WordPress plugin untuk marketers memiliki peranan penting dalam meningkatkan fungsionalitas website bisnismu. Pasalnya, dengan menggunakan plugin inilah kamu bisa menambahkan fitur atau kemampuan di luar standar yang diberikan oleh sistem WordPress. Dengan begitu, website dapat digunakan secara lebih optimal, baik untuk meningkatkan engagement, awareness, hingga penjualan itu sendiri.

Banyaknya WordPress plugin untuk marketers tentu cukup menyulitkan kamu dalam memilih mana plugin terbaik sesuai kebutuhan. Berikut beberapa rekomendasinya untuk kamu!

Yoast SEO

Strategi pemasaran menggunakan optimalisasi mesin pencari atau Search Engine Optimalization menjadi pilihan utama bagi mayoritas marketers di seluruh dunia. Salah satu WordPress plugin yang bisa kamu pilih untuk optimasi konten secara efektif dan efisien adalah Yoast SEO. Melalui plugin ini, kamu bisa membuat konten dengan kualitas terbaik sehingga dapat muncul di halaman utama hasil pencarian. Untuk mempelajari plugin Yoast SEO lebih lanjut, kamu bisa baca artikel Dewaweb tentang Yoast SEO di sini.

WP Super Cache

Pengunjung website tentu akan dengan mudah menutup halaman situs apabila membutuhkan waktu loading cukup lama. Oleh karena itu, kamu membutuhkan teknik caching sehingga kinerja website WordPress dapat lebih optimal. Dengan menggunakan WP Super Cache, data-data situs bisa disimpan sementara waktu dalam cache sehingga mengurangi durasi loading suatu halaman. Selain lebih digemari pengunjung, waktu loading yang cepat juga akan memperbaiki ranking SEO dari website milikmu.

Leadeo

Perlu diketahui bahwa konten berupa video pada landing page bisa meningkatkan konversi hingga mencapai 80%. Hal ini dikarenakan video lebih menarik secara visual sehingga membuat pengunjung lebih betah berada di halaman website. Selain itu, video dengan pesan yang mendalam pun dapat meningkatkan ingatan pengunjung terhadap pesan yang disampaikan oleh merek bisnismu. Dampaknya, brand awareness dapat dibangun dengan lebih baik tanpa perlu menghabiskan banyak biaya untuk mengadakan campaign atau pembuatan iklan.

Untuk itu, bagi setiap marketers disarankan menggunakan plugin Leadeo sehingga memungkinkan kamu membagikan video ini melalui media sosial serta pengunjung yang tercatat dalam email list. Cara ini juga akan membantu kamu dalam mempercepat pemasaran, karena video yang ditampilkan pada landing page bisa dibagikan dengan mudah oleh pengunjung ataupun oleh diri sendiri.

Testimonials widget

Halaman testimoni tentu bisa meningkatkan kredibilitas dan tingkat kepercayaan pengunjung terhadap website milikmu. Bahkan situs Shopify mencatat setidaknya 63% pengunjung akan melakukan pembelian apabila website dilengkapi dengan halaman testimonial. Oleh karena itu, Testimonials Widget penting untuk dipasang pada website-mu. Plugin ini dapat membantu menunjukkan testimonial yang diberikan oleh pelanggan terdahulu di halaman website WordPress milikmu.

Optinmonster

WordPress plugin untuk marketers berikutnya yang juga wajib untuk dipertimbangkan adalah Optinmonster. Ini merupakan plugin yang paling banyak digunakan untuk strategi email marketing. Melalui tools ini, kamu bisa menciptakan dan menghubungkan formulir sign up  sekaligus berlangganan email pada website dengan lebih mudah. Menariknya, Optinmonster juga bekerja sama dengan banyak email service provider seperti MailChimp, Aweber, Campaign Monitor, dan Constant Contact.

Baca Juga: 5 WordPress Theme terbaik untuk Wesite Kamu

Itulah tadi lima WordPress plugin untuk marketers terbaikyang bisa kamu pertimbangkan. Dengan memasang plugin-plugin tadi, kamu tidak perlu kesulitan mempelajari coding maupun menghabiskan biaya besar. Pilih WordPress plugin sesuai dengan kebutuhanmu sehingga website dapat difungsikan secara lebih optimal. Jadi, mana plugin yang sudah kamu miliki dan baru akan segera kamu pasang? Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia