Cara Mudah Memperbarui Sertifikat SSL di cPanel

Cara Mudah Memperbarui Sertifikat SSL di cPanel

Cara memperbarui sertifikat SSL perlu diketahui bagi para pengguna website, sebab penggunaan SSL bagi website sangatlah penting yakni untuk mengamankan website dan mengenkripsi pengiriman data antara server dan web browser.

Umumnya masa aktif SSL adalah satu tahun, namun juga tergantung pada jenis SSL yang dibeli. Maka dari itu, sebelum masa aktif SSL berakhir penting untuk segera memperbaruinya. 

Nah, pada artikel Dewaweb kali ini akan memberikan tutorial memperbarui sertifikat SSL di cPanel secara mudah dan cepat. Bagi kamu yang berniat memperpanjang juga, yuk simak sampai akhir!

Hal yang Harus Disiapkan

Sebelum memperpanjang SSL, ada beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu sebagai berikut.

  1. Siapkan SSL yang akan dipasang. Jika belum punya, silakan beli SSL Dewaweb.
  2. Akses ke cPanel.

Baca Juga: Pentingnya SSL untuk Memaksimalkan Kinerja Website

Cara Memperbarui Sertifikat SSL

Apabila kedua poin di atas telah disiapkan, sekarang saatnya memperbarui sertifikat SSL melalui cPanel. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa aktifnya, di antaranya seperti berikut.

  1. Login ke cPanel
  2. Pilih menu SSL/TLS
  3. Pembaruan SSL
  4. SSL berhasil diperbarui

Simak langkah lebih rincinya di bawah ini.

1. Login ke cPanel

Langkah pertama kamu perlu login ke akun cPanel hosting yang kamu miliki, kemudian seperti biasa masukkan username dan password yang terdaftar.

login-cpanel

2. Pilih SSL/TLS

Selanjutnya pilih Security kemudian klik pada bagian SSL/TLS seperti pada gambar berikut.

cara memperbarui sertifikat ssl - pilih ssl tls

3. Pembaruan SSL

Setelah berhasil masuk pada menu SSL/TLS, di sini kamu perlu melakukan perpanjangan SSL. Dalam melakukan perpanjangan atau pembaruan kamu harus menginstal SSL lagi, hanya saja instalasi SSL di sini tidak serumit ketika registrasinya.

Pada tampilan berikut klik Generate, view, upload, or delete SSL certificates yang berada di kanan bawah.

pilih crt

Selanjutnya pilih domain yang hendak diperbarui SSL-nya kemudian klik Install.

klik instal

Setelah itu akan muncul tampilan berikut. Di sini, kamu tinggal klik Autofill by Certificate. Pada bagian ini juga terlihat Expiration untuk mengetahui masa aktif SSL milikmu.

klik autofill by certificate

Setelah klik Autofill by Certificate, maka Private Key dan CABUNDLE otomatis akan muncul dan terisi pada setiap kolomnya seperti pada gambar di bawah ini.

Catatan: CSR dan KEY di-generate pada server, jika menggunakan online CSR maka KEY perlu di-input secara manual.

kolom otomatis terisi

Selanjutnya, kamu tinggal ulir ke bawah kemudian klik Install Certificate untuk memperbarui SSL-nya.

cara memperbarui sertifikat ssl - klik install certificate

4. SSL berhasil diperbarui

Jika pembaruan SSL berhasil dilakukan maka akan muncul pop-up seperti berikut kemudian klik OK. Ini artinya sertifikat SSL pada website atau domain kamu sudah berhasil diperpanjang, sehingga SSL dapat mengamankan situs secara penuh.

ssl berhasil diperbarui

Untuk memastikan bahwa SSL berhasil diperbarui pada domain, kamu bisa mengecek pada kolom General Information. Cek kembali apakah muncul informasi Domain Validated Certificate.

cara memperbarui sertifikat ssl - cek domain validate certificate

Baca Juga: Mengetahui Fungsi SSL untuk SEO dan Keamanan Website

Sudah Tahu Cara Memperpanjang Sertifikat SSL?

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara memperbarui sertifikat SSL kan? Jika kamu telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan tepat, maka kamu pasti akan berhasil memperpanjang masa aktif SSL-nya.

Sebelum memperpanjang SSL, pastikan juga kamu telah menyiapkan dua hal seperti di atas tadi yaitu SSL aktif dan akses ke cPanel. 

Bagi kamu yang belum memiliki SSL, segera beli SSL Dewaweb yang menawarkan sertifikat andal serta telah lulus sertifikasi ISO 27001. Tidak hanya itu, dan SSL ini juga telah tervalidasi DigiCert Secure Site EV.

keuntungan beli ssl murah dewaweb

 

Beli Sekarang

 

Dengan penawaran harga yang murah Dewaweb tetap memberikan kualitas SSL terbaik di Indonesia. Yuk, segera dapatkan sertifikat SSL Dewaweb sekarang!