7 Cara Sukses Mendapatkan Uang dari Blog, Pemula Wajib Tahu!

7 Cara Sukses Mendapatkan Uang dari Blog, Pemula Wajib Tahu!

Merasa tertarik dan ingin menekuni dunia blogging lebih dalam? Kabar baiknya, kamu bisa lho menghasilkan uang dari blog yang digeluti. Nah, jika kamu tidak tahu cara mendapatkan uang dari blog serta minim kemampuan teknis, kamu berada di artikel yang tepat! Kali ini, Dewaweb akan membagikan cara mendapatkan uang dari blog yang wajib kamu ketahui.

Perlahan tapi pasti, penghasilan kamu akan semakin meningkat bila mengikuti tips berikut ini. Yuk, langsung saja kita mulai!

Baca Juga: 11 Cara Jitu agar Blog Muncul di Google Halaman Pertama

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Ini jadi pertanyaan bagi kebanyakan orang, “Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?” Berikut beberapa langkah dasar yang ditempuh dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan mereka.

  • Mempersiapkan blog sesuai niche
  • Menghasilkan konten yang bermanfaat
  • Meningkatkan SEO blog
  • Menggaet pembaca/pengunjung blog
  • Menjaga kedekatan dengan pembaca yang datang ke blog
  • Cari tahu cara monetisasi blog yang tepat
  • Promosikan blog

Mungkin terdengar mudah, namun hal ini merupakan proses panjang yang butuh ketekunan. Yuk simak penjelasan selengkapnya

1. Mempersiapkan blog sesuai niche

Cara mendapatkan uang dari blog yang pertama tentu kamu perlu memiliki sebuah blog. Meski cukup jelas, langkah ini juga yang jadi batu penghalang bagi kebanyakan blogger pemula yang memiliki sedikit atau tanpa latar belakang teknis.

Tapi jangan khawatir, ini tidak sesulit yang kamu kira kok! Ada beberapa langkah sederhana yang diperlukan untuk memulai sebuah blog:

Pilih platform blog. Untuk memulai sebuah blog, kamu perlu memilih platform blog atau alat yang akan membantumu agar konten berada di website. Ada banyak pilihan platform blog yang tersedia, salah-satunya WordPress.org yang menjadi platform paling populer dan banyak dipilih karena beberapa alasan berikut:

  • Penggunaannya gratis
  • Mudah digunakan
  • Sudah sejak lama digunakan banyak orang dan dilengkapi  sistem keamanan
  • Bisa menyesuaikan bentuk blog dengan berbagai tema.

Menentukan nama domain dan hosting. Langkah selanjutnya untuk memulai sebuah blog adalah menentukan nama domain (alamat blog) agar blog memiliki alamat rumah secara online. Tiap blog memiliki domain sendiri-sendiri, jadi kamu harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum digunakan orang lain, namun sesuai konten Blog yang direncanakan. Baca juga artikel kami tentang cara memilih web hosting untuk blog. Kamu bisa mengecek ketersediaan domain dan pesan nama domain tersebut sebelum diambil oleh orang lain dengan klik tombol berikut.

Konfigurasi blog. Jika ini pengalaman pertama menggunakan WordPress, kamu mungkin akan kebingungan melihat bagian dashboard dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi jangan khawatir, ada banyak tutorial yang akan membantu kamu menggunakan WordPress dan mengatur berbagai hal untuk membuat blog terlihat menarik dan beroperasi dengan baik. Baca Panduan Lengkap Membuat Blog Sendiri dari Nol Sampai Jadi!

Design blog. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah design tampilan blog. Kesan pertama sangat penting, jadi kamu harus pintar memilih design yang bisa membuat blog menonjol di antara blog-blog lain. Selain itu tampilan blog juga harus ramah pengguna dan mobile-friendly.

Anda bisa manfaatkan tutorial tentang pengaturan dasar dan pemilihan tema. Meski ada banyak pilihan tema yang gratis, Anda bisa gunakan tema premium sebagai dasar design blog Anda. Kendati sifatnya berbayar, pilihan premium berefek positif pada optimasi mesin pencarian, dirancang untuk mobile maupun desktop, serta mudah diinstal dan disesuaikan.

2. Menghasilkan konten bermanfaat

Bukan blog jika tanpa konten, jadi setelah memiliki blog, kamu perlu fokuskan perhatian untuk menciptakan konten yang bermanfaat. Ini merupakan cara mendapatkan uang dari blog yang perlu kamu perhatikan. Pilihan akan bergantung pada topik atau niche yang kamu pilih untuk ditulis. Dalam membuat artikel blog, kamu juga perlu memperhatikan dari segi SEO-nya. Simak informasi tentang Cara Ampuh Membuat Artikel SEO Friendly di Blog dan Website yang bisa bermanfaat untukmu.

Kunci keberhasilan adalah menciptakan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Konten yang bisa menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan mengubah kehidupan orang lain, dan ini akan membantu pembaca merasa mengenal, suka, dan percaya. Semua ini sangat penting bila kamu nantinya ingin menghasilkan uang dari blog.

3. Meningkatkan SEO blog

Cara selanjutnya untuk mendapatkan uang dari blog yakni meningkatkan SEO-nya. Melakukan optimasi SEO pada blog atau website bisa dilakukan dalan dua metode, yakni SEO on-page dan off-page. Optimasi SEO on-page berarti melakukan upaya peningkatan dari segi konten blog agar bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Upaya ini dilakukan dengan menciptakan artikel yang SEO-friendly, penerapan keyword yang tepat, riset kata kunci, internal link, dan sebagainya. Kamu bisa mempelajari tentang SEO on-page selengkapnya di artikel Cara Optimasi SEO On-Page untuk Website.

Selain itu, kamu juga perlu mengoptimasi SEO off-page, yakni upaya yang bertujuan memberi tahu mesin pencari  bagaimana pendapat pengunjung mengenai website. Off page SEO membahas faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website kamu. Jika on-page SEO berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, SEO off-page berhubungan dengan link building atau backlink yang dapat membantu meningkatkan visibilitas website. Baca selengkapnya di artikel Off-Page SEO.

Baca Juga: Cara Optimalkan SEO WordPress untuk Tingkatkan Ranking Website

4. Menggaet pembaca

Ketika menciptakan konten bermanfaat, kadang kita hanya fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog. Namun, bila ingin menghasilkan uang dari blog, kamu tidak hanya perlu fokus pada membangun blog yang baik, tapi juga mulai mempromosikannya.

Mulailah dengan memikirkan tentang jenis pembaca yang kamu inginkan pada blog. Setelah tahu siapa target audiens kamu, coba pikirkan dimana kelompok orang ini berkumpul secara online. Kamu bisa mengajukan pertanyaan ini untuk membantu:

  • Apakah mereka membaca blog tertentu?
  • Apakah mereka berpartisipasi di forum tertentu?
  • Apakah mereka mendengarkan podcast?
  • Apakah mereka berkumpul di jaringan sosial tertentu?
  • Akun mana yang mereka ikuti dari jaringan sosial tersebut?

Tiap tempat yang dikunjungi target pembaca blog,  luangkanlah waktu untuk terlibat di sana, misalnya dengan meninggalkan komentar, menawarkan guest post, atau cukup hanya dengan menjawab pertanyaan. Kuncinya adalah membangun kehadiran, menambahkan nilai, dan  membina hubungan.

5. Menjaga kedekatan dengan pembaca

Cara berikutnya untuk mendapatkan uang dari blog adalah menjaga kedekatan dengan pembaca blog kamu. Ketika kamu sudah berhasil menggaet pembaca, kamu bisa arahkan fokus untuk mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas. Respon komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang bisa untuk membuat mereka terus datang kembali ke blog lagi dan lagi.

Pertahankan pembaca yang sudah kamu peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang blog, turut serta membangun blog, sehingga lebih banyak diketahui orang.

6. Cari tahu cara monetisasi blog yang tepat

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog yaitu mengeksplor metode untuk monetisasi blog. Sebuah kekeliruan besar yang blogger lakukan tentang monetisasi blog adalah mereka melakukannya hanya dengan satu cara. Kenyataannya ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

  • Pendapatan dari iklan

Banyak blogger memulai dengan cara ini. Memperoleh pemasukan  blog dengan cara ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Ketika traffic mulai naik, Anda akan bertemu dengan pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat pembaca Anda.

Meski Anda perlu traffic yang baik sebelum menempatkan sebuah iklan, ada iklan jaringan seperti Google AdSense yang memungkinkan penerbit skala kecil untuk menjalankan iklan di blog mereka.

  • Pendapatan dari afiliasi

Promosi afiliasi jadi jenis pemasukan paling umum yang dimiliki blogger.

Pemasukan afiliasi  berarti Anda membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di Dewaweb, dan bila seseorang mengikuti tautan Anda dan membeli produk tersebut, Anda akan memperoleh komisi dari penjualan.

Ini jadi cara tepat untuk memulai monetisasi blog karena program afiliasi mudah proses sign up-nya. Selain itu, bila Anda memiliki pembaca yang setia, mereka akan mengikuti rekomendasi yang Anda buat terhadap sebuah produk.

  • Mengadakan event

Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event.

Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event. Ikuti panduan kami untuk mengadakan sebuah event.

  • Recurring Income

Kategori lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income atau bisa juga disebut continuity program atau membership program. Ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapat akses ke konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan, atau gabungan dari semuanya.

  • Jasa atau layanan

Satu cara yang umum bagi banyak blogger untuk mendapatkan uang adalah melalui penawaran jasa ke pembaca mereka. Ini bisa banyak bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, design, atau layanan freelance lainnya.

  • Menjual produk

Sebagian blogger mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk macam ini membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tapi cukup menguntungkan.

Produk bisa banyak bentuknya, tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan, dan sebagainya.

Produk jenis lain yang dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sangat wajar bila blogger/Anda  memiliki bisnis atau produk untuk dijual

  • Aliran pendapatan lain

Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain.

Kebanyakan blogger full time menghasilkan uang dengan  lebih dari satu saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan mempercepat perjalanan Anda untuk jadi blogger full time.

7. Promosikan blog di media sosial

Selain pencarian organik, kamu juga perlu memanfaatkan media lain untuk mempromosikan blog. Salah satunya, lewat media sosial. Kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial yang dimiliki, seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan masih banyak lagi. Memang tidak mudah, dibutuhkan kerja keras dan ketekunan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Tapi tak perlu khawatir, Dewaweb bisa membantu untuk memandumu untuk melakukan pemasaran di media sosial. Jadi, kamu tidak kebingungan memilih platform media sosial yang tepat, merencanakan strategi media sosial, dan membuat konten yang menarik. Baca artikel kami tentang panduan Social Media Marketing.

Jenis Pendapatan dari Blog

Nah, apakah kamu sudah mulai mengerti bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Sebagai informasi tambahan, blogger bisa menghasilkan uang secara langsung dari blog mereka dan juga tidak langsung. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pendapatan langsung

Blogger bisa meletakkan iklan AdSense di blog dan mempromosikan beberapa produk di Amazon sebagai afiliasi dan semakin banyak pembaca, berarti semakin banyak pemasukan mulai mengalir. Saat traffic tumbuh, pemasukan juga tumbuh, dan kamu bisa bereksperimen dengan bentuk pemasukan langsung lain seperti menjual iklan langsung ke pengiklan.

Pendapatan tidak langsung

Ketika blog dan profil mulai tumbuh sebagai hasil dari blogging, kamu bisa menjual jasa sebagai pembicara dan konsultan atau mendapat tawaran menulis buku dari penerbit. Kamu juga bisa mengadakan sebuah event yang juga menghasilkan uang. Semua pendapatan ini tidak datang langsung dari blog tapi dikarenakan adanya blog kamu. Meski penghasilan dari blog bisa dari gabungan pemasukan langsung dan tidak langsung, banyak blogger fokus hanya pada salah-satunya saja.

Sudah Tahu Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Jadi bagaimana, sudah tahu cara mendapatkan uang dari blog? Atau kamu justru menemukan ide lain yang lebih jitu dan lebih cocok untuk situs web yang dikelola? Well, apa pun itu, semoga ulasan yang kami suguhkan bermanfaat bagi kamu. Agar tips di atas semakin ampuh, kamu perlu mengetahui cara optimasi blog lebih dalam. Unduh e-book Dewaweb tentang panduan optimasi blog baru di bawah ini.

[sibwp_form id=14]