topik blog featured image

Daftar Ide Topik Blog Populer dan Unik serta Tools untuk Membantu

Ketika ingin menulis blog, salah satu tantangan yang harus dihadapi seorang penulis adalah ide untuk topik blog. Bagaimana tidak, topik blog ibarat fondasi yang akan menentukan kualitas dan kekuatan suatu bangunan, yang dalam konteks ini adalah konten atau artikel blog. Jika blogmu tidak memiliki topik yang jelas, kualitas kontenmu nantinya akan menjadi taruhan.

Di artikel ini, kamu bisa mempelajari apa saja ide topik blog populer yang bisa digunakan untuk membuat konten blog. Meski kamu tak perlu mengikuti semua topik yang disarankan di artikel ini, namun beberapa di antaranya mungkin bisa menginspirasi kamu. Yuk, simak artikelnya!

Ide Topik Blog Menarik untukmu

Selain menyesuaikan topik website dengan aturan SEO off-page dan on-page, kamu juga perlu menentukan topik yang sesuai dengan niche blogmu. Mulai dari konten viral hingga hal-hal apa yang paling banyak dicari oleh para pengguna Google, inilah daftar topik blog yang bisa kamu jadikan inspirasi membuat konten demi menaikkan traffic di website-mu.

  • Memanfaatkan Tren yang Sudah Ada

Perlahan tapi pasti, teknologi telah mempermudah manusia mengetahui tren apa yang sedang terjadi saat ini. Meski tak melakukan tindakan atau respon langsung, namun ketika seseorang telah menyerap informasi terkait suatu tren, mereka telah menjadi bagian dari tren tersebut. Kamu bisa menjadi agen distribusi informasi tentang suatu tren melalui blogmu.

Contohnya, ketika serial drama Korea, “Start-Up”, sedang hits, banyak orang memanfaatkan topik tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan tayangan serial ini. Sebut saja tagar #TimJipyeong dan #TimDosan yang membagi penonton menjadi dua kubu, lalu konten yang membahas tentang ilmu untuk membangun bisnis startup hingga konten menghibur dalam bentuk mim.

mim meme startup handoko tjung twitter

Membuat konten blog menggunakan topik yang bersinggungan dengan isu terkini dapat meningkatkan engangement-mu dengan pembaca yang kamu tuju. Namun tentunya, kamu harus terlebih dulu mempromosikan konten blogmu di media sosial untuk meningkatkan awareness. Ada beberapa plugin yang bisa kamu manfaatkan, simak dari artikel 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik.

  • Membagikan Fakta yang Mengejutkan

Tak hanya topik yang sedang menjadi tren, konten berupa fakta atau penemuan terkini juga dapat kamu gunakan sebagai ide konten blog, terlebih jika penemuan tersebut mengejutkan. Membagikan fakta yang mengejutkan secara psikologis dilakukan manusia untuk menciptakan tantangan bagi diri sendiri dalam mengubah persepsi yang sudah ada di masyarakat.

Contohnya adalah penemuan bentuk lubang hitam, yang selama ini secara harfiah dipercayai sebagai lubang misterius di luar angkasa, ternyata memiliki bentuk seperti planet, mirip yang digambarkan dalam film Interstellar. Jawaban ini didapat dari hasil tangkapan gambar Event Horizon Telescope pada April 2019 lalu.

black hole by nasa for topik blog

Alhasil, banyak konten blog atau artikel yang mengangkat tema tentang lubang hitam. Cara seperti ini bisa kamu gunakan juga saat mengembangkan ide topik untuk tulisan atau konten di blog milikmu.

  • Membagikan Hal-hal Inspiratif

Apa saja hal-hal inspiratif yang bisa menjadi viral? Ada banyak sekali! Contohnya kata-kata mutiara alias inspirational quote. Kamu bisa menyajikan artikel dengan tema tertentu yang berisi kumpulan kata mutiara, bisa dalam bentuk tulisan atau gambar.

Selain dalam bentuk kata mutiara, kamu juga bisa menceritakan isu atau kasus sosial yang terjadi di masyarakat. Misalnya kisah anak muda asal Swedia, Greta Thunberg, yang mengampanyekan isu terkait pemanasan global dan perubahan iklim. Namun, tak menutup kemungkinan pula kamu menceritakan pengalamanmu sendiri yang kamu anggap bisa menginspirasi orang lain yang membaca.

hal inspiratif untuk topik blog, sumber dari unsplash

  • Membuat Daftar Gambar-Gambar Menarik

Pengunjung website atau blog cenderung lebih menyukai gambar ketimbang teks. Berdasarkan penelitian Buzzsumo, artikel yang menggunakan satu gambar untuk setiap 75-100 kata bisa mendapat jumlah share lebih banyak. Setelah artikelmu jadi, kamu bisa membagikannya ke Pinterest, yang terkenal dengan konten-konten visualnya yang engaging dan menarik.

pinterest untuk membagikan cerita artikel blog

Contoh artikelnya seperti daftar ide destinasi wisata, deretan iklan lucu dan bermakna, atau inspirasi berpakaian. Kamu bisa menyelipkan beberapa kalimat untuk mendeskripsikan gambar yang kamu gunakan. Tapi ingat, pastikan kontenmu tetap informatif dan berguna untuk pembaca, ya.

Baca Juga: Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing

  • “Mengeksploitasi” Hewan-hewan Menggemaskan

Mungkin kamu pernah melihat uniknya perilaku kucing yang menggemaskan. Atau mungkin kamu pernah melihat gorila iseng dengan ‘tetangga’nya? Jika ya, hewan-hewan ini bisa kamu eksploitasi. Eits, bukan dalam artian buruk, namun ‘eksploitasi’ di sini berarti memanfaatkan rasa empati manusia terhadap hewan lucu dengan membuat konten yang menunjukkan tingkah laku hewan-hewan lucu.

gorila iseng

Secara psikologis, hal ini memang wajar terjadi karena di tengah rutinitas melelahkan dan membosankan sehari-hari, manusia cenderung mencari hiburan. Salah satu contohnya, simak GIF kucing iseng berikut ini yang memicu pertengkaran di antara teman-temannya. Cukup menghibur? Nah, ide ini bisa kamu terapkan juga sebagai salah satu topik di blog milikmu.

  • Membagikan Hal Lucu

Manusia menyukai hal-hal yang bersifat menghibur dan seringkali ingin membagikannya ke orang-orang terdekat mereka untuk saling berbagi tawa. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mencoba untuk membagikan konten yang menurut mereka lucu. Nah, kamu bisa menjadi sumber yang menciptakan konten-konten lucu tersebut. Misalnya, kamu bisa membuat cerita atau video lucu.

  • Membahas Hal Kontroversial

Kontroversi sering menarik perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, mereka yang penasaran tak hanya ingin tahu informasi atau isu kontroversial yang sedang terjadi, tapi juga sering melakukan tindakan lain seperti memberikan komentar atau respon tertentu. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan engagement.

Namun, kamu harus berhati-hati ketika mengangkat isu kontroversial sebagai topik blog. Jangan sampai kamu terprovokasi atau memprovokasi orang lain melalui kontenmu. Jika ada informasi yang belum jelas kebenarannya, pastikan terlebih dulu kamu mengetahui faktanya sebelum kamu menuliskan informasi tersebut. Satu lagi, jangan terlalu fanatik, ya!

  • Membuat Kuis

Kuis tak selalu diiringi oleh iming-iming hadiah. Namun, kamu bisa menjadikan konten di blogmu menjadi kumpulan kuis original yang kamu buat sendiri. Sebab, tak hanya orisinalitas, tapi kamu juga bisa membantu orang lain mendapatkan pertanyaan, kuis, atau teka teki unik untuk acara mereka. Salah satu contohnya adalah soal tebak gambar berikut ini.

tebak gambar 1
Petunjuk: Salah satu Presiden RI.

Tak hanya membiarkannya sebagai konten di blog, tapi kamu juga bisa membagikan konten blog atau kuis buatanmu ini ke media sosial atau ke grup chat yang kamu miliki. Tujuannya sama seperti membagikan hal lucu, yakni untuk berbagi hiburan dengan orang di sekitarmu.

Baca Juga: Istilah Umum Dalam Blogging yang Perlu Kamu Ketahui beserta Definisinya

  • Membagikan ide liburan

Sejak pandemi Covid-19, hampir semua orang mau tak mau membatalkan rencana liburan mereka. Alhasil, banyak orang yang harus tetap berada di rumah meski dalam musim liburan. Kamu bisa mengembangkan kreativitasmu dengan memberikan ide-ide liburan yang bisa dilakukan tanpa harus bepergian, seperti membuat permainan dalam rumah atau merekomendasikan aplikasi karaoke.

  • Memberitahu Rahasia Atau Trik Sukses

Banyak orang menginginkan kesuksesan. Akhirnya, beberapa pengguna internet mulai mencari rahasia atau trik-trik sukses. Melihat kebutuhan pasar ini, kamu bisa mempelajari tips sukses di bidang yang kamu tekuni. Tak selalu harus tentang bisnis, jika kamu menyukai segala hal seputar marketing atau SEO, tak ada salahnya kamu membagikan tips yang relevan dengan hobimu.

Tak hanya dalam bentuk artikel seperti 5 Rahasia Internet Marketing untuk Kesuksesan Bisnis, tapi kamu juga bisa membuat konten dengan format video, seperti tutorial Dewaweb atau webinar, misalnya webinar Dewatalks berikut:

  • Memberikan Tips Kesehatan

Pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk hidup lebih bersih dan sehat. Oleh karena itu, membuat blog dengan topik mengenai tips kesehatan bisa kamu gunakan untuk blogmu. Tapi, tak menutup kemungkinan pula kamu bisa membahas topik kesehatan lain.

Banyak orang yang pada akhirnya mulai mengadopsi gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga secara rutin, sekaligus untuk menurunkan kadar lemak di tubuh mereka. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini dengan membahas tips seputar olahraga atau diet hingga makanan sehat, seperti yang dilakukan salah satu pelatih fitness asal Australia, Chloe Ting.

  • Memberikan Tips Percintaan

Apakah kamu pernah mendengar istilah “Love is the drug”? Istilah yang dipopulerkan oleh Bryan Fery ini bisa menjadi sesuatu yang bisa memotivasi kamu untuk membuat topik blog berisi tips percintaan. Contohnya, kamu bisa membuat artikel berjudul “Lokasi-Lokasi Honeymoon Teromantis” atau “Ide Berfoto dengan Gaya Unik untuk Pasangan”, it’s all yours to decide.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu untuk Blog Berada di Halaman Pertama Google

  • Menceritakan Perjalanan

Meski saat ini rencana perjalanan harus terhambat akibat adanya pandemi yang menyerang hampir seluruh bagian dunia. Namun tak ada salahnya jika kamu menceritakan pengalaman perjalananmu yang belum sempat kamu tulis. Selain menyegarkan ingatanmu tentang perjalanan tersebut, kamu juga bisa mengajak temanmu berdiskusi tentang perjalanan tersebut untuk melengkapi ceritamu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggali lebih dalam tentang tempat yang pernah kamu kunjungi. Asal, kamu tak sungkan untuk berselancar di internet dan mencari informasi tentang destinasi yang pernah kamu kunjungi tersebut. Selain berbagi dengan pembaca, mungkin kamu akan lebih semangat juga untuk merencanakan perjalanan selanjutnya?

  • Membuat ulasan

Jika kamu menggemari hal-hal yang bisa diulas seperti film, musik, atau buku, kamu bisa menyalurkan hobimu dengan mulai menulis kesan dan ulasan dari film yang sudah kamu tonton, musik favorit, atau buku yang menginspirasimu. Tak terbatas hanya dengan tiga topik blog tersebut, kamu juga bisa mengulas makanan atau destinasi wisata yang pernah kamu kunjungi, seperti blog milik ANAKJAJAN.

  • Membuat Biografi

Mirip seperti cerita inspiratif, kamu juga bisa mengembangkan topik blogmu hingga ke biografi seseorang. Tokoh yang nantinya akan kamu bahas bisa dari berbagai kalangan, tapi kamu bisa mengerucutkannya menjadi tokoh yang menginspirasimu untuk melakukan apa yang kamu sukai.

Misalnya, jika kamu suka mengulas musik, kamu bisa mengangkat topik blog tentang biografi musisi favoritmu. Sebaiknya, pilihlah orang atau tokoh yang relevan dengan blogmu, agar topik blog di website-mu tidak melenceng.

  • Tutorial Do-It-Yourself (DIY)

Demi mengisi waktu senggang, banyak orang yang menyalurkan hobi dengan membuat sebuah hasil karya yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Sebut saja pot tanaman dari botol bekas, hiasan dinding dari kawat yang sudah tidak dipakai, atau taplak meja dari kain perca. Beberapa hasil karya tersebut bisa dibuat dari barang yang ada di sekitar kita.

Jika kamu gemar membuat hal serupa, membagikan tutorial benda swakarya alias DIY bisa menjadi caramu membagikan tips berguna untuk orang lain. Mulailah dengan tutorial DIY sederhana yang sudah kamu pahami cara dan proses pembuatannya. Jangan lupa, sertakan pula gambar yang mendeskripsikan tutorialmu.

  • Rekomendasi sesuai hobi

Apakah kamu menyukai beragam jenis film? Atau mungkin kamu sedang giat mempelajari SEO? Atau malah, kamu sudah menguasai bahasa tertentu dengan belajar otodidak melalui website dan aplikasi? Atau, apakah kamu sedang belajar tentang cara menulis blog? Apa pun hobimu, kamu bisa memberikan rekomendasi tools atau media yang kamu gunakan untuk belajar.

Selain tentunya berguna bagi pengunjung blog atau website-mu, topik blog yang satu ini juga bisa bermanfaat jika ada orang yang menanyakan sarana yang kamu gunakan untuk belajar. Sharing is caring, ‘kan?

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

  • Memamerkan Portofolio

Jika kamu memiliki kemampuan yang bisa ditampilkan secara virtual seperti hasil desain, tulisan, foto, video, dan sebagainya, kamu bisa memanfaatkan blog sebagai media untuk menampilkan hasil karyamu. Selain bisa membantumu memamerkan hasil portofolio saat melamar pekerjaan, kamu juga bisa memanfaatkan cara ini untuk meningkatkan awareness terhadap hasil karyamu.

  • Membagikan Kisah Horor atau Menantang

Kisah horor dan menantang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi beberapa blogger dan/atau pembuat konten video. Mulai dari kisah horor di rumah tokoh terkenal, perjalanan misteri hingga cerita pengalaman misterius di destinasi wisata terkenal. Kemungkinannya luas, semua itu kembali pada bagaimana kamu mengeksplorasi ide dan topik yang ingin kamu kembangkan di blog milikmu.

  • Kurasi Konten

Mirip seperti galeri dari berbagai konten lain, kurasi konten berarti kamu mengumpulkan beberapa konten sekaligus dan mengulasnya ke dalam suatu pembahasan. Meski begitu, idemu tak terikat hanya dalam bentuk kurasi konten dari blog lain, namun kamu juga bisa membuat kurasi foto atau hasil karya yang menurutmu menarik dan relevan. Intip website milik Blogger Perempuan sebagai inspirasi.

Di Balik Fenomena Konten Viral

Meski dapat meningkatkan ketenaran dalam sekejap hingga menimbulkan popularitas, namun sesuatu yang tenar atau viral dengan cepat dapat pula kehilangan popularitasnya dalam sekejap. Sebut saja fenomena cemilan Es Kepal Milo yang sempat viral pada pertengahan 2018 lalu, tak lama kemudian pamornya redup, bahkan sebelum pergantian tahun.

Tidak ada formula pasti untuk membuat sebuah konten menjadi viral. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu memfokuskan diri pada bagaimana membuat konten yang berkualitas. Kamu bisa mencari inspirasi unik untuk kontenmu dari Buzzfeed atau Asumsi.

Baca Juga: Bagaimana Memindahkan Blogger ke Self-Hosted WordPress

Tools Pemantau Trending Topic untuk Blogmu

Ada banyak online tools gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu topik populer apa saja yang sedang ramai dibahas di internet. Beberapa tools berikut yaitu:

  • BuzzSumo

buzzsumo trending topic analysis tool

BuzzSumo adalah salah satu tool analisis tren yang bisa kamu gunakan untuk menemukan topik populer alias trending topic. Ketika melakukan pencarian di BuzzSumo, kamu bisa membatasi pencarian sesuai dengan kriteriamu, seperti jenis konten, seberapa sering konten dibagikan hingga bahasa yang digunakan. Hasil pencarian yang muncul pun berasal dari media sosial yang sesuai dengan pilihanmu.

  • Google Trends

google trends trending topic analysis tool

Sesuai dengan namanya, Google Trends dapat menampilkan topik yang sedang tren berdasarkan pencarian kata kunci di Google. Tool yang satu ini bisa kamu gunakan juga untuk membandingkan grafik tren dari beberapa kata kunci yang kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengecek lokasi mana saja yang paling banyak menggunakan kata kunci tersebut.

Baca Juga: Jenis dan Cara Mudah Membuat Blog yang Baik dan Mudah

  • What’s Trending

whats trending trending topic analysis tool

What’s Trending merupakan website yang mengkurasi konten internasional yang paling banyak dibagikan di jejaring sosial. Kamu bisa menggunakan website ini untuk menemukan berita apa saja yang sedang hangat diperbincangkan, mulai dari topik tentang dunia hiburan, tokoh politik hingga peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat dunia.

  • ContentGems

VIRL-ContentGems-768x260

Di ContentGems, kamu bisa membuat custom streams yang menyatukan semua konten populer sejenis pada satu halaman. Selain itu, kamu juga bisa menyaring konten yang ditayangkan di hasil pencarianmu. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang ingin dicari dan kata apa yang tak ingin ditampilkan di hasil pencarian. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sumber untuk hasil pencarianmu.

  • 9GAG

9gag trending topic analysis tool

Ya, kamu tidak salah menebak, 9GAG juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu tool untuk memantau topik yang sedang hits untuk blog milikmu. Lebih baik, jangan membatasi diri dengan tools yang hanya diperuntukkan bagi pemantuan trending topic. Melalui 9GAG, kamu bisa mengetahui konten atau pembahasan apa saja yang saat ini dianggap sebagai hiburan oleh khalayak ramai.

Tak hanya mencari topik untuk blog, di sini kamu pun bisa sekaligus mencari hiburan untuk diri sendiri, ‘kan? Namun, jangan lupa untuk tetap mencari inspirasi topik blog, ya, jangan sampai kamu ‘tersesat’ dalam konten humor hingga lupa dengan tujuanmu membuka website ini.

Baca Juga: Strategi Jitu Mendapatkan Uang dari Blog

Simpulan

Saat ini, kamu sudah mengetahui setidaknya 20 ide topik untuk blog milikmu. Usai memperkirakan ide topik apa yang ingin kamu kupas di blog, selanjutnya kamu dapat menyesuaikan dengan tren yang ada saat ini. Setelah itu, kamu dapat menentukan keyword-nya terlebih dulu, agar kontenmu dapat bersaing di hasil pencarian Google.

Baca Juga: Rekomendasi SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

Namun, selain kualitas konten, kamu juga tak boleh melupakan kualitas website yang kamu gunakan. Pastikan kamu selalu mengoptimasi website-mu demi kenyamanan pengunjung website. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan layanan cloud hosting terbaik agar website-mu cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan!