5+ Skills Wajib Dikuasai untuk Berkarir sebagai Data Scientist

5+ Skills Wajib Dikuasai untuk Berkarir sebagai Data Scientist

Di era berkembangnya dunia digital, kebutuhan akan data menjadi hal yang penting bagi sebuah bisnis. Untuk itulah diperlukan profesi data scientist, atau pengolah data. Jika ingin berkarir sebagai data scientist, kamu perlu menguasai beberapa skill yang mendukung pekerjaanmu. Tak hanya sebatas kemampuan analisa, ada sederet kemampuan lain yang perlu dimiliki. Inilah skills data scientist yang wajib kamu kuasai. Simak yuk!

1. Memahami Lingkup Pekerjaan Data Science

Untuk berkarir sebagai data scientist, kamu tentunya harus paham dulu lingkup pekerjaan profesi pengolah data. Tanpa memahaminya, kamu tidak bisa membayangkan seberapa luas tanggung jawab pekerjaan yang harus dipenuhi.

Ibarat pilot yang mengemudikan pesawat, data scientist adalah orang yang berada di balik kendali pengolahan data. Mulai dari pengambilan dan penggabungan data, analisis, hingga perolehan insight untuk melihat peluang perkembangan bisnis ke depan. Data scientist perlu memiliki skill pengolahan data dalam jumlah besar/big data yang dihimpun dari berbagai sumber data yang dimiliki sebuah perusahaan.

2. Menguasai Statistika dan Peluang

Skill data scientist selanjutnya adalah keterampilan statistika dan peluang. Dalam dunia data science, statistik merupakan sebuah metode untuk menerjemahkan pola data sehingga bisa menghasilkan insight. Sedangkan, peluang diperlukan sebagai metode untuk mengidentifikasi besaran kemungkinan terjadinya suatu hal berdasarkan data.

Keterampilan ini merupakan hard skill yang wajib dikuasai bagi seorang data scientist. Melansir Towards Data Science, kemampuan statistika dan peluang bermanfaat untuk:

  • Memahami data lebih dalam
  • Mengidentifikasi relasi dan ketergantungan yang terdapat antara dua variabel
  • Memprediksi tren masa depan atau memperkirakan penyimpangan berdasarkan tren data sebelumnya
  • Tentukan pola atau motif data
  • Mengungkap anomali dalam data

Baca Juga: Pentingnya Data Science untuk Meningkatkan Efektivitas Bisnismu

3. Pola Pikir Kritis, Detail, dan Logis

Tugas utama seorang data scientist selalu berhubungan dengan analisa dan pengolahan data. Maka dari itu, kemampuan critical thinking sangat penting dimiliki bagi pekerja di bidang data science. Data yang diolah akan diterjemahkan menjadi informasi yang berharga dalam membantu perusahaan mengambil keputusan.

Ketelitian dan berpikir logis juga salah satu skill data scientist yang patut diperhatikan. Pasalnya, untuk mengolah data dalam jumlah besar, diperlukan ketelitian yang tinggi untuk dapat menganalisanya dengan baik. Seorang pengolah data juga dituntut untuk dapat menemukan solusi efektif untuk memecahkan masalah khususnya berkaitan dengan data.

4. Menguasai Tools yang Mendukung

Untuk memfasilitasi pekerjaan di bidang pengolahan data, seorang data scientist tentu perlu memanfaatkan berbagai tools yang mempermudah pekerjaannya. Berikut ini beberapa tools yang wajib dikuasai untuk mendukung proses pengolahan data.

Bahasa pemrograman

Esensi dari data science pada dasarnya adalah tentang pemrograman. Maka dari itu, keterampilan pemrograman adalah salah satu hard skill yang perlu dikuasai seorang data scientist.

Dengan menguasai pemrograman, skill ini menyatukan semua keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang bermanfaat. Meskipun tidak ada aturan khusus untuk memilih bahasa pemrograman yang perlu dikuasai data scientist, berikut ini beberapa bahasa yang sering digunakan:

Tools data science

Selain pemrograman, kamu juga perlu mempelajari tools data science yang sering dipakai untuk mendukung pekerjaan pengolahan data. Tugas data scientist, seperti mengekstrak data, memanipulasi, pra-set, dan menghasilkan prediksi data memerlukan berbagai tools khusus untuk menghasilkan informasi yang diinginkan.

Tools ini merupakan alat yang digunakan untuk melakukan data visualization, memfasilitasi fungsi matriks, pemodelan statistik, dan algoritma. Beberapa tools data science yang sering digunakan yakni:

  • SAS
  • Excel
  • Apache Spark
  • MATLAB
  • Tableau
  • ggplot2, dan sebagainya.

Baca Juga: Intip Gaji Data Science dan 3 Faktor yang Memengaruhinya

5. Kemampuan Data Wrangling

Untuk berkarir sebagai data scientist, kamu juga dituntut untuk bisa bekerja dengan jumlah data yang besar dan tidak teratur. Data yang rapi dan teratur memang lebih mudah untuk diolah. Tapi sayangnya, tak jarang perusahaan yang memiliki dataset tidak beraturan atau berantakan.

Maka dari itu, kemampuan data wrangling juga penting dimiliki seorang data scientist. Keterampilan ini membuatmu bisa mengolah data yang kasar, seperti adanya informasi yang kurang lengkap, data terduplikat, atau letak data yang tidak beraturan.

6. Database Management

Keterampilan managemen data adalah skill yang diperlukan untuk menyusun penyimpanan data. Pasalnya, sebagian besar pekerjaan data scientist melibatkan proses menyiapkan data. Kemampuan ini membantu data scientist untuk mendefinisikan aturan validasi dan manipulasi data. Kira-kira seperti ini keahlian yang dihasilkan dengan skill database management:

  • Mengambil dan mengelola data dalam database
  • Memanipulasi data, format data, nama field, struktur record, dan struktur file
  • Menentukan aturan untuk menulis, memvalidasi, dan menguji data
  • Mendukung multi-user environment untuk mengakses dan memanipulasi data secara paralel

Untuk mendukung proses ini, ada tools Database Management System yang bisa dimanfaatkan. Beberapa DBMS yang populer antara lain: MySQL, SQL Server, Oracle, IBM DB2, PostgreSQL dan database NoSQL (MongoDB, CouchDB, Redis)

Baca Juga: 5+ Keunggulan dari Penggunaan Data Science di Dunia Bisnis

7. Data Storytelling

Data storytelling adalah cara bagaimana kamu menyampaikan data-data menjadi sebuah informasi yang berguna. Sebagai data scientist, kamu harus mengemas data-data kompleks tersebut agar bisa dimengerti oleh semua pihak. Teknik penyampaian data ini meliputi penggunaan visualisasi data dan penjelasannya sehingga mudah dipahami.

Dengan begitu, rangkaian proses pengolahan data, mulai dari mengambil data hingga memvisualisasikannya menjadi berguna karena bisa menghasilkan rekomendasi peluang untuk perkembangan bisnis ke depan.

Siap Berkarir Menjadi Data Scientist?

Itu dia beberapa skill data scientist yang wajib kamu kuasai untuk jadi seorang pengolah data yang andal. Bagaimana, tertarik menjadi data scientist? Eits tak usah khawatir! Bagi kamu yang masih pemula dan ingin memantapkan karir di bidang pengolahan data, kamu bisa belajar data science di DQLab.

Di DQLab, kamu bisa mengasah skill data science dengan berbagai program pembelajaran yang ada. Yuk, mulai belajar untuk meniti karir sebagai data scientist bersama DQLab!