Kupas Tuntas Kelebihan Cloud Hosting untuk Website

Kupas Tuntas Kelebihan Cloud Hosting untuk Website

Ketika akan membuat website dengan menggunakan layanan cloud hosting, ada baiknya untuk melihat beberapa pertimbangan, salah satunya ialah kelebihan dan kekurangan cloud hosting.

Menurut laman Hostgator, kelebihan cloud hosting ada pada proses pemulihan datanya yang mudah. Hal itu karena cloud hosting menggunakan sumber daya dari beberapa server untuk menjalankan websitenya.

Namun, di balik segala kelebihan yang dimiliki cloud hosting, tentu ada kekurangan yang perlu untuk kamu perhatikan. 

Maka dari itu, Dewaweb sudah merangkum informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan cloud hosting yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan kamu! Yuk, simak informasinya pada artikel berikut ini.

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting Tradisional

Kelebihan Cloud Hosting

Ada banyak jenis-jenis hosting yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya adalah cloud hosting. Menyadur International Business Machine, cloud hosting dinilai dapat memberikan penerapan solusi yang lebih menguntungkan, mulai dari biaya implementasi hingga pengoperasiannya.

Lebih jelas, berikut kelebihan-kelebihan dari cloud hosting, di antaranya:

1. Skalabilitas dan fleksibilitas

Kelebihan cloud hosting yang pertama ada pada skalabilitas serta fleksibilitasnya. Mengapa demikian? Menurut RingCentral, website yang memiliki traffic tinggi, seperti, e-commerce, adalah website yang memang perlu menggunakan cloud hosting untuk menjalankan websitenya.

Sebagai informasi, rata-rata jumlah traffic pada website e-commerce dapat mencapai 18,1 juta hingga 158 juta. Maka dari itu, dalam menjalankan website e-commerce, dibutuhkan skalabilitas dan fleksibilitas yang hanya dimiliki oleh cloud hosting.

Seperti yang diketahui, ketika kamu menggunakan cloud hosting, kamu hanya akan membayar berdasarkan dengan penggunaan resource. Nah, apabila di kemudian hari, website kamu memiliki traffic yang tinggi, cloud hosting dapat memungkinkan kamu melakukan peningkatan kapasitas kapan saja.

Baca juga: 13+ Cara Meningkatkan Traffic Website, Efektif dan Ampuh!

2. Hemat Biaya

Pada cloud hosting, biaya yang perlu disiapkan memang lebih besar dibandingkan dengan shared hosting. Kendati demikian, penggunaan cloud hosting 

Dalam paragraf di atas sempat disinggung, bahwa cloud hosting bekerja dengan cara kamu membayar berdasarkan penggunaan resource-nya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya yang dikeluarkan untuk cloud hosting lebih mahal dibandingkan jenis-jenis hosting yang lain.

Kendati demikian, bagi beberapa beberapa orang, terutama untuk sebuah perusahaan. Cloud hosting dirasa lebih menawarkan efisiensi dalam biaya. 

Baca juga: 5 Perbedaan Shared Hosting & Cloud Hosting, Apa Saja, Ya?

3. Menggunakan banyak server

Kelebihan lain dari cloud hosting adalah menggunakan banyak server. Banyaknya server yang digunakan ini dapat mendukung kinerja hosting. Sebagai contoh, apabila ada server lain yang mengalami down, maka server lainnya akan otomatis bekerja untuk menggantikannya. Dengan begitu, website tetap bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Mengenal Cloud Server Supaya Website Kamu Mudah Diakses

4. Peningkatan performa website

Cloud hosting juga mempengaruhi peningkatan performa pada website. Hal ini terjadi karena cara kerja cloud hosting yang menggunakan berbagai macam server, sehingga kecil kemungkinan terjadinya down. Itu sebabnya, performa website pun jarang menurun dan kerap mengalami peningkatan.

Baca juga: 8 Penyebab Website Down dan Cara Mencegahnya

5. Waktu loading website lebih cepat

Keuntungan cloud hosting yang lainnya adalah mempercepat waktu loading suatu website. Menurut data dari Web.dev, website yang lemot atau lambat akan memberikan dampak negatif, terutama dalam penjualan hingga pertumbuhan pengunjung.

Tidak sampai di situ, lambatnya loading suatu website juga akan mengakibatkan meningkatnya bounce rate. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini akan mempengaruhi peringkat website dalam laman SERP.

Itu sebabnya, untuk menghindari kondisi tersebut, website yang memiliki resource cukup besar hingga traffic tinggi, disarankan untuk menggunakan cloud hosting dibandingkan dengan shared hosting.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

Bagaimana Mendapatkan Cloud Hosting Terbaik?

Usai membaca penjelasan di atas, kamu tentu mengerti seberapa penting cloud hosting bagi website. Mulai dari skalabilitas, fleksibilitas, hingga performa websitenya. 

Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakan cloud hosting dan sedang mencari penyedia cloud hosting yang terpercaya, berkualitas, dan andal, maka Dewaweb jawabannya!

Dewaweb sebagai penyedia layanan hosting website terbaik menyediakan berbagai pilihan paket cloud hosting yang lengkap untuk memenuhi segala kebutuhanmu. Seluruh layanan dari Dewaweb sudah tersertifikasi standar keamanan internasional ISO 27001, lho! Jadi, website kamu nantinya sudah pasti aman, cepat, dan bisa diandalkan!