Database menjadi bagian penting dalam sebuah sistem informasi. Selain memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data-data penting, database juga mempunyai kemampuan mengorganisasikan seluruh data yang ada, mengenali jika ada data duplikat, serta yang terpenting yaitu mencegah terbentuknya hubungan antar data yang tidak membantu semacam data yang tidak ‘nyambung’ dan update yang rumit.

Dalam WordPress, cara membuat database di MySQL dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu melalui cPanel hosting, localhost dengan menggunakan command prompt dan terakhir phpMyAdmin. Sebelum mengetahui cara membuat database WordPress di MYSQL, ada baiknya untuk memahami apa itu MySQL dan penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu MySQL ?

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional open source yang dapat berjalan hampir di semua jenis platform seperti UNIX, Linux dan juga Windows. Meskipun begitu, MySQL lebih familiar digunakan manajemen basis data aplikasi berbasis web.

Pada tahun 2008, Sun Microsystems mengakuisisi MySQL. Dilanjutkan pada tahun 2010, Sun Microsystems diakuisisi Oracle. Saat ini perusahaan harus menggunakan lisensi komersial dari Oracle, sedangkan untuk developer masih dapat menggunakan MySQL di bawah lisensi GNU General Public License.

Cara Membuat Database WordPress di MySQL

Membuat Database Melalui cPanel

panduan-lengkap-cara-membuat-database-wordpress-di-mysql
[Foto: Garanntor.ng]
Layanan hosting biasanya menyediakan sebuah kontrol panel web hosting atau yang lebih dikenal dengan cPanel untuk memudahkan pemilik website melakukan pengaturan melalui tampilan web. Tersedia berbagai macam tool untuk menjalankan dan mengontrol website, salah satunya adalah tool untuk membuat database.

Tampilan sederhana yang dimiliki cPanel membuatnya cukup mudah untuk digunakan, bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Selain untuk membuat database baru, melalui cPanel kamu dapat mengupload file website, mengelola email, dan lainnya.

Untuk membuat database, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, login ke cPanel
  • Selanjutnya, klik menu MySQL Databases yang terletak di kolom Databases
  • Masukkan nama database baru di kolom New Database lalu tekan tombol Create Database untuk membuat database baru. (Pastikan untuk database yang sudah kamu buat tidak memiliki nama yang sama dengan database yang sudah ada)
  • Silakan kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Go Back.
  • Tambahkan pengguna baru pada bagian Add New User, isi nama pengguna pada kolom Username, beserta password pada kolom Password, selanjutnya klik tombol Create User untuk membuat pengguna baru.
  • Kembali ke halaman sebelumnya dengan klik Go Back.
  • Jika database dan user sudah kamu buat, selanjutnya adalah menambahkan user pada database. Pada bagian Add User To Database silakan pilih user dan database melalui menu drop down yang telah Anda buat, kemudian klik tombol Add untuk menyimpan perubahan.
  • Silakan centang pilihan ALL PRIVILEGES kemudian tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

Membuat Database Melalui Command Prompt

panduan-lengkap-cara-membuat-database-wordpress-di-mysql
[Foto: Makeuseof.com]
Selain cPanel, database MySQL bisa kamu buat melalui perintah command prompt di localhost. Bedanya, kamu tidak perlu internet untuk melakukan pengembangan website. Cukup instal  MySQL di komputer yang digunakan, kemudian menjalankan perintah melalui command prompt untuk membuat database MySQL.

Terdapat dua contoh cara membuat database WordPress yang akan kami bahas, yang pertama dengan menggunakan WAMPServer dan yang kedua dengan menggunakan XAMPP, berikut langkahnya:

Baca Juga : Cara Membuat Database di XAMPP

WAMPServer

Silakan lakukan instalasi WAMPServer di komputer kamu. Setelah proses instalasi selesai silakan jalankan WAMPServer, kemudian ikuti cara membuat database di MySQL berikut ini.

  • Tekan logo Windows + R, buka Command Prompt melalui menu Run.
  • Setelah itu ketikkan perintah berikut cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin kemudian tekan enter.
  • Selanjutnya silakan ketikkan perintah MySQL -u root kemudian tekan Enter.
  • Untuk membuat database baru silakan gunakan perintah berikut create database namadatabaseanda; kemudian tekan Enter, pada contoh ini untuk database menggunakan nama dewaweb.
  • Untuk menampilkan daftar database silakan ketikkan perintah show databases;
  • XAMPP
  • Instal Xampp di WordPress

Saat proses instalasi, usahakan menggunakan aplikasi Xampp dan file instalasi WordPress yang terbaru untuk menjamin instalasi berjalan smooth. Langkah pertama Copy File WordPress. Buka folder XAMPP di komputermu, lalu bukalah folder htdocs, kemudian copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Ada cara yang lebih mudah yaitu dengan membuka Windows Explorer, lalu ketik C:\xampp\htdocs pada bagian folder address.

Tentukan Lokasi WordPress Directory

Selanjutnya tentukan Lokasi WordPress Directory. Jika file masih dalam bentuk compress, harus diekstrak terlebih dahulu. Setelah itu akan muncul default folder / directory hasil ekstraknya yang biasanya bernama ‘WordPress’. Kemudian buka WordPress Offline di Browser dan install di WordPress.

Cek Status Xampp

Anggap saja kamu sudah bisa menjalankan aplikasi XAMPP dan sekarang komputermu sudah bisa dijadikan server. Kamu perlu untuk memastikan bahwa aplikasi XAMPP bisa berjalan dengan baik. Kamu bisa mengeceknya kembali dengan mengetik http://localhost/xampp di browser, lalu cek status.

Buat Database XAMPP di CMD

  • Setelah XAMPP berhasil diinstal, silakan jalankan XAMPP kemudian klik tombol Start pada baris MySQL.
  • Buka Command Prompt atau CMD dengan cara menekan tombol berlogo Windows + R, kemudian ketikkan CMD lalu tekan Enter.
  • Pada command prompt ketikkan perintah cd c:\xampp\mysql\bin kemudian tekan Enter (jika Anda menginstal XAMPP langsung di C).
  • Kemudian ketikkan perintah mysql -u root
  • Selanjutnya untuk membuat database silakan masukkan perintah create database dewaweb; lalu tekan Enter (pada contoh ini nama databasenya adalah dewaweb)
  • Untuk melihat database yang sudah Anda buat silakan ketikkan perintah show databases; kemudian tekan Enter.

Membuat Database Melalui phpMyAdmin

panduan-lengkap-cara-membuat-database-wordpress-di-mysql
[Foto: News.gunadarma.ac.id]
Jika kamu tidak terbiasa dengan perintah command prompt, cara lain untuk membuat database di localhost dapat kamu lakukan melalui phpMyAdmin.

phpMyAdmin adalah perangkat lunak yang dibuat dengan PHP berfungsi untuk mengatur administrasi MySQL melalui sebuah Web. phpMyAdmin mendukung banyak operasi di MySQL dan MariaDB, seperti mengelola database kolom, relasi, tabel, pengguna dll.

Untuk membuat database melalui phpMyAdmin, silakan ikuti langkah di bawah ini.

Catatan: Pastikan Anda sudah melakukan instalasi XAMPP atau WAMPServer seperti di langkah sebelumnya.

  • Silakan jalankan service Apache dan MySQL di XAMPP dengan menekan tombol Start.
  • Pada browser, silakan akses URL berikut: localhost/phpmyadmin
  • Untuk membuat database, silakan klik New, masukkan nama database yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Create.
  • Akan terlihat database yang sudah Anda buat pada menu sebelah kiri

Pada langkah ini proses pembuatan database sudah berhasil dilakukan, cara ini akan berguna ketika Anda akan melakukan instalasi WordPress di localhost.

Baca Juga: Pengenalan JavaScript dan Perbedaannya dengan Bahasa Pemrograman Java

Kesimpulan

Dilihat dari cara membuat database WordPress di MySQL yang tidak begitu rumit tentunya akan membantu para pemilik website dalam mengerjakan tugasnya. Perhatikan setiap urutannya dari awal sampai akhir. Keuntungan atau kelebihan yang bisa kamu dapat dari proses tersebut juga menjadi nilai tambah tersendiri dari cara membuat database WordPress di MySQL.

Itulah uraian dari cara membuat database WordPress di MySQL yang bisa kamu lakukan untuk membantu tugasmu sebagai pemilik website.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia