kegunaan bandwidth featured image

Pengertian, Kegunaan, dan Jenis Bandwidth yang Perlu Kamu Tahu

Kata “bandwidth” mungkin sering terdengar saat membahas tentang kecepatan internet. Istilah ini juga sering muncul ketika membahas Virtual Private Server (VPS). Namun meski begitu, masih ada yang belum memahami apa itu bandwidth. Di artikel ini, kamu akan mempelajari segala hal tentang bandwidth, mulai dari pengertian, kegunaan hingga jenisnya.

Pengertian Bandwidth

Di dunia internet, pengertian bandwidth adalah kapasitas pertukaran atau transfer data antara server dengan penerima yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps). Pengertian bandwidth ini merujuk pada cakupan frekuensi sinyal dalam medium transmisinya.

Jika belum paham, kamu bisa membayangkan bandwidth seperti pipa saluran air. Semakin besar diameter pipa, akan semakin besar pula volume air yang bisa melewati pipa tersebut di waktu yang bersamaan. Kecepatan air yang sampai ke ujung pipa akan berkurang jika di sepanjang jalur pipa ditambahkan cabang untuk mengarahkan air ke tujuan lain. Cabang-cabang ini adalah perangkat lain yang digunakan dalam satu saluran internet.

kegunaan bandwidth ilustrasi bandwidth 2

Selain itu, dalam jaringan komputer, pengertian bandwidth seringkali merujuk pada data transfer rate, yaitu penghitungan jumlah data dari satu lokasi ke lokasi lain dalam waktu tertentu yang sama-sama dihitung dalam satuan bps. Inilah nilai kapasitas maksimum yang bisa digunakan untuk mengirim data dalam satuan detik di satu jalur.

Baca Juga: Virtual Private Server (VPS) Sangat Cocok untuk Website Kapasitas Besar

Beberapa Jenis Bandwidth

Berdasarkan bentuk teknologinya, ada dua jenis bandwidth, yaitu analog dan digital. Jenis bandwidth digital dapat memberikan informasi mengenai kapasitas yang ditunjukkan secara digital. Data tersebut bisa berupa kapasitas dalam sebuah saluran transmisi, baik menggunakan kabel maupun nirkabel, yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps).

Di sisi lain, ada pula bandwidth analog yang menghitung berapa banyak informasi yang bisa ditransmisikan oleh sebuah jaringan dalam waktu tertentu. Bedanya dengan digital, jenis bandwidth yang satu ini menghitung data dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik.

Baca Juga: Kenali Beragam Manfaat dari Layanan Hosting

Kegunaan Bandwidth

Asset Blog Dewaweb

Memiliki peranan penting dalam hal mengirimkan data, lantas apa saja kegunaan bandwidth dalam jaringan internet atau jaringan komputer? Berikut ini beberapa kegunaan bandwidth yang perlu kamu ketahui.

  • Media mengirimkan data

Kegunaan utama bandwidth adalah sebagai transfer data dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Sama seperti perumpamaan pipa di atas, bandwidth memang memiliki kegunaan yang mirip dengan fungsi pipa dalam menyalurkan debit air. Proses transfer data tersebut ditransmisikan melalui kabel LAN yang saling menghubungkan antara koneksi LAN dengan perangkat komputer. Tapi saat ini, kita juga sudah bisa menemukan LAN nirkabel yang lebih terinovasi.

  • Pembatas kecepatan transfer data

Bandwidth juga berfungsi sebagai pembatas dalam sebuah pengiriman data sehingga distribusi data akan berjalan secara merata. Terlebih lagi, akan terjadi permintaan data yang besar saat kamu melakukan pengunduhan. Jika tidak dibatasi, pengguna lainnya akan mengalami kelambatan transfer data, bahkan tidak mendapatkan koneksi internet sama sekali. Ibaratnya, kamu menyumbat pipa yang digunakan untuk mengalirkan air.

  • Pembatas besaran data yang dikirim

Selain sebagai pembatas kecepatan dalam mentransfer data, kegunaan bandwidth lainnya adalah untuk membatasi besaran data dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, hal ini dilakukan oleh layanan hosting atau administrator jaringan. Misalnya, penyedia bandwidth membatasi besaran data hingga total 200 GB per bulannya, jumlah 200 GB ini berlaku bagi semua pengguna, tak peduli berapa banyak perangkat yang mengakses.

Baca Juga: Hitung Ukuran Bandwidth yang Sesuai dengan Kebutuhan Website

Simpulan

Di VPS, biasanya penyedia layanan akan memberikan batasan, karena kamu akan mengelola server dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Tapi, jika kamu menggunakan hosting, biasanya tak ada batasan penggunaan bandwidth, ini juga diterapkan pada semua paket cloud hosting di Dewaweb.

Meski menawarkan cloud hosting dengan kecepatan tinggi dan unlimited bandwidth, tapi kami tidak akan memberikan toleransi untuk website yang digunakan untuk tindakan ilegal hingga menyalahgunakan bandwidth, seperti hosting video streaming, torrents, jual VPN, spamming, phishing, scamming, dan sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis hingga kegunaan bandwidth yang perlu kamu ketahui. Setelah itu, pelajari pula bagaimana cara menghitung bandwidth yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa, ketika memilih hosting, carilah yang cepat dan aman agar website-mu selalu bisa diandalkan. Salam sukses online!