7 Jenis Konten Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis Kamu!

7 Jenis Konten Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis Kamu!

Kamu bingung jenis konten media sosial seperti apa yang sekiranya cocok untuk bisnis? Nah, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada banyak konten media sosial yang dapat digunakan untuk membangun branding.

Sebagai informasi, media sosial adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terlibat dengan orang lain secara online.  

Media sosial tidak hanya memungkinkan untuk terhubung, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pebisnis untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan audiens potensial mereka melalui konten-kontennya.

Membuat konten di media sosial menawarkan sejumlah manfaat bagi bisnis mulai dari peningkatan engagement, interaksi, traffic, hingga konversi penjualan. 

Lantas apa saja jenis konten media sosial yang cocok digunakan bisnis kamu? Nah, pada artikel ini kita akan membahas satu persatu jenis-jenisnya. Simak sampai akhir ya!

1. Vlog

Vlog adalah jenis konten media sosial yang sangat menarik bagi audiens karena bersifat personal dan mendalam. 

Jenis konten ini umumnya berfokus pada narasi visual menarik,  yang isinya bisa berupa cerita kegiatan sehari-hari, monolog individu di depan kamera, hingga cerita serta banyak wawasan lain. Dengan narasi yang dikemas secara menarik, vlog mampu membuat penonton ikut merasakan aktivitas yang ada di video tersebut. 

Pada umumnya, konten ini sering diunggah di platform Youtube. Contohnya seperti konten vlog pada Youtube Dewaweb di bawah ini.

jenis konten media sosial - vlog

Baca Juga: 9 Cara Menambah Viewer YouTube supaya Video Kamu Trending

2. Podcast

Podcast merupakan konten digital berupa siaran audio yang dapat didengarkan atau diunduh oleh pengguna. Biasanya, podcast mengadopsi format acara radio dengan berbagai topik yang disajikan oleh narator. 

Jenis konten ini dapat berupa wawancara, diskusi di berbagai bidang, atau sesi tanya jawab mengenai topik tertentu. Dalam satu konten podcast, biasanya terdapat lebih dari satu podcaster yang saling mengobrol. 

Kamu dapat mengakses konten tersebut di Spotify, Apple Podcasts, atau platform podcast lainnya. Pada akhirnya konten podcast dapat membantu bisnis dalam membangun konektivitas emosional yang lebih kuat dengan audiens sehingga memungkinkan mereka menyampaikan pesan secara lebih pribadi.

3. Giveaway

Giveaway menjadi salah satu aktivitas yang banyak disukai pelanggan, sebab mereka berkesempatan mendapatkan hadiah atau produk secara gratis dari brand dengan mengikuti aturan yang berlaku. Ini adalah salah satu jenis konten giveaway milik Dewaweb.

giveaway - konten media sosial

Peserta biasanya diminta untuk melakukan beberapa action, seperti mengikuti akun media sosial, membagikan konten brand, atau mengundang teman untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah yang ditawarkan. 

Giveaway menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif karena sangat melibatkan pengguna serta mampu membantu meningkatkan awareness dan jangkauan bisnis.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Personal Branding dan Manfaatnya bagi Bisnis

4. Tutorial

Tutorial adalah konten media sosial yang berupa panduan langkah demi langkah tentang penggunaan produk, layanan, atau tips dan trik tertentu.  Konten tutorial seringkali disampaikan dalam bentuk teks, gambar, video, atau kombinasi dari ketiganya, yang menjelaskan secara rinci cara melakukan sesuatu.

Tujuan dari konten ini adalah memberikan pemahaman yang jelas dan praktis kepada pembaca atau penontonnya. Dalam konteks bisnis, konten tutorial dapat digunakan untuk mendemonstrasikan penggunaan produk, memberikan tips dan trik yang berguna, serta membantu audiens dalam mengoptimalkan pengalaman mereka dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

contoh jenis konten media sosial - tutorial

Misalnya, seperti tutorial video di atas yang membahas cara pembuatan website. Konten tutorial juga bisa berupa artikel website seperti pada gambar berikut.

konten tutorial pada blog

5. Konten User Generated Center (UGC)

Konten User Generated Center (UGC) adalah jenis konten yang dibuat oleh pengguna atau konsumen produk secara sukarela, bukan oleh brand atau perusahaan itu sendiri. 

Konten ini bisa berupa ulasan, foto, video, atau postingan media sosial yang dibagikan oleh terkait pengalaman mereka dalam menggunakan suatu produk atau layanan. Seperti pada contoh berikut, brand This is April memposting ulang foto dari salah satu pelanggan yang menggunakan produk mereka.

contoh konten user generated center

Jenis konten UGC tentu memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis, mulai dari membangun kepercayaan, dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik karena mendapatkan testimoni langsung dari pelanggan. 

Para bisnis tidak perlu bersusah payah meminta revew, karena pelanggan akan secara sukarela mengulas produk kamu.

Baca Juga: 11+ Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Pemula Wajib Coba!

6. Konten Video Q&A

Konten Video Q&A (Question and Answer) merupakan jenis konten media sosial yang bertujuan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Dalam hal ini, brand akan menerima pertanyaan dari pengikut atau pelanggan mereka melalui platform media sosial. Setelah itu brand akan menjawab dengan membuatkan konten videonya. 

Selain dimanfaatkan oleh bisnis, sesi Q&A seringkali dilakukan oleh para public figure atau content creator, berikut ini salah satu contoh konten video Q&A.

jenis konten media sosial - konten q&a

Jenis konten seperti ini dapat membangun keterlibatan dengan audiens serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik atau seputar produk kamu.

Baca juga: 11 Website Video Template Animasi Gratis untuk Kontenmu

7. Memes

Jenis konten media sosial terakhir yaitu memes, yang merupakan konten berupa gambar, video, teks, dengan gaya humor atau satir yang khas.  Memes sering kali dibuat untuk menarik perhatian dan menghasilkan reaksi emosional dari audiens, dengan tujuan menghibur atau memancing tawa. 

Di bawah ini terdapat beberapa contoh memes yang bisa kamu temukan Instagram Dewaweb.

memes

Dalam konteks bisnis, memes bisa digunakan sebagai alat untuk menjangkau audiens dengan cara yang santai dan menarik, meningkatkan awareness dan menciptakan ikatan emosional dengan audiens. Dengan kepopulerannya di media sosial, memes menjadi salah satu cara efektif untuk konten media sosial kamu.

Pilih Jenis Konten Media Sosial yang Mana?

Sampai sini kamu sudah tahu kan jenis konten media sosial apa saja yang cocok digunakan untuk bisnis, mulai dari vlog, podcast, giveaway, konten Q&A, konten user generated center, hingga memes.

Setiap jenis konten tersebut memiliki tujuan penggunaannya masing-masing. Oleh karena itu pastikan kamu memilih jenis konten dengan tepat berdasarkan tujuan pesannya.

Jika kamu ingin cari tahu lebih lanjut seputar media sosial, digital marketing, dan bisnis, jangan ragu untuk berkunjung ke blog Dewaweb dan media sosial seperti Instagram, Youtube, atau TikTok Dewaweb untuk mendapatkan info terkini dengan beragam topik menarik! Semoga membantu ya!