Meta Tag: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memasangnya

Meta Tag: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memasangnya

Meta tag adalah istilah yang digunakan oleh beberapa website besar untuk membantu agar websitenya terlihat di mesin pencarian. Jadi secara sederhana, meta tag adalah alat bantu yang ditempatkan pada website yang berfungsi untuk menyaring kata kunci yang dituliskan oleh pengguna.

Nantinya, search engine/mesin pencari akan mengambil informasi meta tag pada sebuah halaman website dan menampilkannya di list pencarian. Itu sebabnya, penggunaan meta tag sangat penting dalam beberapa website besar.

Sebelum menggunakannya, tentu kamu harus memahami dulu pengertian, fungsi, hingga cara memasang meta tag dalam suatu website. Untuk membantu kamu dalam penggunaan meta tag, simak artikel meta tag yang sudah Dewaweb rangkum untuk kamu, ya.

Baca juga: 11 Plugin Download Manager WordPress Terbaik untuk Kelola File

Pengertian Meta Tag

Meta tag adalah deskripsi yang ditampilkan atau muncul pada halaman hasil pencarian. Di dalam meta tag terdapat informasi pada search engine tentang deskripsi halaman website. Itu sebabnya, kamu harus memperhatikan dengan jelas meta tag untuk mengoptimasi situs web agar mendapatkan peringkat baik di search engine.

Dalam penerapannya, meta tag terbagi menjadi tiga jenis, yakni meta title, meta description, dan meta keyword. Ketiga jenis meta tag tersebut tidak kalah penting dan harus ada dalam laman website. Ingin tau pa perbedaan dari ketiga jenis meta tag tersebut? Berikut penjelasannya.

Meta title

meta title - jenis meta tag

Meta title/title tag adalah judul yang muncul di halaman hasil pencarian. Meta title ini bertujuan untuk menginformasikan isi konten sekaligus pokok isi halaman tersebut. Dalam penggunaannya, meta title bisa menuliskan kode HTML, namun jika kamu menulis menggunakan WordPress, cukup dengan menulis judul pada kolom meta title atau SEO title.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh dari meta title, yakni:

Meta description

meta description - jenis meta tag

Meta description adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman website tersebut. Nantinya pada mesin pencari, meta description akan muncul bersamaan dengan mata title.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh dari meta description, yakni:

Meta keyword

Meta keyword adalah atribut HTML yang berisikan kata kunci sebuah website. Pada umumnya, meta keyword ini menggunakan tanda koma dan memiliki fungsi unik yang membuat Google tidak perlu lagi membutuhkan keyword untuk melakukan penjelajahan.

Baca juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

Fungsi Meta Tag

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa meta tag memiliki peran penting dalam memunculkan website di mesin pencarian. Sebagaimana yang diketahui, algoritma Google dalam menciptakan raking halaman merupakan teka-teki yang sulit dipecahkan.

Selain itu, meta tag juga berguna untuk menarik hati para pengguna untuk membaca konten yang pada website tersebut. Salah satu cara untuk menarik hati para pengunjung yakni dengan memanfaatkan ketiga jenis meta tag, seperti meta title, description, dan keyword.

Lebih jelasnya, berikut masing-masing fungsi dari ketiga jenis meta tag, di antaranya:

  • Meta title, digunakan oleh browser web dan mesin pencari Google untuk menampilkan halaman web dalam hasil pencarian.
  • Meta description,digunakan untuk mempengaruhi para pengunjung untuk masuk ke halaman website dan melihat konten yang sudah diberikan.
  • Meta keyword, digunakan untuk memberikan informasi beberapa kata kunci/keyword yang relevan dengan konten pada website tersebut.

Baca juga: 7 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Instal

Cara Memasang Meta Tag

Usai memahami pengertian, jenis-jenis, dan fungsi dari meta tag, lantas, bagaimana cara memasang meta tag untuk suatu website? Supaya kamu mengetahui bagaimana caranya, simak informasinya berikut ini.

Sebagaimana yang diketahui, meta tag pada suatu website terbagi menjadi beberapa jenis dan memiliki kode-kodenya tersendiri. Berikut susunan meta tag yang benar dalam kode HTML, di antaranya:

Meta title: <head><title>Contoh Judul</title></head>
Meta description: <head><meta name="description" content="Ini merupakan contoh meta descriptions. Akan sering muncul di hasil pencarian."></head>
Meta keyword: <meta name="keywords" content="seo, panduan seo, search engine optimisation, search engine optimization">

Untuk kamu pengguna WordPress, kamu bisa memasang meta tag dengan plugin SEO. Tujuannya untuk memaksimalkan meta title, description, dan keyword dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya, yaitu:

Baca Juga: Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Mengunduh plugin SEO

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengunduh plugin SEO. Salah satu plugin SEO yang bisa digunakan ialah Yoast SEO. Usai berhasil memasang plugin Yoast SEO, mulailah membuat halaman atau postingan baru di website.

Memasukkan kata kunci

Selanjutnya adalah memasukkan kata kunci yang bisa di optimasi/meta keywords. Sebagai informasi, Yoast sebetulnya sudah tidak menyediakan pembuatan meta keywords lagi, karena google sudah tidak menggunakan meta keyword untuk merangking website.

Namun, kata kunci yang dimasukkan nantinya bertujuan untuk menganalisa seberapa SEO friendly konten yang sudah dibuat pada halaman tersebut.

Baca Juga: Pengertian CTR dan 12 Cara Meningkatkan Click Through Rate

Tambahkan meta title

Lalu, pengguna bisa menambahkan meta title. Pastikan bahwa kamu menggunakan judul yang sama dengan judul halaman, sehingga kamu tidak perlu mengubah apa-apa lagi. Dengan menggunakan Yoast SEO, kamu bisa mengetahui apakah judul tersebut sudah dinilai baik atau belum dengan melihat tanda warna di bawah kolom judul berwarna hijau.

Tambahkan meta description

Kemudian, kamu bisa menambahkan deskripsi pada kolom meta description. Biasanya meta description akan digunakan oleh Google sebagai snippet yang akan ditampilkan. Maka itu, pastikan bahwa kamu mengisinya dengan deskripsi yang sesuai dengan isi konten.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page untuk Pemula dan Tips Optimasinya

Seberapa Penting Penggunaan Meta Tag?

Meta tag adalah deskripsi yang ditampilkan atau muncul pada halaman halaman hasil pencarian. Dalam penggunaannya meta tag terbagi menjadi beberapa jenis, yakni meta title, meta description, dan meta keyword. Dengan adanya meta tag, konten yang ada pada website bisa dioptimasi dan muncul pada mesin pencarian.

Melihat dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa penggunaan meta tag untuk website sangat penting dan memiliki pengaruh yang besar. Bagaimana, kamu tertarik untuk memasang meta tag pada website? Semoga artikel yang Dewaweb rangkum bermanfaat untuk kamu, ya. Salam online!