dewaweb-blog-segala-hal-tentang-xenforo

Cara Instalasi XenForo, CMS Forum Terbaik

Membangun komunitas adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh bisnis. Dengan membangun komunitas, Anda juga mempererat hubungan antara brand Anda dengan customer.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat sebuah forum. Mungkin membuat forum terdengar susah dan ribet. Tetapi, sudah ada content management system (CMS) untuk membuat forum. Ini tentunya akan memudahkan Anda, kan?

Dari sekian banyak CMS forum yang ada di luar sana, di artikel ini kami akan membahas bagaimana Anda bisa membuat forum dengan menggunakan CMS XenForo.

XenForo: CMS Forum Terbaik

XenForo adalah content management system (CMS) untuk membangun forum komunitas. XenForo dibangun dengan menggunakan Zend Framework dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Pendirinya adalah developer ternama vBulletin Kier Darby dan Mike Sullivan yang keluar dari vBulletin.

XenForo sendiri berbasis PHP yang didesain untuk di-deploy dari remote web server. Memang cara kerjanya mirip dengan CMS forum lainnya seperti phpBB, vBulletin, dan masih banyak lagi.

Tetapi XenForo ini tidak open-source seperti CMS lainnya. CMS yang satu ini premium. Saat ini, XenForo sudah menjadi salah satu CMS yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.

Baca Juga: Pilihan Plugin Image Editing CMS WordPress

Fitur-fitur XenForo

Salah satu alasan kepopuleran XenForo adalah karena fitur-fitur yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa fiturnya:

Trophies

Salah satu fitur utama XenForo adalah sistem awardnya. Award-award ini disebut dengan istilah trophies dan mereka bisa dikustomisasi melalui control panel software. Anda bisa memilih untuk membuatnya berdasarkan jumlah like pada sebuah postingan atau memposting sejumlah postingan di forum.

Alerts

User bisa mendapatkan notifikasi berkaitan dengan beberapa events. Misalnya seseorang membalas postingan mereka di forum.

Add-Ons

Meskipun XenForo tidak open-source, masih ada banyak add-ons yang bisa customer lakukan untuk mengkustomisasi instalasinya.

Recent Activity Stream

XenForo juga memiliki fitur recent activity stream dimana Anda bisa melihat postingan dan reply baru dari seorang user. User juga bisa mengkustomisasi stream-nya. Developer juga bisa membuat add-ons mereka sendiri.

Kustomisasi

User bisa mengubah tampilan dengan color picker. Ini tentunya memudahkan bisnis untuk membuat forum dengan warna yang sesuai dengan warna color scheme perusahaan. Anda juga bisa menggunakan HTML dan CSS serta style property editor untuk mengkustomisasi tampilan forum lebih jauh lagi.

SEO

XenForo juga mengintegrasikan fungsionalitas SEO. Ini mungkin bisa berguna untuk perusahaan yang menggunakan forum untuk menyediakan support. Customer bisa mencari informasi resmi perusahaan melalui search engine tanpa masalah.

Jadi kalau ada yang mencari sesuatu tentang perusahaan Anda dan itu sudah pernah dibahas di forum, mereka bisa langsung menemukannya.

Licensing

Kalau Anda membeli basic license XenForo, Anda akan mendapatkan ticket support selama satu tahun. CMS ini juga menyediakan beberapa pilihan upgrade. Termasuk di dalamnya adalah pilihan untuk menghapus branding XenForo, install di server, aplikasi galeri media, resource manager, dan fitur search yang lebih canggih.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakannya? Kalau iya, yuk lanjut baca artikel ini.

Baca Juga: Berkenalan dengan CMS yang Paling Dinamis, Drupal!

Sebelum Instalasi XenForo

Sebelum Anda menginstal XenForo, Anda memerlukan dua hal yaitu hosting dan lisensi XenForo. Sebagai penyedia web hosting Indonesia, kami menawarkan paket hosting murah gratis domain yang aman, cepat, dan andal.

Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Cara Memilih Hosting Terbaik untuk mengerti lebih banyak tentang hosting. Selain itu kami juga sudah menyiapkan video mengenai hosting yang bisa Anda tonton di bawah ini.

Yang kedua, Anda memerlukan lisensi XenForo yang bisa Anda beli di website resmi XenForo.

Kalau Anda sudah siap, Anda tinggal login ke member area XenForo dan memasukkan detail domain yang ingin Anda gunakan untuk menginstal forum.

Sekarang Anda sudah siap untuk menginstal XenForo.

Baca Juga: Bolt Merupakan CMS dengan Tampilan Simpel Serta Mudah Digunakan

Cara Install XenForo

Sekarang, kami akan membahas bagaimana cara menginstal XenForo.

  • Setelah Anda memasukkan detail lisensi Anda, pilih versi terbaru XenForo dan download ke desktop Anda. File nya biasa berukuran sekitar 20MB jadi Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk mendownloadnya. Selain itu, kalau Anda melihat ada opsi untuk mendownload “upgrade package only”, Anda jangan centang opsi itu.
  • Kalau sudah, login ke FTP Account Anda dan upload file XenForo yang tadi di download ke root domain dimana Anda ingin menginstal forum. Anda bisa menggunakan FileZilla untuk melakukan ini. Ini hanya membutuhkan beberapa menit. Setelah itu Anda bisa melanjutkan proses instalasi.
  • Setelah semua file sudah diupload, kita perlu mengubah file permission ke dua direktori. Update permission folder data dan internal_data menjadi 0777. Setelah itu buka domain.com/install/ di brower Anda dan Anda akan melihat XenForo Installation Wizard.
  • Klik “Begin Installation” untuk memulai proses instalasi. Anda perlu login ke cPanel Anda dan membuat database secara manual. Untuk melihat caranya, Anda bisa membaca artikel Panduan cPanel Untuk Pemula yang sudah kami rilis sebelumnya.
  • Klik “test and generate configuration”, yang akan memberi Anda konfirmasi di halaman berikutnya dimana Anda perlu mengklik “continue with installation”. Di halaman selanjutnya mereka akan memverifikasi semuanya dan klik “begin installation” untuk menginstall software XenForo forum. Ini akan mengambil waktu beberapa menit untuk menyelesaikan proses instalasi dan setelah Anda selesai, Anda bisa mengkonfigurasi XenForo.
  • Klik “create administrator” dan mengatur halaman setup. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan site title, check email admin, dan selesaikan setup. Setelah Anda selesai dengan semua langkah ini, sekarang Anda bisa login ke forum XenForo dan melakukan langkah-langkah lain setelah instalasi untuk mengkonfigurasi forum Anda. Anda bisa mengakses panel admin forum dengan masuk ke domain.com/admin.php.

Baca Juga: Berbagai CMS Untuk Membuat Social Media Sendiri

Konfigurasi Forum XenForo

Disini Anda bisa melakukan beberapa setup yang sebaiknya Anda lakukan setelah Anda menginstall XenForo.

  • Masuk ke Home > Options > Basic Board Information dan masukkan Meta Description, pilih time-zone, dan pilih “Use Full Friendly URLs” dan “Romanize Titles in URLs”.
  • Selain itu, masuk ke Home > Options > Performance > Select “Google Ajax API CDN” sebagai source jQuery.
  • Anda bisa mengintegrasikan Google Analytics di Home > Options > Statistics and metrics
  • Masuk ke Tools > Diagnostics > File Health Check dan cek integritas setiap files
  • Masih ada banyak konfigurasi yang bisa Anda lakukan seperti menambahkan honeypot Project API, integrase Facebook, dan SEO settings.

Ini hanya beberapa langkah saja dan kemungkinan akan memakan waktu 1-2 jam bagi Anda untuk membaca dan menerapkan semua pengaturan yang disarankan dari panduan bantuan resmi.

Sekarang, Anda tinggal menyesuaikan forum Anda agar sesuai dengan tampilan dan nuansa merek Anda. Ada banyak template Xenforo yang tersedia secara gratis atau Anda juga dapat menyewa freelancer untuk mendesain template Xenforo khusus untuk forum Anda.

Jika Anda telah mengikuti semua langkah di atas, forum Anda akan aktif dan berjalan, tetapi Anda juga perlu menerapkan banyak hal untuk memastikan keamanan forum Anda, menambahkan lebih banyak fitur, membuatnya lebih cepat dengan menerapkan teknologi cache.

Untuk teknologi cache, Anda bisa membaca artikel kami tentang LiteSpeed Cache untuk XenForo.

Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas tentang XenForo dan bagaimana cara instalasinya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah artikel. Semoga artikel ini membantu!