanya digunakan pengguna ketika mereka ingin melakukan endorsement, sebuah event, berbagi keseharian, atau yang lainnya.

Dari fungsi-fungsi tersebut, kamu akan tahu tujuan apa yang akan dicapai dari live tersebut, sehingga niche marketnya bisa sesuai dan tidak salah sasaran. 

Sedangkan bagi pelaku bisnis, penting untuk memperhatikan waktu live Instagram karena terdapat jam-jam di mana followers banyak yang aktif sehingga akan lebih efektif. Langsung saja berikut beberapa langkah cara live Instagram untuk kamu si pemula.

Baca Juga: 10 Fitur Instagram yang Dapat Membantu Memasarkan Produk

1. Buka Aplikasi dan Ketuk Opsi ‘Live’

Langkah pertama buka aplikasi Instagram yang telah kamu pasang di handphone. Setelah masuk, pada bagian kiri gulirkan ke kanan agar muncul tampilan di bawah ini lalu pilih LIVE.

buka aplikasi - cara live instagram

Selain itu kamu juga bisa menemukan fitur live dengan mengetuk ikon Your story di pojok kiri atas. Kemudian klik kamera, gulir ke kanan dan pilih LANGSUNG.

cara live instagram paling mudah

Atau, menemukan ikon live dengan cara klik Profil > klik ikon plus (+) di pojok kanan atas lalu pilih Siaran langsung.

klik kamera lalu pilih langsung - cara live instagram

2. Tambahkan Judul

Setelah itu kamu bisa menambahkan judul live IG untuk menarik perhatian penonton. Bagi pelaku bisnis yang menggunakan siaran langsung sebagai media promosi, judul menjadi hal yang harus ditambahkan.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh ide judul siaran langsung, khususnya bagi pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produknya.

  • Sesi Belanja Seru: Live Showcase Produk Terbaru!”
  • “Tawaran Terbatas: Live Sale Langsung dari Gudang Kami!”
  • “Fashion Flash Sale: Tren Terbaru Live dari Catwalk!”
  • “Tanya Seputar Produk: Live Tips dan Rekomendasi Khusus!”
  • “Bazaar Online: Live Preview Koleksi Spesial Hari Ini!”
  • “Persembahan Khusus: Live Penawaran Spesial Hari Ini!”
  • “Sesi Unboxing: Live Pembukaan Produk Baru Langsung!”
  • “Diskon Heboh: Live Rilis Kode Promo Terbatas!”

Berikut cara memasukan judul siaran langsung, klik ikon garis tiga di bagian samping atas, kemudian masukan judul yang kamu inginkan, klik Add title.

tambahkan judul - cara live instagram paling mudah

Baca Juga: 9+ Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Sukseskan Bisnis

3. Jadwalkan Waktu Live (Jika Ingin)

Selain mengatur judul, kamu juga bisa menjadwalkan waktu live jika dibutuhkan. Jadwal ini dapat menjadi reminder bagi kamu dan audiens yang berniat menonton live IG kamu.

Khususnya, bagi para pelaku bisnis terdapat jam-jam di mana audiens lebih ramai dari biasanya dan banyak yang aktif, pada waktu inilah kamu juga bisa menjadwalkan live.

Waktu terbaik siaran langsung tentu berbeda pada setiap akun, hal ini juga berkaitan dengan jenis konten apa yang akan kamu bagikan. Namun menurut Uscreen.tv, waktu terbaik untuk live Instagram yaitu pada hari kerja Senin – Jumat pukul 12 siang ketika jam istirahat atau pukul 7 – 9 malam.

Tapi ingat kembali bahwa waktu yang tepat tergantung dengan audiens yang kamu tuju. 

Biasanya siaran langsung untuk event atau mini talkshow kebanyakan akan dilakukan malam hari karena menunggu pengguna selesai melakukan rutinitas pekerjaannya.

jadwalkan waktu live

4. Manfaatkan Fitur-Fitur yang Ada

Saat melakukan siaran langsung di Instagram, penting untuk memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik siaran kamu. 

Pertama, daripada hanya menggunakan kamera depan, cobalah beralih antara kamera depan dan belakang sesuai kebutuhan agar konten yang ditampilkan lebih bervariasi dan menarik. 

Selain itu, kamu juga dapat eksperimen dengan berbagai filter yang disediakan oleh Instagram untuk meningkatkan tampilan visual siaran langsung. Dengan mencoba beberapa filter sebelum siaran, kamu dapat menemukan yang paling sesuai dengan suasana live. Selain itu, penggunaan stiker interaktif seperti tanya jawab atau polling dapat melibatkan pengikut secara langsung, sehingga memperkuat interaksi dengan audiens. 

Terakhir, manfaatkan juga fitur split screen untuk mengundang tamu atau kolaborator dalam live kamu.

Baca Juga: Intip Jadwal Posting Instagram yang Membawa Engagement

5. Klik ‘Go Live’

Setelah semuanya ready, sekarang saatnya untuk memulai siaran dengan mengetuk tombol Go Live. Jangan lupa persiapkan diri kamu untuk menyapa dan bertemu teman-teman audiens.

6. Tambahkan Komentar dan Sematkan

Selain memanfaatkan fitur visual, kamu juga dapat menambahkan komentar yang disematkan selama siaran langsung.

Komentar yang disematkan dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan, seperti detail produk, harga spesial, atau bahkan link yang mengarah langsung ke halaman pembelian. Dengan demikian, penonton dapat dengan mudah mengakses informasi lebih lanjut tanpa harus meninggalkan atau mencari ulang siaran.

7. Akhiri Live

Apabila siaran langsung sudah dirasa cukup, akhiri live dengan memilih ikon close (x) di pojok kanan atas, lalu pilih Akhiri Video. 

Setelah itu kamu diminta untuk memilih untuk melihat hasil siaran langsung di arsip, menghapus hasil, siaran, atau membagikannya di akun kamu agar bisa ditonton kembali oleh audiens.

cara live instagram - akhiri live

Sudah Paham Bagaimana Cara Live Instagram?

Bagaimana, sekarang kamu sudah lebih paham kan bagaimana cara live Instagram, terlebih bagi kamu si pemula yang baru ingin aktif di Instagram, maupun pelaku bisnis yang baru terjun.

Langkah melakukan live Instagram dimulai dari memasang aplikasi di handphone, memilih fitur live, memasukan judul, menjadwalkan waktu siaran, menggunakan fitur-fitur pendukung seperti filter, dan menambahkan komentar yang disematkan.

Apabila langkah di atas kamu ikuti secara tepat, maka kamu bisa melakukan live dengan lancar dan bisa berinteraksi secara nyaman pada audiens. 

Untuk mendapatkan informasi dan insight menarik seputar Instagram, bisnis, digital marketing, atau yang lain. Jangan lupa ikuti terus blog Dewaweb dan temukan banyak artikel informatif di sana, jangan sampai ketinggalan update terbarunya ya!