Mengenal Bandwidth, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Bandwidth, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mungkin kamu sudah pernah dengar istilah bandwidth pada paket internet, layanan hosting, VPS dan sebagainya. Tapi, apakah kamu tahu sebenarnya apa itu bandwidth? Bandwidth adalah kapasitas volume transfer dalam pertukaran data dalam periode waktu tertentu.

Bandwidth berkaitan dengan transfer rate, yakni waktu yang dibutuhkan untuk mentransmisikan data ke satu lokasi ke lokasi lain. Bagi kamu yang perlu penjelasan lebih lengkap, di artikel ini akan dijelaskan apa itu bandwidth mulai dari definisi, jenis, fungsi, hingga cara kerjanya.

Yuk simak lebih lanjut!

Baca Juga: Perbedaan Routing Statis dan Dinamis: Panduan Lengkap

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah besar kapasitas transfer data dalam satuan waktu bit per second (bps). Dalam dunia internet, kabel ethernet yang menghubungkan jaringan akan dilalui oleh trafik paket data dengan jumlah maksimal tertentu. Jadi, bandwidth merupakan jumlah maksimal dari suatu jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Bandwidth sering menjadi pertimbangan pengguna dalam memilih jaringan internet. Hal ini karena semakin besar bandwidth, maka semakin banyak data yang dapat melaluinya dalam satu waktu. Hal itu berarti semakin cepat pertukaran data yang terjadi.

Baca Juga: Hitung Ukuran Bandwidth yang Sesuai dengan Kebutuhan Website

Cara Kerja Bandwidth

Bandwidth adalah faktor penting dalam mengukur atau menganalisis performa jaringan dan mendesain jaringan baru. Meski begitu, bandwidth bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi kecepatan sebuah jaringan.

contoh ilustrasi bandwidth
Gambar: lifewire.com

Bila dianalogikan, cara kerja bandwidth diibaratkan seperti pipa air dengan diameter tertentu. Air diibaratkan sebagai data pada jaringan. Laju atau debit air yang keluar melalui selang adalah bandwidth-nya. Dengan begitu, semakin besar pipa, maka semakin banyak pula air yang dapat dialirkan dari pipa. Itu berarti semakin besar bandwidth, maka besar juga kapasitas transfer data yang dapat dialirkan.

Baca Juga: Perbedaan Cloud VPS dan Dedicated Server, Mana yang Lebih Baik?

Jenis-jenis Bandwidth

Bandwidth pada komputer dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Bandwidth Digital

Bandwidth digital adalah jumlah data yang ditransfer dalam bit per second pada sebuah jaringan. Bandwidth ini mengirimkan informasi secara digital, yaitu melalui kabel atau tanpa menggunakan kabel.

Bandwidth Analog

Mirip seperti bandwidth digital, bandwdith analog adalah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz). Satuan ini menentukan banyaknya data atau informasi yang dapat dialirkan dalam suatu waktu.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Dedicated Server, Manfaat, dan Cara Kerja

Fungsi Bandwidth

Kamu sudah mengetahui apa itu bandwidth, cara kerja dan jenis-jenisnya. Sekarang mari simak apa saja fungsi bandwidth berdasarkan perannya di jaringan internet. Yuk simak penjelasannya!

Jalur transfer data

Fungsi bandwidth yang pertama yaitu sebagai jalur transfer data. Seperti contoh analogi cara kerja seperti pipa air yang tadi sudah dijelaskan, bandwidth merupakan jalur yang menghubungkan jaringan internet dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Membagi kecepatan transfer data

Bila ada aktivitas pengguna internet yang memakan banyak bandwidth, maka hal ini akan mengganggu kecepatan transfer data pengguna lainnya yang ada dalam satu jaringan internet yang sama. Fungsi bandwidth dimanfaatkan untuk membagi kecepatan transfer data antar pengguna.

Ketika bandwidth terbatas, jaringan bisa menjadi lebih stabil karena tidak ada perangkat tertentu yang menguras bandwidth lebih besar. Dengan begitu, tidak ada bandwidth yang tersedot secara timpang sehingga internet bisa diakses dengan adil oleh semua pengguna.

Baca Juga: Proxy: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenis-jenis Proxy

Mengatur jumlah data yang ditransfer

Fungsi bandwidth selanjutnya adalah untuk membatasi besar data yang ditransfer. Fungsi ini biasanya dimanfaatkan oleh administrator untuk menjaga kecepatan transfer data agar berjalan lebih optimal.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Ternyata, trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama juga tidaklah bagus. Hal ini karena trafik tinggi tersebut dapat mengganggu stabilitas jaringan karena mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Contoh Bandwidth

Untuk melengkapi pemahamanmu, berikut ini beberapa contoh bandwidth yang bisa ditemukan pada berbagai industri.

Pada hosting

Contoh bandwidth yang pertama bisa kamu lihat pada hosting. Mungkin kamu sering melihat istilah ini ketika sedang melihat layanan hosting. Bandwidth pada layanan hosting biasanya digunakan untuk menentukan besar pertukaran data yang terjadi pada akun hosting.

contoh bandwidth - hosting dewaweb

Kamu bisa mendapat unlimited atau tanpa batasan bandwidth untuk setiap paket hosting berkualitas yang disediakan Dewaweb. Ini berarti kamu bisa mendapat manfaat yang maksimal untuk website-mu. Tak perlu khawatir, meski bandwidth yang disediakan sudah unlimited, harga hosting Dewaweb tetap terjangkau kok! Kamu bisa hosting website mulai dari Rp20 ribu/bulan saja. Mau tahu lebih lanjut? Klik tombol ini!

Baca Juga: Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Pada VPS

Contoh bandwidth juga bisa kamu lihat pada Virtual Private Server atau VPS. Spesifikasi bandwidth pada VPS akan membantu pengguna ketika mengembangkan aplikasi pada server tersebut. Pasalnya, VPS sering digunakan untuk aplikasi dengan trafik yang tinggi.

Jika kamu sedang membangun aplikasi dan membutuhkan bandwidth tanpa batas, pindahkan aplikasi high traffic kamu ke platform enterprise cloud server (VPS) di Dewaweb dengan standard keamanan ISO 27001 dan 100% Uptime SLA.

contoh bandwidth - cloud vps

Dewaweb sudah melengkapi Cloud VPS Linux & Windows dengan Intel Xeon Gold, NVMe SSD Software Defined Storage, Auto Healing Network, dan Unlimited Bandwidth. Ditambah lagi, ada Ninja Support yang siap sedia membantumu 24/7. Kamu bisa menikmati berbagai kemudahan dan kelancaran aplikasi dengan Cloud VPS Dewaweb. Klik button di bawah ini untuk tahu lebih lanjut!

Baca Juga: Kenali Beragam Manfaat dari Layanan Hosting

Simpulan

Bagaimana, sudah lebih paham apa itu bandwidth? Bandwidth adalah kapasitas transfer data dalam suatu waktu tertentu pada sebuah jaringan. Jenisnya ada dua, yakni bandwidth digital dan analog. Setidaknya ada tiga fungsi bandwidth, di antaranya sebagai jalur transfer data, pembagi kecepatan transfer data, dan mengatur jumlah data yang ditransfer.

Meski menawarkan cloud hosting dengan kecepatan tinggi dan unlimited bandwidth, Dewaweb tidak akan memberikan toleransi untuk website yang digunakan untuk tindakan ilegal hingga menyalahgunakan bandwidth, seperti hosting video streaming, torrents, jual VPN, spamming, phishing, scamming, dan sebagainya.

Itu dia penjelasan yang bisa Dewaweb berikan tentang bandwidth. Semoga artikel ini membantumu ya! Kamu bisa baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb tentang digital marketing, bisnis online, website, hingga cyber security. Salam sukses online!