Cara Membuat Website dan Blog di HP, Gak Perlu Komputer!

Cara Membuat Website dan Blog di HP, Gak Perlu Komputer!

Kebutuhan akan informasi dari internet membuat website semakin banyak dibutuhkan saat ini. Apalagi dengan beragam aktivitas yang dapat dilakukan salah satunya seperti strategi promosi untuk bisnis.

Hal tersebut membuat website banyak dipesan oleh banyak orang, padahal kamu juga bisa membuat website sendiri lho. Tenang saja, tidak perlu laptop, komputer atau jago bahasa pemrograman.

Karena di sini kamu akan membuat website di HP cukup menggunakan aplikasi WordPress yang dapat kamu download di PlayStore atau App Store.

Mengapa WordPress untuk Membuat Website?

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat website, setiap platform tersebut tentu memiliki kurang dan lebihnya masing – masing.

Namun, WordPress merupakan salah satu platform populer yang sering digunakan untuk buat website di HP maupun di komputer. Lalu seperti apa kelebihannya? Berikut beberapa poinnya.

1. Bersifat Open-Source

Mungkin diantara kamu banyak yang bertanya, ketika membuat website tidak dari nol atau menggunakan platform pihak ketiga apakah nanti bisa dirubah atau diedit sesuai keinginan?

Kamu tidak perlu khawatir, salah satu keunggulan WordPress yaitu bersifat open source. Artinya kamu dapat memodifikasi program yang terdapat di WordPress.

Itulah mengapa saat ini banyak plugin WordPress dan tools bermunculan yang dapat digunakan untuk menambah fitur di WordPress. Hal tersebut merupakan contoh nyata jika WordPress bersifat open source.

2. Fleksibilitas tinggi

Kebutuhan website setiap orang tentu berbeda. Ada yang butuh untuk membuat blog pribadi, website company profile, website portfolio dan masih banyak yang lain.

Dengan berbagai jenis website tersebut WordPress dapat membantu kamu untuk mewujudkan website sesuai kebutuhan. Mereka memberikan banyak opsi ketika kamu hendak membuatnya.

Jadi, jangan khawatir kamu bisa membuat berbagai jenis website hanya dengan satu platform saja.

3. Mudah Dipelajari

Apabila kamu seorang pemula yang baru saja ingin memulai buat website di HP, maka penting untuk kamu mencari platform dengan UI yang intuitif dan mudah dipahami.

Nah, keunggulan yang terakhir dari WordPress yaitu tampilannya yang sangat intuitif dan mudah dipelajari, bahkan bagi seseorang yang belum memiliki pengalaman membuat website sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan platform pembuatan website lainnya, WordPress adalah yang paling mudah digunakan. Tidak heran jika saat ini 43% dari seluruh website di dunia dibuat menggunakan WordPress.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan WordPress untuk membuat website di HP. Yuk langsung saja cari tahu caranya.

Cara Membuat website di HP dengan WordPress

Pada tutorial kali ini kamu akan menggunakan aplikasi WordPress.com dan ingat ya bukan WordPress.org karena itu platform yang berbeda.

1. Unduh aplikasi WordPress

Untuk langkah cara membuat website di HP pertama yaitu unduh aplikasi WordPress.com di hp kamu. Untuk tutorial ini, kami menggunakan perangkat Android — namun kamu juga dapat mengikuti instruksi ini di perangkat Apple.

Setelah menginstal aplikasinya, buka dan pilih login atau daftar dengan WordPress.com.

Cara membuat website di HP - Install WordPress dan klik login atau daftar

Lalu, masukan alamat email aktif yang akan kamu daftarkan untuk membuat akun WordPress. Kamu juga dapat menggunakan akun Google untuk proses ini. Setelah itu kamu perlu memeriksa email untuk verifikasi pendaftaran.

Pilih periksa email untuk mendapatkan link-nya. Lanjutkan proses pendaftaran dengan meng-klik Daftar ke WordPress.com.

2. Tentukan nama website

Setelah berhasil login ke aplikasi WordPress, pilih Buat situs baru untuk mulai membuat website.

Kemudian pilih nama domain yang ingin kamu gunakan. Di sini kami menggunakan contoh domain akalmuda.wordpress.com, setelah itu klik Buat Situs.

Lalu nanti muncul tampilan situs yang berhasil kamu buat dan pilih OK untuk melanjutkan pengaturan.

Klik buat situs baru dan pilih domain

3. Sesuaikan pengaturan website

Apabila situs website sudah berhasil dibuat, kamu bisa lanjutkan untuk menyesuaikan pengaturan seperti mengganti judul, logo, dan slogan situs.

Untuk menyesuaikan pengaturan website kamu, klik menu Pengaturan Situs. Di sini kamu dapat menemukan berbagai pengaturan yang dapat kamu ubah sesuai kebutuhan.

Edit judul situs

Selain judul situs, kamu juga dapat mengganti slogan. Caranya sama seperti sebelumnya, pilih Pengaturan Situs > Slogan lalu masukan slogan yang sesuai dengan website kamu terakhir pilih OK.

Edit slogan situs

4. Buat halaman atau artikel pertama

Setelah selesai menyesuaikan pengaturan website, kamu kamu dapat mulai membuat halaman atau postingan pertama kamu.

Di sini kami akan mencontohkan cara membuat artikel di WordPress, pilih ikon plus (+) di bagian bawah selanjutnya pilih Pos blog.

Setelah selesai menulis artikel, klik menu TERBITKAN di pojok kanan atas lalu pilih PUBLIKASIKAN SEKARANG.

Buat pos di wordpress dan publikasikan

Jika artikel berhasil dipublish, kamu bisa mengeceknya di bagian DIPUBLIKASIKAN. Kira – kira seperti ini contoh tampilan artikel yang sudah diterbitkan.

Terbitkan artikel di WordPress

Baca Juga: Langkah Mudah bagi Pemula untuk Buat Blog di WordPress

Kekurangan Menggunakan WordPress.com untuk Membuat Website

Setelah tahu bagaimana cara membuat website di HP dengan segala keunggulan yang dimiliki WordPress masih ada beberapa kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan kamu.

Diantaranya sebagai berikut.

1. Biaya Hosting dan Domain Relatif Mahal

Ketika kamu membuat website menggukan WordPress.com secara gratis, kamu akan diharuskan menggunakan domain wordpress (contoh: akalmuda.wordpress.com).

Apabila kamu ingin menggunakan domain sendiri (contoh: akalmuda.com) maka kamu harus berlangganan paket hosting premium yang relatif mahal dari Rp44 ribu/bulan.

Selain itu, kamu juga perlu paket premium bisnis seharga Rp399 ribu/bulan untuk dapat memasang plugin di website kamu.

Harga Hosting WordPress.com

Cukup mahal, bukan?

Jika dibandingkan dengan paket premium WordPress.com, perpaduan web hosting Dewaweb dengan aplikasi WordPress.org adalah solusi yang lebih masuk akal. Ketika kamu berlangganan hosting Dewaweb, selain mendapat akses ke puluhan ribu plugin gratis WordPress, kamu juga akan mendapatkan:

  • Domain gratis (untuk paket tahunan)
  • Plugin premium
  • Tema premium
  • SSL gratis
  • Dukungan teknis 24/7 dari Ninja Support

2. Pengaturan Lebih Terbatas

Pada WordPress memang terdapat pengaturan situs seperti judul situs, slogan, kustom tema, perizinan komentar dan masih banyak lagi. Tapi jika dibandingkan ketika kamu memiliki hosting sendiri maka kamu bisa melakukan lebih banyak pengaturan.

Seperti mengelola file website, manajemen domain, membuat subdomain baru, backup dan restore website dan masih banyak lagi.

Selain itu dengan menyewa server sendiri kamu dapat mengatur kapasitas hosting sesuai kebutuhan. Kamu bisa melihat seberapa besar disk yang masih kosong lalu apakah perlu ditambah atau tidak.

Baca Juga: Cara Membeli Hosting dan Domain

3. Proses Migrasi Sulit

Apabila menggunakan WordPress maka kamu tidak menyewa server dan hosting sendiri dan tentu kamu tidak memiliki akses ke server atau cPanel. Jika tidak memiliki akses ke server maka proses migrasi akan lebih sulit.

Padahal ketika kamu ingin bermigrasi, kamu perlu memindah segala file website dari server awal ke server yang lain nantinya. Proses pemindahan file inilah akan lebih mudah jika dilakukan lewat cPanel.

Baca Juga: Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress

Buat Website yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Bagaimana, cukup mudah dan tidak ribet kan cara membuat website di HP? Sekarang tidak memiliki laptop dan komputer bukan menjadi alasan lagi mengapa kamu tidak bisa membuat website.

Memang, membuat website dengan aplikasi gratis seperti WordPress.com adalah solusi yang tepat untuk pemula.

Namun jika kamu ingin membuat website yang tampak profesional dengan domain sendiri, tampilan menarik, dan fleksibilitas tinggi, kamu sebaiknya menggunakan hosting sendiri seperti yang disediakan oleh Dewaweb.

Jika kamu belum punya pengalaman membuat website, jangan khawatir. Kami memiliki panduan lengkap cara membuat website yang akan menuntun kamu dari awal sampai website siap publish!

Setelah itu jika kebutuhan sudah semakin tinggi segera belikan hosting disk space semakin luas dan performa semakin bagus.