Cara Melihat Source Code Website dari Browser dan Android

Cara Melihat Source Code Website dari Browser dan Android

Cara melihat source code website sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, baik melalui browser maupun Android. Semua mesin pencari memiliki fitur untuk melihat source code website yang sedang dikunjungi pengguna.

Melihat source code website juga dapat menjadi alternatif ketika pengguna sedang mencari inspirasi layout website atau mengecek kesalahan. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara melihat source code website baik dari browser dan Android, simak terus sampai akhir ya!

Apa Itu Source Code Website?

Source code adalah sebuah instruksi atau pernyataan berupa rangkaian kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman. Code program ini bertujuan untuk memberikan perintah agar perangkat dapat menjalankan fungsi tertentu.

Begitu juga dengan source code website, ia merupakan rangkaian kode yang disusun untuk membangun website. Dalam menulis source code, para programmer biasanya menggunakan berbagai jenis teks editor seperti Visual Studio Code atau yang lain.

Cara Melihat Source Code Website dari Web Browser

Setelah mengetahui pengertian source code website, kali ini kita akan mencoba cara melihat source code website dari browser. Ada beberapa jenis browser yang aktif digunakan pengguna, berikut ini masing-masin cara melihatnya:

Google Chrome

Cara pertama yaitu melihat script HTML website melalui Google Chrome. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu buka halaman web yang ingin kamu lihat kodenya, kemudian klik Ctrl + U secara bersamaan, setelah itu kode akan muncul pada tab baru di Chrome.

Cara selain itu kamu juga bisa menekan klik kanan pada halaman kemudian pilih View Page Source, jika berhasil source code website akan muncul di tab baru sebelah kanan.

cara melihat source code di web browser

Mozilla Firefox

Mesin pencari selanjutnya yang akan kita coba yaitu Mozilla Firefox, sama seperti pada Chrome kamu bisa klik Ctrl + U secara bersamaan lalu, apabila berhasil source code akan muncul pada tab baru sebelah kanan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan memilih ikon stripe tiga di pojok kanan atas kemudian pilih Web Developer > Inspector. Jika sudah, maka source code akan muncul di bagian bawah halaman lengkap dengan console, style editor, memory, performance, dan masih banyak lagi.

Internet Explorer

Selanjutnya kita akan mencoba cara melihat source code website di Internet Explorer. Caranya masih sama yaitu Ctrl + U lalu hasil source code-nya akan muncul pada bagian bawah halaman yang sedang kamu kunjungi.

Opera

Browser terakhir yang akan kita coba lihat source code-nya yaitu Opera Browser. Untuk melihat code website di Opera kamu juga hanya perlu menekan Ctrl + U pada keyboard. Hasil source code akan tampil pada tab baru dengan nama view-source.

Cara Melihat Source Code dengan Fitur Inspect

Selain cara-cara di atas, terdapat juga cara melihat script HTML website melalui fitur Inspect yang ada pada browser. Fitur ini sebenarnya ditujukan untuk para pengembang web. Melalui fitur ini para pengguna dapat melihat source code web secara rinci.

Cara melihat source lewat fitur Inspect yaitu kunjungi halaman yang ingin dilihat, lalu pilih klik kanan kemudian pilih Inspect. Apabila cara tersebut berhasil, maka halaman web tersebut akan terbagi menjadi dua, bagian kiri merupakan front-end web, sedangkan bagian kanan adalah code program dari web tersebut.

klik inspect

Melihat Source Code dengan Source Code Viewer

Terkadang ada beberapa website yang tidak bisa diklik kanan ataupun di-inspect, maka dari itu kamu membutuhkan tools bantuan untuk melihat source code website tersebut.

Salah satu tools online yang bisa kamu gunakan yaitu view-page-source.com. Pada situs tersebut kamu perlu memasukan URL website yang ingin kamu ketahui kodenya. Kemudian centang pada bagian Stylize Code lalu klik View Source Code.

memakai code viewer

Perlu kamu tahu, karena menggunakan bantuan pihak ketiga dan bukan dari browser langsung, source code yang dihasilkan mungkin saja tidak sama persis.

Cara Melihat Source Code Web di Android

Selain cara melihat kode lewat desktop, kamu juga harus mengerti bagaimana cara melihat source code web di Android atau melalui ponsel kamu. Terdapat dua cara yang bisa kamu ikuti yaitu secara manual dan memakai aplikasi VT View Source. Berikut ini cara melihat source code web di Android.

1. Secara Manual

  1. Buka aplikasi Chrome di perangkat Android kamu.
  2. Masuk ke halaman web yang ingin dilihat source code-nya, lalu salin URL halaman tersebut.
  3. Kembali ke halaman utama Chrome dan buat tab baru.
  4. Tempelkan URL dengan cara berikut di kolom pencarian contohnya: “view-source:https://www.dewaweb.com/blog/” lalu tekan Enter.
  5. Kamu juga bisa menggunakan nama website yang ingin dikunjungi. Misalnya, nama websitenya adalah dewaweb.com, ketik view-source:dewaweb.com dan tekan Enter.
  6. Jika kedua cara berhasil maka akan muncul source code dari halaman web yang ingin kamu lihat.
  7. Untuk mencari teks atau kata kunci tertentu di antara kode, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  8. Pilih Find in Page.
  9. Tuliskan keyword yang ingin dicari.
  10. Gunakan panah atas dan bawah untuk menemukan semua kecocokan kata kunci tersebut.

2. Memakai aplikasi VT View Source

Selain menggunakan cara manual, untuk melihat source code web di Android juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu VT View Source. Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis, mudah, dan tidak ada iklan. Berikut adalah beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi VT View Source:

  • Melihat kode sumber HTML, XML, JavaScript, dan CSS tanpa harus mengunjungi website tersebut.
  • Mendukung berbagai jenis MIME.
  • Terdapat fitur pencarian untuk menemukan kode tertentu.
  • Menampilkan kode dengan rapi dan mudah dimengerti dengan penyorotan sintaksis.
  • Dapat membuka source code dengan mengetikkan nama atau memasukkan URL.
  • Terdapat fitur Copy All untuk menyalin seluruh kode yang ditampilkan pada layar.
  • Membuka source code menggunakan fungsi share halaman dari browser seperti browser bawaan Android atau Opera Mobile.
  • Menyediakan lebih dari 35 tema penyorotan sintaksis.
  • Pengguna dapat menonaktifkan penyorotan sintaksis untuk performa yang lebih baik.
  • Warna latar belakang dapat disesuaikan.
  • Terdapat fitur untuk memperbesar teks dan penanda halaman.

Berikut adalah cara melihat kode sumber website PHP menggunakan aplikasi VT View Source:

  1. Instal aplikasi VT View Source melalui Google Play.
  2. Salin URL website yang ingin kamu lihat kode sumbernya.
  3. Buka aplikasi VT View Source.
  4. Pada menu Open URL, tempelkan URL website yang sudah disalin, lalu klik OK.
  5. Tunggu sebentar kemudian layar akan menampilkan source code dari website yang dimaksud.
  6. Pilih ikon + dan – untuk memperbesar atau memperkecil tampilan kode pada layar.

Sampai sini kamu sudah tahu cara melihat source code website di Android dengan mudah dan cepat.

Sudah Paham Cara Lihat Source Code Website?

Cara melihat source code website dapat dilakukan secara mudah baik melalui browser maupun Android. Faktanya melihat source code website tidak hanya bisa dilakukan oleh pengembang web saja, melainkan oleh para pengguna yang bukan pengembang.

Dengan mengetahui cara melihat source code web, kamu bisa lebih mengerti seperti apa tata letak situs yang sedang kamu cari. Bagi sisi pengunjung, mereka bisa mendapatkan inspirasi, sedangkan untuk sisi pengembang mereka dapat melihat apabila terdapat kesalahan.

Untuk mendapatkan informasi lain perihal website jangan lupa baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb, daftar webinar gratis di Dewatalks dengan beragam topik serta ikuti, program afiliasi agar kamu bisa mendapatkan income tambahan!