Mengenal SMO yang Dapat Meningkatkan Brand Exposure

Mengenal SMO yang Dapat Meningkatkan Brand Exposure

Social media optimization (SMO) adalah strategi marketing pada sosial media yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan performa konten kamu dan menjangkau audiens secara lebih luas.

Media sosial menjadi salah satu platform yang digunakan untuk memunculkan bisnis kamu pada pencarian, agar bisnis dapat muncul ketika dicari kamu perlu melakukan optimasi sosial media yaitu lewat SMO.

Bagi kamu yang tertarik menerapkan strategi social media optimization, ketahui pengertian SMO serta tips melakukannya di sini! Simak sampai akhir ya!

Apa Itu SMO?

Social media optimization atau SMO adalah sebuah metode optimasi yang dilakukan lewat media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, Youtube, atau berbagai media sosial lainnya.

Pengoptimalan media sosial bertujuan untuk meningkatkan performa bisnis, dalam hal ini seperti meningkatkan kesadaran produk, memunculkan bisnis pada pencarian, hingga meningkatkan engagement dengan pelanggan. 

Agar dapat bekerja secara efektif, kamu perlu mencari tahu konten apa yang sedang dicari pengguna, siapa saja target audiens kamu, bagaimana behavior-nya, sehingga kamu dapat menemukan strategi yang tepat untuk mengoptimasi konten media sosial.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, konsep SMO sebenarnya mirip dengan SEO, yaitu sama-sama bertujuan menampilkan konten, mengoptimasi, kemudian memunculkan bisnis pada pencarian. Hanya saja SEO dilakukan melalui website agar tampil di search engine.

Selain SMO dan SEO, dalam digital marketing juga terdapat istilah SMM dan SEM. 

  • Social media optimization adalah upaya dalam memunculkan merek atau brand, maka SMM (Social Media Marketing) adalah cara penjualan produknya. 
  • Search engine optimization sendiri merupakan upaya memunculkan bisnis lewat website, kemudian SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi mengiklankan website agar ditemukan pelanggan.

Apabila SMO dilakukan secara tepat, maka akan membawa banyak manfaat seperti engagement yang lebih besar dari reach konten hingga peningkatan hasil penjualan.

Baca Juga: Mau Jadi Social Media Specialist? Ini Tugas, Skill, dan Gajinya

Tips Melakukan SMO

Setelah mengetahui pengertian SMO, sekarang saatnya untuk menerapkan strategi ini pada media sosial bisnis kamu. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan strategi marketing kamu.

1. Menganalisa target audiens terlebih dahulu

Tips pertama adalah mengetahui dan menganalisa target audiens yang akan kamu tuju, setiap audiens memiliki perlakuan yang berbeda. Maka dari itu sebelum memperkenalkan produk kamu ke mereka, pastikan kamu tahu siapa targetnya.

Target audiens antara anak muda dan ibu-ibu tentu akan berbeda perlakuannya, dengan mengerti siapa targetnya kamu bisa lebih paham strategi seperti apa yang cocok digunakan.

2. Gunakan influencer marketing

Pengaruh influencer dalam sosial media memang cukup besar, oleh karena itu kamu dapat menggunakan influencer untuk membantu mengoptimasi sosial media dan bisnis. Namun, pastikan kamu mencari influencer yang relevan dengan industri bisnis kamu saat ini.

Kamu dapat menghubungi mereka dan menjalin kerja sama. Peran influencer dapat menarik lebih banyak audiens untuk datang ke bisnis kamu.

Baca Juga: Pengertian KOL dan Fungsinya dalam Strategi Marketing

3. Lakukan riset untuk kata kunci

Penting untuk mengetahui konten seperti apa yang sedang dicari pelanggan, hal ini dapat kamu lakukan lewat riset kata kunci. Sama seperti SEO yang perlu melakukan riset keyword, pada optimasi media sosial kamu juga perlu tahu topik serta kata kunci yang diari, hingga hashtag yang digunakan. 

Untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari, sebaiknya gunakan tools khusus pencarian keyword sosial media. Karena keyword ini akan berbeda dengan keyword pencarian pada search engine.

Baca Juga: 13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

4. Optimalkan strategi media sosial

Perkembangan dan perubahan media sosial berlangsung dengan cepat, maka dari itu kamu juga harus selalu beradaptasi. Untuk meningkatkan efektivitas strategi yang dilakukan, pastikan kamu menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas.

Misalnya tujuan seperti meningkatkan exposure merek atau meningkatkan konversi.

Selain itu, mengoptimalkan strategi juga dapat dilakukan dengan memilih platform media sosial yang tepat untuk menjangkau audiens kamu.

Baca Juga: 3 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Trafik Web & Blog

5. Gunakan hashtag pada konten

Penggunaan hashtag dapat menjadi salah satu cara mengoptimalkan social media optimization. Banyak orang yang menggunakan hashtag untuk mencari topik atau konten yang sedang trending.

Dengan menambahkan hashtag pada media sosial, pengguna dapat lebih mudah menemukan konten kamu sehingga memberikan peluang besar untuk bisnis dalam memperluas jangkauannya. 

Tapi pastikan untuk selalu mencari hashtag yang relevan dengan konten dan industri bisnis kamu.

Baca Juga: Apa Itu Hashtag? Cara Kerja, Contoh dan Manfaatnya untuk Promosi

6. Optimasi profil

Tidak hanya fokus mengoptimasi konten saja, kamu juga perlu mengoptimasi profil atau akun bisnis. Untuk memaksimalkan profil ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya yaitu.

  • Optimasi profil: optimasi profil yaitu gunakan foto profil yang sesuai dengan bisnis, dalam hal ini yaitu logo brand. Sehingga ketika audiens melihat akun kamu, mereka dengan mudah menebak jika itu adalah brand kamu.
  • Username: apabila kamu menggunakan beberapa media sosial sekaligus, pastikan gunakan username yang sama sehingga akan memudahkan mereka dalam mencari akun bisnis kamu.
  • Bio: pada bagian ini kamu dapat memasukan informasi bisnis seperti link website, kontak yang dapat dihubungi, atau alamat bisnis.

7. Optimasi konten

Tips terakhir yaitu mengoptimasi konten, terdapat dua jenis konten yang dapat diposting di media sosial bisnis. Jenis pertama adalah konten asli yang dibuat khusus untuk diposting di media sosial. Sedangkan jenis kedua adalah yang dikumpulkan dari sumber terpercaya.

Dengan mengoptimalkan konten yang diposting, kamu dapat memancing audiens di media sosial untuk berinteraksi dengan bisnis. Mereka dapat menyukai konten, memberikan komentar, dan bahkan membagikan postingan dengan pengguna lain.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

Kesimpulan

Bagaimana sampai sini kamu sudah lebih paham apa itu social media optimization? Social media optimization atau SMO adalah salah satu strategi digital marketing yang dilakukan melalui berbagai platform seperti Instagram, TikTok, atau yang lain.

Optimasi dilakukan untuk meningkatkan performa bisnis mulai dari pengenalan produk, menjangkau audiens, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan brand exposure. Agar kamu dapat menjalankan strategi secara efektif, kamu bisa mengikuti beberapa tips di atas mulai dari menganalisa target hingga mengoptimasi konten agar terjangkau audiens.

Itulah penjelasan mengenai strategi social media optimization. Untuk mengetahui berbagai informasi mengenai topik digital marketing lainnya kamu dapat membaca pada blog Dewaweb.

Di sana kamu dapat menemukan berbagai topik seperti pengembangan website, cyber security, dan masih banyak lagi. Yuk, ikuti terus update-nya pada blog Dewaweb.