Bagi kamu yang baru saja memiliki website WordPress, mungkin kamu bingung apakah ingin menggunakan template WordPress premium atau gratis. Template premium WordPress adalah template WordPress berbayar yang bisa kamu dapatkan dari pihak ketiga di luar template yang disediakan oleh WordPress. Mungkin kamu juga bertanya-tanya kenapa kamu harus menggunakan template premium kalau bisa menggunakan template gratis?

Memilih sebuah template untuk website bukan hanya tentang tampilannya saja. Kamu harus memerhatikan fitur apa yang bekerja untuk konten website-mu dan apa yang ingin kamu capai dengan website-mu. Sederhananya, gunakanlah template WordPress gratis kalau kamu:

  • Ingin memulai sebuah blog pribadi.

  • Tidak masalah jika website-mu memiliki tampilan yang sama dengan jutaan website lainnya.

  • Hanya mengejar kegunaan dasar website.

  • Tidak membutuhkan banyak dukungan teknis untuk mengembangkan situs.

Di sisi lain, sebaiknya kamu memilih template premium WordPress kalau kamu:

  • Menggunakan website untuk menjalankan bisnis secara online.

  • Ingin memperluas kegunaan website dengan menggunakan fitur seperti e-commerce.

  • Ingin memiliki tampilan website yang unik.

  • Memerlukan dukungan teknis untuk mengembangkan website.

Jika kamu memilih untuk menggunakan template premium WordPress, langkah pertama sebelum memilih jenis template apa yang kamu inginkan adalah dengan mendefinisikan jenis website-mu terlebih dulu. Kalau kamu ingin membuat sebuah website untuk portfolio fotografi, blog tentang makanan, atau website e-commerce, kamu tentunya perlu memilih template WordPress yang sesuai. Perhatikan juga, kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjalankan dan mengelola website-mu jika kamu memilih template yang lengkap untuk mendapatkan fitur dan fungsi tambahan.

Apa Saja yang Kamu Dapatkan dengan Template WordPress Premium?

Sama halnya jika memilih hosting, kamu juga bisa menganggap template premium WordPress sebagai salah satu investasi untuk bisnismu. Template berbayar ini tidak disebut sebagai template premium hanya karena harganya yang “premium,” tetapi mereka juga menyediakan fitur-fitur premium. Mulai dari responsivitas hingga optimasi, inilah faktor yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih template.

Ketika sudah menemukan opsi yang sempurna untuk website-mu, kamu tak hanya mendapat template yang fungsional tapi juga dukungan teknis, pembaruan rutin, pemilihan customization yang luas, serta keamanan website. Selain itu, template premium WordPress juga lebih unik dibanding template WordPress lainnya. Berikut adalah beberapa elemen yang perlu kamu perhatikan ketika memilih template premium WordPress:

  • Standards-compliant

    Pastikan bahwa template tersebut sudah diperbarui ke versi terbaru WordPress, PHP, CSS, dan HTML.

  • Responsive

    Website WordPress-mu harus menggunakan template yang responsif karena Google menghitung mobile-responsiveness atau seberapa responsif layout tersebut di ponsel sebagai salah satu faktor perangkat di halaman hasil pencarian.

  • Kompatibel untuk semua browser

    Kamu juga perlu memastikan bahwa website-mu bisa diakses melalui berbagai jenis browser berbeda agar dapat memudahkan para pengunjung mengakses website.

  • Bebas disesuaikan

    Berikan kesempatan bagi dirimu sendiri untuk berkarya dengan menyesuaikan template yang ada dengan keinginanmu, oleh karena itu kamu perlu mengecek pula apakah template tersebut bisa disesuaikan.

  • Bekerja baik dengan plugin lain

    Selain mempunyai script yang sudah diperbarui, responsif, kompatibel di semua browser, dan bisa disesuaikan, kamu juga perlu memastikan template yang hendak kamu gunakan bisa bekerja optimal jika dikombinasikan dengan plugin lain yang ingin kamu terapkan.

Framework Template WordPress

Ada beberapa tema WordPress yang dibuat dengan menggunakan framework atau kerangka kerja, sementara yang lainnya dibangun dari nol. Secara umum, framework ini paling tepat digambarkan sebagai fondasi untuk template WordPress. Biasanya, framework akan berisi kode inti, meliputi fitur dasar dan elemen desain.

Kerangka ini kemudian digunakan sebagai titik awal saat tema baru dibuat. Fitur dan elemen desain baru ditambahkan ke dalam kerangka untuk menciptakan produk jadi. Framework tema WordPress terbagi menjadi dua kategori utama.

Pertama, kamu memiliki kerangka kerja internal yang telah dibangun untuk digunakan oleh tema tertentu. Lalu ada framework yang bisa digunakan siapapun sebagai fondasi proyek mereka. Beberapa framework dalam kategori ini bebas untuk diunduh.

Kamu juga dapat menemukan tema gratis atau komersial yang dibangun di atas framework. Kamu dapat membeli framework-nya dan kemudian menggunakan child theme gratis atau komersial yang dibuat dengan framework ini oleh orang lain.

Child theme adalah tema WordPress yang mewarisi fungsi dari tema induknya. Berbeda dengan tema biasa, child theme bisa diutak-atik sesuai keinginan. Child theme bisa digunakan saat kamu ingin menyesuaikan tema WordPress yang ada tanpa kehilangan kemampuan untuk memperbarui tema tersebut.

Dulu, tidak ada cara termudah untuk memperbarui tema WordPress tanpa kehilangan semua style dan penyesuaian yang sudah kamu lakukan. Tapi di child theme, kamu bisa melakukan perubahan tanpa kehilangan fungsi yang sudah disesuaikan karena fungsinya memang berasal dari tema induk. Nantinya, hal ini bisa membantu mempermudah proses transisi kalau kamu ingin mengubah tampilan website.

Template WordPress Premium Terbaik dan Terpopuler 2020

Kalau kamu sedang mencari template premium WordPress terbaik, berikut ini adalah daftar template premium WordPress terbaik dan terpopuler di tahun 2020. Di sini, kamu akan menemukan beberapa template yang dikemas dengan demo untuk setiap jenis proyek. Kamu juga akan menemukan template yang menampilkan alat pembuat halaman dan penyesuaian, atau pihak ketiga yang membuat desain khusus untuk situs WordPress milikmu.

Template premium WordPress yang paling populer juga mencakup berbagai fitur yang akan meningkatkan versi situs website-mu dari blog standar ke platform penerbitan yang hebat. Kalau kamu ingin membuat toko online yang berfungsi maksimal atau hanya mencantumkan beberapa item untuk dijual di situs webmu, ada juga template yang didesain khusus untuk e-commerce dalam daftar ini.

Ini adalah tema premium WordPress yang paling populer dan template mana pun yang kamu pilih akan membantumu memiliki website dengan tampilan unik dan menarik.

X

 Template-WordPress-Premium-X-Theme

X adalah salah satu template WordPress premium yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai macam jenis website.

Template yang satu ini menyediakan empat kategori utama agar pengunjung bisa mendemonstrasikan fleksibilitasnya. Setiap kategori mengandung berbagai variasi untuk berbagai jenis proyek. Dengan demikian, apapun jenis website yang hendak kamu buat, mulai dari home page bisnis, portfolio online, sampai e-commerce dan blog biasa, X bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan template website-mu.

X juga menggunakan Cornerstone, yaitu salah satu page builder WordPress terbaik. Tool page builder yang satu ini menggunakan drag-and-drop front-end system, hal ini bisa memudahkanmu dalam melakukan pengaturan website. Banyaknya jumlah modul yang tersedia di Cornerstone bisa memudahkanmu mengatur layout website dan memasukkan berbagai elemen untuk membuat website-mu terlihat lebih unik ketimbang website lain.

Sebagai sebuah template premium WordPress yang fleksibel dan dilengkapi dengan berbagai fitur, X adalah salah satu template premium WordPress terbaik yang pantas dilirik.

Bridge

Template-WordPress-Premium-Bisnis-Bridge

Bridge adalah salah satu template WordPress paling populer sejak dirilis tahun 2014. Sejak saat itu, Bridge sudah sering diperbarui dan sekarang sudah mencapai versi 19.5 pada 23 Desember 2019.

Di versi terbarunya, template WordPress Bridge memiliki 145 demo. Ini berarti, tak peduli jenis website dan desain seperti apa yang kamu inginkan, kamu akan menemukan layout favoritmu di antara 145 ragam layout yang telah disediakan.

Namun, kalau kamu tidak menemukan demo layout yang cocok dengan harapanmu, kamu bisa menggabungkan elemen-elemen yang ada lalu membuat desain untuk website-mu sesuai keinginan. Kamu juga bisa menemukan plugin Visual Composer yang membantumu melakukan modifikasi dengan mudah atau mengedit layout website-mu sendiri dari nol.

Jumlah demo yang banyak menjadikan Bridge sebagai salah satu template premium WordPress terbaik. Tentunya, Bridge juga mempunyai beragam fitur yang bisa membantumu membuat website yang unik dan menarik.

Flatsome

Template-WordPress-Premium-Flatsome

Flatsome adalah sebuah template e-commerce yang menggabungkan beberapa tren desain e-commerce agar kamu bisa membuat sebuah website yang menarik dan bisa meningkatkan konversi pada bisnismu. Dibangun oleh tim dari UX Themes, template premium WordPress yang satu ini adalah sebuah template yang dibuat khusus untuk website dengan WooCommerce.

Selain beberapa demo e-commerce, template ini juga mencakup berbagai jenis toko online. Template premium WordPress Flatsome juga memiliki tool builder yang bisa dengan mudah di-drag-and-drop. Alat ini memudahkan pembuatan desain dan layout khusus untuk situs webmu, termasuk etalase dan halaman produk individual yang membentuk toko online milikmu.

Agar dapat memastikan kenyamanan pengunjung website-mu via ponsel, Flatsome sengaja dibuat responsif bagi pengguna mobile. Pengguna smartphone dan tablet dapat mengakses website, menambahkan barang ke keranjang belanja mereka, dan checkout dengan mudah, bahkan hanya melalui perangkat mobile mereka. Flatsome cocok kamu gunakan jika website-mu berfungsi untuk menjual produk yang hendak kamu jual.

Divi

Menggunakan semboyan “the sky is the limit,” Divi menawarkan fitur penyesuaian tak terbatas dan fungsionalitas superior. Sebelum kehadiran Divi, penyesuaian tema dan template hanya bisa dilakukan oleh seorang pengembang situs web (developer). Saat ini, Divi menjadi template utama Elegant Themes yang menggunakan fitur drag-and-drop serta koleksi persediaan template yang menarik. Oleh karena fitur-fiturnya, Divi dapat digunakan untuk membuat layout pada berbagai jenis website.

Divi memiliki fitur yang disebut dengan Divi Builder. Salah satu masalah yang sering dialami saat menggunakan builder dari template lain adalah penyesuaian layout yang terbatas, sedangkan di sisi lain Divi memperbolehkan pengguna mengubah keseluruhan template. Kamu bisa mengubah warna, icon, halaman, dan format unggahan. Cara ini adalah salah langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan website yang dinamis tanpa melakukan coding apapun. Selain itu, Divi Builder juga menggunakan dragand-drop interface sehingga mudah digunakan oleh siapa pun.

Divi mempunyai 18 layout berbeda dan kamu hanya perlu menginstal template-nya dan mulai mengunggah konten-konten website-mu. Desain template ini cukup responsif dan template yang efisien ini merupakan pilihan tepat bagi tampilan apapun yang ingin kamu tunjukkan di website. Template yang responsif juga bisa meningkatkan peringkatmu di Google Search karena Google bisa mendeteksi kecepatan dan responsivitas website untuk menilai kredibilitas dan kepantasan website tersebut untuk direkomendasikan kepada para pengguna.

Genesis

Genesis adalah salah satu jenis template yang sering digunakan oleh para pengguna website. Template yang satu ini sudah terjamin aman, teroptimasi untuk SEO, dan mudah disesuaikan. Pasalnya, Genesis memang dirancang khusus untuk dipadukan dengan child theme. Kamu bisa membeli dari StudioPress atau membuat child theme-mu sendiri.

Template multifungsi ini akan cocok untukmu kalau kamu mempunyai pengalaman di bidang web developing, meskipun kamu tetap bisa mempelajarinya secara otodidak. Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin menggunakan template Genesis, sebaiknya gunakan childtheme terlebih dulu.

Foodie Pro

Template-WordPress-Foodie-Pro

Salah satu contoh child-theme Genesis adalah Foodie Pro. Sayangnya, tema yang satu ini tidak terlalu cocok untuk semua jenis website. Pasalnya, Foodie Pro dibuat khusus buat kamu yang ingin membuat blog makanan atau kuliner.

Foodie Pro telah diciptakan untuk dengan menggunakan framework Genesis. Ini berarti, situsmu akan dibangun di atas dasar yang kokoh serta dikombinasikan dengan desain stylish Foodie Pro dan kekuatan WordPress.

Kalau kamu memilih Foodie Pro untuk situs webmu, kamu akan mendapatkan enam pilihan layout, termasuk untuk menyesuaikan dan mengatur widget yang hendak kamu tampilkan di halaman website.

Bagi kamu yang tertarik membuat situs web tentang pilihan kuliner dan tidak ingin merasa kewalahan dengan keputusan dan pilihan, maka Foodie Pro serta pendekatan elegannya terhadap desain bisa menjadi pilihan yang tepat.

Avada

Avada adalah salah satu template premium WordPress yang paling banyak digunakan oleh para pemilik website karena kemudahan tools yang dimiliki. Pasalnya, para pengguna Avada bisa menggunakan plugin Fusion Core yang berisi page builder, generator shortcode, mega menu, dan masih banyak lagi. Jika fitur-fitur ini digabungkan dengan pilihan template yang lebih advance, kamu bisa membuat tampilan layout yang unik tanpa perlu melakukan coding apapun.

Kamu juga bisa menyaksikan video berikut untuk pembahasan lebih lanjut.

Simpulan

Template premium WordPress bisa dianggap sebagai sebuah investasi jika kamu berbisnis menggunakan website. Tak dapat dipungkiri, tampilan yang menarik adalah salah satu daya tarik sebuah website. Oleh karena itu, tak ada salahnya kalau kamu menginvestasikan waktu dan usaha untuk menyusun template bagi layout website-mu.

Baca Juga: Dapatkan Elementor Pro, Elegant Themes, dan LapakInstan Gratis!

Selain kumpulan template premium WordPress di atas, kamu juga bisa menggunakan tema website yang menarik dan unik agar website-mu terlihat lebih unik dan elegan. Tapi jangan lupa, pastikan kombinasi antara tema dan template yang kamu gunakan bisa bersinergi secara optimal. Caranya, kamu bisa menggunakan plugin seperti LiteSpeed Cache yang hanya bisa didapatkan dengan melakukan pembelian hosting dari Dewaweb. Pilih paket cloud hosting minimal paket Warrior dan dapatkan berbagai tema dan plugin premium yang bisa didapatkan dari Elementor Pro, Lapakinstan, dan Elegant Themes. Selamat berkreasi!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia