Kelebihan Domain MY.ID untuk Website & Cara Mendapatkannya

Kelebihan Domain MY.ID untuk Website & Cara Mendapatkannya

Domain MY.ID adalah salah satu ekstensi yang banyak digunakan di berbagai jenis website, khususnya untuk web pribadi atau blog. Ekstensi domain tersebut baru secara resmi diumumkan pada tahun 2019, meski tergolong baru namun sudah banyak digunakan di beberapa situs.

Nah, bagi kamu yang belum tau ekstensi MY.ID itu apa kemudian apa kelebihannya dibandingkan ekstensi lain yuk cari tahu lebih lanjut di artikel Dewaweb kali ini!

Baca Juga: 7+ Kelebihan Domain ID Dibandingkan Domain Lain

Apa Itu Domain MY.ID?

Domain MY.ID adalah domain tingkat atas (TLD) yang digunakan di Indonesia. MY.ID berfungsi sebagai domain yang mengidentifikasi seorang individu atau perusahaan di Indonesia. Penggunaan domain ini lebih umum dalam skala personal atau organisasi kecil dibandingkan dengan domain lain seperti .com atau .co.id.

Ketika pertama kali diresmikan, pendaftaran MY.ID memerlukan proses verifikasi data identitas menggunakan KTP atau paspor. Namun, saat ini, tahap verifikasi KTP atau paspor sudah tidak diperlukan lagi. Kamu hanya perlu melakukan konfirmasi email yang masih aktif.

Penggunaan ekstensi MY.ID juga terus mengalami pertumbuhan. Dalam rentang waktu sebulan setelah diresmikan, PANDI mencatat bahwa terjadi pertumbuhan jumlah pendaftar MY.ID yang mencapai lebih dari sepuluh kali lipat, melonjak dari 207 pengguna menjadi 2.491 pengguna. Hal yang lebih menarik adalah peningkatan tersebut terutama berasal dari kalangan milenial.

Kelebihan Domain MY.ID

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki MY.ID, di antaranya:

1. Harga yang terjangkau

Ekstensi domain ini cukup menonjol karena menawarkan harga yang terjangkau dibandingkan dengan beberapa ekstensi domain lainnya. Hal ini memberikan keuntungan bagi kamu dan bisnis yang ingin memiliki representasi online tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Dengan biaya yang lebih rendah, MY.ID menjadi pilihan ekonomis untuk kamu yang ingin memiliki web dengan domain yang profesional.

Baca Juga: Daftar Domain Gratis untuk Membuat Website

2. Lebih mudah diingat

Salah satu aspek penting dari pemilihan nama domain adalah kemampuan untuk mudah diingat oleh pengguna. Domain ini memiliki keunggulan dalam hal ini karena menggabungkan elemen regional (MY.ID) yang lebih mudah diingat oleh audiens lokal. Hal ini dapat membantu membangun brand yang kuat dan meningkatkan brand awareness di kalangan pengunjung situs web.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

3. Tersedia banyak pilihan nama domain

MY.ID menawarkan beragam pilihan nama domain yang dapat disesuaikan dengan karakteristik bisnis atau minat pribadi. Hal ini karena ekstensi domain tersebut belum banyak digunakan. Dengan banyaknya opsi yang tersedia, pengguna memiliki fleksibilitas dalam memilih nama domain yang paling sesuai. 

Baca Juga: 10 Domain Name Generator untuk Mencari Nama Domain yang Sesuai

4. Representasi identitas bisnis dan personal

Domain MY.ID merupakan domain nasional Indonesia yang mengidentifikasi konten atau situs web dengan keterkaitan khusus dengan negara ini. Dalam bisnis online atau industri digital, memiliki domain ini dapat memberikan kepercayaan dan keandalan kepada pengunjung atau klien.

Dengan menggunakan domain ini, kamu dapat menunjukkan kepada orang lain bahwa bisnis atau situsmu adalah bisnis lokal dan sudah memiliki pengetahuan tentang pasar Indonesia. Selain itu MY.ID juga mampu menggambarkan situs web sebagai “my identity” sehingga sangat direkomendasikan untuk situs web pribadi seperti blog atau portofolio online.

Baca Juga: 7 Cara Praktis Membuat Web Portofolio Sendiri, Tanpa Koding!

5. Akses lebih cepat

Ekstensi domain ini memiliki akses yang lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh lokasi server yang berada di Indonesia. Keberadaan server di wilayah Indonesia memungkinkan pengguna di Indonesia untuk mengakses situs web dengan waktu respon yang lebih singkat dan koneksi yang lebih stabil.

Maka dari itu ekstensi MY.ID sangat direkomendasikan bagi situs web yang memiliki target pengunjung di Indonesia. Dengan demikian, situs web dapat memberikan pengalaman akses yang optimal bagi pengguna.

Baca Juga: Mengetahui Manfaat dan Cara Cek Lokasi Server Website

6. Keamanan dan perlindungan data

Ekstensi my.id memiliki kelebihan dalam hal keamanan dan perlindungan data. Domain lokal Indonesia ini mampu memberikan jaminan bahwa data pengguna akan tetap aman dan terlindungi. Keamanan ini dibantu oleh regulasi dan prosedur ketat yang diterapkan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Selain itu, domain ini juga memberikan kemudahan penggunaan HTTPS, yang membantu mengenkripsi data pengguna saat berkomunikasi dengan situs yang menggunakan domain ini. Kelebihan lainnya adalah adanya teknologi DNSSEC yang melindungi data pengguna dari serangan DNS spoofing atau man-in-the-middle attacks.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, pengguna ekstensi my.id dapat memiliki kedamaian pikiran dan keyakinan bahwa data mereka akan tetap aman dan terlindungi saat menggunakan situs yang menggunakannya.

Cara Mendapatkan Domain MY.ID

Pengertian dan kelebihan MY.ID sudah kamu mengerti, sekarang saatnya untuk mengetahui cara mendapatkannya. Ketika hendak membeli domain pastikan pilih layanan yang andal dan terbukti terpercaya seperti Dewaweb. Berikut ini cara mendapatkan domain berekstensi MY.ID di Dewaweb.

  1. Kunjungi halaman Dewaweb.
  2. Kemudian masukan nama domain MY.ID yang ingin kamu cari, contohnya seperti berikut. Apabila domain tersebut masih tersedia langsung saja pilih Order.cara mendapatkan domain my id dewaweb
  3. Langkah berikutnya lakukan konfigurasi pada halaman berikut lalu pilih Lanjutkan.konfigurasi domain
  4. Setelah itu muncul halaman yang berisikan detail pesanan kamu. Apabila sudah sesuai kamu bisa pilih Checkout.bayar pesanan
  5. Kemudian isi data secara lengkap dan selesaikan pesanan.
  6. Lalu pilih metode pembayaran yang ingin digunakan.
  7. Selesai! Selamat kamu sudah punya domain dan segera aktifkan pada website.

Yuk, Pakai Domain MY.ID!

Domain MY.ID adalah salah satu ekstensi TLD yang banyak digunakan di Indonesia pada web personal atau organisasi dan bisnis kecil. Ekstensi domain ini tergolong baru, oleh karena itu masih banyak domain yang tersedia dengan ekstensi tersebut, hal ini menguntungkan pengguna karena dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Bagi kamu yang mencari domain dengan akses yang lebih cepat, dapat merepresentasikan sebuah identitas bisnis, ekstensi ini dapat menjadi adalah pilihan yang tepat. Maka dari itu, yuk coba pakai MY.ID dari Dewaweb sekarang!

Selain itu jangan lupa untuk terus ikuti update artikel informatif lainnya pada blog Dewaweb, perkaya skill melalui webinar gratis Dewatalks, dan dapatkan tambahan income melalui program afiliasi Dewaweb!