dewaweb-blog-segala-hal-tentang-zoho-mail

Dalam sebuah bisnis, Anda pasti memerlukan email. Apakah Anda pernah mendengar tentang Zoho Mail? Salah satu platform email paling terkenal di dunia, Zoho Mail menawarkan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan, baik untuk email personal maupun email bisnis. Anda juga bisa menggunakan email dengan domain sendiri dengan provider email satu ini. Mau tahu caranya? Yuk, lanjut baca artikelnya.

Apa itu Zoho Mail?

Zoho mail adalah salah satu platform email yang ditargetkan untuk bisnis dan penggunaan professional. Webmail zoho mail sendiri bersih dari ads dan memiliki interface yang minimalis dengan fitur-fitur powerful.

Baca juga: Panduan Lengkap Webmail

Dengan Zoho Mail, Anda akan mendapatkan webmail yang memiliki fitur powerful dibanding email clients lainnya. Anda bisa dengan mudah mengontrol inbox Anda. Selain itu, zoho mail juga memiliki Zoho Docs. Dengan Zoho Docs, tim Anda bisa membuat, berkolaborasi, dan mengedit dokumen, presentasi, dan dokumen excel dengan online editor. Melalui zoho docs, zoho mail dapat membantu meningkatkan produktivitas tim Anda.

Kelebihan Zoho Mail

Zoho Mail menawarkan berbagai opsi manajemen domain untuk perusahaan. Misalnya, perusahaan Anda dapat mendaftarkan domain baru, menangani beberapa domain dan dengan cepat mengaktifkan hosting email bagi mereka yang sudah memiliki domain.

Zoho mail juga menyediakan control panel admin yang powerful. Dengan interface yang sederhana, software ini memberikan Anda kebebasan untuk mengatur mulai dari domain Anda sampai tim Anda dan masih banyak lagi. Selain itu, Zoho mail juga bisa memblokir email yang tidak Anda inginkan berdasarkan alamat IP, konten subjek, dan domain untuk seluruh organisasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menangani email masuk dan keluar dari pengguna korporat dan menangani daftar spam. Sebagai Admin, Anda akan bisa mengatur semua ini.

Untuk proses migrasi, Anda juga tidak perlu khawatir. Para expert di zoho mail bisa membantu Anda untuk menggunakan tool self-migration.

Migrasi ke Zoho Mail sangat mudah. Support Zoho Mail juga dapat memandu Anda melalui proses atau jika Anda mau, Anda dapat mengunduh alat migrasi mandiri. Servernya juga disimpan di pusat data aman. Mereka juga menggunakan enkripsi 256 bit SSL. Ini berisi keadaan infrastruktur aman, dan memiliki keamanan software teratas untuk menjamin keamanan data Anda.

Fitur-fitur zoho mail

Salah satu alasan mengapa zoho mail banyak digunakan adalah karena berbagai fitur yang mereka sediakan. Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur Zoho Mail.

Inbox yang terorganisir 

zoho-mail-inbox-layout-dewaweb

Interface webmail Zoho Mail tidak menampilkan ads, bahkan untuk plan gratis. Selain itu, di webmail Zoho Mail Anda juga akan mendapatkan opsi untuk mengorganisir dan mengkategorikan email Anda melalui folder, label, dan flag. Zoho mail juga menyediakan filters.

Webmail Zoho mendukung struktur folder multi-level yang berbeda dengan interface webmail lainnya. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur email Anda agar terstruktur sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begini, Anda bisa menavigasi inbox Anda dengan mudah.

Anda juga bisa secara otomatis mengatur email-email yang masuk ke inbox Anda. Zoho mail memperbolehkan Anda untuk mem-filter email Anda dari satu folder ke folder lain secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan label pada email Anda sesuai dengan kriteria yang Anda susun. Anda juga bisa mengimport filter dari sources lain.

Jika Anda memiliki thread email yang terus berlanjut, Zoho mail akan menunjukkannya dengan tampilan percakapan. Dengan begini, Anda bisa dengan mudah melacak sebuah thread email untuk melihat interaksi email.

Integrasi dengan CRM

Dalam marketing tentunya Anda memerlukan CRM atau customer relationship management. Mencari leads, menjadikan mereka sebagai customer potensial, dan menjadikan mereka customer Anda tentunya adalah langkah penting dalam bisnis. Salah satu faktor penting dalam langkah ini adalah komunikasi. Email tentunya adalah salah satu jenis komunikasi paling efektif.

Mungkin Anda sudah memasang opt-in untuk mengumpulkan email list. Tentunya setelah Anda mendapatkan email-emailnya, Anda perlu memiliki tempat untuk menyimpannya. Dengan Zoho Mail, Anda bisa mengatur database CRM Anda.

Di database CRM Zoho Mail Anda, tidak hanya Anda bisa menyimpan detail customer Anda, Anda juga bisa meninggalkan catatan di data customer Anda sehingga Anda bisa membuat reminder untuk Anda sendiri jika Anda perlu menghubungi customer tersebut. Dengan integrasi CRM ini, Anda tidak akan kehilangan customer Anda.

Scrub: membersihkan inbox Anda

Kadang email kita bisa menerima banyak sekali email. Anda pasti malas kalau melihat inbox Anda penuh dengan email yang tidak tahu dari mana asalnya. Oleh karena itu, Zoho Mail menyediakan fitur scrub. Apa itu? Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah membereskan inbox Anda. Anda bisa langsung memasukkan email ke archive atau menghapus email dari pengirim tertentu dalam waktu bersamaan. Untuk satu “Scrub” Anda bisa memilih sampai dengan lima pengirim.

Smart compose

Zoho memiliki fitur yang mirip dengan fitur social media. Ini memang sengaja dilakukan untuk mempermudah penggunanya dalam mengirim email. Fitur ini disebut dengan nama smart compose. Setelah Anda selesai menyusun isi email Anda, Anda tinggal menekan tombol @ dan masukkan nama orang yang ingin Anda kirimkan emailnya. Emailnya nanti akan secara otomatis dimasukkan ke bagian alamat email yang ada di bagian atas. Mudah, bukan?

Bookmark

Mungkin fitur bookmark biasa Anda lihat di browser internet. Tetapi, Zoho menyediakan fitur bookmark untuk penggunanya. Pilih tab “Bookmark” di panel sebelah kiri di inbox Zoho Mail Anda dan klik “Create”. Setelah itu, masukkan URL website yang ingin Anda bookmark. Nantinya bookmarks ini akan tersedia di Zoho sebagai “Apps”. Dengan fitur ini Anda bisa dengan mudah mengunjungi website-website yang mungkin ingin Anda baca belakangan.

Bagaimana sudah tertarik untuk menggunakan Zoho Mail? Jika iya, yuk lanjut baca artikelnya.

Cara Daftar Zoho Mail Personal

Anda bisa mendapatkan zoho mail untuk personal. Anda akan mendapatkan email dengan domain zoho.com dan mendapatkan tempat penyimpanan sebesar 5GB. Berikut ini adalah cara sign up zoho mail.

  1. Masuk ke halaman sign-up Zoho Mail
  2. Klik tombol radio di depan pilihan Personal Email di bawah pilihan Get started with ad-free email
  3. Masukkan username yang Anda inginkan di bagian “Email ID you wish to have”. Username Anda akan menjadi alamat email Anda karena ini akan muncul di depan @zoho.com.
  4. Masukkan password yang Anda inginkan. Pilih password yang kuat tetapi mudah diingat. Jika bingung, Anda bisa membaca artikel kami tentang bagaimana cara membuat password yang aman.
  5. Masukkan nama pertama dan nama belakang Anda di bagian yang sudah disediakan
  6. Masukkan sebuah nomor handphone yang aktif sehingga Anda bisa menerima SMS. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi dengan memasukkan ulang nomor handphone Anda. Saat memasukkan nomor telepon Anda, Anda tidak perlu memasukkan garis (-) untuk memisahkan nomor Anda. Masukkan saja nomor telepon Anda tanpa spasi atau tanda baca lainnya.
  7. Cek box yang bertuliskan “Terms of Service” dan “Privacy Policy”
  8. Klik Sign Up for Free
  9. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS di handphone Anda
  10. Kemudian klik Verify Code

Voila! Anda sudah memiliki akun Zoho Mail Anda. Untuk login zoho mail, Anda tinggal mengunjungi halaman login zoho mail dan masukkan alamat email serta password Zoho Mail Anda.

Dewaweb cashback 30%

Zoho Mail Untuk Bisnis: Zoho Workplace

Bagi Anda yang ingin menggunakan Zoho Mail untuk keperluan bisnis, mereka menawarkan Zoho Workplace. Zoho Workplace adalah kumpulan aplikasi yang diletakkan di cloud dan sudah terintegrasi. Zoho Mail adalah bagian dari sembilan aplikasi kolaborasi yang terintegrasi di Zoho Workplace.

Pada setiap pekerjaan, seseorang biasa menggunakan tools seperti spreadsheet, editor, dan tool presentasi untuk melakukan kegiatan planning, proposal, gambar, presentasi, dan evaluasi.. Seringkali suatu tim berkumpul dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Mereka juga berkomunikasi dengan orang-orang di dalam dan di luar organisasi mereka — seperti pelanggan, mitra, dan mungkin tim lain. Inilah dimana Zoho Workplace dapat membantu Anda. Dengan teknologi cloud, Anda bisa menyimpan dan langsung berbagi dan berkolaborasi dengan rekan kerja Anda.

Berikut ini adalah kesembilan aplikasi yang terintegrasi di Zoho Workplace.

Office Suite. Sama seperti G Suite dan Office 365, Zoho Workplace juga menawarkan office suite yang bisa Anda gunakan untuk berkolaborasi dengan tim kerja Anda untuk membuat sesuatu. Mereka menyediakan Zoho Writer (editor dokumen), Zoho Sheet (editor spreadsheet), dan Zoho Show (editor untuk presentasi).

Tool Kolaborasi. Zoho Workplace juga memudahkan kolaborasi antara tim kerja Anda dengan memberikan Anda berbagai tools kolaborasi seperti Zoho Docs (tempat penyimpanan file), Zoho ShowTime yang bisa Anda gunakan untuk berbagi presentasi dan tool untuk audience engagement) serta Zoho Sites, yaitu sebuah website builder.

Komunikasi. Tentunya Zoho Workplace tidak akan lengkap tanpa tools komunikasi. Anda akan mendapatkan Zoho Mail, Zoho Chat (yang merupakan sebuah tool instant messaging), dan Zoho Connect (social network untuk korporat). Ketiga tools ini diharapkan dapat mempermudah komunikasi antar tim kerja.

Cara Setup Zoho Mail dengan Nama Domain Anda Sendiri

Dengan Zoho Mail, Anda juga bisa membuat email dengan domain Anda sendiri. Berikut adalah cara mendaftar Zoho Mail dengan menggunakan nama domain Anda sendiri. Jika Anda belum memiliki domain sendiri, Anda bisa membeli domain murah dari Dewaweb. Kalau Anda sudah punya domain, Anda bisa langsung mulai melakukan setup Zoho Mail.

zoho-mail-sign-up-dewaweb

Pertama-tama buka halaman sign up Zoho Mail untuk email bisnis. Anda akan melihat tampilan di atas dan Anda dapat memilih paket yang Anda inginkan. Jika Anda masih ingin mencoba menggunakan Zoho Mail, mereka juga memberikan pilihan akun gratis. Tentunya akun gratis Zoho Mail tidak memiliki fitur sebanyak paket berbayar mereka. Jika Anda ingin mencoba akun gratis mereka dulu, scroll ke bawah sampai Anda melihat pilihan Free Plan yang sudah kami tandai di atas. Klik Get Started.

zoho-mail-sign-up-domain-dewaweb

Seperti yang bisa Anda lihat, Anda memiliki pilihan untuk sign up dengan domain yang sudah Anda miliki (Sign up with a domain I already own) atau membeli domain baru untuk bisnis Anda (Buy a new domain for my business). Karena kami sudah memiliki domain dari Dewaweb, kami akan memilih pilihan sign up with a domain I already own.

zoho-mail-sign-up-domain-sendiri-isi-form-dewaweb 

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda. Mulai dari nama, nomor handphone, alamat email yang diinginkan, password, dan negara asal Anda. Setelah selesai mengisi jangan lupa untuk mencentang box I agree to the Terms of Service and Privacy Policy. Kemudian klik tombol Sign up.

zoho-mail-verifikasi-nomor-handphone-dewaweb

Dan sekarang email Zoho Mail dengan domain Anda sendiri sudah jadi! Mereka akan menawarkan Anda untuk langsung mengaktifkan two factor authentication. Tetapi, Anda juga bisa melakukannya kapan saja jadi tidak harus di saat itu juga.

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memverifikasi domain Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengakses cPanel Anda. Untuk membuka cpanel Anda, masukkan http://namadomainanda.com/cpanel. Anda akan langsung diarahkan ke cPanel website Anda.

zoho-mail-verifikasi-domain-dewaweb

Pada halaman Zoho Mail Anda, yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih DNS hosting provider. Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan cPanel. Pilih cPanel dari menu drop down. Dari situ, Zoho akan memberi Anda kode yang perlu dimasukkan ke cPanel Anda.

zoho-mail-zone-editor-cpanel-dewaweb

Sekarang di halaman cPanel, cari opsi Zone Editor di bawah bagian Domains. Klik zone editor dan Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

zoho-mail-cname-record-domain-dewaweb

Pilih CNAME Record kemudian Anda akan melihat formulir yang harus diisi. Copy informasi yang ada pada halaman Zoho Mail ke form yang keluar di cPanel Anda.

Setelah Anda memasukkan CName Record dan dinyatakan sukses oleh cPanel, kembali ke halaman Zoho Mail Anda. Klik pada tombol hijau bertuliskan Proceed to CNAME Verification. Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti di bawah. Klik Verify Now.

zoho-mail-verifikasi-domain-cname-dewaweb

Selamat! Anda sudah berhasil memverifikasi akun Anda. Anda akan diminta untuk memastikan bahwa alamat email yang Anda masukkan pada saat sign up sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Proses selanjutnya adalah menambah user. Anda bisa melakukan ini sekarang atau nanti. Pada bagian ini, Anda bisa menambahkan jumlah user. Untuk paket free Zoho, Anda bisa menambahkan sampai dengan 25 user.

Create Groups adalah fitur Zoho Mail dimana Anda bisa membuat satu alamat email untuk satu tim di bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa membuat email [email protected] untuk semua member tim marketing Anda. Sehingga jika ada seseorang yang mengirimkan email ke alamat email tersebut, semua tim marketing Anda akan mendapatkan emailnya. Anda bisa menambahkan ini kapan saja.

Salah satu hal penting yang harus Anda konfigurasi adalah email delivery. Untuk mulai menerima email, Anda perlu melakukan konfigurasi pada MX records domain Anda. MX Records adalah entries special di DNS yang disusun untuk menerima email di domain Anda. Masukkan MX Record yang ada di halaman Zoho Mail Anda ke form MX Records yang ada di cPanel.

zoho-mail-mx-record-dewaweb

Jika Anda mengalami kesulitan menambahkan entri MX, Anda bisa mendapatkan bantuan support cPanel, untuk memperbarui record MX dari domain Anda.

Sekarang email Anda sudah bisa diakses. Anda bisa mengakses email Anda dengan webmail Zoho Mail. Untuk login, Anda hanya perlu masuk ke halaman login Zoho mail dan masukkan email dan password. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan email Zoho dengan domain Anda sendiri.

Simpulan

Di artikel kali ini, kami sudah membahas apa itu Zoho Mail, apa saja kelebihan dan fitur-fiturnya, serta bagaimana cara mendaftar Zoho Mail. Dengan fitur-fiturnya yang lengkap, Zoho Mail bisa menjadi alternatif yang baik dari Google G Suite atau Microsoft Office 365. Kalau Anda ingin bertanya lebih lanjut atau berbagi pengalaman, Anda bisa meninggalkan komen di bagian bawah artikel ini. Semoga membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks